Kriteria Kantor Idaman Millenial, Kantormu Seperti Ini, Kah?

0
930

Kriteria Kantor Idaman Millenial, Kantormu Seperti Ini, Kah?Sekarang ini banyak perusahaan rintisan atau startup maupun perusahaan multinasional yang memberikan fasilitas terbaik untuk karyawannya. Salah satunya adalah urusan kondisi kantor juga ekosistem di dalamnya. Sekarang ini kesejahteraan karyawan menjadi satu hal penting dan sudah banyak diperhatikan oleh perusahaan, apalagi dengan karyawan yang banyak diisi oleh generasi milenial juga generasi Z. 

Dalam memilih pekerjaan, karyawan juga mempertimbangkan kondisi kantor dan lingkungannya. Memiliki kondisi kantor yang baik dan menyenangkan pastinya tidak sulit untuk menjadi perusahaan bonafide dan diinginkan banyak kandidat kerja. Seperti apa sih kriteria kantor idaman millennial? 

 

Kriteria Kantor Idaman Millennial

Kriteria Kantor Idaman Millennial
Kriteria Kantor Idaman Millennial

Berikut adalah kriteria kantor yang disukai generasi milenial juga generasi di bawahnya, gen Z. 

1. Lingkungan Kerja yang Positif 

Memiliki lingkungan kerja yang positif merupakan impian semua pekerja baik generasi X, Millennial maupun gen Z. Lingkungan kerja yang positif memudahkan banyak orang untuk menjalani pekerjaan dan adaptasi yang lebih mudah. 

Ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai indikator lingkungan kerja yang positif, diantaranya adalah 

a. Komunikasi Aktif

Komunikasi menjadi salah satu hal yang menjadi indikator kondisi lingkungan. Komunikasi yang aktif dan lancar membuat kerja tim dan antar individu lebih terbuka dan tentunya mengurangi banyak gesekan konflik. Komunikasi yang sehat juga bisa dilihat dari kesempatan karyawan mengutarakan pendapatnya dalam pekerjaan. 

b. Memiliki Teamwork yang Bagus

Kondisi tim yang bagus juga menjadi salah satu kriteria lingkungan kerja yang suportif. Team work membantu pekerjaan lebih mudah, termasuk memberikan solusi dan ide, saling mendukung rekan kerja juga kualitas komunikasi di dalamnya. 

c. Manajemen Karyawan yang Baik

Selanjutnya adalah masalah manajemen karyawan. Hal ini biasanya berhubungan dengan tim administrasi seperti HRD maupun personalia. Manajemen karyawan meliputi urusan absensi karyawan, perizinan, cuti juga gaji dan menyelesaikan konflik internal. 

Dengan lingkungan kerja yang positif ini membuat generasi milenial yang menyukai kolaborasi menjadi lebih mudah menjalankan pekerjaannya. 

2. Persaingan yang Sehat

Persaingan dalam dunia kerja merupakan bukan hal yang asing lagi untuk karyawan. Namun yang membedakan adalah bagaimana kondisi persaingan kerja yang sehat dan suportif. Belum lagi kondisi politik kantor turut mempengaruhi kondisi persaingan kerja. 

Generasi millennial maupun generasi Z sangat menyukai persaingan secara sehat dalam lingkungan kerja ini. Gen z cukup kompetitif dan memiliki daya saing tinggi. Gen Z menginginkan dirinya cukup unggul sehingga bisa bertahan dan bersaing sesuai kemampuannya. 

Budaya kerja yang buruk seperti generasi terdahulu sudah dianggap tidak relate dengan kehidupan kerja sekarang ini. Di masa sekarang gen z dan millenial menyukai kegiatan diskusi dan juga keterbukaan informasi juga pengetahuan. Hal ini membuat generasi ini sadar bahwa yang terpenting adalah kemampuan dan skill kerja dalam persaingan bukan kepentingan yang lainya. 

