Cara Membentuk Disiplin kerja Karyawan di Perusahaan

0
2836
Cara Membentuk Disiplin kerja Karyawan di Perusahaan

Cara Membentuk Disiplin kerja Karyawan di PerusahaanKedisiplinan adalah satu hal yang penting dibentuk, sebab karakter ini akan sangat membantu dan dibutuhkan dalam kehidupan di lingkungan kita berada. Baik di lingkungan sekitar rumah, lingkungan belajar sampai dengan lingkungan kerja.

Disiplin di lingkungan kerja, sangat perlu ditekankan untuk karyawan, sebab dari pola disiplin inilah visi misi perusahaan akan lebih mudah diwujudkan. Pun kedisiplinan menjadi satu penilaian performa kerja karyawan, sehingga kedisplinan tidak ditegakkan akan membuat kinerja karyawan juga kurang maksimal.

Nah jadi bagaimana sih cara membentuk disiplin kerja karyawan di perusahaan? mari kita ulas bersama.

Disiplin Kerja Karyawan

Displin kerja karyawan adalah sebuah karakter atau sikap yang menghargai peraturan kerja yang dipraktikkan dengan bentuk mematuhi peraturan tersebut. Sehingga dengan displin kerja ini membuat seseorang karyawan bisa bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Disiplin kerja inilah yang membantu perusahaan bisa mewujudkan goals atau tujuan perusahaan tersebut. Untuk itu HRD maupun pengelola karyawan terkait perlu membentuk disiplin kerja karyawan.

Disiplin karyawan ini juga bukan hanya berjalan satu arah berupa perintah saja melainkan sinergi dari semua bagian perusahaan, sehingga terbentuk lingkungan kerja yang memiliki sikap disiplin.

Penjelasan Disiplin Karyawan Menurut Pendapat 

Nah bagaimana sih pandangan disiplin kerja karyawan menurut beberapa tokoh, mari kita pahami sebagai berikut

1. Menurut Sutrisno (2009)

Disiplin karyawan adalah sikap hormat terhadap peraturan perusahaan yang ada di dalam diri karyawan dimana ia dapat menyesuaikan diri dan sukarela dengan ketetapan perusahaan.

2. Menurut Darmawan (2013)

Disiplin merupakan sikap, tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan organisasi dalam bentuk tertulis maupun tidak.

3. Menurut Fathoni (2006)

Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati peraturan dari perusahaan dan norma sosial yang berlaku disana.

Jadi dengan beberapa pendapat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa disiplin adalah karakter karyawan dimana ia mau untuk mematuhi peraturan kerja di perusahaan. Dari sikap disiplin ini membantu perusahaan memiliki lingkungan kerja yang patuh dengan aturan dan juga tertib.

Apa yang Membuat Karyawan Bisa Disiplin?

Untuk mewujudkan karyawan yang disiplin, ada satu faktor pendorong karyawan agar mau untuk melaksanakan peraturan perusahaan. Faktor pendorong ini adalah motivasi.

Dimana motivasi memberikan banyak pengaruh kepada karyawan agar bersedia mengikuti peraturan yang ada, baik motivasi dari karyawan sendiri maupun motivasi yang didapatkan dari perusahaan.

Baca Artikel Tentang : 5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja

Apa sih kira-kita hal yang memotivasi karyawan sehingga ia mau mengikuti peraturan yang sudah ditentukan perusahaan? berikut faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan.

1. Tujuan

Tujuan merupakan satu hal yang membuat seseorang termotivasi untuk bersikap disiplin. Dengan memiliki tujuan tertentu dan juga motivasi untuk mendapatkan tujuan tersebut, maka seseorang bisa menjalankan disiplin kerja yang baik.

Untuk karyawan, perlu ditetapkan goals agar karyawan tahu tujuannya sehingga bisa mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan disiplin.

2. Teladan Pimpinan

Faktor yang memengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan adalah teladan dari pimpinan. Memang hal ini terkesan cukup umum namun fakta di lapangan memang karyawan banyak mencontoh dan melihat dari pimpinannya.

Jika pimpinan memiliki disiplin kerja yang baik, maka karyawan akan menjadikannya sebagai pedoman atau contoh untuk bekerja.

3. Balas Jasa

Motivasi disiplin kerja karyawan bisa didapatkan dari faktor balas jasa karyawan ke perusahaan tersebut. Dimana jika perusahaan meng-upayakan kesejahteraan karyawan dengan memberikan gaji yang cukup, tunjangan dan fasilitas kerja yang baik, tentunya akan membuat karyawan merasa perlu untuk membalas kebaikan dari perusahaan dengan kinerjanya.

Dimana hal ini dipraktikkan selain menghasilkan kerja yang baik juga memberikan kinerja yang baik misalnya memiliki disiplin kerja yang bagus maupun attitude yang bagus juga.

4. Keadilan

Keadilan yang rata untuk semua karyawan, akan membangun tingkat disiplin kerja juga dalam perusahaan. Dimana karyawan ingin diperlakukan sama antara satu dengan yang lainya, sehingga hal inilah yang akan membangun motivasi untuk disiplin kerja.

