Pentingnya Memiliki Kemampuan Bekerja Dalam Tim

0
1558
Pentingnya Memiliki Kemampuan Bekerja Dalam Tim
Pentingnya Memiliki Kemampuan Bekerja Dalam Tim

Pentingnya Memiliki Kemampuan Bekerja Dalam TimKetika kita sedang membaca lowongan pekerjaan salah satu hal yang masuk dalam kriteria pekerjaan adalah kemampuan bekerja dalam tim. Banyak kandidat yang menganggap remeh kemampuan bekerja tim, dengan hanya memikirkan bahwa ini hanyalah kemampuan biasa. Padahal jika kita cek lagi kemampuan bekerja dalam tim adalah hal penting juga sangat mempengaruhi kenyamanan, performa dan prestasi karyawan dalam dunia kerja. 

 

Kemampuan Bekerja Dalam Tim 

Adalah kemampuan untuk bisa beradaptasi bekerja dalam tim, bisa mengikuti ritme kerja tim, komunikasi antara individu dalam tim juga bekerja sama dalam memecahkan masalah maupun mencapai tujuan bersama. 

Jika dalam pekerjaan mandiri, kita bisa menentukan arah dan jalannya pekerjaan maka dalam kerja tim dibutuhkan pemahaman dan penyesuaian visi dan misi hingga mencapai jalan yang diinginkan bersama. Tentu saja kerja tim tidak bisa egois dan memaksakan kehendak salah satu individu saja. Inilah yang menjadi seni nya bekerja dalam tim. 

 

Dua Pondasi dalam Kerja Tim 

Ada dua pilar yang mendasari kerja tim, dengan memaksimalkan pondasi ini sebuah tim bisa tetap bersatu dan bertahan lama. 

  • Komunikasi 

Komunikasi menjadi pondasi utama agar kerja dalam tim bisa dilakukan dengan lancar. Dengan komunikasi yang baik kita bisa memahami dan mengerti pendapat atau pemikiran orang lain dari banyak perspektif. 

Komunikasi yang lancar bisa meminimalkan salah paham maupun pemicu konflik lainya. Perlu diketahui juga bahwa komunikasi bukan hanya tentang berbicara dan terus mengeluarkan pendapat, namun komunikasi secara dua arah atau ada timbal balik berupa mendengarkan dan berbicara. 

Kenyamanan dalam tim juga tercipta dengan komunikasi. Sedangkan komponen pendukung lain seperti penggunaan nada bicara, penggunaan gesture tubuh, mendengarkan juga lainya juga mendukung kenyamanan orang lain. 

  • Koordinasi 

Hal kedua yang menjadi dasar kerja dalam tim adalah koordinasi. Dimana semua bagian dari tim bekerja sama dan berinteraksi untuk mewujudkan visi misi perusahaan. Koordinasi didukung dengan komunikasi yang baik, jika komunikasi tidak berjalan maka koordinasi juga akan macet. 

Kenapa koordinasi menjadi satu hal yang penting? Koordinasi ibarat tali yang menyatukan banyak lidi. Dengan koordinasi yang bagus meminimalkan perceraian, semua individu bersatu dan terarah untuk mencapai tujuan yang sama. 

Itulah dua hal yang harus dimiliki untuk kesuksesan kerja dalam tim. Tanpa komunikasi yang baik maka akan mudah sebuah tim tercerai-berai. 

 

Apakah Semua Orang Bisa Bekerja Dalam Tim? 

Ketika interview HRD maupun user kandidat kerap kali ditanya “apakah bisa bekerja dalam tim?” 

Bukan tanpa alasan HRD memiliki pertanyaan seperti di atas. Sebab individu memiliki karakternya masing-masing. Tidak ada yang salah dengan jawaban kandidat, hanya saja HRD kemudian perlu menyesuaikan kebutuhan perusahaan. 

 

Bekerja Dalam Tim
Bekerja Dalam Tim

Ada beberapa orang yang memiliki karakter menyukai kerja individu atau kerja mandiri, juga ada karyawan yang hanya bisa bekerja dalam tim kecil, beberapa diantaranya sangat menyukai kerja sama dan bekerja dalam tim besar. Karakter inilah yang membuat beberapa orang tidak bisa bekerja dalam tim. 

Namun jika sudah berada dalam tim, maksimalkan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi juga pahami tujuan tim agar bekerja menjadi lebih mudah dan terarah. 

 

Kelebihan Bekerja Dalam Tim 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa karyawan dapatkan jika bekerja dalam tim. 

  • Mencapai Target Makin Mudah

Kelebihan yang didapatkan dari bekerja dalam tim adalah kemudahan dalam mencapai target tim. Dimana jika tanggung jawab target ditanggung bersama oleh semua anggota tim. Hal ini membuat pekerja tidak terasa sulit karena dikerjakan sendiri.

  • Mengurangi Burnout

Bekerja keras tanpa tim sangat mungkin membuat karyawan merasa burnout atau kelelahan dengan pekerjaannya. Selain karena harus bekerja dan menyelesaikannya sendiri hal ini karena tidak ada support psikologis. Sedangkan jika bekerja dalam tim ada banyak hal yang men-support dan menghibur seperti interaksi dengan orang lain sampai dengan saling motivasi. 

  • Mendapatkan Banyak Prespektif

Di dunia kerja memiliki banyak masalah dan karyawan diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penyelesaian masalah akan lebih mudah dengan mendapatkan banyak perspektif. Jika penyelesaian mandiri prespektif yang didapatkan juga sangat terbatas. 

Baca Artikel Tentang Peran Team Leader untuk Kelancaran Kerja Karyawan

 

Tantangan Bekerja Dalam Tim

Selain manfaat dan kelebihan, ada tantangan dalam bekerja tim. Diantaranya adalah 

  • Rawan Konflik 

Tantangan yang banyak didapatkan dari kerja dalam tim adalah rawan dengan konflik internal. Konflik terjadi dalam tim bisa disebabkan karena banyak hal dari masalah komunikasi, masalah ego anggota karyawan dan lainya. Bekerja dengan banyak karakter dan sikap membuat pemicu konflik juga lebih besar.

  • Membangun Tim yang Solid 

Selanjutnya tantangan yang banyak terjadi adalah kesulitan untuk membangun tim kerja yang solid. Banyak anggota tim yang hanya masuk dalam tim namun tidak ingin membangun koneksi dengan rekan tim. Inilah yang membuat sebuah tim tidak akan bisa solid. 

  • Komunikasi 

Menjalin komunikasi yang lancar dan intensif juga menjadi tantangan tersendiri dalam bekerja tim. Komunikasi yang intensif membuat kerja menjadi lebih mudah. Seperti yang kita bahas di atas komunikasi menjadi satu pondasi dasar agar bisa bekerja maksimal dalam tim. 

Baca Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

Kesimpulan 

Memiliki kemampuan bekerja dalam tim menjadi kelebihan tersendiri. Sebab dengan kemampuan tersebut akan sangat membantu pekerjaan menjadi lebih maksimal dan bahkan akan mempengaruhi prestasi kerja. Kemampuan ini perlu diasah dari waktu ke waktu.

software hris indonesia
software hris kantor kita

Sekian informasi hari ini tentang pentingnya memiliki kemampuan bekerja dalam tim, semoga bermanfaat!

Previous articleJob Insecurity: Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Next articleTips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan Secara Tepat dan Cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here