Yuk Kenali Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor

0
32
Yuk Kenali Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor

Yuk Kenali Masalah Kesehatan Yang Sering Mengintai Karyawan Kantor – Menjadi karyawan kantor adalah salah satu hal yang diinginkan banyak orang, bekerja di dalam ruangan dengan fasilitas yang terpenuhi dan dikenal memiliki gaji besar. Namun apakah kamu tahu jika bekerja kantoran memiliki resiko terkena masalah kesehatan yang cukup tinggi? Hal ini terjadi karena kebiasaan kerja dan kondisi lingkungan kerja karyawan yang jika terus dilakuka akan menimbulkan potensi masalah kesehatan yang serius. Sekarang pun karyawan sudah menggunakan teknologi dalam pekerjaannya seperti aplikasi absensi online sampai meeting sehingga kemudahan ini jika  tidak diimbangi dengan aktifitas fisik tentunya potensi masalah kesehatan semakin tinggi. apa saja sih potensi masalah kesehatan yang banyak mengintai karyawan kantoran? Yuk kita pelajari dan aware dengan diri sendiri.

Masalah Kesehatan Mata

Karyawan kantor adalah karyawan yang menggunakan sebagian besar waktu kerjanya untuk menatap layar dekstop belum lagi ditambah dengan layar smartphone untuk urusan tertentu. Menatap layar komputer dan smartphone membuat karyawan cenderung memiliki masalah kesehatan dengan mata karena cahaya yang dihasilkan komputer dan smartphone memiliki radiasi yang kurang bagus untuk kesehatan mata. Ketika kita berlama-lama menatap layar komputer akan menyebabkan mata lelah dan kering. Mata lelah memiliki gejala pedas dan panas dimana jika hal ini dibiarkan terus menerus akan membuat kondisi mata semakin parah. Ciri-ciri mata lelah adalah

  1. Mata kering atau terus berair
  2. Penglihatan kabur
  3. Lebih snsitif ketika melihat cahaya komputer
  4. Pening di kepala

Mata lelah karena terlalu sering menatap layar komputer ini diakibatkan dari kurangya mata berkedip. Dalam halodoc.com dituliskan bahwa mata lelah sering disebut sebagai computer vision syndrom bahkan 50 sampai 90% karyawan terkena ini. Seseorang yang terlalu lama menatap layar komputer akan berkedip lebih sedikit daribisanya, jika biasanya manusia berkedip 18 kali dalam semenit, ketika menataplayar komputer ini manusia hanya berkedip 9 kali dalam semenit. Inilah yang membuat mata cepat kering dan mudah lelah.

Jika kamu sudah terkena masalah kesehatan mata ini alangkah lebih baiknya jika kamu melakukan pencegahan atau penangan terhadap masalah ini. Beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mata lelah adalah dengan

  1. Memberi jarak pada layar komputer dengan mata, minimal 40cm. Kamu bisa mengatur sampai
  2. Atur pencahayaan yang tepat di ruangan kerja kamu, cahaya yang terlalu gelap maupun terang akan mengganggu mata. Sesuaikan pencahaayan ruang dengan cahaya dari komputer agar
  3. Berkedip itu penting, yuk ingatkan diri kamu harus berkedip
  4. Istirahatkan mata sejenak. Ketika 20 menit menatap layar komputer kamu bisa melakukan 20 detik untuk memjamkan mata atau 20 menit melihat objek yang berjarak 20meter terutama tanaman hijau. Hal ini akan me-refresh otak dan mata.
  5. Gunakan tetes mata ketika merasakan mata kering ini akan membantumu merasa lebih baik.

Pencegahan ini bisa kamu terapkan ketika sedang di dalam ruangan, di rumah kamu juga bisa melakukan perawatan mata. Misalnya menghindari penggunaan gadget yang berlebihan seperti smartphone seusai kerja, mengopres mata tertutup menggunakan air hangat agar syaraf-syaraf di bagian mata lebih rileks.

Yuk aware dengan kesehatan mata mulai dari sekarang agar mata sehat dan kamu bisa tetap bekerja dengan nyaman.

Masalah Otot dan Rangka

Masalah kesehatan yang sering mengintai pekerja kantor lainya adalah masalah otot dan rangka. Banyak pekerja yang mengalami masalah otot dan rangka ini seperti pegal dan nyeri di daerah leher, pundak, punggung dan pergelangan tangan. Hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak duduk di depan layar dan otot dalam kondisi tegang karena harus terus fokus.

