Sistem HRIS Perusahaan : Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia

0
2511
Sistem HRIS Perusahaan Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia
Sistem HRIS Perusahaan Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia

Sistem HRIS Perusahaan : Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS IndonesiaSistem HRIS perusahaan adalah sistem yang membantu mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan tersebut. Sistem HRIS banyak digunakan oleh HRD untuk membantu menyelesaikan tugas dan memudahkan pengelolaan karyawan yang berbasis data dan administrasi.

Sistem HRIS ini banyak digunakan untuk perusahaan sekarang ini karena memberikan penawaran pengelolaan kerja yang lebih efisien dan cepat. Pun banyak hal yang bisa dilakukan paperless karena sudah menggunakan teknologi cloud atau penyimpanan data online.

Dengan kata lain, penyimpanan online ini memungkinkan kerja dan pemantauan dilakukan dimana saja serta perangkat apa saja secara online. Berbeda dengan sistem sebelumnya yang harus diakses menggunakan banyak tumpukan kertas.

Sistem HRIS Perusahaan

HRIS merupakan singkatan dari human resources information system atau banyak dikenal dengan sistem informasi. Dimana menggunakan sistem komputerisasi yang menyajikan data yang akurat dalam pengelolaan sumber daya di perusahaan. Dimana data-data ini akan memengaruhi pengambilan keputusan di waktu yang akan datang.

Menurut Snell dan Bohlander dalam bukunya Principles of Human Resource Management menuliskan HRIS adalah sistem komputerisasi yang menyediakan data terbaru dan akurat untuk pengendalian dan pengambilan keputusan perusahaan.

Sedangkan menurut Gulati dalam jurnal yang ia tulis, menjelaskan bahwa HRIS adalah software yang memiliki database dan memungkinkan untuk melakukan penginputan, penyimpanan maupun pengubahan data karyawan di perusahaan.

Jadi dengan penjelasan menurut ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa HRIS adalah sebuah sistem atau software yang berguna untuk pengendalian SDM di perusahaan. Dimana menyediakan berbagai informasi yang akurat tentang data karyawan sehingga data-data ini digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan di waktu yang akan datang.

Secara sederhana penggunaan HRIS untuk perusahaan ini adalah memasukkan teknologi ke pengelolaan SDM perusahaan.

Sistem HRIS Perusahaan
Sistem HRIS Perusahaan

Fungsi Sistem HRIS Perusahaan

Penggunaan sistem HRIS perusahaan sendiri memiliki beberapa fungsi utama. Hal ini meliputi kebutuhan adminstasi, operasional dan strategi. Mari kita bahas bersama fungsi masing-masing dari sistem HRIS perusahaan ini.

1. Fungsi Administrasi

Fungsi sistem HRIS yang ini adalah untuk membantu mengelola kebutuhan HRD yang berhubungan dengan administrasi. Bekerja dengan administrasi umumnya adalah melengkapi data/informasi yang dibutuhkan dan juga memungkinkan untuk mengubah, menambahkan, menghapus dan lainya.

Contoh pekerjaan yang terkait administrasi adalah informasi seluruh karyawan, informasi jobdesk, informasi absensi setiap harinya dan juga payroll karyawan.

2. Fungsi Pperasional

Selanjutnya adalah fungsi operasional, dimana HRD membutuhkan sistem HRIS untuk memudahkan pengelolaan karyawan setiap harinya.

Contohnya adalah pengelolaan pengajuan izin dan cuti, pengelolaan reimbursement, pengajuan pinjaman, dan juga pengajuan lainya dari karyawan yang membutuhkan persetujuan.

Baca Artikel : Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

3. Fungsi Strategic

Kebutuhan HRD lainya dalam penggunaan sistem HRIS adalah untuk memenuhi kebutuhan strategi untuk menilai performa karyawan.

Contoh penggunaan fungsi strategic ini adalah laporan absensi karyawan, laporan lembur dan lain sebagainya.

Itulah fungsi utama dari sistem HRIS perusahaan yang bisa digunakan untuk membantu urusan HRD dalam pengelolaan SDM perusahaan. Jika kebutuhan ini sudah terbantu dengan sistem HRIS maka pengelolaan perusahaan bisa lebih mudah.

Memilih Sistem HRIS Untuk Perusahaan

Sebelum menggunakan sistem HRIS untuk membantu pekerjaan HRD dalam pengelolaan karyawan, Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa aspek dalam pemilihan sistem HRIS perusahaan. Untuk memilih sistem HRIS inilah beberapa pertimbangannya

1. Fitur yang Diberikan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pertama kali dalam pemilihan sistem HRIS perusahaan adalah fitur yang dimiliki. Fitur ini adalah alasan utama kenapa Anda menggunakan sistem HRIS tersebut.

Jika sistem tidak memiliki fitur yang dibutuhkan bagaimana dengan penggunaan sistem tersebut? Percuma saja, bukan? Yang utama adalah bukan seberapa banyaknya fitur namun pilih sistem HRIS yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika memilih HRIS dengan fitur yang banyak namun tidak dibutuhkan, sama saja Anda membayar layanan yang sia-sia.

