Cara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate

0
532
Mendapat Panggilan Interview. Simak Tips Menghadapi Tes Interview
Mendapat Panggilan Interview. Simak Tips Menghadapi Tes Interview

Cara Menghadapi Interview Kerja untuk FreshgraduateCara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate – Hal yang paling ditunggu-tunggu setelah mendaftar pekerjaan adalah menerima panggilan interview. Dari beberapa lowongan pekerjaan yang anda daftar berapa kira-kira anda mendapatkan panggilan interview kerja? Terkadang kita hanya perlu menunggu beberapa hari untuk menerima panggilan interview seandainya berkas yang kita berikan sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan.

Meskipun sudah menerima pemberitahuan sebelumnya, tetapi banyak dari para pelamar kerja merasakan gugup menghadapi interview kerja, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama untuknya. Berikut ini beberapa tips interview kerja agar anda siap menghadapi interview.

 

Cara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate

Apa saja sih persiapan untuk menghadapi interview kerja terutama untuk fresh graduate? Cek berikut ini.

1.  Pelajari Lebih Detail Perusahaan dan Pekerjaan yang Dilamar

Ketika anda membaca lowongan pekerjaan, pasti terdapat nama perusahaan dan posisi kerja yang dicari. Salah satu tips interview kerja yang harus dilakukan pelamar kerja haruslah mempelajari detail dari perusahaan ataupun posisi yang lamar. Ketidaktahuan anda mengenai perusahaan dan posisi yang anda lamar dapat menyebabkan anda tidak lolos seleksi interview kerja. Bagaimana bisa anda ingin bekerja disebuah perusahaan tersebut tetapi anda tidak mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut.

Biasanya interview HR akan menanyakan pertanyaan dasar tentang perusahaan yang ingin dilamar. Jadi jangan sampai Anda tidak mengetahui latar belakang perusahaan Anda ya! Sekarang ada banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mencari tahu informasi perusahaan.

Pertanyaan Seputar Perusahaan dari HRD

  1. “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?”
  2. “Layanan apa yang kami berikan untuk customer?”
  3. “Darimana kamu mengetahui perusahaan kami?”

Cara Menghadapi Interview Kerja | Pelajari Lebih Detail Perusahaan

2.  Berlatih Cara Menjawab Pertanyaan Umum Interview

Setelah anda melamar di perusahaan, hendaknya memulai berlatih cara menjawab beberapa pertanyaan umum yang biasanya ada di interview kerja. Banyak buku atau sumber lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang umum dalam interview. Melakukan simulasi interview kerja bersama teman atau saudara adalah salah satu tips interview kerja yang bisa anda coba. Anda akan merasa lebih siap ketik sudah ada persiapan terlebih dahulu.

Baca : Tips Wawancara HRD Dan Contoh Pertanyaannya

3.  Datang Tepat Waktu Saat Interview

Sebagai peserta interview, alangkah baiknya jika anda datang ke tempat interview kerja tepat waktu atau lebih awal. Hal tersebut menunjukkan kesiapan anda untuk menghadapi interview kerja. Datang lebih awal atau tetap waktu manandakan anda siap untuk mengikuti serangkaian interview kerja yang dilaksanakan pada hari itu juga.

Tanpa disadari perusahaan akan menilai kedatangan Anda di perusahaan, bisa terlihat dari absensi kandidat atau juga langsung diamati oleh tim recruitment dari perusahaan.

Perlu hati-hati juga jika interview dilakukan secara online, karena HRD bisa mengamati dengan jelas siapa yang join room sesuai waktu dan siapa yang terlambat. Untuk perusahaan yang memiliki disiplin ketat, urusan kedatangan kandidat ini bisa menjadi satu hal yang penting.

Datang Tepat Waktu saat Interview Kerja

  1. Memudahkan mengenal lingkungan perusahaan
  2. Memiliki waktu persiapan lebih matang
  3. Menunjukkan disiplin kandidat dalam mengatur waktu

Cara Menghadapi Interview Kerja | Datang Tepat Waktu Saat Interview

Baca : Manajemen Waktu Kerja Karyawan

4.  Memakai Pakaian Rapi dan Sopan

Salah satu tips interview kerja yang penting adalah penampilan. Penampilan Anda ketika melakukan interview kerja menggambarkan citra diri. Ketika anda datang dengan penampilan yang rapi dan sopan maka anda akan terlihat memiliki kesan menarik. Interviewer menjadi yakin akan kedatangan Anda. Penampilan yang anda kenakan tidak perlu mahal dan elegan, cukup rapi, simple dan enak dipandang.

