Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

8
2137

Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah – Banyak kemudahan yang ditawarkan hanya dengan satu jari dalam genggaman anda. Software canggih ini akan memudahkan anda dalam mengoperasikan management absensi, pembagian shift karyawan, rekap absensi, pengajuan izin, payroll dan perjalanan dinas para karyawan.

Software canggih yang dapat dimanfaatkan yaitu mengenai perhitungan payroll pegawai. Dengan adanya payroll akan memudahkan hrd untuk mengelola gaji karyawan dengan otomatis. Sebagai karyawan anda akan sangat dimudahkan dalam melakukan absensi android. Baca : Absensi Online

Selain software untuk menghitung payroll, terdapat juga software absensi online yang memudahkan para karyawan. Di indonesia software absensi bisa anda dapatkan di Kantor Kita. 

Berikut ini manfaat perusahaan menggunakan software absensi: 

Memudahkan Absen Karyawan

Dengan adanya absensi android yang dihubungkan dengan teknologi GPS serta fitur face detector akan membuat absen menjadi lebih menyenangkan. 

Di beberapa perusahaan absensi menjadi hal yang sensitif karena nantinya akan menyangkut kehadiran dan perhitungan gaji karyawan. Oleh karena itu melakukan rekap absensi menjadi hal yang kadang membuat HR menghabiskan banyak waktu. 

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Berikut ini beberapa hal yang harus di  perhatikan oleh HR karena jika dispelekan dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan karyawan, diantaranya:

Perlakuan yang Berbeda Terhadap Karyawan

Saat HR membuat kesalahan dalam menghitung absensi, maka kompensasi yang akan diterima karyawan tersebut juga akan berpengaruh. Jika ada karyawan yang sudah memenuhi jatah lembur nya secara maksimal, namun karena salah hitung, maka terkesan HR membeda-bedakan dalam memperlakukan seorang karyawan.

Menurunnya Kredibilitas Perusahaan

Saat perusahaan memiliki cabang hingga 5 atau lebih. Maka perusahaan harus menganggarkan dana yang besar untuk membeli mesin fingerprint sejumlah cabang perusahaan. Sebagian perusahaan malah akan memberlakukan absen manual.

Hal ini membuka peluang jika ada karyawan yang menyepelekan pekerjaan akan tidak terlihat. Namun bagi yang bertanggung jawab dalam pekerjaannya justru akan mendapat apresiasi dari perusahaan tidak sesuai dengan kinerja yang sudah dia lakukan.

Penghitungan Lembur yang Proporsional

Dengan aplikasi absensi ini, maka prestasi kerja karyawan dengan sangat mudah terdeteksi. Perusahaan dapat menghitung dengan tepat siapa saja karyawan yang sudah mencapai batas maksimal lembur ataupun yang belum memenuhi target dalam pekerjaannya. Sebagian perusahaan bahkan mengadakan pemilihan karyawan, kepala bidang maupun manager cabang atau pusat yang terbaik setiap bulannya. Yang diumumkan di web intern perusahaan.

Hal ini sangat berpengaruh dalam memotivasi karyawan. Serta karyawan yang bersangkutan juga akan merasa dihargai. Dengan sistem seperti ini maka setiap karyawan akan berpacu dalam meningkatkan sumber daya mereka. Terlebih award yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan terbaik adalah award yang menggiurkan. Baik bonus uang ataupun trip wisata.

Pencatatan Perjalanan Dinas

Sistem ini mencatat perjalanan dinas dengan akurat. Juga mencatat kunjungan client atau kunjungan hal karyawan terhadap suatu prospek. Hal ini sangatlah penting dalam mengukur keberhasilan perusahaan serta dalam pencapaian target perusahaan. Perusahaan sendiri akan dengan mudah mendata client yang belum maksimal dikunjungi yang berimbas pada evaluasi prestasi perusahaan yang biasanya dilakukan secara berkala.

Permohonan Cuti Karyawan

Sebagai karyawan terkadang anda ragu dalam mengambil cuti. Atau bahkan anda lupa sisa berapa hari lagi cuti tahunan anda. Cuti adalah layaknya charge bagi segala rutinitas anda yang setiap hari dijalani. Kepenatan yang sudah sangat menjemukan. Hal ini pasti akan berdampak pada kinerja dan semangat anda.

