Bonding Karyawan : Penting dan Idenya

0
2278
Bonding Karyawan Penting dan Idenya
Bonding Karyawan Penting dan Idenya

Bonding Karyawan : Penting dan IdenyaKetika kamu kerja, sudah pernahkan dilaksanakan bonding karyawan? Bukan hanya sekedar meluangkan waktu bersama saja. Melainkan berinteraksi dengan intens kepada seluruh karyawan di perusahaan atau minimal dalam satu tim.

Banyak perusahaan yang sudah melaksanakan hal ini untuk tujuan mempererat hubungan emosional antara pekerja.

Jika hubungan sudah terbangun dengan baik maka harapannya akan memberikan hasil berupa proses kerja yang lebih baik antar karyawan, meminimalkan konflik internal dan tentu saja lebih kompak.

Belum pernah melakukan bonding karyawan? Mungkin hal ini menjadi salah satu ide yang perlu direalisasikan untuk perusahaan. Ketahui manfaat dan ide bonding karyawan yang tepat untuk karyawan.

Mari kita bahas bersama.

Baca : Kriteria Kantor Idaman Millenial, Kantormu Seperti Ini, Kah?

aplikasi manajemen kantor

 

Bonding Karyawan

Bonding dalam bahasa inggris kita ketahui berarti ikatan. Jika kita artikan untuk bonding karyawan maka bisa dipahami dengan usaha untuk membangun ikatan antar karyawan. Dalam hal ini ikatan emosional antar karyawan.

Umumnya bonding akan terbangun jika masing-masing karyawan dekat dan aktif berinteraksi. Tentu saja  jika antar karyawan sudah terbangun bonding maka akan membuat satu sama lain akrab, pekerjaan pun akan lebih lancar karena komunikasi antar karyawan lancar.

Acara bonding yang dilakukan di perusahaan atau dunia kerja ini adalah fasilitas yang digunakan untuk membantu membangun bonding karyawan.

Sehingga ada wadah agar bonding karyawan dilakukan dengan cepat.

 

Kenapa Bonding Karyawan Ini Penting?

Bonding dikenal dengan kegiatan yang hanya bersenang-senang saja, tidak ada manfaat darinya. Bahkan perusahaan perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Apakah benar bonding karyawan hanya seperti ini?

Terlihat cukup sepele dan dianggap kurang penting untuk perusahaan, padahal bonding ini memiliki manfaat yang besar untuk karyawan maupun perusahaan sendiri.

Tentu saja tidak karena ada manfaat bonding untuk karyawan.

1. Ajang Untuk Berkenalan Lebih Jauh Antar Karyawan

Salah satu cara untuk lebih dekat antar kar

yawan adalah melakukan bonding. Sebab jika di tempat kerja, banyak karyawan yang fokus dengan pekerjaannya dan hanya luang di waktu makan siang itupun tentu saja digunakan untuk waktu pribadi.

Untuk itulah dibentuk acara bonding dimana karyawan bisa mengakrabkan diri dengan berbagai acara di dalamnya.

Sehingga proses perkenalan dan mengakrabkan diri akan lebih cepat. Jika sudah berkenalan dan mengenali karakter masing-masing maka hal ini juga akan memudahkan karyawan untuk bekerja.

2. Sarana Untuk Meningkatkan Komunikasi Karyawan

Komunikasi adalah salah satu softskill yang perlu diasah dan dikembangkan terutama untuk karyawan. Untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik ini, bisa dilakukan dengan bonding.

Bonding memiliki banyak acara namun yang paling terpenting adalah adanya interaksi dan komunikasi antara peserta. Hal inilah yang menjadi rangsangan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi karyawan.

Baca : Hidup Sehat Ala Pegawai Kantor

3. Mengurangi Bahkan Menghilangkan Konflik Internal

Bonding adalah acara di luar jam kerja yang santai dan memang didesain untuk acara yang menyenangkan untuk karyawan. Semua peserta diharapkan untuk bisa berinteraksi secara eksklusif.

