Aplikasi Sales dan Marketing Sales dan marketing merupakan bagian yang penting dalam kelangsungan penjualan produk perusahaan. Keduanya saling berkoordinasi untuk mendapatkan keberhasilan capaian penjualan produk baik itu jangka panjang maupun pendek.

Selain di depan layar, divisi sales dan marketing ini memiliki bidang kerja dibelakang layar sebagai salah satu strategi kerjanya. Tidak heran divisi sales dan marketing ini memerlukan beberapa tools atau software yang digunakan untuk melancarkan kerja tim sales dan marketing.

Beberapa hal kerja untuk sales dan marketing ini umumnya untuk urusan riset pasar sampai dengan aplikasi pemasaran  dan penjualan lainya.

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Sales dan Marketing

Ada beberapa contoh software yang memberikan kemudahan untuk tim sales dan marketing. Beberapa diantaranya adalah

1. Aplikasi Sales Management – CRM

Aplikasi sales management adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu sales mengelola urusan dengan customer. Dengan aplikasi CRM ni, hubungan perusahaan dengan sales menjadi lebih baik karena dapat menangani keluhan customer dengan baik.

Dengan aplikasi ini, sales bisa mengatur urusan admininstrasi dengan baik. Dari yang awalnya bisa memerlukan banyak waktu untuk menanganinya maka dengan CRM ini Anda bisa mengelola urusan administrasi dengan mudah dan menghemat waktu.

Misalnya urusan pengiriman email, jadwal pertemuan, menelpon klien, pengiriman invoice dan lain sebagainya.

Jadi semua urusan yang awalnya perlu dilakukan dengan berbagai media, dengan CRM, urusan ini bisa menjadi lebih mudah.

Di dalam aplikasi ini juga sangat memungkinkan sales untuk menyimpan semua database pelanggan dengan baik, informasi mengenai alamat dan informasi penting lainya tersimpan dengan baik.

Crm ini sebenarnya masuk sebagai salah satu proses sales force berupa memaintain pelanggan, merancang dan merencanakan strategi sales. Hal ini beruhubungan dengan tugas administrasi yang telah kita bahas di atas ini.

Untuk kemudian hasil ini nantinya akan langsung di eksekusi oleh tim sales lapangan.

Salah satu aplikasi CRM yang bisa digunakan adalah dari Kantor Kita. Aplikasi CRM – sales management yang membantu manager memonitor tim sales dengan baik. Tersedia berbagai fitur mulai dari manajemen karyawan  sampai dengan laporan dan statistik. Berikut adalah contoh fitur yang disediakan dalam aplikasi CRM Kantor Kita.

Add On Dalam Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Gambar 1. Aplikasi CRM Kantor Kita

  1. Management Pelanggan
  2. Sales Database
  3. Membership
  4. Asset Promosi
  5. Kirim Penawaran
  6. Marketing Database
  7. Traking Histori
  8. Analisis Penjualan
  9. Divisi Penjualan
  10. Laporan dan Statistik

Aplikasi CRM ini bisa digunakan tim sales untuk saling berkoordinasi mencapai penjualan, juga digunakan sebagai aplikasi  memonitoring sales oleh manager. Sehingga semua kinerja sales bisa terlacak dengan baik.

2. Aplikasi Note

Selanjutnya aplikasi yang perlu dicoba untuk mendukung kerja tim sales dan marketing adalah aplikasi note to-do-list. Aplikasi ini digunakan untuk mendaftar apa saja pekerjaan yang perlu dilakukan termasuk pembagian timnya.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk menuliskan to-do-list ini adalah Trello. Aplikasi task management yang membantu tim sales dan marketing saling berkoordinasi. Dari aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui pekerjaan apasaja yang perlu dilakukan, yang sudah selesai dilakukan dan juga pekerjaan yang sedang dalam progress pengerjaaan.

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Sales dan Marketing

Figure 2 Aplikasi Note Dari Trello

3. Aplikasi Document Sharing

Aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu kolaborasi tim sales dan tim marketing adalah aplikasi document sharing atau biasa disebut sebagai aplikasi penyimpanan cloud.

Ada beberapa contoh dari aplikasi penyimpanan cloud ini, misalnya adalah aplikasi google drive, aplikasi dropbox, onedrive dan lain sebagainya.

Dari penyimpanan cloud ini, sharing document bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Input satu file bisa diakses oleh banyak pengguna sekaligus, tidak membebani disk penyimpanan lokal juga.

Untuk tim sales dan marketing, aplikasi document sharing ini digunakan untuk sharing dokumen iklan, dokumen survey, dan lain sebagainya. dan tentunya bisa diubah dan update dengan baik.

