Aplikasi HR, Tujuan Penggunaan dan Manfaatnya

0
1658
aplikasi hr
Aplikasi HR, Tujuan Penggunaan dan Manfaatnya

Aplikasi HR, Tujuan Penggunaan dan ManfaatnyaSekarang ini banyak aplikasi HR yang bermunculan di permukaan, tentunya hal ini merupakan Langkah yang baik untuk dunia kerja terutama dunia HR. Ada banyak pekerjaan yang bisa lebih diringankan dengan adanya aplikasi HR ini.

Di Indonesia sendiri aplikasi HR juga banyak dikenal dengan istilah software HR Indonesia yang menyajikan banyak fitur berbasis online untuk mempermudah penyelesaian tugas HR dalam mengelola karyawan.

Baca : 4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh  [Penjelasan Lengkap]

Seperti yang kita ketahui dalam mengelola karyawan oleh para HR, pengelolaan bukan hanya tentang ketertiban bekeja dan motivasi namun juga tentang administrasinya.

Ada banyak administrasi yang perlu diselesaikan dan dengan aplikasi HR ini, sudah disiapkan satu sistem untuk membantu mengurus administrasi karyawan lebih mudah.

Mari kita bahas lebih lengkap tentang Penggunaan aplikasi HR, fitur aplikasi hr dan manfaat aplikasi HR.

Aplikasi HR

Aplikasi HR adalah salah satu aplikasi perkantoran yang khusus mengurus tentang sistem HR. Ada banyak sekali fitur yang diberikan aplikasi HR ini sehingga bisa membantu mengelola tugas pengelolaan karyawan menjadi lebih mudah.

Aplikasi HR ini tentu saja sudah menggunakan teknologi tertentu sehingga bisa memenuhi kebutuhan HR. Misalnya sudah menggunakan GPS, cloud, fitur keamanan tertentu dan juga tentang sistem otomatisasi untuk penghitungan otomatis.

Umumnya aplikasi HR ini menyajikan banyak fitur siap pakai dalam aplikasi. Ada juga satu aplikasi khusus untuk pekerjaan tertentu.

Salah satu aplikasi HR yang banyak ditemui adalah aplikasi HR dari Kantor Kita. Menyajikan banyak fitur yang siap pakai.

Aplikasi absensi
Aplikasi absensi Kantor Kita

Tujuan Penggunaan Aplikasi HR

Tujuan utama dari penggunaan aplikasi HR adalah untuk mempermudah kerja HRD dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Jika Anda berpikir bahwa aplikasi HR digunakan  untuk menggantikan peran staff HR mungkin saja pemikiran Anda ini kurang benar. Sebab aplikasi ini seperti halnya mesin yang dibuat untuk memudahkan kerja, agar hasil pekerjaan bisa lebih berkualitas dengan metode kerja yang lebih efisien baik pada cost dan juga energynya.

Jadi aplikasi HR menyediakan sistem untuk pengelolaan karyawan sedangkan HR disini sebagai admin yang mengoperasikan aplikasi ini.

Bentuk Aplikasi HR

Aplikasi HR bisa dioperasikan dengan beberapa jenis sistem. Bisa digunakan dalam versi web app dan juga bisa digunakan dalam bentuk software.

  1. Web App

Penggunaan aplikasi HR yang diakses menggunakan aplikasi di perangkat smartphone dan juga bisa diakses dari website melalui browser.

Misalnya aplikasi HR yang menyediakan fitur absensi online yang bisa diakses menggunakan perangkat smartphone sedangkan admin HR mengelola data absensi untuk pantauan laporan ini melalui website melalui browser.

  1. Software

Seluruh fitur aplikasi HR hanya bisa diakses menggunakan software yang sudah diinstall di dalam PC admin. Sehingga semua kegiatan pengelolaan HR diakses hanya melalui software saja.

Jadi ada beberapa bentuk dari pengoperasian aplikasi HR ini, bisa digunakan dalam software khsusu atau web app.

Baca Artikel : Sistem HRIS Perusahaan : Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia

Fitur Aplikasi HR Secara Umum

Secara umum ada beberapa fitur dasar aplikasi HR. Dari urusan pengelolaan absensi online, recruitment pegawai sampai dengan procurement. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Manajemen Recruitment

Manajemen recruitment adalah sistem yang digunakan untuk mengelola urusan recruitment pegawai. Mulai dari penyebaran informasi, pembuatan form, follow up pendaftaran dan proses ujian tertulis sampai dengan interview.

