Aplikasi Inventaris Barang Kantor

0
2365
Aplikasi Inventaris Barang Kantor
Work, warehouse. Focused young elegant woman in high heels in safety helmet standing working on laptop and workers communicating behind in warehouse aisle

Aplikasi Inventaris Barang KantorAplikasi inventaris barang adalah salah satu tools yang dibutuhkan di kantor atau perusahaan. Seperti yang kita tahu inventaris adalah kegiatan pengelolaan barang dengan mencatat dan mendata barang yang kita miliki. Dimana hal ini berguna untuk menjaga dan update informasi tentang barang yang kita miliki.

Di perusahaan sendiri, ada kegiatan inventaris barang kantor yang dilakukan tiap penutupan tahun atau pertahun juga bisa dilakukan perbeberapa bulan sekali. Untuk perusahaan penjualan dan Gudang inventaris ini dilakukan untuk pencatatan stock sehingga akan terdata semua barang yang dimiliki dan stock untuk dijual.

Nah sekarang ini mudahnya ada aplikasi inventaris barang kantor maupun aplikasi inventaris barang untuk umum. Yang digunakan untuk membantu tim pengelola data dalam mencatatan dan pendataan data baik untuk kantor dan lainnya.

Aplikasi Inventaris Barang Kantor

Aplikasi inventaris barang kantor ini adalah tools pendataan barang di kantor yang digunakan untuk membantu tim pengelolaan barang agar bisa mendapatkan data barang secara akurat.

Baca Artikel Tentang : Software Solusi Perkantoran Terbaik Tahun 2022

Jika dulu pendataan barang ini dilakukan dengan cara manual dengan pencatatan di software pengolah data maupun di media tulis, maka sekarang hadir dalam versi aplikasi atau website. Dimana ini pengerjaan pendataan murni dilakukan di dalam aplikasi/web sehingga sudah ada template kerjanya dan sudah menggunakan penyimpanan cloud. Sehingga beberapa orang terkait bisa mengaksesnya dengan mudah.

Pun ada admin khusus yang bisa mengubah dan mengiput datanya, sehingga data tetap akurat. Dengan kelebihan penyimpanan cloud ini membuat banyak orang bisa mengakses data dalam mode terbaru, sehingga jika ada perubahan data maupun perubahan lainya bisa otomatis terupdate.

Fitur Apa yang Dimiliki Aplikasi Inventaris Barang Kantor?

Sesuai dengan namanya, aplikasi inventaris barang kantor ini lebih fokus kepada pengelolaan barang yang ada di kantor sehingga fitur yang dimiliki terkait pengelolaan inventaris tersebut. Berbeda dengan dengan pendataan inventaris stock penjualan maupun Gudang, umumnya aplikasi inventaris untuk keperluan stockiest jauh lebih lengkap.

Untuk aplikasi inventaris kantor, secara umum fitur aplikasi inventaris barang yang dimiliki adalah

1. Pengelolaan Inventaris

Ini adalah fitur utama dari aplikasi inventaris perkantoran, dimana ada banyak fitur yang mendukung pengelolaan barang di kantor. Pengelolaan inventaris ini terbagi menjadi beberapa menu, misalnya

1. Pengkategorian Inventaris

Salah satu fitur yang perlu dimiliki dari aplikasi inventaris kantor adalah pengkategorian barang. Dimana ini adalah fitur yang membagi barang menjadi satu kategori besar untuk memudahkan dalam pencatatan barang.

Ada beberapa kategori yang ada di perusahaan, misalnya

  1. Elektronik
  2. Furniture
  3. Alat kebersihan
  4. Transportasi
  5. Perkakas

Dan lain sebagainya. Dengan membagi barang menjadi beberapa kategori di atas, memudahkan admin untuk pengelompokan barang yang dimiliki di kantor.

2. Lokasi Barang

Selanjutnya fitur yang pasti dibutuhkan dalam aplikasi inventaris adalah pencatatan lokasi barang. Data lokasi akan terus dibutuhkan karena untuk mentracking barang yang ada di lokasi tersebut. Dengan begitu barang sesuai lokasinya bisa dicek dengan mudah.

3. Jumlah Barang

Pencatatan jumlah barang juga menjadi satu kebutuhan dalam proses inventaris barang. Jumlah barang ini menjadi satu hal wajib yang perlu di data untuk melihat seberapa besar aset yang kita miliki. Pun sebagai tolak ukur atau tracing jika ada perubahan jumlah barang di lapangan. Untuk itulah barang di perusahaan perlu didata jumlahnya.

2. Laporan Inventaris

Fitur yang paling penting selanjutnya dalam aplikasi inventaris barang adalah laporan inventaris ini, yang tidak hanya bisa diakses secara online melainkan juga bisa diunduh dalam banyak format yang mendukung.

