Sales: Definisi, Jobdesk dan Manajemenya

0
529
Sales: Definisi, Jobdesk dan Manajemenya
Sales: Definisi, Jobdesk dan Manajemenya

Sales: Definisi, Jobdesk dan ManajemenyaSales adalah salah satu bagian penting dalam perusahaan, keberhasilan penjualan dan omzet perusahaan tidak bisa dipisahkan dari peran tim sales. Bagaimana tidak, sales menjadi media perantara customer dan perusahaan sehingga produk bisa dipasarkan dan terdistribusi ke masyarakat. Di beberapa perusahaan sales biasanya ada di satu bagian tersendiri yang mana memiliki berbagai tugas. Sebenarnya jobdesk sales itu apa saja, sih? Apa hanya menjual dan mendistribusikan saja? Berikut penjelasan detil tentang sales.

Sales Adalah

Sales merupakan salah satu sebutan yang digunakan untuk dapat menggambarkan aktivitas penjualan pada benda maupun jasa. Biasanya, tiap industri memanglah memiliki regu sales yang diberikan tanggung jawab dalam perihal penjualan.

Ada 3 faktor utama yang melatarbelakangi performa serta pula tanggung jawab dari regu sales, yaitu

1. Zona Penjualan

Awal merupakan zona penjualan, regu sales hendak bergerak sehabis mereka sanggup memetakan zona penjualannya, sehingga mereka hendak mengenali kemana mereka wajib menjual produk benda ataupun jasa perusahaannya.

2. Zona Pengenalan Produk

Produk benda ataupun jasa yang dijual. Dengan menguasai secara mendalam pada produk benda ataupun jasa yang dijual, hingga regu penjualan hendak mengenali strategi pemasaran yang nantinya hendak diterapkan.

3. Zona Pelanggan/Sasaran Pelanggan

Sehabis regu sales telah mengenali zona penjualan serta pengetahuan tentang benda ataupun jasa yang hendak dijual, hingga regu sales hendak mengenali sasaran pelanggan semacam apa yang nantinya hendak mereka buru. Sasaran pelanggan ini pula nantinya jadi salah satu kunci keberhasilan proses penjualan.

Baca Artikel : Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Kasir Online

Tidak hanya itu, butuh dikenal pula kalau sales serta marketing merupakan 2 entitas yang nyaris mirip serta mempunyai makna yang berbeda. Meski keduanya bersama melaksanakan penjualan, tetapi proses yang dicoba oleh keduanya jelas berbeda.

Peranan Sales dalam Perusahaan

Seperti yang disinggung di atas, hadirnya sales memberikan peran dan manfaat tersendiri. Apalagi dalam hal meningkatkan penjualan dan distribusi produk kepada masyarakat. Namun secara spesifik, sales memiliki beberapa peran tertentu . Diantaranya

1. Menawarkan Produk ke Konsumen

Seseorang sales wajib senantiasa sanggup menggunakan kelebihan produk yang ditawarkannya kepada pihak pelanggan supaya mereka dapat lebih termotivasi buat membeli produk yang ditawarkan pihak industri., maksudnya, seseorang sales wajib dapat memasarkan produk yang hendak ia jual.

2. Meyakinkan Calon Pelanggan

Seseorang sales pula wajib dapat meyakinkan calon pelanggan tanpa yang nampak ragu- ragu dalam mengambil sesuatu keputusan ataupun memastikan opsi dalam memilah produk.

3. Memusatkan Sasaran

Sales pula wajib senantiasa sanggup memusatkan sasaran mana serta pada siapa saja produk tersebut hendak ditawarkan ataupun hendak dijual.

4. Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Peranan lain dari sales merupakan buat dapat mengakomodasi serta menjangkau sasaran konsumen dalam menolong penuhi keperluan mereka pada produk yang hendak ditawarkan.

Langkah Kerja Sales Management

Sales management merupakan suatu alur yang bisa memudahkan tim penjualan dalam mencapai target kerja mereka. Walaupun demikian, hasil akhir sales management tergantung pada kebutuhan tiap-tiap industry yang umumnya berbeda. Namun, biasanya terdapat 4 tahap kerja yang butuh dilalui tiap regu management dikala membuat sales management proses.