Interaksi ini selain membangun skill komunikasi juga diharapkan bisa untuk menghilangkan konflik internal  antar karyawan.

4. Langkah Untuk Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman

Jika kita bisa membangun hubungan yang baik antar karyawan melalui bonding, maka akan membantu perusahaan mewujudkan lingkungan kerja yang positif. Dengan begitu masalah kerja akan berkurang karena lingkungan yang sudah nyaman.

Itulah beberapa manfaat dari bonding karyawan yang memberikan manfaat untuk karyawan. Memang bonding terlihat kurang begitu bermanfaat namun sebenarnya memiliki banyak benefit di dalamnya untuk perusahaan maupun karyawan.

 

Ide Bonding Karyawan

Ada beberapa ide bonding karyawan atau cara untuk melakukan bonding karyawan. Diantaranya adalah dengan membuat acara yang menarik namun juga memberikan pembelajaran untuk karyawan.

1. Kegiatan Tim Bersama

Contoh Bonding Karyawan
Contoh Bonding Karyawan

Membentuk beberapa karyawan menjadi sebuah tim adalah salah satu cara untuk bonding karyawan. Mau tidak mau pastinya karyawan akan berinteraksi dan berdiskusi terkait pekerjaan.

Komunikasi yang intensif, interaksi dan diskusi yang terus menerus dilakukan akan membuat karyawan menjadi lebih dekat secara emosional satu sama lain.

Dengan begitu keterikatan satu karyawan dengan yang lainya akan terbentuk.

2. Pelatihan

Contoh Bonding Karyawan
Contoh Bonding Karyawan

Pergi ke pelatihan bersama juga merupakan salah satu hal yang mempererat bonding antar karyawan. Pelatihan umumnya juga banyak diperlukan diskusi dan interaksi sehingga nantinya pelatihan ini akan membantu karyawan untuk dekat satu sama lain

Karyawan yang mengikuti pelatihan ini umumnya juga beberapa orang sampai satu tim sehingga akan membantu karyawan yang mengikuti pelatihan akan terbentuk bonding.

3. Monthly Meeting

Contoh Bonding Karyawan
Contoh Bonding Karyawan

Membuat meeting berkala yang melibatkan banyak karyawan juga akan membentuk bonding karyawan. Hal ini karena meeting dilakukan dengan aktif berdiskusi, saling berpendapat, aktif dan terbuka sehingga masing-masing karyawan bisa mengenal karakter satu sama lain.

4. Gathering

Contoh Bonding Karyawan
Contoh Bonding Karyawan

Gathering  atau berkumpul juga merupakan salah satu cara bonding yang paling umum digunakan untuk perusahaan.

Gathering ini  umumnya hanya menggunakan beberapa bentuk kegiatan seperti makan malam bersama, snack time, acara ulang tahun, tukar kado, makan-makan dan lain sebagainya.

Cukup menyenangkan dan pastinya banyak yang berhasil melakukan bonding karyawan menggunakan cara gathering seperti ini.

Itulah beberapa kegiatan gathering yang menarik dan penting dilakukan untuk perusahaan untuk membangun interaksi karyawan.

Baca Artikel : Employee Gathering : Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan

 

Kesimpulan

Bonding diperlukan untuk membentuk ikatan antar karyawan agar lebih akrab dan terbentuk kerja sama yang baik dalam hal pekerjaan. Ide Bonding dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan yang interaktif sehingga nantinya kegiatan ini akan memberikan hasil sesuai yang diinginkan.

Jangan lupa kembangkan perusahaan dengan teknologi pendukung seperti aplikasi absensi karyawan misalnya absensi online Kantor Kita.

Aplikasi HRIS Indonesia dengan isi lengkap yang memudahkan HR dalam pengelolaan administrasi karyawan terutama absensi online.

Previous articleAturan Cuti Karyawan Hamil dan Melahirkan
Next articleSeberapa Penting Sih Portofolio Untuk Pekerja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here