Sakit pada tulang belakang seperti punggung disebabkan karena telalu banyak membungkuk di depan layar komputer, terlalu lama dalam kondisi duduk dan tegak menyebabkan otot perut tidak bisa menopang tubuh sehingga otot punggunglah yang harus menopang tubuh. Nyeri pada pundak dan leher terjadi karena otot pada bagian ini terlalu tegang karena memiliki tekanan yang berlebihan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri pada bagian pundak dan leher adalah membuatnya lebih rilek, jika otot rileks maka sakit karena otot tegang pun dapat dikurangi. Lakukan pemijatan atau gerakan memutar perlahan pada leher agar syaraf dan otot yang tegang bisa rileks. Jadikan dirimu santai pada waktu-waktu tertentu agar terasa lebih baik.

Baca Artikel : Fitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan

Penurunan Kemampuan Otak

Membantu Memanagement waktu

Taukah kamu bahaya kesehatan lain yang sering terjadi pada karyawan yang banyak beraktifitas di depan komputer dan ruangan? Mereka bisa mengalami penurunan kemampuan otak, dimana ini memiliki gejala sepeerti kesulitan berpikir, penurunan daya ingat, penurunan kecepatan untuk berpikir dan menerima informasi. Beberapa hal yang menyebabkan penurunan kemampuan otak adalah

  1. Multitasking
  2. Terlalu lama bekerja
  3. Mudah lupa
  4. Tidak fokus

Pada lingkungan kerja, penurunan fungsi otak terjadi karena otak kekurangan asupan oksigen sehingga otak akan kesulitan untuk fokus dalam mnegerjakan pekejaan.

Resiko Penyakit Jantung

Masalah kesehatan untuk karyawan yang terlalu banyak duduk di depan layar adalah resiko terkena penyakit jantung lebih besar, karena kurangnya aktifitas untuk membakar lemak dalam tubuh. Ketika karyawan banyak duduk di depan layar komputer, tidak ada energi yang terbakar oleh tubuh, hal ini menyebabkan penumpukan lemak, dan lemak inillah yang akan menyebabkan penumpukan kolesterol yang akan mengakibatkan penyumbatan aliran pembuluh darah pada jantung.

Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah penyakit yang cukup mematikan. Ia juga bisa mengganggu aktifitas harian. Beberapa gejala dari penyakit jantung ini adalah nyeri pada dada bagian kiri. Untuk kamu yang ingin menghindari masalah kesehatan ini, bisa memulai dengan rutin melakukan aktifitas fisik seperti jogging ataupun senam agar badan bisa melakukan pembakaran dan menghindari lemak yang menumpuk. Teknologi seperti aplikasi absensi online dan yang lainya memberikan kemudahan dan mengurangi penggunaan energi sehingga jika tidak kamu rencanakan, maka kamu tidak akan bergerak. Yuk aktifitas mulai dari sekarang.

Baca Artikel : Aplikasi Slip Gaji Untuk Kompensasi Karyawan

Tips Untuk Karyawan Kantor

Berikut adalah beberapa cara yang bisa karyawan lakukan jika ingin memiliki kebiasaan hidup yang sehat di kantor.

  1. Jeda Untuk Bergerak

Salah satu kebiasaan yang harus diterapkan di kantor adalah memulai bergerak diantar waktu kerja. Jika kamu sudah terlalu jenuh untuk bekerja, jeda pekerjaan untuk berjalan sebentar atau melakukan peregangan. Hal ini akan menhindari nyeri pada pundak dan pungung. Bergerak ke luar dan melihat cahaya matahari juga sangat baik untuk kesehatan mata kamu.

  1. Kebiasaan Berjalan

Di dunia kerja, jika tidak menyempatkan waktu untuk beraktifitas fisik, akan sulit untuk melakukannya. Yuk mulai aktifitas fisik yang ringan untuk membantu kamu tetap sehat. Misalnya menggunakan tangga kantor daripada lift, berjalan kaki dari parkiran ke kantor atau berjalan kaki ketika berangkat kantor jika jarak dekat. Kebiasaan ini cukup sederhana tapi bisa membantumu untuk tetap sehat.

Baca Artikel : Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

Kemudahan teknologi seperti aplikasi absensi online dan teknologi yang lainya memberikan kemudahan untuk karyawan, namun jangan lupa bahwa teknologi ini jangan sampai membuat kamu malas untuk bergerak ya! Yuk aware sama kesehatan badan mulai dari sekarang! Gunakan aplikasi absensi online KANTOR KITA untuk proses absen yang mudah dan menyenangkan!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here