Mudahnya Pengelolaan Data HR Dengan Aplikasi Perkantoran

4
1909
Mudahnya Pengelolaan Data HR Dengan Aplikasi Perkantoran
Mudahnya Pengelolaan Data HR Dengan Aplikasi Perkantoran

Mudahnya Pengelolaan Data HR Dengan Aplikasi Perkantoran sekarang ini dunia kerja sudah banyak terbantu dengan munculnya banyak software dan aplikasi perkantoran yang cukup membantu kita dalam bekerja.

Teknologi semakin berkembang, kemudahan problem solving semakin terbuka untuk dunia kerja. Memangkas waktu, tenaga juga biaya yang perlu dikeluarkan.

Software dan aplikasi kantor ini salah satunya juga masuk di bidang HR sehingga untuk sekarang pengelolaan data administrasi karyawan yang perlu dikelola oleh HR bisa lebih mudah dan ringkas sehingga kehadirannya bisa cukup membantu tim HR.

bagaimana peran aplikasi perkantoran untuk HR team? mari kita bahas di ulasan Pengelolaan Data Hr Dengan Aplikasi Perkantoran berikut ini.

 

Aplikasi Kantor

Aplikasi kantor atau aplikasi perkantoran adalah salah satu bentuk pengembangan teknologi yang dibuat guna memudahkan urusan perkantoran agar lebih mudah.

Seperti halnya peran teknologi yang lainya, dimana memberi kemudahan dan efisiensi, aplikasi perkantoran juga hadir untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor dengan cara yang efisien.

Sehingga pekerjaan selesai dengan mudah dan cepat. Karyawan bisa mengerjakan hal lain.

Selain itu penggunaan aplikasi kantor ini juga mengurangi human error atau kesalahan pengerjaan sehingga outputnya tetap terjaga.

Aplikasi Perkantoran
Aplikasi Perkantoran

 

Peran Aplikasi Perkantoran untuk HR Development

Menggunakan aplikasi perkantoran, memiliki beberapa peran dan manfaat untuk HRD. Untuk HRD, aplikasi kantor khusus HRD ini disebut dengan HRIS. dimana didalamnya sudah ada banyak fitur untuk kebutuhan HR.

Fungsi HRIS diantaranya adalah

1. Data Lebih Akurat

HR mengelola banyak data, dengan banyaknya pekerjaan yang berhubungan dengan data, fokus HR harus bagus sehingga meminimalkan kesalahan dalam pengelolaan data.

Dengan kemudahan di dalamnya, mengurangi human error seperti kesalahan penginputan secara manual, double penginputan atau yang lainya seperti halnya cara konvensional.

Software perkantoran banyak yang sudah menggunakan cara otomatis penginputan data sehingga data tidak perlu di input manual.

Hal inilah yang membantu tim HR mengurangi kesalahan dalam pekerjaan yang akhirnya memberikan data yang akurat.

2. Kerja Lebih Cepat dan efisien

Seperti yang kita singgung di atas, aplikasi kantor memberikan kemudahan dengan penggunaanya yang otomatis. Itulah yang membuat kerja lebih cepat menggunakan aplikasi kantor ini.

Yang membuat kerja menggunakan aplikasi kantor lebih cepat diantaranya adalah

  1. sistem otomatis
  2. fitur lengkap
  3. template kerja yang mudah dipahami

Jika dibandingkan kerja menggunakan cara konvensional yang manual tidak otomatis, tentunya kerja dengan aplikasi kantor akan lebih mudah dan cepat.

 

Contoh Aplikasi Kantor Untuk HRD

Di bidang HR Development, aplikasi perkantoran juga sudah banyak digunakan. Beberapa contoh aplikasi kantor untuk HRD adalah

  1. Aplikasi Absensi Online – Laporan Absensi
  2. Payroll (Penghitungan gaji karyawan)
  3. Penilaian karyawan (KPI)
  4. HRIS
  5. Inventaris perusahaan
  6. Recruitment kerja
  7. Cloud
  8. e-wallet

Dengan hadirnya aplikasi kantor ini pengelolaan karyawan oleh HRD menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Kita pun tahu bahwa ada banyak hal yang perlu diurus tim HR dari masalah recruitment – absensi karyawan – penilaian kinerja karyawan – payroll sampai dengan karyawan resign.

Dengan banyaknya tanggung jawab dan tugas, aplikasi perkantoran untuk HR menjadi lebih mudah dan cepat.

 

Karakter Aplikasi Kantor Yang Dibutuhkan HR

Sebelumnya memilih layanan software HR untuk kantor, HR perlu memilih aplikasi yang dengan spesifikasi yang sesuai dengan untuk keperluan kantor.

1. Fitur yang Dibutuhkan

Hal yang paling penting untuk aplikasi perkantoran fitur di dalamnya bisa membantu Anda menjalankan pekerjaan dengan mudah dan bahkan memberikan problem solving atas masalah di dunia kerja.

Semakin lengkap fitur yang diberikan akan semakin memudahkan Anda dalam menjalankan pekerjaan. Pastikan fitur yang Anda butuhkan bekerja dengan baik dan pas dengan kebutuhan Anda.

Terkadang ada juga software perkantoran yang memberikan banyak fitur namun tidak bekerja dengan optimal. Untuk itu sebelum menggunakan software atau aplikasi perkantoran tersebut Anda mencoba free demo nya terlebih dahulu.

2. Profesional

Untuk perusahaan, sangat dibutuhkan software yang profesional. Memang software seperti ini berbayar namun sesuai dengan kualitas yang diberikannya. Fitur di dalamnya yang cukup lengkap, ada layanan Customer Service yang bisa ditanya jika ada masalah dan juga yang paling penting aman juga legal.

Gunakan aplikasi profesional agar bisa digunakan secara maksimal. Dari tampilan, penggunaan sampai dengan layanan customernya. Jika software ada bug atau kekurangan maka sebagai penggunannya, kita bisa mengajukan perbaikan atau pengembangan.

3. User Friendly

User friendly atau kemudahan penggunaan aplikasi juga sangat dibutuhkan dalam aplikasi perkantoran. Penggunaan aplikasi yang memiliki navigasi yang rumit malah akan menyulitkan pengguna. Pekerjaan pun akan double, mempelajarinya dan menggunakannya.

Nah itulah beberapa karakter aplikasi perkantoran yang perlu dimiliki. Memilih aplikasi yang tepat akan membantu pekerjaan Anda berjalan dengan baik dan efisien.

 

Aplikasi Perkantoran Dari Kantor Kita

Cari aplikasi kantor yang lengkap untuk HRD bisa menggunakan aplikasi perkantoran dari Kantor Kita. Aplikasi HRIS Indonesia yang lengkap untuk memudahkan HR dalam pengelolaan karyawan.

Coba Kantor Kita dengan menggunakan free demo dari Kantor Kita selama 15 hari. Termasuk free plugin lengkapnya.

Aplikasi HRIS

Cek fitur Kantor Kita di halaman Fitur Kantor Kita ini. Cari aplikasi perkantoran Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lanjut dengan Daftar Kantor Kita untuk perusahaan Anda!

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here