Contoh Form Lembur Dan Laporan Lembur Karyawan

0
14214
Contoh Form Lembur Dan Laporan Lembur Karyawan
Contoh Form Lembur Dan Laporan Lembur Karyawan

Contoh Form Lembur Dan Laporan Lembur KaryawanLembur karyawan adalah hal yang dibutuhkan beberapa perusahaan untuk memenuhi target produksi. Lembur atau menambahan waktu kerja karyawan ini diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan yang membahas mengenai waktu lembur untuk karyawan beserta upah lembur karyawan.

Lembur sendiri, selain perintah dari perusahaan juga bisa dilaksanakan dari pengajuan lembur karyawan. Untuk itu perusahaan perlu memiliki form lembur untuk mentracing waktu lembur karyawan dan juga alat yang digunakan karyawan ketika ingin mengajukan lembur.

Selain itu hasil lembur karyawan juga perlu di data dalam laporan lembur untuk membantu HR dalam penghitungan upah karyawan.

Hari ini mari kita bahas bersama tentang form lembur karyawan, laporan lembur karyawan dan lengkap dengan contoh form lembur karyawan dan laporannya.

Form Lembur dan Laporan Lembur

Form lembur atau formulir lembur merupakan formulir yang digunakan untuk pengajuan tambahan waktu kerja karyawan. Sama dengan form cuti, form lembur ini juga perlu diisi mandiri oleh karyawan untuk kemudian di setujui oleh HRD, kepala bagian atau manager.

Form lembur juga merupakan bukti tertulis untuk kesepakatan melakukan kerja lembur antara karyawan dan pihak perusahaan. Sehingga jika ada pemeriksaan maka perusahaan bisa menunjukkan bukti bahwa lembur karyawan sudah disetujui oleh kedua pihak.

Laporan lembur adalah laporan yang berisi data lembur seluruh karyawan beserta komponen lengkap di dalamnya. Mulai dari karyawan lembur sampai dengan waktu lemburnya.

Baca Artikel : Peraturan Shift Malam Karyawan

Laporan ini digunakan untuk merekap data seluruh karyawan yang mengikuti kerja lembur sehingga semua data tercatat dengan baik. Selanjutnya urusan pengupahan juga bisa berdasarkan laporan lembur ini.

Contoh Form Lembur dan Laporan Lembur

Perusahaan perlu menyediakan form lembur untuk karyawan yang ingin melakukan lembur. Untuk itu HR perlu menyiapkan form lembur yng dibutuhkan. Nah ada beberapa komponen yang harus ada dalam form lembur karyawan. Komponen dan form lembur ini bisa Anda pahami sebagai berikut

1. Komponen yang Harus Ada dalam Form Lembur Karyawan

  1. Nama karyawan
  2. Pengerjaan lembur karyawan (tugas)
  3. Jam lembur
  4. Tanda tangan karyawan
  5. Tanda tangan pihak yang dibutuhkan (kepala bagian, manager, HRD)

Itulah beberapa komponen utama yang perlu ada dalam form lembur karyawan, namun sebenarnya komponen ini bisa dikurang maupun ditambah sesuai dengan kebutuhan dan standar dari perusahaan masing-masing.

2. Contoh Form Lembur Karyawan

Berikut adalah contoh form lembur karyawan yang bisa digunakan sebagai contoh dalam pembuatan form lembur di perusahaan.

Contoh Form Lembur Karyawan
Table 1 Contoh Form Lembur Karyawan

3. Komponen yang Harus ada dalam Laporan Lembur

Laporan lembur adalah data atau rekapan lembur karyawan yang sudah dilakukan dalam jangka waktu sebulan. Beberapa komponen yang perlu ada adalah

  1. Nama karyawan
  2. Total lembur (hari)
  3. Total lembur (jam)
  4. Upah lembur
  5. Total upah karyawan

Laporan lembur ini bisa dibuat sekaligus dengan laporan absensi karyawan perbulan, maupun laporan lembur secara mingguan.

4. Contoh Laporan Lembur Karyawan

Berikut adalah contoh laporan lembur untuk karyawan yang bisa digunakan untuk contoh dalam pembuatan laporan.

