5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

0
2600
5 Soft Skill Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja
5 Soft Skill Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

5 Soft Skill Yang Dibutuhkan Di Dunia KerjaDunia kerja adalah lingkungan yang sangat dinamis, segala sesuatunya cepat berubah dan berkembang, oleh karena itu pekerja atau karyawan dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan baik perubahan lingkungan tersebut. Ada hal yang mendukung kinerja karyawan agar bisa mengikuti ritme kerja di lingkungan tersebut, yaitu kemampuan teknik dan kemampuan softskill. Kemampuan teknik umumnya sudah dipelajari semenjak di sekolah atau kuliah sehingga masuk dunia kerja tinggal mengembangkan, namun bagaimana dengan softskill?

aplikasi absensi kantor kita

Soft Skill adalah kemampuan yang tidak dipelajari secara teoritis seperti di bangku sekolah, namun lebih ke pengalaman. Kenapa softskill dibutuhkan di dunia kerja? Dan apa saja softskill yang dibutuhkan? Berikut ulasanya untuk Anda.

Baca Artikel Tentang : Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

 

5 Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Tidak hanya pengetahuan dasar, soft skill sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan Anda bekerja dengan maksimal. Berikut adalah beberapa kebutuhan soft skill yang perlu dikuasai di dunia kerja.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai manusia sosial tentunya kita hidup berdampingan dengan orang lain, hal ini membuat Anda membutuhkan komunikasi untuk mengerti dan menyampaikan maksud kepada orang lain. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan di lingkup manapun, termasuk di lingkungan kerja.

Bahkan begitu pentingnya komunikasi membuat komunikasi adalah kunci nomor satu dalam menjalani hidup dan bekerja.

Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja membantumu mengenal dan bergaul dengan rekan kerja maupun senior.

Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja |
Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja | Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi dalam dunia kerja diperlukan untuk menyampaikan pendapat, bertanya pekerjaan dan mendiskusikan pekerjaan dengan lancar. Jika Anda kesulitan dalam bidang komunikasi, tentunya segalanya menjadi lebih sulit dilakukan.

Komunikasi harus tidak hanya perlu dikuasai untuk pekerjaan yang langsung berhadapan dengan client seperti sales, Customer Service, Resepsionis atau atas yang selalu berhubungan dengan banyak orang seperti HRD maupun ketua divisi/tim namun juga perlu dikuasai semua karyawan agar komunikasi dalam pekerjaan bisa berlangsung dengan baik.

Dalam dunia kerja, komunikasi bukan hanya soal berbicara namun juga mendengarkan, menyampaikan pendapat di muka umum, dan menulis.

Orang yang bisa berkomunikasi dengan baik terlihat jelas bagaimana ia bisa meng-handle dirinya misalnya berbicara di depan umum atau berbicara dengan klien tetap percaya diri dengan pemilihan kata dan intonasi yang baik sehingga dalam penyampaiannya mudah diterima dan dimengerti.

Cara meningkatkan kemampuan komunikasi
Soft Skill Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja | Kemampuan Berkomunikasi

2. Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami orang lain. Dimana kemampuan interpersonal ini membuat kita untuk mudah dalam memahami emosi orang lain, lebih bisa berinteraksi dengan orang lain dan juga membantu menghubungkan diri dengan orang lain.

Dalam dunia kerja, kemampuan interpersonal sangat dibutuhkan karena kita akan selalu berhubungan dengan orang lain dengan banyak karakter saat bekerja.

Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja | Kemampuan Interpersonal
Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja | Kemampuan Interpersonal

Problem solving juga masuk dalam kemampuan interpersonal, dalam dunia kerja pastinya akan dihadapkan dengan  banyak masalah dan kesulitan, oleh karena itu di dunia kerja membutuhkan seseorang yang bisa membantu perusahaan atau tempat kerja mendapatkan problem solvingnya.

Kecerdasan interpersonal ini bisa terlihat dari kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain juga kemampuan untuk membangun diri dengan orang lain.

Dunia kerja yang membutuhkan kerja sama yang baik antar karyawan akan sangat mudah dilakukan dengan kemampuan interpersonal yang baik pula.

3. Kemampuan Adaptasi

Kemampuan adaptasi adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan dimana saja, masuk ke dunia yang benar-benar baru mengharuskan Anda harus bisa mengikuti ritme lingkungan tersebut sehingga Anda tidak merasa kesulitan bahkan membantu Anda mencari kenyamanan.

