Yuk Stretching Di Kantor Mulai Dari Sekarang

0
26
Yuk Stretching Di Kantor Mulai Dari Sekarang

Yuk Stretching Di Kantor Mulai Dari Sekarang – Pegawai kantor adalah salah satu pekerja yang harus menggunakan badan dan pikirannya untuk tetap fokus di depan komputer dari pagi sampai sore hari. Hal ini membuat beberapa bagian tubuh menjadi tegang dan menyebkan berbagai macam keluhan. Kasus gangguan kesehatan yang paling sering menimpa karyawan adalah masalah otot dan rangka, misalnya sering nyeri di bagian pundak, leher, punggung dan pergerlangan tangan. Apakah kamu adalah salah satu yang sering merasakannya?

Namun jangan khawatir karena kamu bisa mengurangi rasa nyeri yang sering dirasakan karena aktivitas di kantor dengan stretching atau peregangan. Kamu bisa melakukan hal ini untuk stretching di kantor agar otot lebih rileks dan keluhan nyeri ototmu dapat di kurangi. Jangan lupa sebelum memulai pekerjaan awali kerja dengan aplikasi absen online untuk pegawai. Apa saja sih jenis-jenis stretching yang bisa kamu coba di kantor? Yuk kita bahas

Stretching Di Kantor

Stretching adalah nama lain dari pemanasan maupun peregangan dimana kita menggunakan gerakan-gerakan tertentu yang bertujuan untuk meregangkan otot yang tegang agar leih rileks. Stretching di kantor adalah gerakan peregangan yang dilakukan di kantor disela-sela pekerjaan agar tubuh terasa lebih lemas dan ringan. Gerakan Stretching  di kantor penting dilakukan untuk mengurangi nyeri-nyeri dalam tubuh. Pun gerakan ini juga memiliki gaya yang sederhana sehingga jika di terapkan di kantor pun akan sangat mudah.

Jenis-Jenis Stretching Di Kantor

Berikut adalah jenis-jenis Stretching di kantor yang bisa kamu lakukan di sela-sela  pekerjaan.

  • Overhead Stretch
Stretching Untuk Pergelangan Tangan

Gerakan Stretching dasar yang banyak dilakukan seseorang adalah overhead Stretching. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan di atas lurus dengan kepala, mengunci kedua jari-jari tangan dan mendorong ke atas. Gerakan ini akan memberikan rasa rileks di bagian leher dan lengan, sehingga kamu bisa merasa lebih segar.

  • Peregangan bahu dan leher

Untuk karyawan yang banyak menghabiskan waktunya di depan komputer pasti mereasakan lelah dan tegang di bagian bahu dan leher. Apalagi jika semua tekanan berada di bagian leher, pasti di area tersebut terasa lebih tegang dan menjalar ke kepala ataupun pundak. Yuk lakukan Stretching  untuk mengurangi nyeri di area ini.

Peregangan bahu bisa kamu lakukan dengan menarik kedua tangan ke belakang, mengunci jemari kemudian berikan dorongan ke belakang dan ke atas dengan begitu otot-otot mu akan terasa lebih santai. Atau bisa dengan cara berikut

  1. Tegakkan badan
  2. Letakkan tangan kiri ke pundak kanan sampai rapat
  3. Tekan pundak
  4. Miringkan kepala ke kiri
  5. Begitu juga untuk pundak kiri

    Aplikasi Kantor Kita Membantu Memanagement waktu

Gerakan peregangan leher lain yang bisa membantu kamu merasa lebih ringan adalah dengan

  1. Gerakan menurunkan kepala ke arah dada, tahan beberapa detik
  2. Kembali pada posisi semula (wajah lurus ke depan)
  3. Angkat dagu ke atas hingga kepala sampai ke belakang, tahan beberapa detik
  4. Kembali ke posisi semula
  5. Ulangi beberapa kali agar leher lebih lemas

Gerakan peregangan leher kedua yang bisa kamu coba adalah

  1. Miringkan kepala ke samping kanan, seperti telinga yang hendak menyentuh pundak, tahan beberapa detik
  2. Kembali ke posisi kepala semula
  3. Miringkan kepala ke samping kiri, tahan beberapa detik
  4. Kembali ke posisi semula
  5. Ulangi beberapa kali

Baca Artikel : Yuk Kenali Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor

Peregangan yang lain yang bisa kamu coba adalah menolehkan kepala ke kanan beberapa detik dan ke kiri beberapa detik. Hal ini juga membantu kamu merasa lebih baik. Jika leher dan pundak sudah terasa lebih baik, kamu juga bisa lancar bekerja.

