CRMDi masa digital seperti sekarang ini, teknologi bukan lagi hal yang asing untuk masyarakat, bahkan sekarang ini teknologi digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah sehari-hari sampai dengan urusan dengan kesulitan tinggi, seperti bisnis.

Apalagi sekarang Indonesia sedang gencar-gencarnya menghadapi revolusi industry 4.0 dimana industri perlu mengkombinasikan penggunaan teknologi dan internet untuk kemajuan bisnis. Akibat dari perubahan industry ini membawa ke hasil kerja yang lebih efisien dan hemat. Semua system saling terhubung sehingga memberikan kemudahan.

Salah satu system dalam bisnis atau system HRIS yang memiliki peranan penting dan cukup diperlukan adalah CRM atau Customer Relationship Management.

CRM

Customer Relationship Managemen atau biasa disebut dengan CRM adalah sebuah system yang digunakan untuk urusan sales atau pemasaran perusahaan. Dengan system ini, perusahaan dan customer bisa saling terhubung. System CRM untuk urusan sales membantu merampingkan proses yang jauh lebih ringkas dan mudah.

Jika sebelum menggunakan system CRM ini urusan sales dilakukan secara manual berupa pencatatan dan manajemen, sedangkan jika menggunakan system CRM ini pengelolaan pelanggan bisa menggunakan satu system.

Bagaimana Penggunaan System CRM Untuk Bisnis?

Jika memang CRM adalah system untuk menghubungkan layanan bisnis dengan pelanggan, memangnya apasih yang bisa dilakukan CRM ini untuk bidang penjualan?

1. Satu System Database Untuk Semua Sales

Terkadang satu sales dengan sales penjulan lainya dalam perusahaan, tidak memegang data yang terpusat sehingga hal ini akan menyulitkan proses follow up konsumen. Jika menggunakan system database CRM ini, satu database untuk menyimpan semua data konsumen yang bisa digunakan oleh semua sales.

Dengan begitu, system CRM menjadi sistem yang terintegrasi dan bisa digunakan untuk banyak sales. Informasi lebih update dan terpadu, koordinasi urusan pernjualan akan jauh lebih mudah.

Baca Artikel : Cara Mencatat Kas dengan Menggunakan Aplikasi Kantor Keuangan dan Kas 

2. Manajemen Sales dan Penjualan

System CRM tidak digunakan sebagai media untuk menyimpan informasi pelanggan saja, namun juga digunakan untuk memantau dan pengelolaan sales. Dalam system CRM ada alur kerja sales, misalnya proses penawaran,follow up sampai dengan pembayaran, nah ini bisa didata di dalam system sehingga semua progress penjualan akan nampak. Hal ini bisa dimanfaatkan team leader sales untuk memantau kinerja sales lainya.

CRM menyediakan fitur scheduling dan task sehingga leader sales bisa memberikan tugas misalnya follow up dengan mudah kepada sales lain. Penjadwalan tugas lain sesuai waktu juga bisa dilakukan dengan mudah dan tersistem.

3. Laporan Proses dan Penjualan

Nah ini adalah fasilitas yang cukup penting berguna jika menggunakan system CRM yaitu laporan dan grafik penjualan. Laporan hasil penjualan secara keseluruhan bisa dipahami dengan mudah menggunakan system CRM ini. Sebab semua hasil penjualan akan otomatis disajikan dalam bentuk laporan, lengkap dengan grafiknya.

Tentunya pembuatan laporan secara otomatis ini akan memberikan kemudahan untuk melihat kondisi penjualan perusahaan.

4. Memudahkan Pendataan Customer

System CRM ini membantu bisnis dalam hal pendataan informasi kustomer. Informasi ini perlu disimpan untuk memudahkan proses follow up, penyimpanan informasi ini bisa dalam bentuk kontak maupun informasi perusahaan.

Sehingga kontak tiap-tiap customer dari nomor Whatsapp, email sampai dengan alamat bisa disimpan dalam database CRM. Begitu juga dengan informasi data pelanggan perusahaan, sales bisa menyimpan informasi perusahaan dengan mudah.

Fungsi dari penyimpanan informasi ini adalah untuk memudahkan proses kontak kustomer dan follow up bisni.

