Kantor Kita, Pilihan Aplikasi Absensi Online di Masa Pandemi

0
1602
Aplikasi Absensi Online
Kantor Kita, Pilihan Aplikasi Absensi Online di Masa Pandemi

Kantor Kita, Pilihan Aplikasi Absensi Online di Masa PandemiAplikasi absensi adalah salah satu aplikasi yang paling banyak dicari beberapa waktu belakangan ini. Saat ini banyak perusahaan yang mengadakan bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) karena memang saat ini masih masa pandemi. Dan dari kalian pasti terlintas terus bagaimana dengan kegiatan yang biasanya kita lakukan di kantor setiap harinya seperti absensi? Sekarang tidak perlu khawatir karena sudah tersedia aplikasi absensi yang bisa kita gunakan dari rumah, kita hanya perlu menginstall lalu mendaftarkan saja aplikasinya dan kita sudah bisa menggunakannya.

Salah satu aplikasi absensi online yang cukup popular dan banyak dipilih di masa WFH adalah dari Kantor Kita. Aplikasi ini memberikan banyak fitur yang dibutuhkan perusahaan dan karyawan dimana sehingga perusahaan bisa menerapkan absensi dengan cara efisien dan efektif.

Fitur Utama Aplikasi Absensi Kantor Kita

Aplikasi absensi online Kantor Kita sangat memudahkan perusahaan dalam absensi, adapun fitur aplikasi absensi utama yang dapat kita pakai saat menggunakan aplikasi ini diantaranya adalah sebagai berkut.

aplikasi absensi online
Figure 1. Fitur Utama Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

1. Face Recognition

Aplikasi Kantor Kita menggunakan fitur face recognition atau pengenalan wajah. Fitur ini bekerja secara otomatis memunculkan kamera untuk mengidentifikasi wajah kita, cara untuk absennya cukup mudah kita cukup memfoto wajah kita seperti saat kita sedang swafoto biasa. Dengan fitur Face Recognition (pengenalan wajah) masing-masing pegawai dapat di identifikasi dan setelah absen maka data kita akan tersimpan dalam server.

2. Tracking Lokasi Menggunakan GPS

Aplikasi absensi ini dilengkapi dengan sistem tracking position yang berfungsi untuk melacak keberadaan posisi dan objek GPS tersebut berdasarkan titk koordinat latitude dan longatitude. Dari GPS ini, bisa menunjukkan dimana lokasi absensi karyawan. Pun untuk mengantisipasi kecurangan dari pegawai agar hanya bisa berabsen di tempat yang sudah ditentukan, misalnya lokasi kantor. Dengan begitu hasil absensi bisa akurat.

Saat kerja WFH pun, GPS dalam absensi ini juga bisa disesuaikan dengan lokasi masing-masing karyawan, hal ini untuk menjaga bahwa karyawan berada dalam lokasi yang dipilih. Sebab jika karyawan berada di luar titik koordinat yang ditentukan, tidak akan bisa absensi.

Terakhir, GPS ini juga sangat berfungsi untuk menjaga kinerja karyawan terutama saat WFH. Sebab pengelola absen bisa melacak lokasi terakhir karyawan. Hal ini untuk memantau bahwa karyawan tidak melakukan kecurangan saat bekerja. Dalam artian pergi meninggalkan lokasi yang dipilih.

3. Absensi Dinas Luar dan Reimbursement

Pernahkah anda menjadi karyawan yang melakukan bepergian dinas memakai uang anda sendiri lantaran perusahaan hanya menaruh sedikit uang saku? Nah pegawai bisa melakukan reimburse dengan mudah hanya melalui aplikasi absensi. Pengajuan reimbursement bisa dilakukan secara online dan detail pengeluarannya atau nota juga bisa dilampirkan.

Hal ini sangat berguna untuk proyek kerja di luar kota, proses absensi tetap terjamin. Dengan mengaktifkan GPS, absensi dan pemantauan absen bisa dilakukan dengan mudah dan akurat.

4. Absensi Untuk WFO dan WFH

Selain di kantor kita juga dapat melakukan absensi dari rumah. Ketika kita kebagian jam kerja dirumah kita tidak perlu repot-repot ke kantor karena pada aplikasi absensi ini mendukung absensi dari jarak jauh. Tentunya hal ini sangat memudahkan dan sangat menghemat waktu dan biaya bukan.

Aplikasi Kantor Kita mendukung kebutuhan absensi dari rumah, seperti fitur izin dan cuti, slip gaji online dan absensi biasanya. Jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan absens, baik kondisi kerja online maupun ofline.

Baca Artikel : Perusahaan Beralih Menggunakan Aplikasi Absensi Online? YES or NO? 

5. Terintegrasi dengan Sistem Payroll

Hasil absensi karyawan adalah salah satu faktor yang memengaruhi nominal gaji yang didapatkan. Sebab dalam absensi memiliki beberapa komponen yang perlu diperhatikan, misalnya

  1. Keterlambatan
  2. Ketepatan waktu
  3. Izin/alpha

Dengan hasil absensi ini, bisa direkap dan digunakan untuk bahan dasar penghitungan gaji perbulannya.

Kabar baiknya, Kantor Kita sudah dilengkapi dengan laporan absensi yang secara otomatis tersajikan. HRD bisa menggunakan laporan absensi ini untuk memantau dan menilai kinerja karyawannya dengan baik.