Stretching  Untuk Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan adalah satu bagian tubuh yang sering terasa sakit karena seharian mengetik, beberapa Stretching  yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa lelah di pergelangan tangan adalah

  1. Badan tegap, luruskan tangan ke bawah
  2. Pastikan dalam posisi lemas
  3. Kepalkan tangan dan putar pergelangan tangan beberapa kali
  4. Ulangi beberapa kali

Stretching  untuk pergelangan tangan ini sangat berguna untuk kamu yang selalu menggunakan mouse dan mengetaik saat bekerja. Untuk mengurangi tangan yang kaku, bisa banget melakukan Stretching  jenis ini.

  • Peregangan Kaki
Manfaat Melakukan Peregangan Di Kantor

Selain seharian harus duduk di depan komputer kamu, kaki dan paha juga akan terasa tegang karena duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Kamu bisa melakukan peregangan kaki untuk menghilangkan rasa pegal yang terasa di paha dan di betis, beberapa peregangan yang bisa kamu coba adalah

  1. Duduk dengan tegap
  2. Rapatkan dan luruskan kedua kaki
  3. Angkat kedua kaki dari bawah sampai sejajar dengan posisi dudukmu
  4. Kemudian angkat lebih tinggi dan tahan beberapa detik
  5. Turunkan
  6. Ulangi gerakan ini beberapa kali

Peregangan yang lain yang bisa kamu coba untuk kaki adalah

  1. Posisikan tubuh untuk berdiri tegak
  2. Angkat dan tekuk kaki kanan ke belakang sampai menyentuh pantat
  3. Tarik pergelangan kaki dengan tangan
  4. Ulangi untuk kaki kiri

Baca : Senam Otak Agar Fresh Selalu Saat Work From Home

  • Peregangan Punggung

Bekerja seharian karena dalam posisi duduk dan tegak membuat punggung Anda merasa lebih pegal. Peregangan bisa kamu coba untuk mengurasi rasa pegal di punggung.

  1. Posisi duduk sempurna di kursi
  2. Tangan kanan di paha
  3. Tangan kiri meraih punggung atau bagian belakang kursi bagian kanan
  4. Ulangi untuk bagian kiri

Peregangan punggung bisa kamu coba di kantor untuk melemaskan tubuhmu.

Manfaat Melakukan Peregangan Di Kantor

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin melakukan peregangan di kantor.

  1. Melancarkan sirkulasi aliran darah di tubuh

Ketika kamu melakukan peregangan, aliran darah akan lebih lancar. Dimana jika aliran tubuh   lancar kamu akan merasa lebih bugar dan tidak mudah mengantuk karena oksigen bisa sampai ke otak dengan baik. Jika otak dapat bekerja dengan baik dan badan sudah bugar pasti bekerja juga bisa dilakukan dengan tenang dan fokus, kan? Jangan lupa mulai kerja dengan absensi online agar data kinerjamu tercatat dengan baik.

  1. Menghilangkan rasa nyeri dan pegal

Peregangan bisa banget untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal karena seharian duduk di depan komputer. Rasa pegal pada badan terasa lebih rileks karena otot sudah lebih longgar daripada sebelumnya. Jadi jika kamu membiasakan diri untuk melakukan peregangan sederhana di kantor, pegal di badan bisa berkurang dengan drastis, yuk cobain!

Baca Artikel : 10 Tips Mengatasi Stres Di Temapt Kerja

  1. Mengurasi rasa tekanan sehingga kamu merasa lebih santai dan rileks

Pernahkah kamu merasa tegang dan tertekan? Biasanya ini akan bertumpu pada leher. Jika kamu melakukan Stretching di bagian leher dan punggu maka kamu bisa merasakan perasaan lebih baik dan ketegangan pun berkurang.

Melakukan Stretching  sangat berguna untuk karyawan kantor yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Stretching  ini jika dilakukan secara teratur akan membuatmu merasa lebih baik dan kerja juga lebih fokus. Apakah kamu sudah sering melakukan Stretching  di kantor? Yuk mulai aktifitas kantor dengan melakukan aplikasi absensi online, salah satu aplikasi absensi online ini www.kantorkita.co.id aplikasi perkantoran yang memudahkan pegawai dalam urusan kerja dan HRD untuk memantau karyawan.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here