Perusahaan Beralih Menggunakan Aplikasi Absensi Online? YES or NO?  

0
1149
aplikasi absen online

Perusahaan Beralih Menggunakan Aplikasi Absensi Online? YES or NO?Di masa pandemi banyak kantor dan karyawan masih melaksanakan WFH untuk sebagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan namun tetap aman di rumah. Beruntungnya di masa pandemi ini teknologi sudah berkembangan dengan baik sehingga para karyawan cukup dimudahkan dengan berbagai teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya perkembangan teknologi yang berguna untuk kantor adalah masalah absensi.

Sekarang ada banyak sekali aplikasi absensi yang bisa dilakukan secara online yang tentunya juga memberikan kemudahan di masa pandemi ini, misalnya aplikasi absensi online Kantor Kita. Kenapa sih aplikasi absensi online harus digunakan oleh perusahaan di masa pandemi ini? Berikut ulasan Kenapa Harus Menggunakan Absensi Online Untuk Perusahaan?

  • Absensi Di Rumah Semakin Mudah

Di masa  pandemi ini, perusahaan harus tetap memikirkan kondisi kesehatan karyawannya namun pekerjaan juga tetap harus berjalan, salah satunya pilihannya adalah dengan menerapkan WFH atau work from home dimana karyawannya bekerja dari rumah. HRD maupun owner harus tetap menilai kinerja karyawan dengan baik mulai dari absensi sampai  target kerja. Aplikasi absensi online bisa membantu HRD untuk menilai kinerja karyawan dengan mudah. Bagaimana caranya?

Dalam aplikasi absensi online terdapat fitur time tracker sehingga bisa mendeteksi waktu masuk dan pulang karyawan dengan baik. Dimana informasi kehadiran dan jam pulang karyawan ini bisa langsung terinput dengan baik kepada HRD. Jadi penilaian karyawan yang terlambat ataupun tepat waktu bisa dilakukan dengan baik. Tidak perlu menggunakan cara manual karena penilaian bisa dilakukan dengan baik.

  • Menghindari Kumpulan/ Antrean Absen Saat Wfo

Saat WFO, cara absen manual biasanya menggunakan fingerprint dimana cara absen ini menimbulkan gerumbulan pada karyawan. Menggunakan aplikasi absensi online, perusahaan bisa menghindari gerumbulan karyawan saat absen karena absensi online cukup menggunakan smartphone masing-masing, dan berabsen menggunakan kamera selfie. Dengan begitu masuk kantor saat bekerja lebih aman karena tidak menggunakan satu media untuk bergantian maupun gerombolan.

  • Pengajuan Izin Lebih Mudah

Saat WFO maupun WFH umunya pengajuan izin hanya dilakukan via perpesanan pribadi, padahal hal ini kurang patut dilakukan. Pun HRD juga harus melakukan penilaian secara manual jika masih menggunakan cara absen konvensional. Menggunakan aplikasi absensi online, HRD tidak perlu melakukan pendaataan secara manual karena izin karyawan sudah masuk di data absensi karyawan. Karyawan bisa melakukan izin melalui aplikasi absensi online dengan mudah dan tentunya langsung diketahui HRD dengan baik. Salah satu aplikasi absensi online yang memudahkan masalah perizinan ini adalah aplikasi absensi onlien Kantor Kita.

  • Mengurangi Kecurangan Karyawan

Aplikasi absensi online memiliki pengaturan GPS dimana karyawan hanya bisa absensi di daerah yang telah di tentukan atau di titik tertentu. Perusahaan bisa mengatur daerah atau titik untuk absensi di wilayah kantor, sehingga karyawan hanya bisa absen di titik tersebut. Hal ini salah satu cara untuk mengurangi kecurang karyawan, karena menggunakan aplikasi absensi online bisa menampilkan data real time absen kedatangan karyawan dengan baik.

  • Penilaian Karyawan Lebih Akurat

Menggunakan aplikasi absensi online, selain memudahkan karyawan dalam melakukan absensi setiap hari, juga memudahkan HRD dalam menilai kinerja karyawan dengan baik dan mudah. Semua data yang masuk dari karyawan akan terinput dengan baik kepada HRD. Pun HRD bisa mengakses semua data absensi dan kinerja karyawan dengan baik, dimana ini hanya bisa diakses oleh Tim HRD jadi penilaian kepada karyawan bisa dilakukan secara akurat mudah dan tersistem dengan baik.

Jadi di masa penggajian datang, HRD tidak perlu pusing mengurus penilaian kinerja karyawan ini, karena dengan aplikasi absensi online semua data sudah tersistem yang baik baik ketika WFO maupun WFH, jadi hasil kinerja karyawan bisa langsung terlihat.

