5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

0
50

5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia KerjaDunia kerja adalah lingkungan yang sangat dinamis, segala sesuatunya cepat berubah dan berkembang, oleh karena itu pekerja atau karyawan dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan baik perubahan lingkungan tersebut. Ada hal yang mendukung kinerja karyawan agar bisa mengikuti ritme kerja di lingkungan tersebut, yaitu kemampuan teknik dan kemampuan softskill. Kemampuan teknik umumnya sudah dipelajari semenjak di sekolah atau kuliah sehingga masuk dunia kerja tinggal mengembangkan, namun bagaimana dengan softskill?

Softskill adalah kemampuan yang tidak dipelajari secara teoritis seperti di bangku sekolah, namun lebih ke pengalaman. Kenapa softskill dibutuhkan di dunia kerja? Dan apa saja softskill yang dibutuhkan? Berikut ulasanya untuk Anda

5 Softskill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

  1. Kemampuan berkomunikasi

Sebagai manusia sosial tentunya kita hidup berdampingan dengan orang lain, hal ini membuat Anda membutuhkan komunikasi untuk mengerti dan menyampaikan maksud kepada orang lain. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan dilingkup manapun, lingkungan tempat tinggal, lingkungan ibadah termasuk juga lingkungan kerja. Bahkan begitu pentingnya komunikasi membuat komunikasi adalah kunci nomor satu dalam menjalani hidup dan bekerja.

Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja membantumu mengenal dan bergaul dengan rekan kerja maupun senior jadi semakin mahir kemampuan komunikasimu semakin mudah Anda bisa menjalin hubungan dengan mereka. Kemampuan komunikasi dalam dunia kerja diperlukan untuk menyampaikan pendapat, bertanya pekerjaan dan mendiskusikan pekerjaan dengan lancar. Jika Anda kesulitan dalam bidang komunikasi, tentunya segalanya menjadi lebih sulit dilakukan.

Komunikasi harus sangat dikuasai untuk pekerjaan yang langsung berhadapan dengan client seperti sales, Customer Service, Resepsionis atau atas yang selalu berhubungan dengan banyak orang seperti HRD maupun ketua divisi/tim, jadi Anda bisa luwes dan profesional menghadapi klien.

Aplikasi Kantor Kita

Dalam dunia kerja, komunikasi bukan hanya soal berbicara namun juga mendengarkan, menyampaikan pendapat di muka umum, dan menulis. Orang yang bisa berkomunikasi dengan baik terlihat jelas bagaiamana ia bisa meng-handle dirinya misalnya berbicara di depan umum atau berbicara dengan klien tetap percaya diri dengan pemilihan kata dan intonasi yang baik sehingga dalam penyampaiannya mudah diterima dan dimengerti.

  1. Kemampuan interpersonal

Kemampuan intepersonal adalah kemampuan bekerja dalam tim yang meliputi kemampuan mendengarkan dan memahami, leadership, dan problem solving. Saat bekerja Anda harus pandai memahami kondisi dan situasi sehingga bisa menempatkan diri dengan baik, jika ini bisa Anda kuasai pastinya akan bertindak sesuai dengan seharusnya.

Baca Artikel : Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

Seseorang dengan kemampuan interpersonal yang baik di dunia kerja tentunya akan selalu dipertimbangkan dan diperhitungkan.  Kemampuan interpersonal seperti memahami dan berempati tentunya memudahkan Anda bergaul dengan banyak orang bahkan akan memberikan Anda positive vibes di lingkungan Anda, orang yang bisa memahami dan berempati dinilai pribadi yang hangat sehingga banyak disukai.

Problem solving juga masuk dalam kemampuan interpersonal, dalam dunia kerja pastinya akan dihadapkan dengan  banyak masalah dan kesulitan, oleh karena itu di dunia kerja membutuhkan seseorang yang bisa membantu perusahaan atau tempat kerja mendapatkan problem solvingnya. Ini adalah skill yang dibutuhkan dunia kerja.  Problem solving tidak melulu soal cara penyelesaian namun juga sikap dalam menyelesaikan masalah seperti berpikir kreatif dan ulet.

