Sering Terlambat Kerja? Yuk Lakukan Ini Agar Bisa Datang Tepat Waktu

0
44

Sering Terlambat Kerja? Yuk Lakukan Ini Agar Bisa Datang Tepat WaktuKetika masuk dalam dunia kerja, kita dituntut untuk profesional. Kantor meng-hire dan memperkerjakan karyawan pastinya dengan memilih karyawan yang terbaik dan diharapkan bisa bekerja sesuai dengan cultur di kantor. Ke-profesionalitasan ini termasuk dalam hal ketepatan waktu karyawan, baik dalam mengerjakan pekerjaan maupun keseharian seperti jam masuk kerja.

Beberapa kantor maupun tempat kerja sangat fleksibel dengan jam masuk kerja dan menanggapi karyawan yang telat. Namun sebagian tempat kerja memberikan aturan tegas masalah keterlambatan karyawan ini sehingga karyawan yang telat tidak bisa ditolerir. Sekarang ini karyawan yang terlambat mudah sekali di deteksi dengan aplikasi absen online yang bisa langsung menampilkan karywan terlambat di hari itu. Apa kamu termasuk karyawan yang suka telat datang di tempat kerja? Apa kamu ingin merubah kebiasaan buruk tersebut? Yuk biasakan datang tepat waktu mulai dari sekarang, berikut adalah tips agar bisa datang tepat waktu saat bekerja.

Siapkan Kebutuhan Kerja di Malam Hari

Cara pertama untuk membantu Anda agar datang tepat waktu adalah dengan mempersiapkan kebutuhan kerja di malam hari. Cara ini cukup efektif untuk membuat Anda lebih santai di pagi hari, sehingga kemungkinan barang tertinggal karena terburu-buru cukup kecil. Menata kebutuhan kerja di malam hari membuat Anda lebih siap, masuk kerja pun lebih PD dan nyaman.

Beberapa kebutuhan kerja yang bisa disiapkan di malam hari adalah men-charge handphone dan laptop, menyiapkan buku catatan yang akan digunakan untuk rapat besok, pastikan baju yang akan Anda gunakan esok hari sudah dalam kondisi rapi di lemari, jika belum setrika di malam hari untuk dipakai besok. Untuk Anda yang harus memasak untuk sarapan dan bekal siang, akan lebih mudah jika bahan mentah sudah dipersiapkan di malam hari, sehingga di pagi hari tinggal memasaknya.

Kebiasaan untuk menyiapkan kebutuhan di malam hari  ini, cukup menghemat waktu Anda di pagi hari. Jadi pagi hari tidak terburu-buru untuk persiapan kerja.

Baca Artikel : List Barang yang Wajib Dibawa saat Ngantor 

Hindari Tidur Larut Malam

Ketika bekerja, pastinya Anda harus fokus agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bagaimana jika kondisi tubuh tidak fit dan lemas karena mengantuk? Ini akan mengganggu kinerja Anda selama sehari, konsentrasi untuk bekerjapun juga berkurang. Apakah Anda sering merasakan hal ini ketika bekerja? Tidur larut malam juga membuat Anda telat bangun di esok hari karena tubuh masih merasakan lelah, hal ini bisa menjadi penyebab Anda sering terlambat di tempat kerja.

Bangu terlambat bisa disebabkan karena Anda kurang tidur di malam hari atau kualitas tidur Anda tidak cukup bagus, sehingga di pagi hari Anda masih merasa lelah, lemas dan mengantuk. Istirahat dan pola tidur sangat mempengaruhi performa kita saat bekerja, dengan memiliki kualitas tidur yang baik dan waktu tidur yang cukup, tubuh akan merasa lebih fit dan pikiran tetap memiliki konsentrasi yang baik di esok hari.

Kondisi fit dan pikiran fokus tidak akan Anda dapatkan jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas oleh karena itu membiasakan diri untuk tidur tepat waktu sangat penting, selain menjaga badan tetap fit dan segar, kerja pun tidak akan terlambat dan terganggu.