Beberapa format yang diperlukan dalam laporan di aplikasi inventaris adalah Excell atau juga PDF sehingga laporan ini  bisa diluhat secara detail dan mudah dicetak.

3. Penyimpanan Cloud

Selanjutnya adalah penyimpanan cloud dimana pengguna bisa mengakses aplikasi darimana saja dan kapan saja dengan mudah. Jika menggunakan penyimpanan lokal maka penggunaan aplikasi tidak akan bisa maksimal, apalagi jika ada banyak perubahan dan update. Penggunaan jadi tidak efisien dan tidak akan bisa digunakan dalam mode online.

Itulah beberapa fitur yang diperlukan dalam penggunaan aplikasi inventaris kantor. Memang penggunaannya cukup sederhana karena kebutuhan di dalamnya juga cukup singkat dan simpel.

Berbeda lagi dengan kebutuhan inventaris untuk stock dan pengelolaan barang penjualan, dimana membutuhkan data stock opname, data harga dan lain sebagainya.

Apa Kemudahan yang Diberikan dalam Penggunaan Aplikasi Inventaris Kantor?

Penggunaan aplikasi inventaris kantor  ini tentunya memberikan kemudahan dan hal yang baru untuk pengelolaan barang kantor. Hal ini karena

1. Paperless

Pengelolaan inventaris barang lebih mudah menggunakan aplikasi, tanpa perlu banyak menggunakan kertas. Untuk perusahaan yang mulai sadar pentingnya pola ecco atau ramah lingkungan, mungkin hal ini menjadi satu hal yang penting. Karena ada biaya untuk menggunakan kertas dan alat tulis, pun tidak menjamin meminimalkan resiko kerusakan data oleh faktor eksternal.

Paperless lebih aman dan hemat pun pengerjaan lebih rapi, untuk memantau juga cukup friendly. Karena ada akses masuk khusus admin. Tinggalkan cara lama  untuk pegelolaan yang baru.

2. Mudah Untuk Pengerjaan Tim

Jika pembuatan inventaris dari media cetak kurang friendly untuk kerja tim. Maka menggunakan aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda untuk kerja tim dalam pengelolaan data inventaris. Hal ini Kembali lagi dengan penggunaan teknologi cloid yang memungkinkan data terpusat.

Baca Artikel : Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

Dan ada akses masuk untuk para admin yang dipilih. Hal ini akan sangat memudahkan pengelolaan barang di seluruh perusahaan terdata dengan baik dan  cepat. Tinggal pembagian akses dan penanggungjawab untuk mendata seluruh barang di perusahaan.

3. Akurat

Jika menggunakan media kertas atau menggunakan software pengolah data yang non online, pastinya data hanya bisa diakses satu orang. sehingga jika ada perubahan maupun update, akan kesulitan dalam distribusi data.

Hal ini akan sangat menyulitkan untuk perusahaan dengan skala besar, namun menggunakan aplikasi inventaris barang kantor, kemudahan dalam pengelolaan dan distribusi data bisa terkelola dengan baik.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan aplikasi inventaris barang untuk penggunaan kantor. Cepat, mudah dan akurat.

Aplikasi Inventaris Barang Kantor : Kantor Kita

Cari aplikasi inventaris barang kantor yang terjangkau tapi lengkap? Anda bisa memilih aplikasi inventaris barang dari Kantor Kita. Aplikasi yang berguna untuk pengelolaan barang kantor dengan mudah dan efisien.

Apalagi di Kantor Kita, aplikasi inventaris kantor ini bersifat tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan menambah plugin.

Biaya berlangganan Plugin Inventaris Kantor Kita hanya RP 25000 saja, ingin mencoba juga free trial 7 hari. gunakan dengan bebas dan eksplor sesuai yang Anda inginkan dengan memanfaatkan free trial ini.

Jika ada saran maupun pertanyaan, bisa langsung menghubungi CS Kantor Kita!

Kontak Kantor Kita
Table 1 Kontak Kantor Kita

Kesimpulan

Inventaris barang adalah kegiatan pengelolaan barang mulai dari pencatatan hingga pendataan secara lengkap. Memuat informasi mengenai identitas lengkap barang dan angka penurunan juga hal lainya. di kantor pengelolaan barang ini sangat dibutuhkan untuk itu mereka biasa menggunakan aplikasi inventaris barang kantor untuk memudahkan.

Baca : Software Manajemen Kantor

Mudahkan pengelolaan barang dengan aplikasi inventaris dari Kantor Kita, memudahkan pengelolaan barang di kantor hanya dengan satu aplikasi saja. Biaya berlangganan hanya RP 25000/bulan dan free trial 7 hari dengan bebas.

Previous articleSistem HRIS Perusahaan : Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia
Next articleSemua Orang Bisa Pakai Aplikasi Kasir dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here