2. Sistem Keamanan

Sekarang ini sistem keamanan layanan online menjadi satu hal yang  berguna. Sebab seperti yang kita tahu ada banyak sekali ancaman kejahatan online yang bisa didapatkan dari penggunaan layanan online ini. Salah satunya dari penggunaan sistem HRIS.

Jangan sampai data perusahaan dan data karyawan tidak aman karena ancaman keamanan dari sistem HRIS yang tidak terlindungi.

Sebelum menggunakan layanan ini, Anda bisa bertanya atau konsultasi dahulu kepada pemberi layanan tentang sistem keamanan yang ia miliki.

3. Kualitas Pemberi Layanan

Jika berlangganan dengan pemberi layanan seperti software HRIS maka akan terus berhubungan selama berlangganan produknya. Melihat hal ini, Anda perlu mengecek bagaimana kualitas layanan.

Apakah ia memiliki layanan CS yang baik, sebab kita sebagai pengguna layanan akan terus membutuhkan CS. Untuk itu perlu CS yang responsif dan ramah. Sehingga bisa lebih memudahkan dalam berlangganan.

Atau CS yang bisa on 24 jam dan juga aktif berbagai platform perpesanan sehingga kita bisa dengan mudah menghubungi CS tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek layanan teknisnya sebab jika ada masalah dengan urusan teknis seperti bug dan error bisa dengan mudah diselesaikan begitu melapor kepada pemberi layananan.

Umumnya pemberi layanan software HRIS berbayar akan langsung menanggapi keluhan dan masalah dari customernya. Sehingga jika ada bug maupun error bisa dengan cepat ditanggapi.

4. Harga

Harga juga perlu menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih layanan HRIS perusahaan. Dimana Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk melihat harga software HRIS di pasaran ini.

Jika harga yang ditawarkan sesuai dengan fitur dan kualitas yang diberikan maka layanan ini cukup sepadan. Bahkan tidak bisa dikatakan mahal. Begitu juga sebaliknya.

Jadi ada beberapa pertimbangan seperti di atas untuk mendapatkan software HRIS yang terbaik dan berkualitas untuk Anda. Dengan software HRIS yang tepat maka urusan pengelolaan SDM oleh HRD bisa dilakukan dengan mudah.

Rekomendasi Software HRIS

Salah satu software HRIS yang perlu Anda coba untuk mengelola urusan HRD adalah software HRIS dari Kantor Kita. Software yang menyediakan berbagai kebutuhan HRD, seperti di bawah ini

Administrasi Operasional Strategic
Database karyawan Absensi online harian Laporan dan grafik absensi
Data absensi karyawan Absensi online tugas dinas
Pengelolaan payroll dan slip gaji Pengajuan cuti online
Pengajuan izin online
Pengajuan reimbursement online
Broadcast pengumuman

Table 2 Sistem Hris Perusahaan Dari Kantor Kita

Pun software HRIS dari Kantor Kita ini didukung dengan GPS untuk memudahkan penggunaan absensi online karyawan saat WFH, WFO maupun remote.

Selain itu software HRIS ini juga didukung dengan banyak plugin untuk pemaksimalan kerja software. Jika dibutuhkan, Anda bisa berlangganan plugin ini perbulannya. Beberapa jenis plugin dari Kantor Kita adalah

  1. Plugin BPJS Kesehatan
  2. Plugin BPJS Ketenagakerjaan
  3. Pph21
  4. Plugin kasir
  5. Plugin penomoran surat
  6. Plugin ID card
  7. Plugin inventaris kantor
  8. Plugin procurement

Maksimalkan penggunaan plugin untuk bekerja dengan mudah dan cepat. Berlangganan plugin ini hanya 25ribu/bulannya.

Rekomendasi Software Hris Kantor Kita
Rekomendasi Software Hris Kantor Kita

Harga Software HRIS

Ada banyak standar harga dari penggunaan software HRIS, mulai dari jutaan/bulannya. Namun jika menggunakan software HRIS dari Kantor Kita, Anda bisa berlangganan dengan biaya yang cukup fleksibel.

Kantor Kita punya sistem berlangganan bulanan maupun tahunan dimana berlangganan bulanan bisa dihitung per user sedangkan tahunan ada paket khususnya.

Biaya peruser mulai dari Rp 7.500ribuan/user sedangkan paket tahunan bisa mulai dari Rp 1.900.000an/tahun.

Nah untuk informasi lengkap Anda bisa langsung menghubungi CS Kantor Kita di Kontak Kantor Kita melalui live chat maupun Whatsapp.

Jadi Kapan Menggunakan Sistem Hris Untuk Perusahaan Anda?

Dengan melihat kelebihan dan kemudahan yang diberikan sistem HRIS untuk perusahaan, Anda bisa mulai menerapkan penggunakan software HRIS untuk perusahaan Anda. Pun sekarang ini banyak software HRIS yang ada di pasaran, salah satunya adalah Kantor Kita.

Sistem HRIS dengan harga terjangkau dan banyak fitur yang mendukung kebutuhan HR. Anda bisa daftar kapan saja dengan jumlah karyawan berapa saja.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang Sistem HRIS Perusahaan untuk Anda, semoga bermanfaat!

Previous articlePinjaman Uang Karyawan : Cara Pengajuan dan Contoh Formulirnya
Next articleAplikasi Inventaris Barang Kantor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here