Pelatihan Kerja untuk Karyawan, Apakah Penting Dilakukan?

0
610
Pelatihan Kerja untuk Karyawan, Apakah Penting Dilakukan?
Pelatihan Kerja untuk Karyawan, Apakah Penting Dilakukan?

Pelatihan Kerja untuk Karyawan, Apakah Penting Dilakukan?Pelatihan kerja adalah salah satu hal yang membuat karyawan merasa betah bekerja di perusahaan. Walau terlihat sepele namun pelatihan kerja ini memberikan dampak besar untuk karyawan lho. Selain bisa meningkatkan ilmu yang dimilikinya, rasa meningkatkan skill yang hadir pada diri karyawan bisa terpenuhi. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi kepuasan kerja pada karyawan tersebut juga.

Mari kita bahas bersama di ulasan pentingnya pelatihan kerja untuk karyawan berikut ini.

 

Pelatihan Kerja Karyawan

Pelatihan kerja adalah salah satu program pengembangan karyawan yang diberikan perusahaan untuk mendukung dan mengasah kemampuan, pengetahuan maupun membentuk karakter karyawan dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Pelatihan Kerja Karyawan
Pelatihan Kerja Karyawan

Pelatihan karyawan bukan hanya tentang mendukung hardskill saja melainkan juga softskill untuk karyawan. Tujuan dari pelatihan kerja ini selain untuk meningkatkan kemampuan karyawan secara teknis juga masalah disiplin, sikap kerja, etos kerja dan kompetensi kerja menjadi lebih baik.

Dengan pelatihan kerja, otomatis kualitas SDM juga akan meningkat. Yang juga akan meningkatkan kualitas lingkungan kerja di perusahaan tersebut.

Tidak heran banyak perusahaan besar mau memberikan banyak pelatihan kerja pada karyawan. Selain investasi untuk perusahaan juga akan mendorong ekosistem lingkungan kerja menjadi lebih bagus.

 

Jenis Pelatihan Kerja Karyawan

Ada beberapa jenis pelatihan kerja karyawan yang banyak dilakukan di perusahaan. Diantaranya pelatihan kerja

1. Leadership Training

Leadership training adalah pelatihan kerja yang bertujuan untuk mengasah kemampuan memimpin. Leadership umumnya diikuti oleh karyawan-karyawan yang memiliki posisi tertentu. Misalnya team leader, manager, supervisor dan lainnya.

Dengan melakukan training ini karyawan diharapkan memiliki skill memimpin yang baik, yang mencangkup pola pikir leader, karakter leader dalam memimpin team dan juga gaya memimpin.

Tidak semua karyawan memiliki rasa kepemimpinan yang baik dan tidak semua karyawan mendapatkan ilmu ini dari diri, untuk itu pengetahuan maupun informasi tentang leadership sangat bermanfaat jika dihadirkan dalam dunia kerja menjadi bagian dari pengembangan skill karyawan.

2. Teamwork Training

Selanjutnya adalah team work. Walau terkesan hal yang bisa dibentuk secara alami dalam jam kerja namun ternyata kondisi teamwork perdivisi bisa dibangun dalam proses training yang diadakan perusahaan.

Tentu saja teamwork ini tidak hanya berjalan dengan memberikan teori-teori tertentu saja, melainkan menggunakan pendekatan yang tepat. Misalnya melakukan outing, kegiatan kelompok, gathering kelompok dan lain sebagainya.

Dengan begitu teamwork training ini menjadi hal yang menyenangkan dan bermanfaat untuk karyawan maupun perusahaan.

3. Communication Training

Kemampuan komunikasi ternyata akan sangat maksimal jika diasah dan dibiasakan lho! Dan banyak karyawan yang masih memiliki skill komunikasi yang kurang. Memangnya skill komunikasi bisa dilihat dari apa saja sih?

  1. Cara berkomunikasi dengan teman kerja dan atasan
  2. Cara berbicara di muka umum
  3. Cara menyampaikan pendapat jika ada yang kurang setuju
  4. Cara mendengarkan / merespon orang lain

Komunikasi bukan hanya tentang berbicara saja melainkan juga tentang mendengarkan dan menanggapi. Jika seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang bagus akan memudahkan proses kerja. Terutama untuk karyawan dengan posisi strategis yang banyak berinteraksi dengan tim lain, atasan, klien maupun umum.

