5+ Menentukan KPI Sales Perusahaan

0
1860
5+ Menentukan KPI Sales Perusahaan
5+ Menentukan KPI Sales Perusahaan

5+ Menentukan KPI Sales PerusahaanMenentukan KPI atau Key Performance Indikator adalah salah satu jenis pekerjaan yang perlu dilakukan HRD untuk menilai dan mengevaluasi kerja karyawan. Salah satu jenis KPI yang perlu dibuat adalah KPI sales. Dimana performa sales bisa dievaluasi dan dinilai dari hasil KPI ini.

Dengan adanya KPI ini diharapkan kerja sales bisa lebih maksimal dan efektif karena sudah ada target-target tertentu yang perlu dicapai.

Bayangkan jika di sebuah perusahaan tidak ada KPI untuk menilai kerja tim sales dan bidang lainya, tentu saja karyawan tidak terkoordinir dan bekerja tanpa memiliki arah yang tepat.

Berikut adalah penjelasan mengenai KPI dan cara menentukan KPI sales perusahaan.

KPI Sales

Tim sales bekerja  tidak hanya dengan menjual sesuai dengan kemampuan dan sesuai kondisi saja, melainkan ada target yang harus dipenuhi  dalam penjualan sales. Hal ini diatur dalam KPI sales yang sudah ditentukan HRD untuk tim sales.

KPI sales ini nantinya digunakan untuk menilai performa kerja sales dan juga untuk membentuk tim sales agar bersaing secara sehat guna memenuhi target penjualan. Sehingga kerja tim sales bisa lebih efektif.

Jadi kerja sales sudah sesuai atau belum dengan tujuan perusahaan Anda bisa dinilai dengan baik dan mencari cara untuk mewujudkannya.

Apa Saja Kriteria untuk Menentukan KPI Sales

Ada beberapa kriteria penilaian yang masuk dalam KPI sales. Beberapa jenis penilaian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

KPI Sales
Gambar 1 KPI Sales

Target Penjualan

Indikator Kesuksesan : Melebihi Target yang Ditetapkan

Ini adalah salah satu hal yang perlu ada dalam KPI penjualan dimana menetapkan target penjualan sales di periode tertentu. Misalnya dalam waktu bulan maupun tahun. Dengan penetapan ini, tim sales akan bersiap dan berusaha untuk penjualan yang musti dicapainya.

Namun untuk menentukan target pengjualan sendiri tidak boleh asal dilakukan, hal ini menyangkut dengan kemampuan sales. Jika target yang dijual terlalu tinggi maka akan membebani tim sales sehingga performa penjualan bisa jadi malah menurun.

Baca Artikel : Aplikasi Sales dan Marketing

Sedangkan untuk target yang telalu rendah bisa membuat tim sales bekerja kurang efektif. Karena waktu dan target yang kurang sesuai sehingga kinerjapun kurang maksimal.

Untuk itu tetapkan target yang masih masuk akal untuk tim sales misalnya di track dari kemampuan bulan sebelumnya atau pertimbangan lainya

Closing Project

Closing project adalah penilaian untuk men-tracking pendapatan atau penghasilan sales dalam penjualan. Tentu saja ini ada kaitanya dengan jumlah target penjualan. Closing project pasti masuk dalam KPI sales untuk melihat bagaimana kemampuan sales.

Semakin banyak closing yang berhasil dilakukan sales tentunya juga membuat sales mendapatkan bonus pula. Jika closing kurang dari target yang diinginkan maka akan akan mengurangi nilai pegawai sales.

Perkembangan Penjualan (sales growth)

Indikator Kesuksesan : Apabila Grafik Sales Growth ini Berada Di Posisi Positif (Lebih Besar Daripada Periode Sebelumnya)

Kriteria ini digunakan untuk melihat perkembangan penjualan usaha Anda. Hal ini perlu dinilai untuk membantu perusahaan melihat kondisi penjualan, dimana ini juga digunakan untuk memutuskan keputusan untuk masa depan  dan juga nilai  yang dilihat investor ketika ingin berinvestasi di perusahaan Anda.

Dari sales growth ini akan terlihat bagaimana perkembangan penjualan di pasaran dan juga menjadi indikator yang menguntungkan untuk perusahaan.

Performa Produk

Indikator Keberhasilan : Peningkatan Penghasilan dari Produk

Performa produk adalah penilaian untuk melihat produk manakah yang memiliki tingkat penjualan tinggi atau penyerapan tinggi.

Namun perlu diketahui apabila performa produk tidak langsung akan meningkatkan penghasilan. Hal ini dilakukan dengan contoh barang yang terjual cukup tinggi dengan harga murah belum tentu memberikan pengaruh besar dibandingkan penjualan utama.

Customer Churn Rate

Indikator : Semakin Tinggi Tingkat Churn Rate Menunjukkan Bahwa Usaha Anda Mengalami Penurunan Pelanggan yang Tinggi.

Penghitungan Customer churn rate menunjukkan seberapa banyak pelanggan yang hilang. Tentu saja ini menjadi satu hal yang penting karena menunjukkan satu hal yang kurang baik.

Dengan mengetahui tingkat kehilangan pelanggan seperti ini akan semakin membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi dan menerapkan strategi baru untuk sales. Jika strategi satu tidak berhasil maka bisa mencoba plan strategi yang lain.

Opportunity To Win Ratio

Menunjukkan seberapa banyak orang yang menjadi prospek berubah menjadi konsumen Anda. Ini menjadi salah satu penilaian tim sales untuk menunjukkan  seberapa efektif strategi yang digunakan dan menunjukkan kemampuan sales dalam bekerja.

Tentunya semakin banyak orang yang menjadi konsumen Anda akan menjadi lebih maksimal dan menguntungkan perusahaan.

Itulah beberapa penilaian sales atau KPI sales yang digunakan untuk menilai kerja tim sales. Dengan adanya penilaian dari berbagai aspek ini membuat penilaian untuk tim sales menjadi lebih fair.

Nilai Kinerja Sales dengan Aplikasi Sales Management Dari Kantor Kita

Sekarang menilai kinerja sales dengan lebih mudah dan akurat menggunakan aplikasi manajemen sales dari Kantor Kita.

Memonitor sales dalam bekerja dengan menampilkan hasil penjualan, target dan sales pipeline secara real time sehingga membantu manager menilai sales dengan baik.

Dilengkapi dengan tracking history dengan GPS yang membantu memonitor sales ketika bekerja di lapangan. Penilaian sales lebih akurat, mudah dan jelas.

Informasi lengkap tentang Kantor Kita sampai dengan free trial lebih lanjut bisa langsung menghubungi Kontak Kantor Kita

Kesimpulan

Membuat KPI untuk tim sales memang berbeda dengan tim lainya. Tim sales berhubungan dengan penjualan dan keberhasilan mengkonversi prosepek menjadi konsumen. Untuk itu KPI untuk sales ini juga disesuaikan dengan kerja sales.

Nilai performa sales dengan baik menggunakan aplikasi HR Kantor Kita, aplikasi manajemen sales untuk mentracking kerja sales dari pencapaian sampai dengan penggunaan GPS untuk tracking kerja lapangan sales dengan baik.

Itulah penjelasan hari ini tentang menentukan KPI sales perusahaan dari Kantor Kita, semoga bermanfaat!

Previous articlePPKM Jawa-Bali Februari 2022 : Karyawan WFH Lagi!
Next articlePPH 21 : Pengertian, Cara Hitung dan Ketentuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here