Dengan satu sistem ini, recruitment karyawan jadi lebih mudah dan simpel.

2. Manajemen Absensi Karyawan

Manajemen absensi karyawan juga merupakan satu bagian dari aplikasi HR. Dengan manajemen absensi karyawan ini urusan pencatatan kehadiran karyawan menjadi lebih mudah.  Sebab manajemen absensi karyawan ini umumnya sudah menggunakan absensi karyawan online, laporan absensi juga sudah otomatis terinput sehingga tidak perlu lagi membuat laporan.

fitur aplikasi kantor kita
Gambar 2 Fitur Aplikasi Kantor Kita

3. Payroll

Manajemen penggajian atau payroll, mengurus pengelolaan gaji karyawan. Umumnya berupa penghitungan gaji online dari gaji pokok sampai dengan tunjangan dan bonus sekaligus dengan slip gaji karyawan.

Ada manajemen payroll yang hanya menyediakan manajemen perhitungan saja, namun ada juga yang otomatis dari transfer uang ke rekening karyawan.

Dengan menggunakan payroll, urusan penggajian yang awalnya membutuhkan lama waktu pengerjaannya sekarang menjadi lebih mudah dan cepat.

4. Manajemen Administrasi

Selanjutnya adalah manajemen administrasi dimana fitur ini mengurus tentang kebutuhan administrasi yang dibutuhkan HR.

Misalnya administrasi database karyawan, administrasi persuratan, dan administrasi yang lainya. dengan menggunakan aplikasi HR pekerjaan administasi jadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

5. Manajemen Procurement / Pengadaan

Pengadaan barang sebenarnya tugas dari General Affair atau GA. Dimana bertanggung jawab atas pengelolaan barang dan operasional perusahaan. Fitur procurement atau pengadaan barang ini bisa digunakan oleh GA, dengan tambahan fitur multiple admin membuat akses pengolahan barang bisa dilakukan dengan mudah oleh orang yang bersangkutan.

Itulah beberapa fitur dari aplikasi HR yang banyak digunakan dan disediakan oleh aplikasi HR Indonesia. Sebelum memilih aplikasi yang  pas, akan lebih baik jika aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan HR sehingga dalam penggunaannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi HR ini antara satu pengembang dengan pengembang lainya, tentunya memiliki fitur yang berbeda-beda untuk itulah pilih satu yang terbaik menurut Anda.

Manfaat Aplikasi HR

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi HR. Diantaranya adalah

1. Mudah

Menggunakan aplikasi HR memberikan banyak kemudahan kepada pengguna. Sebab di dalamnya sudah ada sistem yang siap digunakan sehingga pengguna hanya tinggal menginputkan data sesuai kebutuhan.

2. Efisien

Efisien, dengan banyaknya pekerjaan HR yang cepat selesai maka otomatis akan HR bisa mengerjakan hal lain. Aplikasi HR membawa efisiensi dengan menghemat waktu pengerjaan dan hasil yang didapatkan juga lebih maksimal. Satu aplikasi bisa mengefisiensikan waktu dan energi untuk HR.

Baca : 5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja

3. Aman

Keamanan data menjadi satu hal yang berguna untuk HR. Data karyawan perlu di amankan dengan baik agar terhindar dari ancaman keamanan. Saat memilih aplikasi HR, jangan lupa memilih aplikasi HR yang jelas sistem keamanannya agar semua data di dalamnya juga aman.

Beberapa manfaat penggunaan aplikasi HR ini Anda rasakan jika sudah menggunakan langsung aplikasi HRnya.

Aplikasi HR dari Kantor Kita

Aplikasi HR terbaik dengan fitur lengkap  dari Kantor Kita bisa menjadi pilihan Anda. Harga terjangkau tersedia paket bulanan maupun tahunan. Ditambah dengan plugin penting untuk mendukung penggunaan aplikasi Kantor Kita.

Kontak Kantor Kita
Kontak Kantor Kita

Ingin tahu lebih lanjut bisa langsung menghubungi Kontak Kantor Kita.

Itulah penjelasan tentang aplikasi HR dari Kantor Kita, semoga bermanfaat!

Previous articleKompensasi Karyawan : Arti, Jenis, dan Fungsinya
Next articleJaminan Hari Tua BPJS  Ketenagakerjaan [Penjelasan Lengkap]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here