Jangan Sampai Salah, Perbedaan HRD dan Personalia di Perusahaan

0
2057
Jangan Sampai Salah, Perbedaan HRD dan Personalia di Perusahaan

Jangan Sampai Salah, Perbedaan HRD dan Personalia di PerusahaanSebutan HRD di perusahaan adalah hal yang  cukup familiar, pun banyak orang yang beranggapan seluruh urusan perusahaan dan SDM seluruhnya diurus oleh HRD perusahaan. Padahal ada personalia, dimana ia memegang urusan administrasi dan data SDM.

Banyaknya informasi dan pemahaman rancu mengenai HRD dan personalia ini membuat banyak orang mengganggap HRD dan personalia adalah posisi yang sama.

Nah hari ini kita akan membahas mengenai perbedaan HRD dan personalia di perusahaan. Jadi dengan penjelasan hari ini, pemikiran tentang posisi HRD dan pesonalia bisa lebih terbuka.

Perbedaan HRD dan Personalia

Untuk mengetahui perbedaan HRD dan personalia, akan lebih baik jika kita kupas satu persatu antara tugas dan tanggung jawab masing-masing.

1. HRD

HRD atau Human Resources Development adalah salah satu bagian yang mengurusi Sumber Daya di perusahaan, yaitu karyawan. Dimana HRD memiliki tugas dalam pengelolaan dan pengembangan karyawan di perusahaan.

Pengelolaan SDM untuk karyawan di perusahaan memiliki arti mengurus proses perekrutan, proses kerja karyawan dan juga saat pemutusan hubungan kerja maupun perlindungan karyawan di perusahaan tersebut.

Baca Artikel : 4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh  [Penjelasan Lengkap]

HRD perusahaan juga yang mengatur program kerja karyawan, misalnya aturan karyawan di perusahaan, aturan lembur karyawan sampai dengan manajemen konflik di perusahaan. Dalam pengelolaan ini HRD menggunakan dasar aturan dari Undang-Undang ketenagakerjaan yang sudah diatur oleh negara dan juga pendukung lainya.

Sehingga dalam proses pembuatan keputusan dan peraturan menggunakan dasar yang jelas.

2. Tugas dan Wewenang HRD

Selanjutnya adalah tugas dan wewenang HRD dalam di perusahaan untuk mengelola karyawan. Diantaranya adalah

No Tugas HRD Keterangan
a. Memenuhi kebutuhan SDM perusahaan dengan mencari SDM pengganti ketika ada posisi yang kosong Dilakukan dengan mengadakan open recruitmen, mulai dari penyebaran loker, interview, sampai denga training kerja karyawan baru.
b. Pembuatan peraturan kerja karyawan Pembuat peraturan mengenai jam kerja karyawan, peraturan cuti, peraturan lembur, peraturan izin, reward dan punishment untuk karyawan dan lain sebagainya.
c. Pengawasan, penilaian dan evaluasi karyawan HRD bertanggung jawab atas pengawasan dan penilaian karyawan. Untuk kemudian hasil bisa dievaluasi.
d. Manajemen konflik karyawan Manajemen konflik dimana HRD adalah penengah dari dua pihak yang sedang konflik. Misalnya terjadi pada antar karyawan sehingga masalah internal dalam perusahaan ini bisa diselesaikan tanpa menghambat proses kerja.
e. Pengembangan diri karyawan Pengembangan karyawan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam hal pengetahuan maupun teknis karyawan. Beberapa contoh proses pengembangan karyawan ini misalnya pelatihan maupun rolling job.
f. Mengurus career path karyawan Career path adalah peluang peningkatan karir karyawan. Dimana jika ada career path yang jelas maka karyawan juga akan bisa lebih mengembangkan diri.
g. Pemutusan/pemberhentian kerja karyawan Pemutusan hubungan kerja dengan perusahaan juga menjadi satu hal yang perlu diperhatikan. Sebab pemutusan ini bisa terjadi dengan melihat situasi dan kondisi yang ada. Keputusan dan urusan pemutusan hubungan kerja ini juga menjadi satu tanggung jawab HRD.

Table 1 Tugas dan Tanggungjawab HRD

Jadi HRD memiliki tanggungjawab dalam bidang kerja pengelolaan SDM di perusahaan. Dimana lebih cenderung pada penjagaan dan perlindungan kepada karyawan agar karyawan bisa kerja teratur dan perusahaan maupun karyawan bisa saling menguntungkan.

