Aplikasi Pemasaran

0
2059
Aplikasi Pemasaran
Aplikasi Pemasaran

Aplikasi PemasaranAplikasi pemasaran adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis. Bagaimana tidak aplikasi pemasaran membantu urusan pemasaran produk menjadi lebih mudah dan tersistem dengan baik.

Apalagi aplikasi pemasaran sekarang ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pemasaran yang mendukung sehingga membuat aplikasi pemasaran menjadi tools penting di perusahaan. Penggunaan aplikasi pemasaran ini juga bukan hanya digunakan untuk sales saja sebagai tim pemasaran namun juga melingkupi manajer, ataupun juga tim marketing.

Apa Sih Aplikasi Pemasaran Itu? 

Kita mengetahui bahwa pemasaran adalah salah satu bagian yang dilakukan untuk menjual produk kepada konsumen. Namun bagaimana dengan aplikasi pemasaran, sebenarnya apa peran aplikasi pemasaran ini untuk membantu tim sales melakukan pemasaran?

Aplikasi pemasaran adalah alat yang digunakan untuk membantu tim sales bekerja sama dan berkooordinasi. Di dalamnya mengandung fitur utama pemasaran untuk menarik customer baru dan memperkenalkan produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan aplikasi pemasaran seperti ini sales bisa mendapatkan pelanggan potensial sehingga penjualan produk bisa didapatkan.

aplikasi pemasaran
Gambar 1. Lingkup Aplikasi Pemasaran

Ada beberapa jenis aplikasi pemasaran yang berfokus pada bidang tertentu misalnya CRM saja atau sales intelligence saja. Ada aplikasi pemasaran yang memang memiliki banyak fitur di dalamnya, tergantung dengan aplikasi pemasarannya.

Kenapa Aplikasi Pemasaran Lebih Efisien?

Aplikasi pemasaran cukup membantu tim sales bekerja secara efisien dan membantu sales menjalin hubungan dengan konsumen, kok bisa?

Sebenarnya aplikasi sales ini menggunakan dasar otomatisasi sehingga pekerjaan sales yang sebelumnya dilakukan secara manual sekarang bisa dilakukan dari aplikasi ini. Misalnya urusan administrative seperti

  1. Mengirimkan email kepada konsumen
  2. Memberikan pesan penawaran
  3. Manajemen sosial media
  4. Analisis data

Hal ini bisa dilakukan secara otomatis, jadi pengguna tidak lagi perlu melakukannya manual sehingga waktu kerja lebih efisien.

Di waktu sekarang ini, otomatisasi seperti ini sangat dibutuhkan, sebab keadaan menuntut untuk kerja cepat, cerdas namun hasilnya juga tidak kalah baiknya. Jadi dengan aplikasi pemasaran hal-hal yang menyita banyak waktu seperti task di atas bisa di handle dengan baik.

Baca Artikel Tentang Software Pemasaran Digital

Kesalah dari pengerjaan manual ini juga bisa dimimalkan dengan penggunaan sistem aplikasi pemasaran ini.

Contoh Aplikasi Pemasaran

Ada beberapa contoh aplikasi pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk melancarkan bisnis Anda. Contoh aplikasi pemasaran ini dipilih berdarkan fungsi dan fitur yang dimilikinya

1. CRM dan Sales Manajemen

Salah satu contoh aplikasi CRM di Indonesia yang bisa digunakan adalah dari Kantor Kita. Aplikasi CRM yang digunakan untuk mengelola sales dan mengurus pemasaran. Aplikasi CRM dalam Kantor Kita ini bersifat add on karena Kantor Kita adalah aplikasi perkantoran yang menyediakan banyak aplikasi kantor lainya. Sehingga sifatnya aplikasi ini bisa ditambahkan jika Anda ingin menggunakannya atau bisa digunakan sebagai aplikasi utama.

aplikasi kantor kita

Gambar 2. Sumber : Kantorkita.co.id

Aplikasi CRM di Kantor Kita ini memiliki beberapa fitur di dalamnya, berupa

  1. Manajemen Pelanggan
  2. Sales Database
  3. Membership
  4. Asset Promosi
  5. Kirim Penawaran
  6. Marketing Database
  7. Traking Histori
  8. Analisis Penjualan
  9. Divisi Penjualan
  10. Laporan dan Statistik

Anda bisa menggunakan aplikasi sales manajemen dari Kantor Kita ini untuk membantu mengelola sales dan CRM untuk tim sales.