5. Waskat (Pengawasan Melekat)

Pengawasan melekat juga merupakan hal yang memengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan. Dimana atasan perlu mengawasi kinerja karyawan seperti gairah kerja, prestasi, sikap, perilaku karyawan sehingga hal inilah yang membuat karyawan bisa memiliki disiplin kerja yang baik.

Tanpa ada pengawasan, bagaimana kita tahu tipe kerja karyawan setiap harinya?

6. Sanksi Hukuman

Sanksi cukup efektif untuk membentuk disiplin kerja karyawan. Dengan pemberian sanksi membuat karyawan merasa jera dan tidak ingin mengulangi kesalahannya lagi. Hingga jalan yang tepat adalah dengan mengikuti aturan yang berlaku.

Sanksi hukuman yang  biasanya digunakan untuk perusahaan adalah denda, peringatan, skorsing dan lain sebagainya.

7. Ketegasan

Merupakan Tindakan untuk karyawan yang tidak disiplin, dengan memberikannya peringatan maupun teguran kepada karyawan agar terbentuk kedisiplinan di lingkungan kerja.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan menurut Hasibuan (2011). Jadi kediplinan karyawan ini hadir dengan berbagai dorongan di dalamnya termasuk dipengaruhi oleh faktor luar seperti teladan tokoh sampai dengan reward dan punishment di perusahaan tersebut.

Baca : Kebiasaan Buruk Yang Wajib Dihindari Saat Kamu Berada Di Kantor

Bagaimana Membentuk Disiplin Karyawan Di Perusahaan?

Jika sudah mengetahui disiplin kerja karyawan dan juga indikator yang memengaruhi tingkat disiplin karyawan, maka kita lanjut ke cara membentuk disiplin kerja karyawan di perusahaan. Upaya apasaja sih yang bisa di lakukan HRD maupun atasan lain agar karyawan bisa disiplin? Mari kita bahas.

1. Membuat Peraturan yang Rasional

Karyawan juga manusia biasa yang tidak bisa dikekang terlalu rapat, sebagai perusahaan yang memanusiakan manusia maka perlu dibuat peraturan yang jelas dan mempertimbangkan kemampuan seluruh karyawan di perusahaan.

Jangan asal membuat aturan untuk karyawan yang mengikat dan tidak bisa diikuti karyawan, selain menyusahkan karyawan juga sulit untuk membentuk disiplin kerjanya. Peraturan karyawan yang berlebihan juga akan membatasi kreatifitas karyawan dalam bekerja sehingga outputnya juga tidak akan maksimal.

2. Memberikan Reward dan Punishment

Selanjutnya adalah dengan menerapkan reward dan punishment untuk karyawan. Dengan pemberian reward, motivasi seseorang agar bisa disiplin akan lebih maksimal. Sedangkan punishment juga hal yang memotivasi karyawan agar tidak melanggar peraturan dan sebisa mungkin untuk bersikap disiplin.

3. Memberikan Hak Karyawan dengan Baik

Seperti yang dituliskan oleh Hasibuan (2011), pemberian hak karyawan yang cukup akan membuat karyawan merasa perlu untuk membalas jasa perusahaan. Untuk itu penuhi hak karyawan dengan baik dan tepat waktu sehingga karyawan akan akan memiliki motivasi kerja dan disiplin yang baik pula.

4. Tindakan Tegas

Tindakan tegas atas pelanggaran yang dilakukan karyawan juga menjadi satu hal yang membuat karyawan perlu untuk disiplin. Sebelum punishment diberikan, maka Tindakan tegas berupa peringatan maupun teguran perlu diberikan sama rata kepada semua karyawan dengan baik.

Itulah beberapa upaya untuk membentuk lingkungan yang disiplin di dunia kerja. Mulai dari penegakan peraturan, pelaksanaan reward dan punishment sampai dengan pemberian tindakan tegas kepada karyawan.

Bantu Bentuk Disiplin Karyawan Dengan Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Bantu pantau karyawan dan cegah kecurangan absensi karyawan menggunakan aplikasi absensi karyawan online dari Kantor Kita. Aplikasi absensi karyawan online yang membantu meminimalkan kecurangan absensi dan juga menghadirkan dashboard lengkap untuk pemantauan absensi karyawan dengan mudah dan tampilan yang menarik.

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Informasi mengenai aplikasi kantor kita lebih dalam bisa dengan menghubungi Kontak Kantor Kita, jika ingin mencoba pengaturan dan fitur di dalamnya bisa menggunakan fasilitas free trial kantor kita selama 15 hari.

Sekian ulasan hari ini tentang membentuk disiplin kerja karyawan di perusahaan, semoga bermanfaat!

Previous articleCerita Dibalik Revolusi Industri 1.0 – 5.0
Next articleKenapa Penting Memilih Perusahaan yang Ada Jenjang Karirnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here