Job Insecurity: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

0
4971
Job Insecurity: Penyebab Dan Cara Mengatasinya ala kantor kita

Job Insecurity: Penyebab Dan Cara MengatasinyaJob Insecurity: Penyebab Dan Cara Mengatasinya – Pernahkan kamu merasakan rasa tidak percaya diri atau keterbatasan berekspresi ketika di kantor atau di tempat kerja? Ini disebut sebagai Job Insecurity. Munculnya perasaan insecure ketika di tempat kerja bisa menyebabkan performa kamu di kantor bermasalah karena rasa tidak nyaman tersebut. Apakah ini adalah hal yang umum untuk pekerja?

Perasaan insecure sangat umum terjadi kepada kita semua saat kondisi tertentu namun yang membedakan adalah bagaimana cara menghadapi insecurity tersebut, misalnya dengan cara mencari penyebabnya dan solusinya. Perasaan insecure di tempat kerja harus segera diselesaikan loh, jangan sampai berlarut-larut, selain akan mengganggu psikologis juga akan mengganggu kinerja. Yuk kita bahas Job Insecurity di artikel hari ini, namun sebelumnya apakah kamu sudah ber absen kerja hari ini? Mulai pekerjaan kamu di kantor terlebih dahulu dengan aplikasi absensi online untuk kemudian mulai menyiapkan pekerjaan!

 

Job Insecurity

Job Insecurity
Job Insecurity

Job Insecurity adalah perasaan tidak nyaman seperti kecemasan, perasaan terancam atau ragu ketika menghadapi pekerjaan di tempat kerja. Hal ini bisa disebabkan karena lingkungan, kemampuan, maupun penilaian diri sehingga muncul rasa tidak percaya diri untuk menyelesaikan pekerjaan.

Job Insecurity ini juga dijelaskan oleh beberapa ahli yang mendefinisikan job insecurity sebagai berikut:

1. Greenhalg dan Rosenblatt (1984)

Mengatakan job insecurity adalah keadaan dimana adanya rasa ketidakberdayaan untuk mempertahankan kelanjutan pekerjaan karena ancaman situasi dari suatu pekerjaan.

2. Hartley, Jacobson, Klandermans dan Van Vuuren

Mengatakan Job Insecurity adalah ketidaknyamanan yang dirasakan seseorang akan kelanjutan pekerjaan dan aspek-aspek penting yang berkaitan dengan pekerjaan itu sendiri.

3. Sverke dan Hellgren (2002)

Menyatakan bahwa job insecurity adalah pandangan subjektif seseorang mengenai situasi atau peristiwa yang mengancam pekerjaan di tempatnya bekerja.

Dari definisi di atas sudah jelas bahwa job insecurity semacam rasa ketidaknyamanan di lingkungan bekerja yang terjadi pada diri pekerja juga bisa didefinisikan kondisi yang menyebabkan karyawan tidak nyaman karena merasa tidak bisa mempertahankan karirnya di waktu ke depan. Pastinya banyak pekerja yang pernah mengalami hal seperti ini di tempatnya bekerja. Apa sih sebenarnya penyebab munculnya perasaan insecure di tempat kerja?

 

Penyebab Job Insecurity di Tempat Kerja

Mengetahui penyebab timbulnya job insecurity sangat penting, karena dari sini kita bisa memperbaiki perasaan insecure yang sering muncul sehingga kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah insecurity ini. Jangan abaikan masalah insecurity ini agar tidak tidak berlarut-larut. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu merasa insecure di tempat kerja:

Penyebab Job Insecurity
Penyebab Job Insecurity

1. Trauma Sosial

Perasaan insecure pada lingkungan kerja bisa hadir dengan merasa malu atau tidak nyaman dengan posisi yang dimilikinya. Rasa rendah diri ini bisa terjadi karena trauma dari masa lalu yang belum selesai. Misalnya trauma bersosial karena pernah di bully atau direndahkan oleh seseorang di masa lalunya sehingga ia masih merasakan rasa rendah diri dan meragukan kemampuan di waktu tertentu.

Trauma ini bisa terbawa di lingkungan kerja dengan merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan atau sulit merasa percaya diri ketika berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan. Trauma dari masa lalu ini jika tidak di handle dengan baik akan mempengaruhi pergaulan di dalam tempat kerja maupun di luar tempat kerja.

2. Lingkungan

Lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab kamu merasakan insecure. Insecure bisa muncul ketika kamu merasa lingkungan yang ditinggali tidak imbang dengan diri,  seperti kemampuan ataupun gaya bekerja di dalam tempat kerja tersebut bisa membuatmu merasa tidak percaya diri. Hal ini terjadi karena adanya tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri atau rasa khawatir karena tidak bisa mengikuti ritme kerja di lingkungan tersebut.

Pun lingkungan yang tidak memberikan dukungan yang baik juga akan memperburuk kondisi kamu.

3. Kurang Menguasai Pekerjaan

Penyebab insecure selain dari luar diri juga disebabkan dari dalam diri, yaitu kurang menguasai pekerjaan. Ketika kamu masuk di bidang yang kamu tidak kuasai umumnya akan merasa kurang percaya diri. Namun untuk beberapa orang kurangnya kemampuan ini bisa menjadi motivasi untuk mempelajari lebih giat sehingga bisa mengimbangi kemampuan yang dibutuhkan di lingkungan kerja tersebut.