Beberapa kerugian dari kebiasaan tidur larut malam adalah

  1. Badan mudah lelah
  2. Pikiran tidak fokus / sulit berkonsentrasi
  3. Mudah lupa
  4. Tubuh lebih rentan sakit
  5. Emosi terganggu (mudah marah)

Dari hal-hal di atas, bisa diketahui bahwa tidur larut malam adalah kebiasaan buruk yang perlu di rubah untuk hidup yang lebih teratur dan sehat. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika sulit untuk tidur adalah

Aplikasi Kantor Kita Membantu Memanagement Waktu
  1. Beranjak tidur dengan badan bersih
  2. Rilekskan badan dan pikiran
  3. Atur posisi tidur senyaman mungkin
  4. Niat dalam hati
  5. Doa dan atur pikiran untuk lebih santai
  6. Matikan lampu kamar
  7. Hindari menggunakan gadget

Untuk Anda yang merasa kesulitan tidur di malam hari, bisa menggunakan tips di atas agar bisa tidur dengan baik, bangun pagi, dan datang tepat waktu di tempat kerja.

Baca Artikel : Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

Managemen Waktu Anda

Menghindari terlambat masuk kerja, Anda harus memiliki managemen waktu yang baik sehingga bisa mengatur waktu yang pas agar besok bisa berangkat tepat waktu sampai di kantor pun tidak terlambat. Managemen waktu yang tepat membantu Anda mendapatkan kehidupan yang lebih teratur, seperti memiliki waktu istirahat yang pas, waktu tidur sesuai kebutuhan, waktu kerja yang tepat, mengerjakan pekerjaan rumah dan bersosial.

Jika sudah bisa mengatur waktu yang tepat untuk diri Anda sendiri,segala sesuatunya akan teratur dan aktifitas harian tetap terlaksanan semuanya. Setiap orang memiliki managemen waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kesehariannya, jadi atur managemen waktu yang pas untuk diri Anda sesuai dengan kenyamanan.

www.kantorkita.co.id

Managemen waktu untuk ketertiban bekerja misalnya, mematok waktu untuk bangun pagi, untuk berangkat kerja, jam pulang dan mengerjakan tugas kerja, dengan begitu hidup lebih teratur baik waktu untuk bekerja, untuk istirahat dan me time maupun untuk bersosial.

Estimasi Perjalanan

Banyak terjadi, hal yang membuat karyawan terlambat bukan karena kebiasaan kesehariannya yang buruk melainkan karena masalah perjalanan menuju tempat kerja. Karyawan baik yang menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi banyak menemukan kendala dalam perjalanan menuju tempat kerja sehingga datangpun sering terlambat. Kendala-kendala ini seperti macet, transportasi umum terlambat maupun masalah pada kendaraan pribadi.

Baca Artikel : Sudah Saatnya Memiliki Managemen Waktu yang Baik!

Untuk Anda yang ingin datang tepat waktu walaupun tempat tinggal jauh dengan tempat kerja, hal yang bisa dilakukan adalah berangkat lebih pagi agar waktu di perjalanan tidak memotong waktu jam kerja. Estimasikan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan berangkat kerja, sehingga bisa berangkat lebih pagi sesuai estimasi waktu tersebut. Banyak karyawan yang harus berjuang ketika berangkat kerja, bagaimana dengan Anda?

Tinggal di Daerah Tempat Kerja

Selain merubah kebiasaan diri, cara yang efektif untuk bisa datang dan bisa berabsensi online tepat waktu, bisa dilakukan dengan memilih tempat tinggal yang lebih dekat dengan tempat kerja  sehingga waktu Anda tidak habis untuk perjalanan. Untuk beberapa orang masalah perjalanan ini cukup serius, selain melelahkan juga harus menggunakan tenaga ekstra. Anda bisa mencoba hal ini agar bisa selalu  datang tepat waktu di kantor.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Kebiasaan datang tepat waktu adalah cultur yang harus dibiasakan agar perusahaan memiliki SDM yang berkualitas, pun jika sering datang terlambat karyawan juga mendapatkan kerugian seperti pemotongan gaji ataupun peringatan dari HRD, selain itu juga karyawan lebih tergesa-gesa dalam bekerja.

Salah satu aplikasi yang membantu monitoring absen untuk karyawan adalah aplikasi absen online dimana HRD bisa menilai ketepatan waktu seluruh karyawan dengan mudah hanya di layar dektop, pun aplikasi ini menginput data karyawan yang terlambat secara otomatis, jadi lebih mudah. Salah satu aplikasi absensi online ini adalah KANTOR KITA, yang membantu HRD mengawasi kinerja karyawan secara mudah dan akurat. Cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here