Laporan ini tentunya disajikan dengan visual yang menarik dan lengkap sehingga pengecekan laporan bisa lebih menyenangkan. Untuk kemudian laporan juga sudah terintegrasi dengan payroll atau sistem penggajian karyawan. Dimana integrasi ini akan otomatis menghitung gaji pegawai berdasarkan kondisi absensi dan potongan lainya, misalnya BPJS atau iuran wajib lain.

Dengan begitu HRD tidak perlu menghitung secara manual masing-masing gaji karyawan, jika jumlah karyawan hanya puluhan saja penghitungan manual bisa dilakukan sedangkan jika ratusan dan ribuan pegaawai penghitungan manual cukup merepotkan dan juga memiliki peluang adanya human error lebih besar.

Kelebihan Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri, baik karena fitur utamnya maupun spesifikasi lainya. Yang utama adalah dari kinerja aplikasi yang bisa menyelesaikan urusan manajemen karyawan dalam hal absensi dengan mudah.

1. Kompetible Untuk Berbagai Jenis Android

Absensi cukup menggunakan smartphone. Kantorkita support untuk Android dari seri Jelly Bean sampai android seri 11. Jadi Anda tidak perlu khawatir sistem Anda tidak support karena aplikasi android ini sangat kompatibel untuk segala jenis android.

Baca Artikel : Aplikasi Absensi Online Gratis

2. User Friendly

Tampilan dari aplikasi ini sudah bagus dan dapat memudahkan para pengguna untuk dapat mengakses segala fitur aplikasi yang dibuat, desain yang user friendly merupakan desain yang dapat mewakili fitur yang ditawarkan dan mudah dipahami.

3. Kordinat GPS yang Akurat

Aplikasi ini memiliki GPS yang akurat jadi aplikasi absensi android ini bisa tahu tempat dimana kita absen hal ini karena di dalam aplikasi terdapat yang nama sistem geo tagging sehingga memudahkan aplikasi tersebut untuk melacak tempat dimana kita absen. Tentunya hal ini akan memudahkan kewajiban dan tugas dari tim HR.

4. Hemat Waktu

Jika kita masih menggunakan sistem absen secara manual, tentu akan terdapat celah yang mejadi kekurangan bagi sistem itu sendiri contohnya seperti sistem absensi manual yang biasanya rawan akan “titip absen” belum lagi jika alat mesin untuk absennya hanya satu, hal ini akan menimbulkan antrean panjang yang mengakibatkan terjadinya telat masuk kerja.

aplikasi absensi online
Pantau absensi karyawanmu dengan aplikasi absensi online

Pastinya sistem aplikasi berbasis online akan menjadi alternatif yang baik mengenai persoalan tersebut. Dengan aplikasi absensi android yang bisa kita gunakan pada smartphone masing-masing akan lebih menghemat waktu karena kita bisa absen dimana pun dan kapanpun bahkan ketika kita sedang meeting diluar kantor.

5. Hemat Biaya

Jika Anda menggunakan absensi manual tentunya anda akan lebih kerepotan karena harus menyediakan berbagai alat untuk mensupport sistem tersebut. Misalnya mesin fingerprint. Apalagi jika perusahaan Anda memiliki banyak karyawan, Anda pasti akan membutuhkan lebih dari satu fingerprint. Hal tersebut tentunya akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit

Jika perusahaan Anda ingin menghemat biaya, aplikasi absensi android adalah solusinya. Aplikasi ini tidak membutuhkan alat yang banyak seperti manual, untuik dapat menggunakan aplikasi ini Anda hanya harus memiliki smartphone untuk menginstall aplikasinya. Dengan aplikasi ini pun pihak perusahaan masih bisa memonitoring absen para karyawan.

Baca Artikel : Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Menggunakan Aplikasi Absensi Kantor Kita, Anda bisa berlangganan dalam waktu perbulan atau tahunan. Yang pasti harganya lebih terjangkau dan cocok untuk perusahaan Anda.

Anda bisa melihat rincian harga aplikasi absensi online kantor kita di halaman harga aplikasi kantor kita

6. Waktu Absensi yang Akurat

Dalam hal ini internet tentu berperan penting pada sistem berbasis android ini, karena internet dapat mensinkronkan antara waktu pada smartphone yang terhubung pada sistem absensi. Umumnya smartphone memiliki pengaturan waktu sudah otomatis yang sudah sesuai dengan waktu global jadi kita tidak perlu repot mengatur waktu secara manual.

7. Memudahkan Rekapitulasi

Perusahaan juga tentunya akan mendapatkan kemudahan dalam mengumpulkan data. Jika biasanya tim HR harus mencatat dan menghitung satu persatu karena menggunakan manual. Tentu dengan sistem absensi online ini untuk rekapitulasi datanya akan menjadi mudah. Biasanya pada aplikasi absensi android sudah terintegrasi dan keseluruhan data absen karyawan pun sudah tercatat. Jadi ketika akhir bulan nanti tim HR dapat membuka data yang sudah direkap otomatis oleh sistem. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena dapat menghemat waktu dan biaya.

Kesimpulan

Kita sudah membahas mengenai aplikasi absen online Kantor Kita, bagaimana menarik bukan? Jika Anda ingin memiliki aplikasi absen android ini Anda bisa langsung menuju halaman Daftar Kantor Kita untuk mendapatkan aplikasi absensi yang Anda inginkan.

Segera pilih paket Kantor Kita dan manajemen absensi perusahaan Anda lebih efisien dan menarik. Anda juga bisa menggunakan layanan add on untuk mendukung kantor Anda.

Sekian ulasan tentang Kantor Kita aplikasi absensi di masa pandemi hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleE-Procurement untuk Perusahaan
Next articleSales: Definisi, Jobdesk dan Manajemenya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here