Sudah Saatnya Memiliki Managemen Waktu yang Baik!

0
17

Sudah Saatnya Memiliki Managemen Waktu yang Baik! – Bagi kamu yang saat ini masih memiliki masalah dengan managemen waktu, artikel ini cocok sekali untuk kamu. Managemen waktu yang buruk memiliki dampak yang buruk pula, seperti tidur larut malam, bangun kesiangan, makan terlambat, kerja tidak fokus atau berantakan dan masih banyak yang lainya. Jika kamu adalah orang yang memiliki kebiasaan tersebut, berarti sudah waktunya kamu memperbaiki managemen waktu agar kualitas hidupnmu juga naik.

Jika kamu menginginkan kehidupan yang lebih teratur dan tertib, sebaiknya kamu mulai memikirkan managemen waktu yang pas untuk hidupmu. Tidak ada salahnya mencoba hidup yang tertib agar hari-hari berjalan lancar. Berikut adalah tips agar kamu bisa memiliki managemen waktu yang baik

  1. Temukan alasan

Merubah sesuatu dalam diri tentunya harus memiliki alasan dan motivasi agar perubahan memiliki efek ke jangka panjang. Tanpa adanya motivasi pastinya tidak ada alasan untuk berubah. Misalnya kamu telat pergi ke kantor karna bangun kesiangan padahal masih newbie, tentunya hal ini akan merugikanmu karena ditegur dan pekerjaan jadi tidak fokus. Agar hal tersebut tidak terulang maka kamu berusaha tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, agar bisa tepat datang ke kantor tanpa buru-buru. Tanpa adanya alasan dan motivasi yang jelas, mustahil kamu bisa berubah yang lebih baik. Jadi temukan alasan, kenapa kamu harus berubah menjadi lebih baik!

Baca : Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

  1. Mulai ubah kebiasaan

Mengatur waktu agar tertib dimulai dari merubah kebiasaan lama. Tentu saja akan sulit jika dilakukan sekaligus, nah cara yang pas untuk mengubah kebiasaan lama dengan mengubah perlahan-lahan. Jika biasanya bangun jam 9 pagi maka pelan-pelan ubah ke jam 8, jam 7 sampai jam 6. memang terasa sulit untuk langsung bisa bangun jam 6, oleh karena itu ubah kebiasaan pelan-pelan. Jika sudah rutin biasanya akan mudah dijalani. Semua adalah soal kebiasaan, jadi biasakan dirimu dengan hal yang membuatmu lebih baik. Tentunya jika dari dirimu sudah baik, pasti akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap bidang lainya seperti kesehatan, pikiran, dan orang disekeliling kamu.

  1. Buat perencanaan

Salah satu pratik mengatur waktu adalah membuat perencanaan apa yang harus kamu lakukan nanti atau besok. Jadi sudah jelas kamu mau mengerjakan apa saja dan pada waktu kapan saja, dengan begitu waktu kamu lebih teratur dan hasilnya lebih efektif. Tidak ada waktu yang terbuang dan penggunaan waktu lebih optimal, termasuk waktu untuk istirahat dan waktu untuk bekerja.

Hidup tanpa perencanaan membuat hasilnya menjadi berantakan, misal kamu memiliki deadline pekerjaan yang harus selesai lusa maka dengan perencanaan kamu bisa mengatur waktu kapan kamu megerjakan tugas-tugas tersebut agar lusa sudah selesai. Tanpa adanya jadwal, tugas bisa saja selesai di melebihi waktu deadline. Jangan sampai yaa…

  1. Buat prioritas pekerjaan

Prioritas pekerjaan masuk dalam perencanaan. Prioritaskan hal yang mendesak terlebih dahulu sebelum mengerjakan lainya. Dengan prioritas pekerjaan kamu bisa menyelesaikan tugas ontime sesuai dengan waktunya. Jika pekerjaan sangat mendesak dan penting maka segera selesaikan sekarang, jika tugas penting namun tidak mendesak maka bisa kamu kerjakan setelah pekerjaan utama selesai.

Managemen Waktu di Dunia Kerja

Masuk dunia kerja, kamu dihadapkan dengan banyak tugas dan menuntutmu untuk tetap profesional. Sehingga managmen waktu yang baik harus dimiliki agar kualitas diri dan masalah pekerjaan bisa beres. Contoh pentingnya managemen waktu saat bekerja adalah

  1. Bagaimana caranya agar bisa datang tepat waktu
  2. Waktu untuk menyelesaikan tugas
  3. Mengerjakan tugas sesuai kepentingannya
  4. Waktu untuk memaksimalkan jam istirahat dan lain sebagainya.