2. Aplikasi Sales Intelligence

Sales intelligence ini adalah alat yang digunakan untuk mensurvey keadaan, berupa memberikan informasi perusahaan, sehingga dari informasi ini bisa didapatkan konsumen potensial dan informasi konsumen yang lengkap sebelum akhirnya melakukan penawaran.

Ada beberapa alat atau aplikasi yang ada bahkan dekat dengan keseharian kita yang bisa digunakan sebagai tools sales intelligence. Beberapa contohnya adalah

  • Linkedin Sales Navigator

Ini merupakan fitur premium yang ditawarkan Linkedin untuk para sales guna memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi dan terhubung dengan mudah dengan calon klien. Kelebihan dari Linkedin sales navigator ini adalah salesperson bisa mendapatkan informasi yang relevan yang berhubungan dengan konsumennya.

Juga ada recommendation account yang diberikan untuk salesperson agar bisa menemukan konsumen yang pas.

Gambar 3. Sumber : business.linkedin.com
  • Zoominfo

Ini adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk sales intelligence dan pemasaran B2B. Banyak disebut sebagai platform intelejen penjualan yang menggunakan basis data kontak komprehensif yang digunakan untuk membantu tim penjualan lebih mudah menemukan konsumen.

Zoominfo ini memberikan banyak peluang lebih besar untuk mendapatkan informasi mengenai pelanggan dan prospek lainya.

3. Sales Analitik

Sales analitik adalah salah satu alat yang digunakan untuk menilai performa sales. Dengan sales analitik ini, Anda bisa melakukan perekaman dan pelacakan tim sales dan digital marketer.

Selain itu sales analitik juga digunakan untuk melacak aktifitas konsumen dalam berbelanja. Sehingga tim sales nantinya bisa menemukan informasi yang relevan mengenai calon konsumen. Bahkan sales analitik ini juga digunakan untuk melihat trend apa yang sedang banyak digunakan.

Secara umum, sales analisi digunakan untuk menggabungkan banyak hasil dan memberikan analisis tanpa perlu membuatnya secara manual.

Salah satu contoh aplikasi sales ini adalah salesken.

Aplikasi atau software ini digunakan untuk memanajemen lokasi salesperson atau juga bisa digunakan untuk memberikan data terkait percakapan telepon, website dan capturing.

Ada banyak sekali contoh aplikasi pemasaran yang cocok digunakan untuk mendukung pemasaran bisnis Anda.

Apa yang Didapatkan Dari Menggunakan Aplikasi Pemasaran

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi pemasaran ini untuk perusahaan. Beberapa kelebihan menggunakan aplikasi pemasaran ini adalah

1. Efisiensi waktu

Dengan menggunakan aplikasi pemasaran, membuat kerja menjadi lebih minim waktu dan cepat dilakukan. Hal ini membuat aplikasi pemasaran menjadi salah satu aplikasi yang patut dimiliki untuk membantu pemasaran perusahaan.

Berbeda dengan pengerjaan yang masih manual, kerja menggunakan aplikasi lebih efisien dan effort yang dikeluarkan juga lebih minim.

Baca Artikel Aplikasi Marketing

2. Prospek Semakin Besar

Prospek yang didapatkan jika menggunakan aplikasi bisa lebih tinggi daripada yang kerja tanpa aplikasi. Hal ini karena Anda bisa mengintegrasikan aplikasi untuk mendapatkan banyak informasi, kerja lebih minim, cepat namun memiliki ada strateginya.

Kelebihan ini bisa menjadi peluang untuk perusahaan, jadi kerja lebih maksimal hasil juga bisa didapatkan lebih maksimal pula.

Kesimpulan

Aplikasi pemasaran bisa mencangkup banyak bidang pemasaran, mulai dari urusan CRM, sales intelligence sampai dengan urusan analisis. Anda bisa memilih aplikasi sales sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salah satu aplikasi pemasaran adalah Kantor Kita dimana memberikan fitur CRM atau sales manajemen untuk membantu memantau sales, merekam kinerja sales sampai dengan memberikan laporan untuk tim sales.

Sekian ulasan mengenai aplikasi pemasaran, semoga bermanfaat!

Previous articleAplikasi Kasir Supermarket yang Pas, Gimana Karakternya?
Next articleBuat Kartu Nama Karyawan, Sebenarnya Perlu Atau Tidak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here