4. Product Knowledge Training

Produk knowledge adalah salah satu training wajib yang perlu diberikan kepada karyawan dengan posisi yang banyak berurusan dengan klien dan pemasaran produk. Misalnya sales, CS, marketing dan lainnya.

Baca : Marketing dan Sales: Definisi, Perbedaan dan Prioritas

Posisi-posisi ini akan banyak bekerja dengan mengedukasi konsumen dengan produk yang dimiliki perusahaan. Maka memberikan training produk knowledge akan menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung kerja lebih lancar.

5. Technical Training

Merupakan proses pelatihan kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis karyawan. Umumnya perusahaan ingin karyawan update dengan ilmu yang dimilikinya. Sebab secara global ilmu akan terus berkembang dan maju. Agar tidak ketinggalan zaman dengan ilmu tersebut training perlu dilakukan.

Semua posisi memerlukan pelatihan kerja jenis ini untuk mengembangkan ilmunya lebih baik lagi.

Itulah beberapa jenis pelatihan kerja untuk karyawan. Ada banyak jenis pelatihan kerja yang sangat berguna untuk karyawan maupun perusahaan jika dilakukan dengan baik.

Rekomendasi Software HR : Aplikasi Absensi Kantor Kita

 

Manfaat Pelatihan Kerja

Jika melihat manfaat pelatihan kerja untuk perusahaan maupun karyawan, pastinya akan ada output yang bermanfaat untuk keduanya. Beberapa manfaatnya antara lain

1. Untuk Perusahaan 

Memberikan pelatihan kerja kepada karyawan akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan.

a. Meningkatkan Kemampuan Karyawan

Problem solving pastinya meningkatkan kemampuan teknis dan softskill karyawan. Dari pengetahuan dasar begitu mendapatkan pelatihan, ilmu bisa bertambah dan semakin menguasai bidangnya.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

b. Mendapatkan Karyawan Potensial

Setelah memberikan pelatihan kerja karyawan, jika ilmu diterapkan maka akan membantu perusahaan mendapatkan karyawan yang potensial dimana karyawan memiliki ilmu yang berkembang, pengetahuan teknis maupun softskill yang lebih baik.

Jika sebelum pelatihan hanya memiliki satu dua karyawan potensial maka setelah pelatihan kerja jumlah karyawan potensial lebih banyak lagi.

c. Mendapatkan Problem Solving

Pelatihan kerja membantu perusahaan mendapatkan solusi atas masalah yang terjadi pada perusahaan. Jika dulu problem solving terbaik tidak dilakukan karena kurangnya pengetahuan juga SDM yang kurang menguasai maka sekarang ini problem solving bisa dilakukan dengan SDM yang sudah memiliki ilmu juga skill yang sesuai.

2. Manfaat Pelatihan Kerja Menurut Karyawan

Pelatihan kerja untuk karyawan memiliki banyak manfaat guna menunjang karirnya di masa kerja. Diantaranya adalah

  1. Meningkatkan produktivitas kerja
  2. Mencapai efektifitas dan efisiensi kerja
  3. Mengurangi tingkat kesalahan dan kecelakaan kerja
  4. Meningkatkan nilai diri karyawan

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari pelatihan kerja untuk karyawan. Pelatihan kerja membawa banyak manfaat untuk produktivitas kerja karyawan maupun perusahaan.

 

Kesimpulan

Pelatihan kerja adalah salah satu program yang cukup membantu karyawan berkembang. Perusahaan membantu karyawan memiliki kualitas kerja yang cukup baik melalui pelatihan kerja ini. Pelaksanaan pelatihan kerja bisa beberapa kali dalam setahun.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Itulah penjelasan tentang pelatihan kerja untuk karyawan dari aplikasi absensi karyawan Kantor Kita, semoga bermanfaat!

Previous articleKomponen Biaya Rekrutmen Karyawan
Next articleJenis Olahraga Yang Patut Anda Lakukan Sebelum Bekerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here