Fasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan Baru?

0
2235
Fasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan Baru?

Fasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan BaruKetika dalam masa perekrutan karyawan baru setiap tahunnya, pasti HRD perlu menyiapkan peralatan yang perlu diberikan kepada karyawannya. Tentu saja peralatan ini berguna untuk mendukung kerja karyawan baru nantinya.

HRD yang baik tentunya perlu menyiapkan ini dengan baik agar begitu karyawan masuk kerja, karyawan bisa mendapatkan haknya dan juga tidak terburu-buru untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Baca Artikel : Persiapan HRD dalam Masa Orientasi Karyawan Baru

Namun apa saja sih fasilitas yang perlu diberikan kepada karyawan baru begitu masuk di perusahaan kita? nah mari kita bahas bersama fasilitas untuk karyawan baru hari ini. Simak dengan baik ya!

Fasilitas Karyawan

Fasilitas untuk karyawan adalah hak yang diberikan perusahaan untuk karyawan guna menunjang kinerja di perusahaan tersebut. Fasilitas karyawan ini bisa berbeda satu sama lain sesuai dengan posisi dan tanggung jawab kerja yang ia dapatkan.

Ada yang memiliki tanggung jawab besar dan bekerja di lapangan maka fasilitas penunjangnya berupa sopir maupun kendaraan untuk kegiatan lapangan. Dan lain sebagainya.

Bahkan fasilitas kerja ini juga memengaruhi kinerja karyawan di perusahaan, jika fasilitas yang diberikan untuk menunjang kerja cukup lengkap maka tentunya memberikan karyawan kemudahan, kenyamanan, dan motivasi untuk bekerja.

Pun secara keseluruhan, fasilitas ini juga akan memengaruhi iklim kerja di perusahaan. Iklim kerja yang sehat dan nyaman, dengan fasilitas yang sesuai.

Pengkategorian Fasilitas Kerja

Fasilitas kerja bukan hanya hal-hal yang mendukung saja, namun juga termasuk peralatan utama yang digunakan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaanya. Menurut jenisnya, ada beberapa kategori fasilitas kerja untuk karyawan. Beberapa diantaranya adalah

1. Peralatan Kerja

Ini adalah fasilitas kerja yang digunakan untuk menunjang kerja utama karyawan. Dengan peralatan kerja yang memadai maka karyawan bisa bekerja dengan baik dan menyelesaikan pekerjaannya sesuai yang diharapkan.

Contoh peralatan kerja untuk karyawan kantor yang bekerja dengan data maupun pekerjaan digital misalnya, maka peralatan penunjangnya adalah komputer & laptop. Seorang koki maka fasilitas utama yang diberikan adalah persediaan memasak yang prefer atau juga untuk karyawan pabrik bagian menjahit maka peralatan utama yang diberikan adalah mesin jahit, gunting dan lain sebagainya.

2. Perlengkapan Kerja

Selanjutnya adalah fasilitas perlengkapan kerja dimana ini tidak memberikan fungsi untuk menyelesaikan pekerjaan utama namun mendukung performa karyawan sehingga membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah karena rasa aman, nyaman pun juga memberikan karyawan rasa motivasi dan semangat sehingga memperlancar proses kerja.

Beberapa contoh perlengkapan kerja yang mendukung proses kerja adalah peralatan meja dan kursi yang baik juga penggunaan aplikasi pendukung kerja misalnya aplikasi kasir yang mudah digunakan, atau aplikasi lain yang membantu kinerja karyawan dan juga atau peralatan pendukung lainya seperti alat komunikasi (smartphone) dan lainya.

3. Perlengkapan Bantu

Perlengkapan bantu adalah perlengkapan yang mendukung kelancaran kerja karyawan. Misalnya ruangan yang nyaman bersih dengan pencahayaan dan sirkulasi yang baik, AC, mesin lift, aplikasi absensi untuk menjaga absensi karyawan, loker dan juga peralatan lainya.

Itulah beberapa contoh perlengkapan atau fasilitas perusahaan karyawan yang berguna untuk mendukung kerja karyawan. Dibagi sesuai keutamaan masing-masing fasilitas.

Fasilitas Untuk Karyawan

Selain gaji, ada beberapa fasilitas yang perlu diberikan kepada karyawan untuk mendukung kinerjanya. Fasilitas tersebut adalah

1. Tunjangan Kesehatan

Salah satu tunjangan yang dibutuhkan untuk karyawan adalah tunjangan Kesehatan, yang mana ini akan memudahkan karyawan dalam menjaga Kesehatan karyawan. Baik untuk checkup maupun untuk pemeriksaan dan pelayanan Kesehatan lainya.