Memiliki managemen waktu yang baik kamu bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja, jadi hasil pekerjaan bagus dan kamu bisa meng-handle semua nya dengan baik. Emang managemen waktu ini memiliki manfaat apa saja?

  1. Bisa lebih produktif dan maksimal dalam bekerja
  2. Memiliki kualitas diri yang baik
  3. Hasil pekerjaan bagus
  4. Mengurangi stress pekerjaan
  5. Pekerjaan terarah dengan baik
  6. Peluang memiliki karir yang baik meningkat.

Terus kalau begitu apa saja yang harus dilakukan agar bisa mencapai manfaat di atas?

  1. List pekerjaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perencanaan juga ada di dunia kerja. List pekerjaan bisa membantu kamu mengerjakan pekerjaan dengan baik yaitu dengan mengetahui pekerjaan mana dulu yang harus diselesaikan. Jadi pekerjaan jelas.

  1. Fokus pada pekerjaan

Salah satu hal yang dalam pengerjaannya sulis dilakukan adalah fokus. Hal ini banyak penyebabnya seperti gadget, pengaruh dari dalam diri (mengantuk, lapar dsb) untuk menghindari hal seperti ini maka jauhkan dirimu dari sumber ketidak fokusan, jika yang menyebabkan kamu tidak fokus adalah gadget maka jauhkan dirimu dari gadget. Jika yang menyebabkan tidak fokus bekerja adalah mengantuk maka seduhlah kopi atau usahakan memiliki kualitas hidup yang baik agar esok bisa segar dan siap bekerja.

Baca Juga Artikel: Rekomendasi Playlist Yang Membangkitkan Semangat Kerja

  1. Hindari multitasking

Salah satu hal yang semakin membuat mu stress adalah mengerjakan sesuatu secara bersamaan atau dalam waktu yang sama. Hal ini membuat fokusmu terpecah dan sulit berkonsentrasi pada satu hal jadi hasilnya bisa kurang optimal. Oleh sebab itu kenapa prioritas pekerjaan sangat penting agar bisa mengerjakan sesuatu sesuai kebutuhanya.

  1. Istirahat

Setelah bekerja hal yang paling penting adalah istirahat. Hal ini bisa membuatmu lebih merasa segar dan me-refresh pikiranmu setelah berfokus pada pekerjaan. Jangan sampai mencampur pekerjaan dengan waktu istirahat, karena hal ini akan membuat istirahatmu tidak berkualitas. Jika sudah waktunya istirahat, maka ambil istirahat. Bekerja giat boleh namun jangan melupakan istirahat ya!

Jadi di atas adalah cara managemen waktu yang baik ya! Semoga dengan adanya managemen waktu yang baik ini, hidupmu juga berubah ke arah yang lebih baik dan pastinya berkualitas.

Manfaat minyak bunga matahari untuk kulit di ruangan ber AC
Aplikasi Absensi Pegawai Kantorkita.co.id

Aplikasi Pendukung Managemen Waktu!

  1. KantorKita

Manfaat managemen waktu yang baik bisa kamu rasakan di kantor, yaitu bisa absensi tepat waktu, menggunakan jam istirahat dengan baik dan pulang tepat waktu. Salah satu aplikasi kantor yang memaksimalkan managemen waktumu adalah apikasi KantorKita yaitu aplikasi absensi online yang membantu kamu untuk selalu berusaha berangkat tepat waktu. Di aplikasi absensi online KantorKita ini jam datangmu bisa terekam dengan baik, jadi kamu bisa memiliki penilaian yang baik jika teratur masuk ontime, managemen waktumu pasti sangat berguna!

Jika kamu lembur juga bisa tererkam baik disini, cukup absesnsi dengan foto selfie saja, datamu sudah ter-input ke sistem. Mudah sekali, bukan??

2. Google Keep

Aplikasi dari Google yang bisa membantumu memanage waktu yang baik adalah Google Keep. Di aplikasi ini kamu bisa menuliskan notes apa yang harus kamu lakukan besok dan pengingatnya loh! Seperti pengingat mau mengirim dokumen ke rekan kerja ataupun pengingat harus mengerjakan tugas lainya. Keren kan!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here