Informasi Lengkap Tentang Sales Representative

0
1542
Informasi Lengkap Tentang Sales Representative
Informasi Lengkap Tentang Sales Representative

Informasi Lengkap Tentang Sales RepresentativeIstilah Sales Representative adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang bisnis dan pemasaran. Sales Representative merupakan seseorang yang sudah profesional dan bertugas untuk menjual produk atau layanan ke konsumen atau customer.

Biasanya, Sales Representative menjual produk dengan bekerja sama langsung ke pabrik atau penyedia barang. Kemudian mereka menjual produk ke pihak lain kepada konsumen. Dan baik dalam proses penjualan produknya, pembeli maupun penjual tidak perlu memiliki pengetahuan khusus tentang produk dalam transaksi pembelian dan penjualan.

Dalam sebuah bisnis, adanya sales jenis ini sangat penting karena mereka yang akan membuka peluang pasar baru bagi perusahaan. Mereka adalah garda terdepan dalam kesuksesan penjualan produk perusahaan.

 

Pengertian Sales Representative

Sales Representative adalah orang yang bertanggung jawab dalam penjualan produk atau jasa perusahaan sekaligus orang yang membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan. Tugas dan tanggung jawabnya tentu tidak mudah. Untuk itu, diperlukan kualifikasi yang harus dipenuhi dan dijalani seorang Sales Representative.

Sales representative diadaptasi dari kata bahasa inggris yaitu sale yang memiliki arti penjualan dan representative adalah wakil/menjelaskan.

Sehingga sales representative adalah perwakilan penjualan yang dikelompokkan dalam satu tim dimana mereka memiliki tanggung jawab dibidang penjualan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

Job Desk Sales Representative berbeda-beda, hal ini tergantung pada kebutuhan perusahaan. Namun, pada umumnya tugas dan tanggung jawab Sales Representative dapat dijelaskan pada poin-poin berikut ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative
Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

1. Menjual Produk Perusahaan

Tugas utama seorang sales representative adalah menjual produk atau jasa perusahaan. Tidak hanya menjualnya, sebelum itu mereka juga bertugas untuk menemukan customer atau klien yang potensial dan menjaga hubungan baik antar klien.

Sales Representative harus melayani konsumen atau customer dalam hal penawaran produk, penjualan, sampai dengan transaksi. Karena itu Sales Representative berperan sekaligus sebagai Customer Support untuk memastikan kepuasan pelanggan dalam membeli produk yang mereka jual.

Biasanya seorang Sales Representative memiliki target penjualan yang sudah ditentukan oleh perusahaan, dan mereka harus memenuhi target tersebut sesuai dengan periode yang ditentukan oleh perusahaan.

2. Menguasai Product Knowledge Dengan Baik

Seorang Sales Representative harus menguasai tentang produk yang dijualnya. Sebelum mereka menjual produknya kepada klien atau customer, Sales Representative harus mempresentasikan produknya terlebih dahulu secara jelas agar customer tertarik untuk membelinya.

Pengetahuan tentang produk ini mulai dari latar belakang, keunggulan produk, tujuan pembuatan produk, komposisi bahan dari produk tersebut, ketahanan produk, dan informasi lengkap lainnya yang semua harus dijelaskan kepada klien atau customer sebagai nilai jual suatu produk.

Baca Juga Tentang Sales Canvasser : Definisi, Tugas, dan Fungsi

Jika hubungan baik sudah terjalin antara Sales Representative dan customer, maka lebih mudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan antara kedua belah pihak. Untuk itu, sebelum mulai menjual produk, Sales Representative harus benar-benar memahami informasi produk.

3. Mengurus Keperluan Administratif yang Dibutuhkan Klien

Tanggung jawab selanjutnya adalah mengurus kebutuhan administrasi klien, seperti faktur atau kwitansi, faktur pajak, dan semua dokumen yang diperlukan klien agar proses jual beli berjalan dengan lancar.

4. Menjaga Citra Perusahaan

Representative memiliki arti sebagai perwakilan, maka Sales Representative adalah seseorang/ perwakilan yang berperan sebagai brand image yang membawa nama baik perusahaan. Dan peran sebagai brand image ini mencakup lingkup yang luas, untuk itu sebagai brand image dibutuhkan sikap positif bagi seorang Sales Representative, jangan sampai sikap buruk ditunjukkan seorang sales kepada klien, karena hal tersebut selain merusak citra seorang sales itu sendiri, namun juga citra dari perusahaan.

5. Update dengan Perkembangan Pasar

Tanggung jawab Sales Representative lainnya adalah mengamati dan mengikuti perkembangan pasar. Seorang Sales Representative harus update dengan keadaan pasar, maka itu rajinlah bagi seorang Sales Representative ini membaca berita di media tentang perkembangan pasar yang terjadi di Indonesia.

