Jangan Sampai di Sepelekan, Ini Pentingnya Etika dalam Dunia Kerja

0
312
Jangan Sampai di Sepelekan, Ini Pentingnya Etika dalam Dunia Kerja

Jangan Sampai di Sepelekan, Ini Pentingnya Etika dalam Dunia Kerja – Attitude/etika atau bisa kita kenal dengan sopan santun adalah hal penting yang dibutuhkan dalam kehidupan, dimana saja, kapan saja, etika adalah hal utama dan menjadi bekal ketika kita terjun dalam kehidupan sosial yang lebih luas.

Salah satu lingkungan yang sangat membutuhkan kepandaian dalam beretika adalah dunia kerja. Selain kemampuan akademik, etika sangat dibutuhkan agar bisa menjalani dunia kerja dengan baik. Jika etika dan pengetahuan bisa berjalan dengan seimbang ini, bisa membawa kamu mendapatkan karir yang lebih baik. Hal sederhana yang mencerminkan etika dan profesionalisme di kantor adalah cara absensi karyawan misalnya ketepatan waktu dan kedatangan sangat memiliki pengaruh yang besar.

Kenapa sih sebenarnya etika itu penting dalam dunia kerja? Mari kita bahas Pentingnya Etika dalam dunia kerja di artikel berikut ini.

Kenapa Etika Penting untuk Dunia Kerja

Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus memiliki etika yang bagus dalam dunia kerja.

  1. Mudah Mendapatkan Bantuan

Jika kamu terkenal memiliki etika yang baik, misalnya selalu sopan dan menghargai orang lain. Banyak orang yang akan menyukaimu, hal ini bisa menjadi jalan ketika kamu merasa membutuhkan bantuan, orang akan mudah menolongmu. Pun jika kamu menemui konflik atau beberapa kondisi sulit, kemampuan berkomunikasi yang baik sebagai salah satu etika, bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan konflk dengan baik.

Pertolongan ini pastinya akan membantu kamu menyelesaikan pekerjaanmu lebih mudah ketika ada kendala.

  1. Banyak Disukai Rekan Kerja

Seseorang yang memiliki etika yang baik, dinilai banyak disukai orang yang ada disekitarnya karena ia memberikan positive vibes untuk lingkungan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk di dunia kerja, dimana kamu memiliki peluang untuk bisa diterima dengan baik jika kamu juga memiliki etika yang baik. Terutama saat awal masuk kerja, dimana banyak orang yang masih melakukan penyesuaian dan proses belajar.

Etika yang baik tidak selalu tentang menurut dengan apa yang atasan perintahkan atau setuju dengan argumen-argumen orang lain namun bisa menghargai senior dan rekan kerja, dan mengemukakan argumen dengan baik pula jika tidak sepenuhnya sepemikiran dengan rekan kerja. Kunci etika dalam dunia kerja salah satunya adalah menghargai rekan.

Sikap sombong, egois maupun kasar bisa memberimu kesan yang buruk untuk atasan maupun rekan kerja, tentunya sikap ini bisa membuatmu sulit diterima di lingkungan, akibatnya kamu bisa merasakan struggle ketika bergaul di tengah lingkungan tersebut.

Biasakan mulai diri dengan etika yang baik kepada siapapun, selain untuk diri sendiri juga memberikan hal yang positif untuk orang lain.

  1. Memiliki Peluang Karir yang Lebih Besar

Percayakah kamu bahwa sikap yang baik atau etika bisa membantu kamu mendapatkan peluang karir yang lebih tinggi lho. Walau dibarengi dengan pembelajaran dan perjuangan juga. Banyak cerita ketika seseorang yang awalnya hanya pegawai kebersihan bisa diangkat menjadi karyawan tetap dengan posisi yang lebih tinggi, ini adalah adalah salah satu kasus dimana etika sangat mempengaruhi peluang karirmu.

Dengan bersikap yang baik, orang lain akan tau bahwa kamu memiliki sikap jujur, tulus dan rendah hati dimana ini bisa membuka hati orang lain untuk membantumu atau mempercayaimu mendapatkan kesempatan yang lebih besar.

Termasuk promosi karir juga bisa dinilai dari etika yang kamu miliki, atasan tentunya tidak sembarangan memilih karyawan untuk posisi tersebut. Jika kamu dipilih untuk kesempatan yang lebih besar maka etika dan kemampuanmu dianggap layak untuk posisi itu.

  1. Mencerminkan Profesionalisme Diri

Etika menjadi salah satu hal yang mencerminkan sikap profesional diri kamu di lingkungan kerja. Tentunya kita semua tau jika sikap ini sangat diperlukan untuk mendukung kinerja kita.

Ketika kita bisa bersikap profesional, pastinya orang yang berada di sekitar kita juga bisa menilai bahwa kita bagus dalam bekerja pun mereka juga akan menghargai kamu, bahkan lingkungan kamu juga bisa terpengaruh dengan sikap profesional yang kamu miliki.Etika dalam Dunia Kerja

Hal ini menjadi penting, apalagi jika kamu sudah memiliki posisi jabatan tinggi dalam lingkungan kerja, dimana ini bisa menjadi contoh untuk karyawan lain untuk memiliki sikap profesional kerja yang sama.