Softskill mudah beradaptasi sangat dibutuhkan di dunia kerja, mudah beradaptasi berarti ia bisa melihat kondisi atau lingkungan dengan baik untuk kemudian cepat menyesuaikan bagaimana lingkungannya berjalan.

Seseorang yang sulit beradaptasi di dunia kerja membuatnya kesulitan menghadapi lingkungan barunya dan sulit untuk mengikuti ritme kerja sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja | Kemampuan Beradaptasi
Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja | Kemampuan Beradaptasi

Selain merugikan diri hal ini juga merugikan kantor yang telah merekrut. Jika bisa beradaptasi, di lingkungan manapun Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dan bisa menerima lingkungan tersebut dengan baik.

Kemampuan adaptasi sangat diperlukan karena di dunia kerja pun banyak terjadi kondisi yang tidak menentu atau berubah-ubah, sehingga kemampuan adaptasi yang cepat akan sangat dibutuhkan.

4. Rasa Mau Belajar

Sikap mau belajar adalah salah satu jenis kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja. Dimana dari sikap inilah menjadi salah satu bahan bakar seorang karyawan bisa berkembang dalam pekerjaan.

Karyawan yang memiliki sikap pembelajar yang baik tentunya memiliki nilai yang lebih dipertimbangkan oleh perusahaan daripada karyawan yang pasif.

Rasa mau belajar ini membantu Anda untuk terus berkembang dan bisa beradaptasi sehingga memiliki daya tahan yang lebih besar.

Mau belajar juga sangat membantu Anda untuk lebih memiliki value diri sehingga akan lebih maksimal dalam pekerjaan. Juga jika ingin berkarir di tempat lain juga akan lebih terbuka. Sikap mau belajar ini akan menolong Anda.

5. Manajemen Diri

Masuk ke dunia kerja ada banyak hal yang harus atur dengan baik, untuk memudahkan Anda mengatur segala sesuatunya Anda harus memiliki manajemen diri yang baik. Ada banyak sekali komponen manajemen diri yang harus dimiliki dalam dunia kerja, seperti

  1. Perencanaan tugas
  2. Manajemen pelaksanaan tugas
  3. Manajemen waktu
  4. Manajemen stress

Jika memiliki manajemen yang baik Anda bisa mengatur dan mengerjakan segala sesuatunya dengan baik, rapi dan terstruktur.

Anda bisa menentukan skala prioritas, mana yang seharusnya dikerjakan lebih dulu mana yang dikerjakan sesuai tenggat waktunya.

Juga agar bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana pelaksanaannya.

Baca Artikel : Ingin Jadi HR? Kuasai 5+ Skill HR ini!

Dengan menjadwal atau memanajemen tugas yang baik Anda bisa melakukan pekerjaan dengan teratur dan selesai sesuai waktunya, target yang ada pun bisa tercapai.

Bukan hanya manajemen tugas saja namun juga manajemen stress, ada banyak tekanan  yang Anda dapatkan dalam dunia kerja baik dari tugas maupun dari pengaruh lainya.

 

Kesimpulan

Selain kemampuan diri, softskill juga merupakan hal yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Selain perlu pembelajaran juga perlu pengembangan agar softskill terus terasah. tentunya softskill ini akan banyak membantu dalam dunia kerja.

Untuk mengembangkan softskill memang perlu mengasahnya mulai dari sekarang. Softskill komunikasi diasah dengan melakukan banyak interaksi dengan banyak orang. Skill manajemen diri bisa diawali dengan membiasakan diri untuk bekerja dengan terstruktur.

Nah itulah penjelasan mengenai Soft skill Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja.

Anda bisa memudahkan pengelolaan administrasi dalam dunia kerja dengan menggunakan aplikasi HRIS dari Kantor Kita.

Software Hris Indonesia
Software Hris Indonesia

Aplikasi perkantoran yang dilengkapi dengan banyak fitur. Mulai dari aplikasi absensi karyawan online sampai dengan laporan absensi otomatis dan payroll.

Jika ingin mencoba layanan Kantor Kita bisa langsung dengan menggunakan demo aplikasi free 14 hari mencoba semua fitur. Langsung saja coba demo di daftar Kantor Kita.

Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleJenis Gaji yang Banyak Dicari Di Google
Next articleKemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here