Bagi perusahaan pun hal ini akan menguntungkan, jika mendapatkan karyawan yang fresh dan semangat tinggi. Untuk itulah perusahaan senantiasa memberikan cuti tahunan kepada seluruh karyawan sesuai peraturan yang berlaku menurut Undang-undang. Aplikasi HR ini memungkinkan pencatatan cuti akan dilakukan dengan sangat mudah bagi HR.

Lain halnya bagi karyawan yang tidak mengambil masa cutinya, atau resign sebelum sempat menghabiskan masa cutinya, maka peraturan yang berlaku adalah cuti tersebut dapat diuangkan. Dalam hal ini tentu saja memerlukan perhitungan yang tepat.

Dalam prakteknya menghitung sisa cuti yang ingin diuangkan adalah jumlah total hari kerja cuti yang menjadi hak seorang karyawan, yang masih tersisa, sampai dengan tanggal efektif pengunduran diri karyawan tersebut yang dikali dengan gaji bulanannya. Namun akan sangat mudah dilakukan seorang HR dengan aplikasi absensi ini.

Record Pengajuan Ijin yang Terdata Baik

Monitoring produktivitas karyawan, akan ijin yang dilakukan akan dapat di record dengan baik. Aplikasi yang terhubung ke web dan cloud, karyawan tak perlu lagi mengisi form ijin secara manual. Tapi cukup duduk di meja kerja dengan membuka aplikasi, lalu mengisi form secara online.

Bagian HRD ataupun bos anda akan mendapatkan notifikasi via email. Mereka akan langsung dapat memprosesnya. Dan anda akan langsung mendapat jawaban dari HRD maupun bos anda apakah permohonan anda tersebut disetujui atau tidak.

Dengan aplikasi yang berbasis cloud, maka aplikasi tersebut dikelola dari sebuah web server. Yang dapat digunakan tentunya dengan menggunakan browser. Dalam hal ini tentunya pengguna terhindar dari membeli aplikasi yang tidak murah harganya. Yang terpenting aplikasi yang ditawarkan juga memiliki berbagai keamanan terutama perlindungan dari serangan cyber yang sangat merugikan pengguna aplikasi tersebut.

Slip Gaji Secara Online

Aplikasi slip gaji ini memudahkan dalam memberikan slip gaji online secara elektronik bagi karyawan setiap bulannya. Terkadang karyawan membutuhkan slip gaji dalam pengajuan kredit atau proses administrasi lainnya. Karyawan tidak perlu mengajukan permohonan slip gaji yang hanya akan menyita waktu HRD dalam memprosesnya.

Namun karyawan tersebut hanya perlu membuka aplikasi serta mengisi dengan nama dan nomor identitas pegawai saja, lalu dapat mencetaknya. Hal ini tentu akan sangat akurat dengan komponen gaji yang berlaku di perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang dapat anda peroleh dengan aplikasi slip gaji online diantaranya :

  1. Hitung Payroll karyawan

Penghitungan Payroll otomatis hingga pajak maupun BPJS seorang karyawan dari setiap bulannya.yang tentunya dilengkapi dengan integrasi payroll tersebut dengan komponen gaji karyawan yang bersangkutan.

2. Mengirim Slip Gaji Karyawan

Setelah Payroll dihitung, maka anda dapat langsung mengirim slip gaji anda. Tentunya aplikasi ini sangat bersifat opsional yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Baca : Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Slip Gaji? Ini Dia Jawabannya!

3. Catatan Riwayat akan Slip Gaji

Setiap bulannya riwayat slip gaji karyawan akan tersimpan dengan baik. Hal ini menguntungkan karyawan karena dapat melihat slip gajinya melalui akun dan aplikasi mobile.

slip gaji online

4. Keamanan Akun yang Terjamin

Hanya seorang admin dari HRD yang memiliki akses untuk melihat slip gaji seorang karyawan. Sementara setiap karyawan memiliki akun password nya sendiri.

Slip gaji adalah sesuatu hal yang menghabiskan tenaga dan hal lainnya dari perusahaan. Slip gaji juga perlu untuk dicetak agar segala rincian tertera di dalamnya. Namun ada beberapa keuntungan dengan adanya aplikasi slip gaji online ini. Hal ini bukan hanya menguntungkan anda sebagai karyawan namun juga perusahaan itu sendiri, diantaranya adalah

5. Menghemat Penggunaan Kertas

Tak ada salahnya sebagai karyawan yang meski tidak bersentuhan langsung dengan kelestarian lingkungan hidup, anda juga memperhitungkan kertas yang dihabiskan dalam mencetak slip gaji. Jika dapat menghemat penggunaan kertas dari berbagai bagian di perusahaan, maka secara tidak langsung sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan. Produksi kertas juga berimbas pada kestabilan hutan kayu kita.

