Pentingnya Perusahaan Memiliki Legal Officer

0
2078
Pentingnya Perusahaan Memiliki Legal Officer

Pentingnya Perusahaan Memiliki Legal OfficerSebuah perusahaan sejak awal berdiri hingga sudah berjalan, pastinya banyak berurusan dengan perizinan dengan pihak terkait. Taukah Anda bahwa dalam mengelola urusan perizinan dan hukum, perusahaan dibantu oleh legal officer.

Dengan bantuan legal officer ini, urusan perizinan dan hukum bisa terbantu dengan mudah dan tentunya lebih terstruktur untuk perusahaan.

Apalagi peraturan hukum dan perizinan banyak terjadi penyesuaian atau perubahan, untuk itu perusahaan memerlukan tim legal officer untuk mengurus urusan hukum dan perizinan ini.

Berikut ulasan tentang tim legal officer berupa definisi, job desk dan peran legal officer  perusahaan. Mari kita bahas bersama.

Legal Officer

Legal officer adalah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus legalitas sebuah organisasi baik dalam bentuk perusahaan, agensi dan organisasi umum.

Jika perusahaan memiliki masalah hukum baik di sisi internal maupun eksternal, maka bisa dibantu selesaikan oleh legal officer ini.

Di perusahaan, masalah hukum ini banyak terlibat misalnya dalam hal perizinan, hak paten, sampai dengan masalah internal dengan karyawan.

Untuk menangani masalah hukum, memberikan arahan dan nasehat hukum untuk perusahaan agar urusan hukum lebih mudah, legal officer inilah yang membantu menyelesaikannya.

Aplikasi HRIS

Posisi Legal Officer Di Perusahaan

Legal officer memiliki posisi dibawah direksi, hal ini memberikan kemudahan legal officer untuk menjangkau posisi yang strategis di perusahaan seperti HRD dan personalia, Akuntan, tim marketing, public direction, dan tim audit perusahaan.

Dengan posisi yang cukup strategis ini membuat legal officer bisa menjangkau divisi tersebut. Selain itu diposisi inti ini, legal officer pastinya juga memiliki kunci untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang perusahaan.

Baca : Omnibus Law : Pasal Apa saja yang Diubah dari UU Ketenagakerjaan?

Kasus Yang Memerlukan Peran Legal Officer

Ada beberapa kasus perizinan yang melibatkan peran legal officer untuk keperluan perusahaan, beberapa contoh kasus yang membutuhkan peran tim officer adalah

  1. Perizinan usaha
  2. Mematenkan brand
  3. Tender
  4. Update dokumen perizinan
  5. Jika perusahaan ada protes/demonstrasi
  6. Urusan investasi

Dengan melihat beberapa kasus hukum yang terjadi di perusahaan, tentunya ketika menghire legal officer diperlukan kualifikasi yang sesuai. Baik dari background pendidikannya, pengalaman kerja, sampai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Berurusan dengan hukum dan perizinan sangat membutuhkan energi dan kemampuan tinggi dalam hal ini, agar urusan hukum perusahaan berjalan dengan baik tentunya legal officer yang mumpuni sangat diperlukan.

Tugas Utama Legal Officer

Membicarakan mengenai masalah hukum, pastinya bayangan kita cukup luas. Namun untuk legal officer, ada pekerjaan inti yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga ada Batasan tersendiri untuk pekerjaan seorang legal officer. Tugas utama legal officer bisa dipahami sebagai berikut:

Tugas Utama Legal Officer
Tugas Utama Legal Officer

1. Mengurus Dokumen Perizinan

Dokumen perizinan merupakan satu hal yang cukup rumit karena umumnya harus terlibat dengan surat dokumen dari instansi lain. Selain itu membuat dokumen perizinan juga memerlukan pengetahuan hukum dalam pembuatannya.

Untuk itu pembuatan dokumen perizinan ini masuk dalam tanggung jawab utama legal officer. Ada beberapa dokumen yang masuk dalam tanggungjawab legal officer, misalnya surat kontrak kerja, serifikat saham, dokumen investasi, dokumen aset dan juga surat perjanjian kerja sama dengan perusahaan lain.