Jadi transfer data tidak perlu susah lagi.

4. Aplikasi Riset Marketing

Selanjutnya aplikasi yang dibutuhkan untuk tim sales maupun marketing adalah tools riset. Dimana tools ini akan sangat membantu keduanya dalam melihat kondisi pasar. Untuk tim marketing alat riset ini bisa mencangkup trends yang sedang in, riset harga, keyword, model dan trends lainya.

Baca Artikel Marketing dan Sales: Definisi, Perbedaan dan Prioritas

Sedangkan untuk tim sales, alat riset digunakan untuk melihat potensi customer, mencari informasi customer dan lain sebagainya.

Beberapa contoh alat riset yang bisa didapatkan dari secara gratis atau berbayar misalnya,

  1. Google trends
  2. Google insight
  3. Google analitik

Dengan menggunakan alat-alat gratis dari google ini, sales dan marketing bisa menggunakannya untuk keperluan riset competitor sampai dengan riset pasar.

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Sales dan Marketing

Figure 3 Google Trends

5. Manajemen Sosial Media

Untuk tim marketing, sosial media juga merupakan hal penting dari sini tim marketing bisa melakukan pendekatan kepada customer, melakukan riset dan menargetkan customer.

Marketing perlu melakukan manajemen sosial media untuk melakukan pengiklanan, berinteraksi dengan customer dan lain sebagainya dengan tujuan untuk meningkatkan luas pasar, memahami karakter audience, dan mengontrol dari hasil marketing yang telah dilakukan.

Sekarang ini sudah ada banyak contoh aplikasi manajemen sosial media yang bisa digunakan, salah satu contohnya adalah Hootsuit.

Ini adalah aplikasi manajemen sosial media yang cukup banyak digunakan untuk mengelola sosial media dengan mudah dan menghemat waktu.

Sales dan marketing sekarang ini hidup di masa teknologi sehingga mereka bisa memanfaatkan teknologi untuk menunjang pekerjaannya.

Apalagi ada banyak aplikasi dan software yang bisa digunakan, mulai dari sosial media sampai dengan tools analitik yang digunakan untuk memperlancar kegiatan sales dan marketing.

Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Sales dan Marketing ?  

Jika masih banyak yang meragukan penggunaan aplikasi sales dan marketing untuk perusahaannya, perlu melihat lebih dalam manfaat yang bisa didapatkan. Yang tentunya hal ini berujung pada maksimalnya pencapaian penjualan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah

1. Analisis Lebih Akurat

Dengan aplikasi yang menyajikan data pastinya membuat Analisa lebih akurat karena based on data. Bayangkan jika analisis data dilakukan tanpa dasar atau sumber yang jelas, maka hasil dari Analisa tidak akan se-akurat itu. Semakin akurat Analisa maka akan didapatkan pertimbangan untuk bergerak juga lebih siap. Untuk tim sales dan marketing, hasil data yang akurat ini sangat dibutuhkan.

2. Efisiensi Kerja

Menggunakan aplikasi sales dan marketing, tentu saja urusan kerja menjadi lebih mudah dan dilakukan dengan hemat waktu. Inilah yang disebut dengan efisien, jadi sebuah tim tidak perlu lagi bekerja dengan waktu yang lama dan effort yang berat untuk mendapatkan sebuah data. Sekarang sudah ada banyak penunjang yang membantu tim untuk bekerja secara efisien.

Baca Artikel Tentang Aplikasi Pemasaran

3. Meningkatkan Keberhasilan Penjualan

Jika kerja lebih tepat, target sudah jelas dan bekerja dengan cepat, ini akan membantu meningkatkan peluang keberhasilan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi sales dan marketing. Dari hal efisiensi dan capaian keberhasilan yang meningkat. Anda bisa merasakan manfaat ini jika sudah menggunakannya. Jadi sudah kah Anda melengkapi tim sales dan marketing dengan tools?

Kesimpulan

Dengan hidup di tengah perkembangan aplikasi, mempermudah kerja dengan aplikasi maupun software yang berkaitan akan sangat memudahkan menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu posisi yang lebih terbantu pekerjaannya menggunakan aplikasi adalah posisi sales dan marketing. Hadir aplikasi sales management yang terintegrasi dengan sistem crm sampai dengan aplikasi survey untuk marketing.

Kantor Kita adalah pengembang aplikasi yang menghadirkan aplikasi perkantoran untuk mendukung performa kerja di perusahaan Anda. salah satunya adalah aplikasi CRM untuk membantu sales mengelola customernya dengan baik.

Sekian ulasan tentang aplikasi sales dan marketing hari ini, semoga bermanfaat!