Kerja Sales Management
Figure 1. Langkah Kerja Sales Management

1. Lead Generation

Langkah awal yang harus tim kerja management lakukan ketika menciptakan sales management process adalah lead generation. Langkah ini dibutuhkan agar mendapatkan informasi dari contact serta propect yang dibutuhkan industry. Industry umumnya melaksanakan fase ini dengan menarik atensi para propect memakai penawaran yang lebih menarik strategi ini pula digunakan bersama dengan mengirimkan email yang telah dipersonalisasi serta konten yang lebih interaktif.

2. Lead Conversion

Langkah kerja selanjutnya yang wajib dilalui industry guna menciptakan sales management process merupakan lead conversion. Lead conversion ialah suatu proses dimana pihak sales menjaring prospect agar melaksanakan pembelian. Industri umumnya memerlukan sistem CRM special agar memudahkan proses kerja lead conversion.

Baca Artikel : E-Procurement untuk Perusahaan

3. Sales Management

Kita sudah melewati 2 langkah diatas, regu perlu dengan segera untuk mengatur pola kerja sales management mereka. Pada sesi inilah industri dapat memperhitungkan apakah penjualan mereka bisa menggapai angka yang diperuntukan ataupun tidak. Nah, supaya proses sales management dapat berjalan dengan baik, regu sales hendaknya lekas menetapkan deadline buat tiap perundingan yang mereka jalani dengan prospect. Dengan diberikan tenggat waktu, regu sales bisa memandang keadaan dari tiap perundingan yang lagi berlangsung dalam pipeline mereka.

4. Post-Sale

Langkah kerja akhir dari sales management process merupakan fase post- sale dikala proses pembelian sudah terjalin. Nah, walaupun prospect telah membeli produk industri, bukan berarti tugas regu sales telah berakhir. Regu sales masih wajib mengelola prospect baru yang muncul serta menanggapi seluruh persoalan dan keluhan mereka. Proses kerja ini lumayan berarti. Alasannya, dia bisa tingkatkan angka customer retention serta kepuasan pelanggan.

Tanggung Jawab Sales Peranan Sales Langkah Kerja Sales
1.       Memetakan zona penjualannya

2.       Menguasai produk/jasa

3.       Mengenali strategi pemasaran

4.       Mengenali sasaran pelanggan

 

1.      Menawarkan Produk ke Konsumen

2.      Meyakinkan Calon Pelanggan

3.      Memusatkan Sasaran

4.      Penuhi Kebutuhan Pelanggan

1.      Lead generation

2.      Lead Conversion

3.      Sales Management

4.       Post- sale

 

Figure 2 Sales Management

Aplikasi Sales Management

Aplikasi sales management adalah salah satu media yang penting dimiliki untuk membantu kerja tim sales. Aplikasi ini membantu koordinasi tim dan meringkas proses kerja daripada proses kerja manual.

Aplikasi sales berisi sales task dan juga analitik kerja sales, mulai dari pencapaian, target dan juga update hasil dalam waktu tertentu (harian/mingguan). Aplikasi sales ini bisa digunakan tim sales sebagai media koordinasi dan juga diperlukan manajer untuk memantau kerja dan pencapaian sales dalam bentuk laporan.

Anda bisa menemukan aplikasi sales management ini dari Kantor Kita. Aplikasi perkantoran yang menyediakan layanan manajemen karyawan berupa absensi online, sales management dan aplikasi HRIS seperti penomoran surat, procurement, inventaris barang dan keuangan.

Temukan aplikasi menajemen perkantoran yang bisa mendukung perusahaan Anda bergerak lebih maju menggunakan Kantor Kita.

Baca Artikel : Software untuk Sales

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa sales merupakan salah satu sebutan yang digunakan untuk dapat menggambarkan aktivitas penjualan pada benda maupun jasa. Biasanya, tiap industry memanglah memiliki regu sales yang diberikan tanggung jawab dalam perihal penjualan. Maka dari itu dibutuhkan aplikasi untuk memudahkan kinerja sales agar lebih maksimal, sekarang Anda tidak perlu repot karena saat ini sudah tersedia Add-on aplikasi perkantoran salah satunya ialah aplikasi sales management yang membantu Anda mengelola tim sales dengan mudah dan efektif.

Sekian ulasan pengenalan sales dan jobdesknya hari ini, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here