Dengan fungsinya yang cukup vital, membuat dokumen perizinan perlu dibuat dengan baik dan benar oleh seseorang yang ahli di bidangnya.

2. Menjaga Dan Mengupdate Dokumen Perizinan

Selain membuat, legal officer juga bertanggung jawab atas menjaga dan mengupdate dokumen perusahaan yang terkait dengan perizinan dan hukum.

Pemantauan ini diperlukan dan dilakukan dengan memperbarui isi atau komponen dokumen yang diperlukan.

Beberapa dokumen ini perlu diperbarui karena harus sesui dengan perbahan peraturan dari pemerintah setempat maupun mengikuti perubahan peraturan dari pemerintah pusat. Perubahan dokumen ini misalnya terjadi pada dokumen kontrak kerja.

3. Penasehat Hukum

Menjadi penasehat hukum juga merupakan tugas dari legal officer di perusahaan. Sebagai seseorang yang memiliki ilmu tentang hukum, tentu saja legal officer menjadi orang yang dipercaya untuk memberikan nasehat kepada perusahaan terkait masalah hukum.

Masalah hukum menjadi masalah yang rumit atau sulit untuk dijangkau oleh orang awam termasuk direksi perusahaan. Dengan hadirnya legal officer, bisa membantu dengan memberikan nasehat hukum dengan mudah. Juga untuk memberikan arahan yang mudah diterima untuk awam.

Baca Artikel : SOP Kerja Perusahaan, Kenapa Harus Ada?

4. Melindungi Perusahaan

Legal officer adalah posisi yang utama untuk membentengi perusahaan dari masalah hukum. Semakin besar perusahaan pastinya perlu memiliki perlindungan hukum yang kuat pula. Begitu juga dengan legal officer yang berguna untuk membentengi perusahaan dan menjaga nama baik brand tetap stabil dan aman secara hukum.

Itulah tugas utama legal officer di perusahaan. Dengan fungsi dan peran di atas, legal officer sangat perlu memiliki kemampuan hukum yang kuat dan tentu saja pengalaman hukum agar bisa bergerak menjadi tameng perusahaan yang kuat.

Skill yang Harus Dimiliki Legal Officer

Untuk tugas dan tanggung jawab yang sedemikian besar untuk perusahaan. Skill apa saja sih yang harus dimiliki legal officer untuk menunjang pekerjaanya agar lebih lancar?

  1. Skill komunikasi
  2. Skill analisis
  3. Skill administrasi
  4. Skill negosiasi

Dengan memiliki skill yang mendukung untuk legal officer maka pekerjaan akan jauh terbantu dan lancar. Tentunya selain skill di atas masih ada beberapa kualifikasi seperti update informasi tentang hukum dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Legal officer memiliki peran besar dalam melindungi perusahaan dari masalah hukum, peran lainya adalah membantu perusahaan mengurus perizinan bisnis sehingga perusahaan bisa tetap beroperasi dengan lancar.

Untuk mempekerjakan legal officer perlu diperhatikan background, kemampuan dan skill yang bisa mendukung posisi legal officer.

Itulah penjelasan hari ini tentang legal officer dari Kantor Kita, mulai dari definisi legal officer, peran legal officer sampai dengan skill yang harus dimiliki legal officer. Anda bisa dengan mudah mengelola legal officer di perusahaan dan karyawan lainya berupa urusan gaji, absensi dan database karyawan dengan mudah menggunakan aplikasi hr dari Kantor Kita.

Kontak Kantor Kita
Table 1 Kontak Kantor Kita

Sistem hr lengkap mulai dari aplikasi absensi, payroll, database management sampai dengan penggunaan plugin untuk membantu kerja HR.

Jika Anda tertarik untuk mencari informasi tentang kantor kita lebih dalam bisa langsung menghubungi tim CS Kantor Kita untuk melakukan privat meeting zoom atau bisa langsung Daftar Kantor Kita untuk perusahaan Anda.

Sekian informasi hari ini, semoga bermanfaat!

Baca : Cara Membentuk Disiplin kerja Karyawan di Perusahaan

Previous article5 Alasan Karyawan Memilih Resign?
Next articlePeran Team Leader untuk Kelancaran Kerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here