Tunjangan Kesehatan untuk para karyawan ini ada beberapa bentuk, misalnya tunjangan Kesehatan bisa menggunakan BPJS Kesehatan maupun BPJS swasta. Tunjangan Kesehatan untuk keamanan karyawan bisa menggunakan BPJS Ketenagakerjaan dan juga tunjangan lain sebagainya.

Baca Artikel : Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Terbaru dan Contoh Penghitungannya

Tunjangan Kesehatan ini wajib diberikan perusahaan kepada karyawan untuk membantu karyawan memperoleh fasilitas Kesehatan dengan baik.

2. Transportasi

Tunjangan transportasi ini bisa berupa uang bensin maupun kendaraan yang dibutuhkan. Tunjangan transportasi ini sangat membantu karyawan dalam mendukung pekerjaannya di lapangan. Misalnya pekerja konstruksi yang perlu pengawasan proyek maka membutuhkan kendaraan yang memdai dan khusus untuk lapangan.

Sedangkan untuk karyawan dengan mobilitas rendah atau banyak dihabiskan di dalam ruangan maka bisa hanya dengan uang bensin yang sesuai.

3. Cuti

Cuti juga merupakan fasilitas perusahaan yang dibutuhkan karyawan. Cuti adalah hak istirahat untuk karyawan yang sudah diatur dengan jelas oleh Undang Undang Ketenagakerjaan. Cuti karyawan minimal 12 hari dalam satu tahun dan lain sebagainya.

Fasilitas cuti ini harus diberikan dengan baik untuk karyawan karena merupakan hak karyawan yang tidak bisa dihilangkan.

4. Pengembangan Skill

Pengembangan skill juga merupakan fasilitas selain gaji yang berguna untuk menunjang pekerjaan karyawan baik sekarang maupun waktu yang akan datang. Skill perlu  upgrade terus agar ilmu yang digunakan karyawan tidak stuck.

Beberapa kegiatan untuk pengembangan skill karyawan adalah pelatihan, kuliah, seminar dan bentuk training lainya.

Fasilitas ini diperlukan karyawan untuk membantu kinerja lebih maksimal dan tentunya memengaruhi keloyalan karyawan kepada perusahaan.

Fasilitas Untuk Karyawan Baru

Selanjutnya ada beberapa fasilitas dari perusahaan yang diberikan kepada karyawan baru. Beberapa diantaranya adalah

1. Employee Kit

Employee kit adalah peralatan karyawan yang diberikan kepada karyawan baru. Ada beberapa jenis employee kit, diantara seragam, kunci loker, buku catatan, atau fasilitas utama seperti laptop lengkap dengan pendukungnya.

Pemberian employee kit di masa awal kerjanya ini pastinya memberikan rasa senang tersendiri untuk karyawan karena diberikan peralatan yang lengkap.

2. Akses Mesin Absensi

Selanjutnya adalah pendaftaran karyawan untuk akses mesin absensi. Baik itu mesin absensi finger maupun mesin absensi online seperti sekarang ini pastinya memerlukan akses masuk untuk absen.

Aplikasi Absensi Kantor Kita
Aplikasi Absensi Kantor Kita

Jika mesin absensi fingerprint maka perlu pendaftaran sidik jari karyawan sedangkan mesin absensi karyawan online perlu melakukan pendaftaran karyawan dan perlu memberikan login access untuk absensi karyawannya.

Jadi fasilitas absensi ini perlu dipenuhi dengan baik sehingga memberikan kemudahan kepada karyawan.

3. Tunjangan Kesehatan

Jika karyawan sudah lolos masa percobaan atau training, maka ia berhak mendapatkan tunjangan Kesehatan. Hal ini untuk melindungi karyawan dan memudahkan karyawan dalam mendapatkan akses Kesehatan. Maupun tunjangan keamanan kerja karyawan.

Itulah beberapa fasilitas yang diberikan kepada karyawan baru di perusahaan. Dengan fasilitas ini membantu karyawan baru agar lebih mudah menjalani kerjanya dan memudahkan dalam beradaptasi di perusahaan.

Baca : Kenapa Perjanjian Kerja Karyawan itu Penting?

Kesimpulan

Ada banyak fasilitas yang perlu diberikan kepada karyawan untuk membantu melancarkan kinerja karyawan tersebut. Fasilitas ini berupa fasilitas utama maupun fasilitas pendukung. Fasilitas tertentu juga berhak di dapatkan oleh karyawan baru. Misalnya pemberikan akses dan juga pemberian perlengkapan kerja.

Untuk urusan perkantoran berupa pengelolaan karyawan dan kebutuhan yang lainya, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi kantor dari Kantor Kita.

Itulah ulasan hari ini tentang fasilitas untuk karyawan baru, semoga bermanfaat!

Previous articleKetentuan Jam Kerja Swasta Ramadhan 2022 untuk Karyawan
Next articleContoh Form Lembur Dan Laporan Lembur Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here