  • Penilaian Berdasarkan Data

Penilaian HRD yang objektif sangat penting untuk karyawan, karena lebih adil dan sesuai dengan data yang ada. Terkadang masih ada penilaian yang dilakukan secara subjektif kepada karyawan, hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang akurat dan tersistem dengan baik. Menggunakan aplikasi absensi online, karyawan bisa mendapatkan penilaian yang objektif dari HRD berdarkan kinerja nyata yang selama ini ia lakukan. Tidak ada kata subjektif, semua penilaian dilakukan berdasarkan data.

Baca : Aplikasi Absensi Online untuk Perkantoran: Manfaat dan Efektivitasnya 

  • Meningkatkan Produktifitas Karyawan

Penilaian yang adil dan objektif secara tidak langsung akan memberikan karyawan motivasi untuk memberikan yang terbaik karena penilaian juga berdasarkan kinerja mereka. Setiap karyawan tentunya ingin memiliki track record yang baik di perusaahaan, dengan aplikasi absensi online produktifitas karyawan bisa meningkat.

  • Efisiensi Waktu

Manfaat efisiensi waktu bisa dirasakan oleh HRD maupun untuk karyawan. Berabsen masing-masing di smartphone, membuat karyawan tidak membuang-buang waktu untuk antri di finger print. Jadi begitu datang di kantor atau tempat kerja, karyawan bisa langsung berabsen sesuai waktu datang. Waktu realtime dan akurat untuk karyawan, pun tidak akan menbuang waktu di pagi hari.

Selain untuk karyawan, efisiensi juga dirasakan oleh HRD yang mengelola data karyawan, tidak perlu melakukan penilaian secara manual apalagi dengan jumlah karyawan ratusan sampai ribuan pasti sangat rumit, menggunakan aplikasi absensi online HRD lebih banyak menghemat waktu untuk penilaian karyawan karena data sudah terekam dengan baik dan jelas. Apalagi data bisa diamati hanya menggunakan laptop maupun PC jadi bisa memantau kinerja karyawan kapanpun dan dimanapun dengan baik.

Apasih Yang Dibutuhkan Agar Bisa Berabsensi Online?

Walaupun absensi online cukup mudah dan hemat, baik perusahaan maupun karyawan memerlukan sarana untuk berabsen sehingga absen bisa dilakukan secara lancar setiap harinya. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk berabsen secara online adalah

  1. Smartphone

Smartphone adalah satu sarana utama yang digunakan dalam berabsen secara online. Smartphone ini pastinya sudah dimiliki setiap karyawan karena sekarang smartphone sudah   menjadi satu kebutuhan pokok. Smartphone yang mendukung untuk absen online adalah smartphone yang memiliki kamera depan yang aktif dan fitur GPS yang bisa berfungsi dengan baik.

  1. Internet

Kedua setelah smartphone adalah internet. Aplikasi absensi online dapat diakses menggunakan internet atau secara online. Tanpa internet aplikasi tidak akan bekerja. Menjadi media utama untuk berabsen secara online, membuat perusahaan harus memberikan akses internet yang baik kepada karyawan. Misalnya WIFI perusahaan, sehingga setiap pagi maupun sore karyawan bisa berabsen dengan baik dan mudah.

Baca : Kabar Menyenangkan untuk HRD! Pantau Kinerja Karyawan dengan Mudah dan Tersistem

  1. PC/Komputer

PC dan komputer ini adalah media yang dibutuhkan oleh admin dari aplikasi absensi online seperti Tim HRD. Semua informasi yang masuk dari karyawan akan masuk dalam sistem aplikasi online, sehingga HRD harus mengecek dengan baik setiap harinya, pengecekan bisa dilakukan menggunakan laptop atau komputer sehingga akses lebih mudah dan jelas. Jika perlu data juga bisa di cetak secara mandiri.

Aplikasi absensi online adalah salah satu perkembangan teknologi yang sangat berguna dalam masa pandemi ini. Karyawan bisa mudah berabsen dimanapun dan HRD bisa menilai karyawan dengan akurat. Salah satu aplikasi absensi online yang bisa membantu Anda dengan mudah adalah aplikasi absensi online Kantor Kita, memiliki banyak fitur yang berguna sehingga urusan absen dan kinerja karyawan bisa dilakukan secara mudah, cepat dan efisien. Cek aplikasi absensi online Kantor Kita hanya di www.kantorkita.com

Previous articlePerjalanan Dinas Lebih Nyaman Dengan Melakukan Persiapan
Next articleSering Terlambat Kerja? Yuk Lakukan Ini Agar Bisa Datang Tepat Waktu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here