Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Kasir Online

0
2122
aplikasi kasir
Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Kasir Online

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Kasir OnlineDi era yang serba digital ini semakin banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung berbagai aspek perusahaan. Mulai dari penawaran produk lewat website maupun aplikasi mobile sampai aplikasi mesin kasir pun kini sudah berbentuk digital. Di zaman modern seperti sekarang ini kita sangat dimudahkan dalam segala aspek untuk berbisnis. Saat bisnis Anda mulai berkembang tentunya semakin banyak pelanggan yang mengunjungi toko Anda. Dan pastinya jika Anda pemilik perusahaan tersebut Anda akan mengalami kerepotan ketika harus melakukan transaksi secara manual dan sumber daya yang Anda punya juga terbatas, tapi tidak usah khawatir karena sekarang sudah ada aplikas kasir. Apa itu aplikasi kasir? Berikut penjelasannya.

Apa itu Aplikasi Kasir?

Aplikasi kasir online adalah perangkat lunak kasir berbasis cloud yang berfungsi untuk membantu dalam proses transaksi penjualan bisnis Anda. Menggantikan mesin kasir manual, pada dasarnya fungsi utama dari aplikasi kasir ini yaitu membantu proses transaksi pembayaran menjadi lebih terintegrasi.jika Anda menggunakan aplikasi ini Anda tidak usah repot-repot berada di belakang mesin kasir, karena aplikasi kasir online ini sudah terhubung dengan sistem backoffice. Selain berguna untuk memonitoring aplikasi ini juga dapat digunakan untuk analisis data penjualan secara realtime dari sisi backoffice. Umumnya mesin kasir ini berfungsi untuk memudahkan proses penjumlahan transaksi dan untuk mencatat penjualan menjadi lebih praktis dan singkat.

Baca Artikel Tentang Software Kasir dan Software Akuntansi Perusahaan

Kelebihan Aplikasi Kasir

Dengan menggunakan aplikasi kasir ini tentu akan memudahkan pengusaha untuk memantau aktivitas bisninya dalam satu waktu karena pada aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang membantu melayani proses transaksi. Salah satu fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah fitur manajemen inventory, fitur ini dapat membantu bisnis Anda dalam menanggulangi kehabisan bahan baku.

Kelebihan aplikasi kasir bisa dilihat dari sisi pengguna, yaitu petugas kasir dan juga pengelola bisnis. Dimana admin kasir dimudahkan dengan kemudahana proses transaksi yang lebih efisien dan lebih meminimalkan kesalahan daripada mesin kasir biasa. Sedangkan dari sisi pengelola bisnis, ia dimudahkan untuk mengecek dan memantau hasil transaksi secara online, bahkan aplikasi ini sudah menggunakan sistem cloud dimana semua data bisa terintegrasi dalam penyimpanan online sehingga tidak sulit bagi pelaku bisnis untuk melakukan pemantauan banyak outlet sekalipun.

kelebihan kasir online
Kelebihan aplikasi kasir bisa dilihat dari sisi pengguna

Kelebihan lainya adalah aplikasi kasir sudah dilengkapi dengan metode pembayaran virtual yang cukup lengkap seperti e-wallet dan transfer antar rekening. Hal ini memudahkan konsumen dan petugas kasir dalam melakukan transaksi pembayaran. Pun untuk mesin kasir ini tidak lagi menggunakan kabel-kabel untuk menggabungkan perangkatnya namun sudah bisa menggunakan Bluetooth.

Tampilan visual sudah jelas menarik dan dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti laporan dan grafik keuangan.

Fitur Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir dilengkapi dengan banyak fitur pendukung. Ada beberapa fitur dari aplikasi kasir yang bisa Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah

Transaksi Pembelian

Fitur transaksi pembelian kini tidak hanya dilakukan secara tunai namun sekarang bisa dilakukan secara kredit. Pada Aplikasi ini terdapat Nota digital dan Anda pun bisa melakukan integrasi sistem dengan scanner maupun printer.

Inventaris Barang

Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mencatat menggunakan pena dan kertas. Sekarang Anda bisa menginput stock barang besrta produk dengan Aplikasi kasir. Sangat praktis bukan.

Multiple User

Aplikasi kasir ini tidak hanya digunakan oleh satu user saja misalnya hanya satu kasir saja yang dapat menggunakannya namun realitanya tidak seperti itu. Aplikasi kasir ini dapat digunakan oleh banyak pengguna atau oleh banyak kasir pastinya dengan banyak database yang terpusat. Aplikasi kasir ini juga bersifat fleksibel.

Baca Artikel : Aplikasi Kasir Pintar

Metode Pembayaran

Saat ini Anda tidak harus membayar secara tunai, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih terdapat berbagai macam metode pembayaran seperti melalui kartu debit atau kredit, e-walet, paypal dan lain sebagainya. Aplikasi kasir ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai virtual payment.

Pencatatan Keuangan

Pada aplikasi kasir terdapat pencatatan keuangan guna sebagai laporan transaksi harian, mingguan maupun bulanan. Hasil dari pencatatan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai report bagi bisnis yang Anda miliki . dari laporan tersebut kita bisa melihat perkembangan bisnis dari waktu ke waktu. yang akan Anda dapatkan dari aplikasi ini adalah pencatatan secara tersistem uang kasir masuk dan juga laporan keuangan.

fitur aplikasi kasir

Figure 1 fitur aplikasi kasir

Kesimpulan

Setelah kita membahas mengenai apa itu Aplikasi kasir tentunya kita sudah menjadi lebih paham dari sebelumnya, banyak sekali manfaat dan kelebihan dari Aplikasi kasir ini karena dapat memudahkan dan mempercepat proses transaksi, mengelola produk dan lain sebagainya.dibanding menggunakan sistem kasir yang masih konvensional, aplikasi kasir ini lebih efektif dan efisien. Karena fitur pada Aplikasi ini lebih lengkap dan fleksibel dari yang telah disebutkan tadi aplikasi ini sangat penting karena sudah menyesuaikan pada kondisi saat ini.

Salah satu aplikasi kasir yang cukup berkualitas dan murah adalah dari Kantor Kita. Aplikasi kasir online yang membantu Anda mengelola bisnis dengan baik, efisien dengan harga yang terjangkau. Cocok untuk penggunaan UMKM maupun bisnis menengah ke atas.

Informasi mengenai aplikasi kasir bisa Anda dapatkan lebih lanjut di Kontak Kantor Kita. Sekian ulasan tentang pengenalan aplikasi kasir online ini, semoga bermanfaat!

Previous articleHidup Sehat Ala Pegawai Kantor
Next articleAplikasi Kartu Nama, Aplikasi Kekinian yang Memberi Kemudahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here