4. Perubahan Kondisi Perusahaan

Perubahan pada diri perusahaan misalnya pada keuangan sampai dengan ketenagakerjaan membuat karyawan bisa mengalami job insecurity dengan merasa khawatir apakah bisa skill yang dimilikinya tetap dibutuhkan di masa depan dan lainya.

Setiap waktu pastinya perusahaan terus meningkatkan performanya, dimulai dari efisiensi untuk bertahan, pendisiplinan, memajukan dengan teknologi dan lain sebagainya. Perubahan-perubahan seperti ini membuat karyawan merasa tergeser dan merasakan job insecurity.

Kondisi internal perusahaan seperti politik kantor, masalah keuangan yang terus menurun maupun kurangnya produksi perusahaan juga sangat berperan dalam kondisi karyawan.

 

Tanda Jika Kamu Merasa Insecure Di Tempat Kerja

Insecure di tempat kerja terjadi dengan beberapa tanda, jika kamu merasa hal ini terjadi kepada kamu maka kamu harus lebih aware dan memberikan tindakan lebih lanjut untuk dirimu agar bisa mengatasi insecurity dengan baik. Beberapa tanda insecure adalah

  1. Merasa tidak yakin atau minder dengan kemampuan diri
  2. Ingin selalu dipuji
  3. Menghindari interaksi dengan lingkungan sekitar
  4. Suka membandingkan diri dengan yang lain
  5. Tidak menjadi diri sendiri
  6. Merasa tidak yakin bisa mempertahankan posisi kerja

Improve diri untuk menunjang performa kerja agar tidak lagi insecure, salah satunya dengan tetap menjaga nilai kehadiran karyawan dengan baik setiap harinya dengan begitu kamu dinilai sebagai karyawan tertib dan pekerja keras, salah satu cara paling mudah untuk ber absen adalah menggunakan aplikasi absensi karyawan Kantor Kita, penilaian kinerja lebih mudah dan akurat!

 

Cara Mengatasi Job Insecurity?

Demi kenyamanan dan kelangsungan pekerjaan, masalah job insecurity ini harus segera di selesaikan. Beberapa cara untuk menghilangkan perasaan insecure di tempat kerja adalah

1. Kenali Diri

Hal dasar untuk mengatasi masalah insecurity adalah dengan memahami kondisi diri sendiri dengan begitu kamu lebih mengenal diri dengan baik, dengan mengenal diri, kamu lebih tau apa kelebihan dan kekuranganmu. Mengetahui potensi diri dengan baik bisa menghindari rasa rendah diri.

Pastinya juga membuatmu lebih realistis. Penerimaan akan diri seperti kelemahan akan membuatmu terus belajar, sehingga kamu fokus mencari cara untuk berkembang bukan menghadapinya dengan terpuruk.

2. Improve Skill

Ketika kamu merasa insecure karena kemampuanmu lebih kurang daripada yang lainya. Ini bisa menjadi motivasi kamu untuk terus mengasah kemampuan kamu dan mempelajari hal-hal yang kamu kurang kuasai sehingga kamu bisa menunjukkan kemampuanmu ke lingkungan kerja. Hal ini lebih memberimu manfaat jika bisa di handle dengan baik.

3. Ganti Pola Pikir

Setelah cara dilakukan dengan mengenali diri sendiri, cara mengatasi job insecurity adalah mengatur pola pikir kamu. Insecure bisa terjadi karena kamu merasa tidak yakin dengan dirimu dan dengan kelemahanmu.

Setiap orang memiliki kelebihan  dan kekurangan masing-masing, ada baiknya kamu menerima kelemahan dan fokus untuk mengembangkan kelebihan sehingga kamu akan lebih dikenal karena kemampuanmu. Pola pikir sangat mempengaruhi pemikiran kamu, jadi akan lebih baik kamu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda untuk mengurasi rasa insecure mu.

4. Lebih Rileks

Salah satu penyebab job insecurity adalah kamu terlalu berlebihan dalam menanggapi sesuatu seperti sikap perfeksionis dimana semua yang ada pada dirimu harus sempurna. Kamu bisa lebih rileks dalam menghadapi pergaulan di dunia kerja, tidak semuanya harus dipikirkan secara dalam-dalam. Jika kamu lebih santai dalam menghadapi sesuatu pastinya masalah pekerjaan tidak akan membebanimu terlalu berat. Tinggal bagaimana kamu menghadapinya.

Baca Artikel Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

 

Kesimpulan

Menangani masalah job insecurity adalah satu hal yang sangat penting untuk kelangsungan karir kamu. Semua orang pernah mengalami perasaan insecure namun memiliki tindakan untuk mengatasinya. Kamu juga bisa melakukan ini, menangani masalah insecure agar memiliki performa kerja yang bagus dengan begitu kemampuan dan dedikasimu untuk perusahaan bisa dinilai bagus juga.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

Peran HRD dalam mengatasi masalah karyawan seperti job insecurity yang mengganggu produktifitas karyawan juga sangat penting. Selain mengelola administrasi seperti absensi dan payroll, membantu memperbaiki kondisi karyawan agar lebih nyaman juga sangat dibutuhkan.

Sekian informasi hari ini tentang perasaan Job Insecurity dan penyebab job insecurity, semoga bermanfaat!

Previous articleCara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate
Next articlePentingnya Memiliki Kemampuan Bekerja Dalam Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here