3. Personalia

Personalia, adalah bagian yang masih berhubungan dengan pengelolaan dengan SDM namun lebih kepada urusan administrative. Seperti penyediaan surat, pengelolaan dokumen karyawan dan lain sebagainya.

Personalia adalah bagian dari HRD, dimana kegiatan atau tugas HRD akan lebih mudah jika urusan administrasi diatur oleh bagian personalia.

Fungsi personalia dalam perusahaan ini cukup penting karena berhubungan dengan administrasi karyawan. Pun kita tahu bahwa urusan administrasi karyawan juga bukan hal yang sederhana karena cukup banyak dan penting.

Jadi dari sini sudah ada gambaran, kan tugas personalia, apa itu personalia dan apa bedanya personalia dengan HRD.

4. Tugas Personalia

Berikut adalah beberapa contoh tugas personalia sebagai salah satu bagian dari HRD. Diantaranya adalah

No Tugas Keterangan
1. Mengelola payroll karyawan Mengelola urusan penggajian karyawan, berupa menyiapkan hasil absensi, laporan absensi untuk kemudian di integrasikan dengan payroll karyawan.
2. Mengelola absensi karyawan Mengelola urusan absensi karyawan, mulai dari proses absensi sampai dengan laporan absensi. Proses absensi ini misalnya urusan cuti dan sakit ataupun alpha.

Pun untuk absen lembur, pencatatan keterlambatan, pencatatan cuti, sakit dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan surat masuk dan surat keluar Bagian HRD memiliki wewenang untuk membuat surat keluar, hal ini dimudahakan dengan pembuatan surat oleh personalia. Baik itu surat internal maupun surat eksternal.
4. Menyiapkan dokumen/surat yang berhubungan dengan karyawan Personalia juga membantu dalam proses penyiapan dokumen karyawan, mulai dari dokumen recruitmen, data karyawan sampai dengan kontrak kerja dan lain sebagainya
5. Mengelola arsip data karyawan Pengarsipan untuk data dokumen karyawan

Table 2 tugas personalia

Itulah tugas dari personalia. Dimana dari rincian tugas di atas dapat dipahami bahwa keduanya memiliki tugas yang berbeda. Namun tugas personalia ini berkaitan dengan HRD sehingga keduanya tidak bisa dilepaskan karena bekerja dengan saling mendukung.

Jika disimpulkan maka perbedaan tugas personalia dan HRD adalah sebagai berikut

Perbedaan HRD Dan Personalia
Gambar 1 Perbedaan HRD Dan Personalia

Itulah perbedaan HRD dan personalia di perusahaan, sehingga keduanya bekerja dengan saling bekerja sama namun bagian pekerjaannya berbeda.

Baca Artikel : Keuntungan Menggunakan Laporan Absensi Online untuk Mempermudah Kerja HRD

Kelola Karyawan dengan Aplikasi HRIS Kantor Kita

Kelola dengan mudah urusan SDM/karyawan menggunakan Kantor Kita. Aplikasi HRIS yang memiliki banyak fitur lengkap untuk memudahkan HRD maupun personalia mengelola karyawan.

Hadir dengan fitur absensi online, cuti, izin dan reimbursement dilengkapi dengan laporan absensi yang bisa diunduh dan dashboard absensi untuk memonitoring setiap harinya.

fitur aplikasi kantor kita
Gambar 2 Fitur Aplikasi Kantor Kita

Menggantikan cara lama yang kurang efektif dan memakan banyak waktu dengan teknologi yang jauh lebih mudah juga efektif.

Mengelola absen jadi lebih mudah dan cepat berbasis online dengan Kantor Kita. Coba free trial 15 hari secara gratis.

Baca : Rekomendasi Aplikasi Untuk Mempermudah Kerja Hrd

Kesimpulan

HRD maupun personalia memiliki tugas yang berbeda satu dengan yang lainya. Namun keduanya memiliki fungsi untuk saling melengkapi dan saling berkaitan. Untuk itu keduanya sangat bekerja saling bekerja sama.

Dengan memahami ulasan di atas, Anda bisa mengetahui bahwa HRD maupun personalia memiliki tugas yang berbeda.

Itulah ulasan mengenai perbedaan HRD dan personalia dari Kantor Kita. Semoga bermanfaat!

Previous articlePromo 22.2 : Bonus Saldo Tambahan 22% untuk Pelanggan
Next articlePerbedaan Remote Working dan WFH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here