 

Kemampuan yang Harus Dimiliki Sales Representative

Kemampuan apa yang harus dimiliki oleh Sales Representative? Jika kamu tertarik dengan bidang pekerjaan seorang Sales, maka kamu harus memiliki keterampilan berikut ini :

Informasi Lengkap Tentang Sales Representative
Informasi Lengkap Tentang Sales Representative

1. Public Speaking

Kemampuan yang harus dimiliki oleh Sales Representative yang pertama adalah mampu berkomunikasi dengan baik dengan customer atau klien, agar klien merasa nyaman sehingga customer atau klien juga tertarik untuk membeli produk.

Jika ada konsultasi atau pertanyaan dari konsumen mengenai produk maka sales representative juga perlu merangkap menjadi customer service untuk memenangkan deal penjualan.

Dengan komunikasi informasi bisa sampai dengan baik, dengan public speaking yang bagus tidak hanya informasi yang masuk namun juga ada efek psikologi kepada target konsumennya sehingga mereka mau melakukan dealing atas produk yang ditawarkan.

2. Keterampilan Dalam Komunikasi

Agen penjualan dapat berjalan, maka Sales Representative harus mampu menjelaskan informasi dan keunggulan produk yang mereka jual. Selain sebagai seorang seller, maka kamu harus pandai dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh customer. Pentingnya seorang Sales Representative dalam memiliki keterampilan komunikasi yang baik adalah agar mampu memberikan penjelasan yang komprehensif dan meyakinkan kepada konsumen.

Tidak hanya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, namun seorang Sales Representative juga memiliki keterampilan dalam mendengarkan kebutuhan konsumen. Jika hubungan terbangun, maka sales representatif akan dengan mudah membangun koneksi dalam lingkup besar.

Jadi komunikasi menjadi satu softskill yang wajib dimiliki karyawan.

3. Management Waktu 

Sales Representative adalah seorang agen penjualan perusahaan, mereka mungkin harus bekerja di luar jam kerja mereka. Mereka perlu menyesuaikan untuk bertemu dengan customer atau klien, dimana beberapa diantaranya mungkin berada di waktu yang berbeda. Bahkan dalam waktu akhir pekan, seorang Sales Representative bisa bekerja untuk bertemu dengan klien mereka. Agar terjadi kesepakatan jual beli, diperlukan fleksibilitas di sini.

Dari sini kita juga tahu bahwa sales representative perlu memiliki management waktu yang baik agar ia juga bisa merasakan life work balance. Tetap fokus di kerjaan juga nyaman dan ada waktu di rumah bersama keluarga dan pasangan.

4. Kuat Mental

Seperti yang kita ketahui bahwa segala proses jual beli pasti tidak akan selalu mulus jalannya. Ada penolakan namun juga ada yang berhasil. Mungkin, beberapa transaksi baru akan berhasil setelah penawaran atau pertemuan ke tiga atau empat kali. Disinilah kegigihan seorang Sales Representative di uji. Mereka tidak boleh menyerah dan tetap gigih saat berhadapan dengan pelanggan dan konsumen.

Untuk itu sangat penting mencari seseorang yang memiliki mental tinggi untuk jadi sales representative.

5. Kemampuan Problem Solving

Sales Representative harus memiliki kemampuan dalam berpikir kritis untuk menemukan solusi dari semua masalah saat ini. Mereka harus mampu mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada dan membuat keputusan bijak dalam memecahkan masalah.

Baca Artikel : 5+ Menentukan KPI Sales Perusahaan

 

Kesimpulan

Beberapa perusahaan biasanya memiliki kriteria sendiri dalam mencari Sales Representative. Sebagian besar mereka adalah yang sudah berpengalaman, maupun mereka yang memiliki gelar sarjana dalam bidang bisnis dan pemasaran selama kuliah.

Selain itu, jika kamu memiliki skill komunikasi yang baik, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai Sales Representative ini untuk meningkatkan pengalaman kamu dalam bidang penjualan.

Untuk memudahkan management waktu dan pengelolaan karyawan di kantor, Anda bisa menggunakan aplikasi perkantoran dari Kantor Kita.

Aplikasi Perkantoran
Kantor Kita Aplikasi Perkantoran Terbaik

Aplikasi HRIS yang memiliki banyak fitur lengkap untuk kebutuhan administrasi dan management karyawan terutama aplikasi absensi karyawan nya online lengkap dengan laporan dan payrollnya.

Jika ingin menikmati semua fitur Kantor Kita bisa banget daftar demo 14 hari free. Atau jika ingin langsung daftar untuk karyawan Anda bisa banget menggunakan daftar langsung. Ada promo khusus pengguna baru lho, terutama untuk UMKM!

Ada banyak banget promo menarik dari promo aplikasi absensi online Kantor Kita. Cek di Update Kantor Kita ya!

Daftar segera di Daftar Kantor Kita. Hubungi kantor kita juga langsung bisa di Kontak Kantor Kita.

Previous articleManager Perusahaan : Fungsi dan Tugasnya
Next articleMarketer Perusahan, Jangan Lupa Buat Marketing Plan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here