Etika dan profesionalisme bisa dihubungkan menjadi satu kekuatan untuk masuk di dunia kerja sehingga membuatmu lebih diperhitungkan. Salah satu bentuk menjaga profesional diri dimulai dari cara absensi karyawan, absensi yang tertib menunjukkan Anda memiliki time management yang baik sehingga rekan lainya akan melihat Anda begitu profesional untuk kemudian etika bisa terlihat pada keseharian.

  1. Mendukung Pekerjaan

Di dunia kerja, kamu membutuhkan banyak orang untuk membantumu mempelajari pekerjaan kamu. Baik rekan kerja maupun senior pastinya akan senang hati membantumu memahami pekerjaan itu jika kamu memiliki etika yang baik.

Berbeda jika kamu meminta penjelasan dengan sikap yang egois, sombong ataupun pemarah, bukanya mau membantu, ini malah membuat kamu dihindari bahkan tekena masalah dengan mereka.

Hargai orang yang mengajarimu dengan mengatakan ‘minta tolong dan terimakasih’ dengan baik, walaupun terlihat sepele, ini sangat berarti lho dan tentunya menunjukan ke-rendahan hati kamu, dengan begitu pekerjaanmu bisa kamu selesaikan dengan baik.

Bentuk Etika yang Harus dimiliki di Dunia Kerja

Ada beberapa bentuk etika yang harus dimiliki dalam dunia kerja untuk mempermudah kamu menjalani pekerjaanmu. Diantaranya adalah

  1. Tutur Kata yang Baik

Penggunaan bahasa atau tutur kata kepada rekan di lingkungan kerja bisa menunjukkan bagaimana etika kamu.

Misalnya penggunaan bahasa indonesia yang santai namun memiliki intonasi suara yang sopan sehingga lawan bicara juga nyaman dan tentunya cara berbicara juga didukung dengan gesture yang tepat juga.

Ini termasuk kemampuan komunikasi dimana prosesnya membutuhkan latihan atau pengalaman, tidak bisa langsung mahir dalam satu waktu saja. Mulai biasakan cara berkomunikasi yang baik dan sopan untuk dunia kerja untuk menghargai siapa saja yang sedang berbicara dengan kamu. Kemampuan ini akan berguna untuk lingkungan mana saja.

  1. Saling Menghargai

Jangan samakan dunia kerja dengan lingkungan pergaulan dimana kita bisa bebas berbicara kepada teman. Di lingkungan kerja, kamu memiliki batasan dalam berteman untuk menjaga privasi masing-masing.

Saling menghargai merupakan etika yang penting dimiliki untuk kenyamanan bersama, misalnya menjaga privasi, memperlakukan rekan kerja dengan baik, ataupun menghargai pendapatnya. Saling menghargai adalah kunci hidup bersama, tanpa etika ini, hidup bersama akan terasa sulit karena konflik yang terus muncul.

Baca Artikel : Sanksi Apa Sih yang Cocok untuk Karyawan Terlambat Masuk Kerja?

Biasanya ini berguna saat melakukan meeting dimana banyak argumen yang berseberangan ataupun sikap-sikap rekan tertentu yang muncul.

  1. Ketepatan Waktu

Untuk seseorang yang bekerja, waktu adalah hal penting, miliki etika yang baik dengan selalu datang tepat waktu atau tertib ketika di dunia kerja. Hal ini akan sangat membantu kamu ketika harus meeting atau janjian dengan orang lain. Menghargai waktu orang lain dengan datang tepat waktu, Hindari kebiasaan buruk datang terlambat agar bisa membuat kamu lebih profesional juga.

Cara absensi karyawan seperti banyaknya alpha, keterlambatan, izin, atau ketertiban sangat menunjukkan bagaimana orang tersebut menjalani hidupnya. Hindari keterlambatan untuk menghargai orang lain dan menunjukkan profesioanalan kerja.

Kesimpulan

Pentingnya Attitude dalam dunia kerja adalah satu hal yang penting, bahkan kepentinganya lebih besar dari tingkat pendidikan karyawan. Banyak HRD yang akan memilih calon karyawan dengan etika baik dan pengetahuan rata-rata daripada pengetahuan tinggi namun etika rendah. Ini bisa menjadi motivasi kamu untuk terus memperbaiki diri untuk lebih siap masuk di dunia kerja.

Etika yang baik akan menunjukkan keprofesionalan diri yang baik pula, tingkatkan keprofesionalan karyawan dalam bekerja dengan menggunakan aplikasi absensi online, Kantor Kita. Mencatat kinerja karyawan secara akurat dan otomatis, memudahkan kinerja perusahaan dalam memantau karyawan agar lebih efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here