3. Fleksibilitas Pakaian 

Aturan yang baku, mengikat dan hukuman merupakan salah satu hal yang sudah mulai ditinggalkan banyak pekerja sekarang ini. Termasuk masalah aturan yang kaku tentang pakaian. 

Selain mengutamakan kualitas kerja, generasi muda seperti milenial dan gen Z menyukai kebebasan berekspresi yang bisa ditunjukan salah satunya melalui penampilan. Fleksibilitas dalam berpakaian menjadi salah satu kantor yang disukai gen Z dan millennial. Dengan kebebasan menggunakan pakaian menandakan perusahaan tersebut mengutamakan hasil kerja dan fleksibel.  

Software HR
Software Hris Indonesia

4. Fasilitas Kantor

Fasilitas kantor yang menggunakan teknologi juga merupakan hal yang diidamkan anak muda zaman sekarang dari tempat kerjanya. Tidak heran, sebab gen z tumbuh besar dengan teknologi sedangkan generasi millenial merupakan salah satu generasi yang menyaksikan bagaimana kehebatan teknologi terus berkembang. 

Banyak perusahaan yang masih menggunakan cara konvensional dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan kemampuan IT yang baik, kreatifitas maka penggunaan teknologi dalam fasilitas kantor ini akan membuat generasi milenial dan gen Z bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. 

Salah satunya misal penggunaan software hris untuk HR guna memudahkan dalam pengelolaan administrasi dan karyawan. 

Atau juga penggunaan aplikasi absensi karyawan online yang memberikan kemudahan berabsen dengan mudah untuk karyawan, dimana saja dan kapan saja. 

5. Program Pengembangan Diri 

Hal yang millenial inginkan dari perusahaan adalah program pengembangan diri, sehingga mereka tidak hanya berkutat pada pekerjaan yang menjenuhkan namun juga mendapatkan akses pengembangan diri. 

Seperti yang kita singgung di atas, generasi ini sangat suka dengan pengetahuan dan ilmu baru sehingga rasa explorasi nya juga masih besar. Tidak heran jika perusahaan dengan program pengembangan dirinya banyak dipilih oleh anak muda zaman sekarang. 

Beberapa contoh program pengembangan diri yang diinginkan adalah pelatihan kerja, self improvement (soft skill), update teknologi terbaru dan lainya. 

Itulah beberapa kriteria kantor idaman millenial dan gen Z. Sekarang generasi ini merupakan generasi yang paling banyak menempati pasar kerja. Untuk menggaet kandidat-kandidat terbaik tentunya perusahaan juga perlu penyesuaian seperti halnya fasilitas kantor ini. 

 

Karakter Gen Z dan Millenial di Dunia Kerja 

Untuk mewujudkan kondisi kantor yang disukai milenial juga gen z akan lebih baik jika mengetahui bagaimana karakter anak muda ini.

Karakter Gen Z Karakter Milenial
  1. Suka bekerja dengan teknologi 
  2. Melek tentang teknologi 
  3. Kreatif 
  4. Mandiri 
  5. Menyukai kerja individu 
  1. Menyukai kerja berkolaborasi 
  2. Bekerja keras dan tangguh 
  3. Suka bersosial 
  4. Mudah beradaptasi 

Karakter gen Z dan Millenial 

Dengan mengetahui karakter generasi millenial dan generasi Z maka perusahaan bisa memberikan fasilitas dan mengupayakan lingkungan kerja yang disukai dua generasi ini. 

 

Kesimpulan 

Generasi millenial dan generasi Z memiliki karakter tersendiri pada dunia kerja, dimana anak muda ini terkenal dengan kreativitas dan kemampuan penggunaan teknologinya yang cukup baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Untuk itu jika ingin meng-hire generasi ini, perusahaan perlu memiliki sarana dan mengupayakan lingkungan kantor yang sehat dan disukai generasi muda. Bagaimana dengan kamu generasi muda? Apa yang cari dalam dunia kerja?

Sekian informasi hari ini tentang Kriteria Kantor Idaman Millenial, semoga bermanfaat! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here