Manager Operasional : Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, dan Berapa Gajinya?

0
11262
Manager Operasional : Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, dan Berapa Gajinya?
Manager Operasional : Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, dan Berapa Gajinya?

Manager Operasional : Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, dan Berapa Gajinya?Dalam sebuah perusahaan, posisi manager operasional (operations manager) hampir selalu ada. Tertarik untuk melamar pekerjaan di posisi ini? Jika ya, sebaiknya simak penjelasan yang akan diberikan berikut ini. Akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian hingga kisaran gaji yang didapatkannya.

Singkatnya, manager operations adalah seorang pemimpin dalam perusahaan yang tugasnya adalah mengatur organisasi agar kinerjanya meningkat.

Rekomendasi Aplikasi HR : Software HRD Terbaik

 

Manager Operasional Adalah

Sebelum membahas lebih dalam sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian dari operations manager itu sendiri. Orang yang menjabat di posisi ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan mengelola semua hal yang berlangsung dalam perusahaan.

Mulai dari mengelola tenaga kerja hingga barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Peran dari operations manager ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja seluruh elemen perusahaan serta menekan risiko agar tidak terjadi.

Dalam struktur organisasi perusahaan, jabatan operasional manager berada di bawah manager puncak. Oleh karena itu, operations manager dituntut untuk mampu mengimplementasikan rencana serta kebijakan yang sudah dibuat oleh manager di atasnya.

Baca juga : Manager Perusahaan : Fungsi dan Tugasnya

 

Tugas dan Tanggung Jawabnya

Operasional merupakan bagian yang membutuhkan biaya dan resource paling banyak dalam sebuah perusahaan. Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh operations manager juga cukup banyak.

a.  Tugas Operasional Manager

Lebih detail mengenai tugasnya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

  1. Mengembangkan ide-ide yang lebih inovatif terkait dengan operasional sehingga bisa berjalan dengan lebih baik, efektif, serta efisien
  2. Meningkatkan efektivitas operasional dalam sebuah perusahaan
  3. Mengurangi pengeluaran operasional yang tidak terlalu penting atau mendesak
  4. Mengatur agar operasional membutuhkan biaya seminimal mungkin
  5. Mengawasi seluruh persediaan barang untuk distribusi, penyediaan jasa, serta letak fasilitas operasional
  6. Melakukan pengawasan terhadap kualitas produk
  7. Melakukan pertemuan atau meeting secara rutin dengan direktur untuk menyusun strategi agar visi dan misi perusahaan tercapai

Rekomendasi Software Perkantoran : Software HRIS

b. Tanggung Jawab Manager Operasional

Selain tugas-tugas yang sudah dijelaskan di atas, operations manager juga memiliki beberapa tanggung jawab berikut ini.

  1. Berperan aktif dalam membuat perencanaan serta koordinasi penyusunan anggaran setiap unit operasional agar realisasi anggaran lebih efektif dan efisien
  2. Mengatur dan mengendalikan kegiatan produksi dan distribusi setiap unit operasional
  3. Menganalisis proses bisnis di bidang produksi dan distribusi setiap unit operasional
  4. Mengatur dan mengawasi pelaksanaan sistem serta prosedurnya yang berhubungan dengan produksi serta distribusi
  5. Mengevaluasi dan melatih proses produksi maupun distribusi
  6. Mengambil peran dalam menentukan SOP perusahaan seperti SOP produksi dan distribusi dari setiap unit operasional
  7. Melakukan pengawasan terhadap setiap pembayaran dan penerimaanpiutang hasil penjualan
  8. Melakukan evaluasi terhadap laporan operasional serta SOP
  9. Menjadi wakil bagi manajemen dalam berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kegiatan produksi dan distribusi setiap unit operasional

 

Skill yang Dibutuhkan

Mengingat tugas dan tanggung jawab yang diemban begitu banyak, berikut ini adalah beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang operations manager.

Skill Manager Operasional
Skill Manager Operasional

1. Komunikasi

Operations manager akan menjalin koordinasi dengan banyak posisi di perusahaan, mulai dari staf biasa hingga manager yang paling tinggi. Oleh karena itu, skill komunikasi yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

2. Interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk menjaga komunikasi kepada sesama pekerja agar berjalan lancar dan aktif. Pekerja yang loyal akan membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan kualitasnya. Untuk membentuk loyalitas dalam diri pekerja, dibutuhkan kemampuan interpersonal yang baik dari seorang operations manager.

Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan umum yang di dalamnya sudah termasuk skill komunikasi, leadership, sosial, adaptasi dan lainnya. Sehingga jika seorang manager operasional memiliki kemampuan ini maka akan sangat mendukung kerja manager operasional.

3. Kepemimpinan

Operations manager juga membawahi banyak unit sehingga kemampuan memimpin sangat dibutuhkan di sini. Manager ini harus mampu memberikan motivasi kepada tim serta mengelola konflik yang terjadi. Dengan begitu, tim yang berada di bawahnya akan tetap solid dan bekerja dengan baik.

4. Kemampuan Manajemen Sumber Daya dan Produksi

Agar lebih efektif dan efisien, sumber daya harus dikelola dengan baik. Dibutuhkan juga sebuah sistem supaya proses produksi berjalan dengan konsisten dan memberikan hasil yang baik. Untuk menangani semua ini, operations manager harus punya kemampuan manajemen sumber daya dan produksi.

Baca juga : 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

 

Berapa Gajinya?

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa operations manager punya tugas yang cukup berat. Oleh karena itu, gaji karyawan yang diberikan juga setimpal, yaitu 2 digit atau minimal 10 juta per bulannya. Hal ini tentunya setimpal dengan tanggungjawab dan tugas yang dibebankan kepada manajer operasional. Namun setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan tersendiri dalam menggaji karyawannya.

Layanan Kantor Kita : Aplikasi Absensi Android

 

Kesimpulan

Tertarik untuk menjadi seorang manager operasional? Sebelum melamar pekerjaan di bidang ini, pastikan sudah memiliki skill yang cukup agar bisa mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik. Menjadi seorang operasional manager bukan merupakan hal yang mudah dilakukan dengan tugas dan tanggungjawab yang dimilikinya.

Itulah penjelasan tentang manager operasional lengkap dengan definisi, tugas dan tanggungjawab  juga skill yang harus dimiliki.

Kantor Kita merekomendasikan aplikasi yang bagus untuk HR, yaitu aplikasi absensi online Kantor Kita. Aplikasi HR yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan HR dalam pengelolaan administrasi karyawan seperti absensi sampai dengan payroll karyawan.

Berlangganan Kantor Kita bisa dilakukan dengan mencoba demo terlebih dahulu 15  hari secara gratis, coba semua fiturnya dengan bebas dan gratis. Langsung saja berlangganan di Daftar Kantor Kita!

Customer Service Kantor Kita
Customer Service Kantor Kita
Previous articleBagaimana Cara Menghitung THR Karyawan? [Lengkap Dengan Contoh]
Next articleCara HRD Mengatasi Kebosanan pada Karyawan dalam Bekerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here