Di sisi lain, terkadang karyawan tidak perlu mencetak slip gaji mereka, namun hanya nominalnya saja. Potongan, bonus, pajak dan lainnya. Pada masa sekarang, slip gaji identik dengan kertas yang berisi segala perincian gaji. Sudah saatnya hal ini dihilangkan dengan sesuatu yang lebih sederhana yaitu slip gaji online.

6. Mudah untuk Diakses Dimanapun

Sesuai dengan namanya yaitu slip gaji online, maka anda dengan mudah dapat mengaksesnya di manapun. Anda hanya perlu membuat akun perusahaan dan akun untuk anda sebagai karyawan. Bagi karyawan HRD, hanya dengan mobile anda dapat memantau dan mengelola gaji karyawan.

Bagi karyawan, hal seperti ini sesuai dengan keterbukaan informasi saat ini. Jika ada hal yang kurang berkenan dengan rincian slip gaji, maka akan langsung dapat diproses kepada yang berwenang.

7. Mudah Dikirim dalam Waktu Singkat

Bukan hanya perusahaan dan karyawan saja yang dapat mengakses slip gaji online, namun slip gaji online ini dapat dikirim kepada pihak yang membutuhkan. Dan dalam waktu singkat, perincian gaji serta potongan-potongan gaji karyawan dapat langsung dikirim dan tersimpan dalam akun email pribadi karyawan tersebut. Karyawan Pun dapat secara langsung mengunduhnya. Hal semacam ini tentu saja sangat meringankan kinerja dari bagian personalia.

Baca : 3+ Cara Menentukan Gaji Pokok Karyawan

8. Back Up akan Data Menjadi Sangat Mudah dan Cepat

Segala data perihal slip gaji anda, akan tersimpan meski anda kehilangan telepon seluler anda namun anda masih bisa membuka akun anda dari perangkat lainnya dengan ketersediaan jaringan internet. Ini terjadi karena seluruh data tersimpan dengan baik dalam database yang akan selalu di back up oleh pengelola aplikasi tersebut.

9. Privasi Serta Keamanan Data Anda akan Terjamin

Informasi dan data yang di input dalam slip gaji online adalah data yang bersifat pribadi dan rahasia. Yang dapat dipertanggungjawabkan akan keabsahannya. Maka pihak perusahaan harus mampu memastikan bahwa data karyawan tersebut benar-benar data yang valid, dan bukan data yang fiktif.

Upaya yang dapat dilihat dalam hal menjaga keamanan tersebut adalah pada penggunaan password dan kata sandi yang akan digunakan dalam mengakses akun tersebut.

Kebijakan perusahaan dalam menerapkan aplikasi kepegawaian online adalah salah satu upaya penting dalam mengikuti perkembangan zaman. Banyak hal yang dapat diupayakan dalam rangka memudahkan pekerjaan bagian personalia. Hal ini juga membuat karyawan dapat melakukan banyak hal yang berhubungan dengan personalia dengan hanya membuka akun mereka tanpa proses panjang serta dalam waktu yang sangat cepat.

Semoga beberapa paparan diatas dapat menjadi pertimbangan anda dalam mempermudah kegiatan personalia perusahaan anda.

Previous articleMacam-Macam Aplikasi Kantor
Next articleTips Mengelola dan Mengatasi Karyawan yang Sering Absen

8 COMMENTS

  1. […] Absensi Online – Jaman semakin canggih dan segala hal bisa dilakukan secara online sekarang ini termasuk juga sudah tersedia slip gaji online, juga aplikasi absensi atau software absensi dengan absensi android. Simak pembahasannya berikut ini. Baca : Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah […]

  2. […] Jenis-Jenis Alat Absensi Karyawan Perusahaan untuk Kedisiplinan – Tak perlu diragukan lagi bahwa data soal absensi karyawan perlu tersedia selengkap dan seakurat mungkin. Sebab, data tersebut digunakan untuk menilai kedisiplinan karyawan, yang pastinya akan membantu perusahaan dalam mengukur produktivitas dan efisiensi kinerja masing-masing karyawan yang dinaungi. Nah, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti mesin atau aplikasi perkantoran yang dapat membantu mencatat data kehadiran karyawan. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here