Bisa bekerja dalam tim, ada banyak orang yang lebih suka bekerja sendiri dengan banyak alasan namun dalam dunia kerja Anda harus belajar untuk bekerja dalam tim dimana hal ini tidak sederhana karena harus menyatukan banyak pendapat dan pemikiran bahkan konflik, nah hal ini tentunya membutuhkan kemampuan komunikasi. Dunia kerja membutuhkan kemampuan ini, bagi Anda yang kesulitan bekerja dalam tim mulai sekarang mulailah berusaha untuk membuka diri dan bekerja bersama tim.

  1. Kemampuan adaptasi

Kemampuan adaptasi adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan dimana saja, masuk ke dunia yang benar-benar baru mengharuskan Anda harus bisa mengikuti ritme lingkungan tersebut sehingga Anda tidak merasa kesulitan bahkan membantu Anda mencari kenyamanan. Softskill mudah beradaptasi sangat dibutuhkan di dunia kerja, mudah beradaptasi berarti ia bisa melihat kondisi atau lingkungan dengan baik untuk kemudian cepat menyesuaikan bagaimana lingkungannya berjalan.

Baca Juga Artikel : Ingin Memiliki Karir yang Cerah?? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Seseorang yang sulit beradaptasi di dunia kerja membuatnya kesulitan menghadapi lingkungan barunya dan sulit untuk mengikuti ritme kerja sehingga ia tidak nyaman dan memutuskan resign. Selain merugikan diri hal ini juga meerugikan kantor yang telah me-rekrut. Jika bisa beradaptasi, di lingkungan manapun Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dan bisa menerima lingkungan tersebut dengan baik.

  1. Rasa ingin belajar

Dunia kerja membutukan seseorang yang selalu penasaran dan memiliki rasa ingin tau yang besar dalam perusahaan tentunya rasa ingin tau yang besar membuatnya memiliki rasa ingin belajar dan tau, perusahaan yang selalu mengembangkan diri dengan inovasi tentunya sangat membutuhkan hal ini.

Rasa ingin tau yang tinggi membuatnya jauh dari kata stuck namun ia terus berkembang dan mempelajari satu hal yang baru. Rasa ingin belajar yang tinggi ini  membuat karyawan tidak mudah bosan dalam menjalani pekerjaannya.

  1. Managemen diri

Masuk ke dunia kerja ada banyak hal yang harus atur dengan baik, untuk memudahkan mu mengatur segala sesuatunya Anda harus memiliki managemen diri yang baik. Ada banyak sekali managemen diri yang harus dimiliki dalam dunia kerja, seperti

  1. Perencanaan
  2. Managemen tugas
  3. Managemen waktu
  4. Target
  5. Managemen stress

Jika memiliki managemen yang baik Anda bisa mengatur dan mengerjakan segala sesuatunya dengan baik, rapi dan terstuktur. Misalnya dalam menghadapi dunia kerja, Anda memerlukan strategi nah buat perencanaan di awal waktu, tugas mana yang harus diselesaikan, mana yang paling di prioritaskan, berapa waktu yang dibutuhkan, apa yang harus dilakukan agar tugas segera selesai? Setelah semua perencanaan terjawab, waktunya melakukan pekerjaan mulai dari pekerjaan yang di prioritaskan di awal sampai akhir. Dengan menjadwal atau memanagemen tugas yang baik Anda bisa melakukan pekerjaan dengan teratur dan selesai sesuai waktunya, target yang ada pun bisa tercapai.

Dunia kerja, managemen bukan hanya managemen tugas saja namun juga managemen stress, ada banyak tekanan  yang Anda dapatkan dalam dunia kerja baik dari tugas maupun dari pengaruh lainya oleh karena itu Anda harus bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik, untuk mengelola stress Anda. Bisa dimulai dari mencari hiburan di lingkungankerja sampai melakukan me time atau beribadah. Hal ini harus dilakukan agar Anda tetep seimbang menjalani pekerjaan dan menjaga  kesehatan mental dan tubuh Anda.

Dunia kerja adalah dunia dinamis dan membutuhkan seseorang yang flesibel juga, kuasai softskill dengan terus belajar dan mengambil pelajarannya, agar bekerja berjalan dengan baik dan mudah. Selain softskill Anda bisa permudah kerja Anda dengan aplikasi absensi android Kantor Kita, absensi jadi lebih mudah baik WFO maupun WFH, cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here