1. Laporan Lembur Mingguan

Contoh Laporan Lembur Mingguan Karyawan
Table 2 Contoh Laporan Lembur Mingguan Karyawan

2. Laporan Lembur Bulanan

Contoh Laporan Lembur Bulanan Karyawan
Table 3 Contoh Laporan Lembur Bulanan Karyawan

Itulah beberapa jenis laporan lembur untuk karyawan mulai dari laporan mingguan atau laporan bulanan untuk karyawan.

Kekurangan Form Lembur Cetak

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan form lembur cetak yang selama ini digunakan untuk perusahaan. Beberapa diantaranya adalah

  1. HRD harus menyediakan form yang artinya HRD perlu mengurus pembuatan, mencetak dan juga menyiapkan form lembur tersebut
  2. Form cetak memerlukan biaya cetak
  3. Membutuhkan waktu untuk menyiapkannya
  4. Form yang sudah diisi akan rawan sekali dengan resiko rusak, hilang dsb yang dapat mengganggu perekapan laporan lembur
  5. Tidak bisa digunakan untuk pekerja yang melakukan pekerjaan jarak jauh

sedangkan untuk kelebihannya adalah form lembur ini bisa dengan mudah diaplikasi kan untuk banyak perusahaan.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan form lembur di atas, bisa digunakan sebagai pertimbangan jika ingin membuat form lembur untuk karyawan.

Baca Artikel Tentang :Kantor Kita: Aplikasi Absensi Online Android Lengkap dan Terjangkau

Form Lembur Online dan Cetak

Sekarang ini banyak perusahaan yang mulai meninggalkan form lembur dalam bentuk cetak dan beralih menggunakan form lembur online. Biasanya form lembur online ini sudah menjadi fitur lengkap dari aplikasi absensi online sehingga karyawan yang ingin melakukan lembur bisa mengajukan melalui aplikasi absensi tersebut.

Hal ini akan sangat memudahkan karyawan yang melakukan kerja remote atau kerja WFH, karena pengajuan lembur bisa dilakukan secara online hanya melalui smartphone. Sedangkan untuk pekerja ofline tidak lagi mengisi form lembur melainkan akan langsung mengisi waktu kehadiran lembur saja.

No Perbandingan Form Lembur Cetak Form Lembur Online
a. Pembuatan form Manual Sudah ada template
b. Proses absen lembur Pengisian form Absensi dari smartphone
c. Penggunaan  karyawan WFH Sulit dilakukan Sangat memungkinkan
d. Resiko kerusakan Tinggi (hilang, rusak, terbatar) Kecil
e. Biaya Biaya cetak Penggunaan aplikasi

Table 4 Perbedaan Form Lembur Online dan Cetak

Itulah beberapa pertimbangan membuat form lembur dan form cetak untuk karyawan. Anda bisa memilih salah satunya untuk diaplikasikan untuk karyawan.

Kelola Lembur Online dari Kantor Kita

Kelola lembur dengan mudah menggunakan aplikasi Kantor Kita. Aplikasi absensi karyawan online yang di dalamnya sudah termasuk fitur absensi lembur dan teintegrasi dengan laporan absensi karyawan. Dengan begitu perusahaan bisa dengan mudah mengelola urusan lembur karyawan tanpa perlu lagi mengurusnya secara manual.

Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan

Anda bisa mencoba Kelola urusan lembur ini dengan aplikasi Kantor Kita dengan menggunakan coba gratis dari Kantor Kita. Free demo ini bisa Anda manfaatkan selama 15 hari dan juga Anda bisa mencoba plugin Kantor Kita sekalian untuk bantu urusan perkantoran Anda.

Baca Artikel : Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai lembur dan form lembur yang perlu dibuat oleh HRD untuk karyawan. Form lembur ini bisa dibuat online maupun dalam versi cetak yang memudahkan penggunaan untuk karyawan.

Untuk mendukung proses kerja Anda, bisa dengan mudah menggunakan aplikasi kantor dari Kantor Kita. Aplikasi yang membantu HRD mengelola urusan karyawan dengan baik, mudah dan efektif. Coba free trial 15 hari dan dapatkan kemudahannya.

Sekian ulasan tentang form lembur karyawan dan contoh form lembur karyawan online hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleFasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan Baru?
Next articlePinjaman Uang Karyawan : Cara Pengajuan dan Contoh Formulirnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here