Untuk posisi tertentu yang mengutamakan penampilan maka kerapian dalam berpakaian dan cara berpakaian menjadi hal yang wajib dimiliki.

5.  Sikap Tubuh Saat Interview

Sikap tubuh yang anda tunjukkan ketika interview kerja juga merupakan salah satu penilaian bagi interviewer. Selalu perhatikan sikap tubuh agar mampu meyakinkan interviewer dari mulai posisi duduk. Gerakan tangan, kontak mata dan sebagainya. Ketika anda duduk lebih baik selalu tegak. Hal tersebut terkesan lebih memberikan ketegasan bahwa anda siap untuk menghadapi interview kerja.

Sikap Tubuh Saat Interview
Sikap Tubuh Saat Interview | Sumber : placement.freshersworld.com

Posisi duduk memiliki arti dan maknanya tersendiri yang bisa dibaca oleh tim HR di perusahaan. Sehingga kamu perlu memiliki posisi duduk yang tegak dan sopan untuk menghargai recruiter Anda.

6.  Menunjukkan Antusiasme dengan Tidak Berlebihan

Saat interview kerja biasanya kita merasa gugup. Apalagi ketika anda diberi sebuah pertanyaan, sebisa mungkin sembunyikan gugup anda dan tunjukkan ketegasan terhadap jawaban anda. Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda terhadap perusahaan serta bidang yang anda daftar untuk meyakinkan interviewer. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan sesuatu informasi saat interview kerja.

7.  Berikan Pertanyaan Balik Kepada Recruiter

Hal yang jarang diketahui dan diperhatikan terutama untuk kandidat fresh graduate adalah bertanya balik kepada recruiter. Banyak kandidat yang merasa lebih sopan dengan tetap diam dan menunggu pertanyaan dari recruiter namun faktanya bertanya balik membuat Anda terlihat kritis dan tertarik dengan pekerjaan tersebut. Bahkan HRD juga membuka kesempatan pertanyaan ini untuk kandidat. Jadi jangan ragu jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan ya!

Berikan Pertanyaan Balik Kepada Recruiter

  1. “Bagaimana dengan jam kerja di perusahaan ini?”
  2. “Apakah ada sistem lembur?”
  3. “Apakah saya memiliki tim kerja?”
  4. “Bagaimana dengan ketentuan cuti dan potongan gaji”
  5. “Apakah ada ketentuan menggunakan baju kerja?”

Cara Menghadapi Interview Kerja | Berikan Pertanyaan Balik Kepada Recruiter

8.  Akhiri Interview Dengan Mantap

Ketika interview kerja akan berakhir, anda bisa memberikan ketegasan kembali bahwa anda tertarik dengan pekerjaan tersebut. Jangan lupa tanyakan apa yang selanjutnya harus anda lakukan serta kapan kira-kira akan dihubungi kembali ketika anda dinyatakan lolos. Ucapkan terima kasih kepada interviewer untuk waktunya yang diberikan.

Demikian tips interview kerja yang bisa dilakukan oleh para pelamar kerja dalam menghadapi interview kerja agar meyakinkan perusahan sehingga kesempatan diterima lebih besar.

Itulah beberapa Cara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate, dengan beberapa tips di atas semoga membantu kamu yang dalam proses interview kerja menjadi lebih mudah.

 

Kesimpulan

Wawancara kerja menjadi satu hal penting untuk dilalui dalam proses mencari pekerjaan. Namun banyak kandidat yang tidak siap dengan proses interview karena kurangnya persiapan menghadapi interview kerja. Jika sudah banyak persiapan tidak ada hal yang perlu disesali karena sudah berusaha sebaik mungkin.

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Untuk HRD proses recruitment kerja dan pengelolaan administrasi karyawan bisa lebih mudah menggunakan software HRIS. Salah satunya aplikasi HR dari Kantor Kita! Menyediakan banyak fitur untuk mengelola administrasi karyawan  dari database sampai dengan aplikasi absensi karyawan dan payroll.

Itulah penjelasan hari ini tentang interview kerja, semoga bermanfaat!

Previous articleCuti Haid dalam Undang-Undang
Next articleJob Insecurity: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here