Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan

0
130
Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan

Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan – Semenjak adanya virus Covid-19 di Indonesia, banyak kantor yang memberlakukan WFH atau Work From Home yaitu pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor sekarang bisa dikerjakan di rumah dengan modal internet. Hal ini dilakukan untuk mencegah pnyebaran virus dan angka kasus Covid-19 agar tidak semakin melonjak.

Praktiknya, beberapa orang masih merasa kesulitan dengan kebiasaan baru work from home ini, ada banyak alasannya seperti masalah internet, iklim yang berbeda dengan kantor, dan harus membagi waktunya untuk keluarga jika di rumah sehingga fokus terbagi. WFH memang terkadang terasa sulit, namun harus tetap dijalani dengan baik. Nah berikut adalah tips dari Kantor Kita untuk kamu yang sedang menjalani WFH agar tetap semangat. Kita bahas bareng-bareng yuk!

Siapkan Ruang Kerja Khusus!

Hal yang jarang diperhatikan pekerja yang sedang menjalani WFH adalah mereka tidak menyiapkan ruang khusus untuk bekerja, padahal ada banyak manfaat dengan menyediakan ruang bekerja tersebut seperti kamu memiliki ruang privat untuk fokus bekerja, sehingga anggota keluarga lain tidak akan mengganggu kerja-mu.

Ruang kerja ini selain memberi ruang privat agar tidak diganggu anggota rumah yang lain, juga membuatmu lebih fokus mengerjakan pekerjaan, dengan begitu pekerjaan menjadi lancar dan selesai dengan baik.

Menyediakan ruang kerja tidak harus luas namun cukup untukmu bekerja dan tentunya harus dijaga kebersihannya. Buatlah kenyamanan kamu di ruang kerja tersebut agar mood bekerja kamu naik. Buatlah ruang kerja yang cocok dengan pekerjaan kamu, misalnya jika kamu ilustrator, siapkan meja dan kursi yang pas agar bisa mendukung kerjamu seharian. Pemilihan meja yang salah akan membuat tubuhmu cepat lelah.

Koneksi Internet!

Koneksi internet ini adalah hal dasar dalam menjalani WFH, jangan sampai kamu emosi karena masalah koneksi internet. Hal ini sering terjadi lho, nah untuk menghindari hal tersebut kamu bisa menggunakan Wi-Fi untuk bekerja, atau jika kamu keberatan bisa menggunakan Mi-Fi yang juga memiliki kelebihan untuk WFH jika masih keberatan lagi masih ada tethering/hot spot dari smarphone kamu. Namun sangat direkomendasikan menggunakan Wifi atau Mifi ya untuk bekerja seharian.

Koneksi adalah hal dasar yang membuatmu tetap bisa terhubung dengan rekan kerjamu untuk mengirim pekerjaan maupun untuk berkoordinasi. Masalah koneksi internet ini sangat penting di pikirkan dan disiapkan untuk kamu yang menjalani WFH karena jika ada kendala dengan koneksi internet kamu, bisa membuat kamu stress dan membuat mood mu down untuk bekerja.

Music

Salah satu pembangkit mood adalah musik. Bekerja dari rumah membuatmu memiliki kebebasan untuk memutar lagu yang kamu sukai tentunya yang mendukung mood mu naik. Musik ini memiliki pengaruh kepada perasaan manusia loh, maka pilihlah musik yang membangkitkan semangatmu agar kamu ikut semangat. Beberapa musik yang bisa kamu dengar untuk di rumah bisa kamu lihat di Rekomendasi Playlist Yang Membangkitkan Semangat Kerja 

Bangun Pagi dan Olahraga

Bangun pagi memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat badanmu terasa segar. Dibandingkan dengan bangun di siang hari, bangun pagi membuat kamu lebih banyak aktifitas sehingga badanmu lebih aktif bergerak, namun ini tidak berlaku untuk kamu yang bangun pagi lalu rebahan lagi ya hehe.

Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat

Membiasakan bangun pagi adalah kebiasaan yang baik, selain kamu bisa mempersiapkan kebutuhan kerja dengan baik kamu juga tidak merasa terburu-buru atau lebih siap dalam menjalani hari, termasuk bekerja. Bangun pagi memberikan energi yang positif dari alam untuk tubuh, oleh karena itu banyak yang menganjurkan bangun pagi dan menghirup udara di luar akan lebih baik lagi jika kamu membiasakan olahraga di pagi hari.

 

Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan berjalan di sekitar komplek atau peregangan di depan rumah, akan memberikan kesegaran di tubuh dan pikiranmu sehingga kamu akan lebih siap menjalani hari dengan mood yang bagus. Olahraga yang cukup hits beberapa bulan terakhir adalah bersepeda, jika kamu minat bisa memilih bersepeda untuk aktifitas fisik kamu, selain badan bergerak dengan bersepeda kamu bisa melihat kondisi di lingkungan tempat tinggal kamu.

Jangan Sampai Telat Makan

WFH tidak lantas membuatmu malas masak lo ya! Jangan sampai melupakan sarapan atau telat makan karena makanan ada sumber utama tubuh untuk terus bergerak dan berpikir, jadi agar bisa tetap bekerja dengan baik penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makan.

Kelebihan bekerja di rumah adalah kamu bisa membuat masakan yang kamu suka dan menyantapnya kapan saja sebagai teman bekerja. Makanan ini juga salah satu media untuk membangkitkan mood kamu selain dengan mendengarkan musik. Siapkan makanan yang kamu suka seperti buah dan camilan yang enak agar WFH mu di rumah semakin meng-asyikan.

Jangan Lupa Mandi!

Hayo siapa yang WFH hanya cuci muka tanpa mandi di pagi hari? Taukah kamu kalau mandi bisa menghilangkan kantukmu di pagi hari dan merasa lebih segar? Tapi kan cuci muka sudah cukup segar? Cuci muka hanya menyegarkan wajah dalam beberapa saat saja, kemudian wajah akan kembali dan badanpun terasa panas.

Mandi membuatmu lebih siap menjalani hari, karena badan sudah bersih dan segar semua kotoran, keringat dan kantuk hilang jadi badanmu lebih fresh. Perawatan setelah mandi juga tetap harus di lakukan ya walaupun kamu bekerja di rumah. Aplikasikan pelembab untuk wajah dan body lotion untuk tubuh agar kulit tetap segar dan terawat selama bekerja di rumah. Badan bersih, bekerja pun nyaman.

Baca Artikel : Tips Sehat Bekerja Di Depan Laptop Selama Work From Home

Hiburan

Salah satu cara untuk membuatmu tetap nyaman dalam bekerja di rumah adalah dengan memberi dirimu asupan hiburan. Ada banyak jenis hiburan yang bisa kamu pilih untuk me-refresh pikiranmu selama bekerja di rumah seperti menonton film di netflix, menonton drama Korea atau anime, memasak, mendengarkan potcast kesukaanmu dan menonton tayangan YouTube yang menarik.

Hiburan sangat diperlukan untuk membuat dirimu tetap hidup dan waras di masa pandemi ini. Jangan sampai kamu kurang hiburan, karena dengan hiburan pikiran dan beban berat di tubuhmu bisa terlupakan sejenak.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Nah untuk kamu yang sedang WFH pasti memerlukan aplikasi absensi online agar bekerjamu tetap dilihat oleh kantor. Kamu bisa menyarankan kantormu menggunakan aplikasi Kantor Kita sebagai pilihan aplikasi absensi online. Aplikasi ini friendly use dan bisa dengan mudah di dapatkan dengan mendownloadnya di PlayStore smarphone kamu.

Walaupun pandemi ini berat, kita harus sama-sama bisa menjalaninya. Rawatlah diri dengan baik agar kesehatan badan, pikiran/mental tetap bisa stabil di masa yang sulit ini. Jangan lupa beri dukungan teman dan keluarga agar tetap bisa menjalani ini semua. Kamu bisa melakukan hal di atas untuk menjaga dirimu tetap semangat selama WFH 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here