5. Integrasi dengan Media Perpesanan

Kemampuan lainya dari system CRM adalah ia bisa diintegrasikan dengan media perpesanan seperti email dan Whatsapp maupun SMS. Dari kemampuan ini, menghubungi pelanggan akan jauh lebih mudah dan cepat. Integrasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim invoice pelanggan lebih mudah dan cepat maupun untuk proses follow up pelanggan.

Jadi menghubungi pelanggan jauh lebih mudah dengan bantuan system CRM ini.

6. Pengelompokan

Kemampuan selanjutnya dari CRM adalah kemampuan mengelompokkan customer hal ini bisa dimanfaatkan untuk memilih mengelompokkan sesuai dengan prospeknya. Sehingga proses penawaran akan lebih efektif dan fokus.

Kemampuan-kemampuan yang dimiliki system CRM ini untuk membantu tugas sales dan penjualan agar lebih rapi dan tersistem sehingga pelacakan konsumen akan jauh lebih mudah. Jika tidak di jaga dengan baik maka kemungkinan ditinggalkan konsumen akan lebih besar. Untuk itu semua informasi perlu disimpan dengan baik dibantu dengan system CRM ini.

Untuk sales leader sendiri, system CRM membantu proses pelaporan penjualan dan progress real time dari masing-masing sales lain. Jadi lebih rapih dan efektif ya!

Manfaat CRM Untuk Manajemen Sales di Perusahaan

Beberapa manfaat menggunakan CRM untuk pengelolaan sales dan manajemen penjualan di perusahaan adalah

1. Meningkatkan Basis Data Customer

Dengan melakukan pencatatan kontak dan informasi mengenai konsumen, sales bisa memiliki backup data yang berguna untuk jangka panjang. Sehingga pengelolaan konsumen jadi lebih mudah.

2. Memantau Kerja Sales Lebih Mudah

Sales leader umumnya memantau hasil kinerja sales menggunakan laporan bulanan dalam bentuk cetak. Namun sekarang ini pemantauan kinerja sales bisa dilakukan dengan mudah menggunakan system CRM ini, dengan kemampuan integrasi dan terpusat, CRM bisa digunakan oleh beberapa akun yang saling berkaitan termasuk untuk leader memantau admin sales.

Software Manajemen Kantor dari Kantor Kita Menyediakan Berbagai Fitur Untuk Mempermudah dalam Mengatur dan Memanagemen Segala Urusan di Perusahaan

3. Penilaian Laporan Lebih Mudah

Seperti yang disinggung di atas, laporan penjualan dan progress bisa di pahami dengan mudah karena sudah ada grafik otomatis dan laporan penjualan instan. Laporan ini akan sangat memudahkan dalam proses evaluasi dan perbaikan tim penjualan nantinya.

4. Merampingkan Proses Kerja Sales

Proses kerja sales sekarang ini lebih mudah dan instan dengan system CRM, tidak ada lagi proses yang dilakukan secara manual yang menghabiskan waktu. Sebab system CRM ini sudah lebih dari lengkap untuk database penjualan.

Pada praktiknya, system CRM ini memiliki banyak kelebihan untuk kemanjuan penjualan dan koordinasi sales. Untuk itu system CRM diperlukan untuk system penjualan perusahaan, agar lebih teratur dan administratif.

System CRM dalam Aplikasi Sales

System CRM ini hadir dalam aplikasi sales, sehingga untuk Anda yang ingin lebih dalam mengenal system CRM untuk sales Anda gunakan aplikasi sales yang sekarang ini sudah banyak dikembangkan.

Salah satunya aplikasi sales dari Kantor Kita. Hadir untuk membantu perusahaan menyelesaikan manajemen sales yang lebih baik. Aplikasi sales manajemen dari Kantor Kita memiliki kelengkapan berupa

  1. Manajemen pelanggan
  2. Membership
  3. Kirim penawaran
  4. Tracking histori sales
  5. Marketing database
  6. Analisi penjualan
  7. Laporan penjualan

Dengan fitur-fitur di atas, tim penjualan akan lebih mudah dan menyimpan dan merekap semua data penjualan. Belum lagi dengan grafik dan laporan penjualan yang akurat membuat urusan rekap jauh lebih efisien.

Dan tentu saja Kantor Kita menghadirkan visual yang menarik dan navigasi yang sederhana untuk kanyamanan penggunanya. Konsultasi seputar aplikasi sales bisa Anda dapatkan di kontak Kantor Kita

Baca : Tutorial Mendaftar Kantor Kita