Kenapa Karyawan Butuh Laporan Keuangan? Simak Alasannya

0
1017
Kenapa Karyawan Butuh Laporan Keuangan Simak Alasannya
Kenapa Karyawan Butuh Laporan Keuangan Simak Alasannya

Kenapa karyawan butuh laporan keuangan? Simak AlasannyaTernyata laporan keuangan perusahaan adalah salah satu komponen yang perlu dimiliki lho ketika kita ingin stay dalam perusahaan. Terutama jika Anda sudah merasa senior dan ingin mendapatkan posisi terbaik. Ada beberapa alasan yang membuat seorang karyawan sudah seharusnya tahu bagaimana isi laporan keuangan perusahaan. 

Jika Anda adalah seorang karyawan, coba pahami beberapa alasannya berikut ini mengapa karyawan boleh membutuhkan laporan keuangan. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Aplikasi untuk HR : Aplikasi HRD Gratis 

 

Laporan Keuangan Perusahaan untuk Karyawan

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki karyawan yang bertugas di bagian keuangan, misalnya seperti bagian akuntansi atau pembukuan. Namun pertanyaannya adalah apakah hanya staff akuntansi dan keuangan saja yang boleh melihat isi laporan keuangannya.

Jawabannya tentu saja tidak. Meskipun kebanyakan perusahaan lebih menjaga privasi laporan keuangannya dengan memperbolehkan staff tertentu saja, namun sewajarnya para karyawan juga boleh tahu bagaimana siklus keuangan dan keadaan perusahaannya.

Laporan keuangan merupakan dokumen yang berisi tentang rincian pengeluaran dan pemasukan uang di sebuah perusahaan. Dengan adanya dokumen ini, semua perusahaan pasti akan terbantu karena bisa mengetahui tujuan pemakaian uangnya.

Baca juga : Cara Mengelola Dana Kas Kecil

 

Tujuan Mengetahui Laporan Keuangan 

Gambar 1 Laporan Keuangan

Bagi para karyawan, dokumen yang menyangkut pemasukan dan pengeluaran ini terkadang dibutuhkan karena beberapa alasan. Inilah beberapa alasannya tersebut.

1. Mengetahui Stabilitas Keuangan Dalam Perusahaan

Alasan utamanya adalah agar Anda bisa tahu stabilitas keuangan dalam perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah perusahaan sedang baik-baik saja atau tidak. Alasan ini memungkinkan Anda merasa tenang dengan masa depan perusahaan jika keuangannya baik.

Meskipun hanya seorang pegawai biasa, tentu Anda memiliki hak untuk merasa khawatir dengan masa depan perusahaan. Apalagi Anda bekerja di perusahaan untuk mendapat penghasilan. Jika perusahaan sedang tidak baik-baik saja, Anda perlu menyiapkan alternatif.

Alternatif tersebut bisa berupa banyak hal. Misalnya Anda ingin langsung menyiapkan perusahaan cadangan yang bisa ditempati untuk bekerja nantinya. Bisa juga dengan menyiapkan alternatif solusi dengan cara meningkatkan pemasaran atau penjualan.

2. Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan Berdasarkan Keuangannya

Alasan lain kenapa karyawan membutuhkan laporan keuangan adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan berdasarkan keuangannya. Namun bukan berarti kelemahan ini boleh digunakan untuk menyerang perusahaannya sendiri.

Mengetahui kekuatan dari tempat Anda bekerja akan memberikan rasa aman dan lega. Sedangkan jika mengetahui kelemahannya, Anda mungkin bisa bersiap-siap untuk kemungkinan terburuk dan membuktikan bahwa Anda adalah pegawai yang cukup loyal.

3. Untuk Membandingkan Keuntungan Sebelumnya dan Saat Ini

Anda juga berhak tahu apakah perusahaan sudah mendapat keuntungan dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan membandingkan jumlah keuntungan sebelumnya dan saat ini. Biasanya masalah keuntungan ini akan disampaikan saat rapat bersama atasan.

Namun ada juga perusahaan yang tidak menggelar rapat terbuka seperti itu untuk menjaga privasi atau dirasa kurang perlu. Sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ada peningkatan penghasilan atau tidak adalah dengan melihat laporan keuangannya tersebut.

4. Untuk Menganalisis Manajemen Keuangan dan Persiapannya ke Depan

Kemudian alasan lainnya adalah untuk menganalisis manajemen keuangan dan persiapannya ke depan. Misalnya ada penurunan penghasilan, Anda bisa melakukan analisis terhadap manajemen keuangan sebelumnya karena mungkin saja masih ada cara manajemen yang salah.

Kemudian dari hasil analisis manajemen tersebut, Anda bisa berpikir dan menentukan bagaimana persiapannya ke depan. Apakah dilakukan cara manage uang yang berbeda atau melakukan hal lain yang bisa kembali meningkatkan keuntungan untuk perusahaan.

Jadi meskipun Anda hanya karyawan biasa, tetap harus memahami beberapa alasan kenapa karyawan butuh laporan keuangan dan memakainya ketika membutuhkan.

 

Bagaimana Cara Karyawan Mendapatkan Laporan Keuangan? 

Gambar 2 Laporan Keuangan

Perusahaan memiliki peraturan tersendiri terkait laporan keuangan, ada perusahaan yang memang memberikan dan menyebarkan hasil laporan tahunannya secara transparan untuk semua karyawan bahkan untuk umum sebagai penarik investor. Ada juga perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang hanya bisa diakses secara privat untuk internal perusahaan bahkan hanya untuk tim manajemen perusahaan saja. 

Jika laporan bisa di publish secara privat, lalu bagaimana karyawan bisa mengecek laporan keuangan perusahaan? Anda bisa mengajukan permintaan share laporan keuangan dan memberitahukan tujuan. Untuk mendapatkan laporan keuangan juga perlu mengajukan permintaan kepada pihak terkait yang mengelola laporan keuangan. 

Salah satu cara agar bisa mengakses laporan keuangan dari perusahaan adalah dengan memberitahukan tujuan Anda. Banyak yang menggunakan laporan keuangan untuk berbagai kebutuhan dari yang berkaitan dengan pekerjaan sampai dengan melihat kestabilan ekonomi dalam perusahaan. 

Jika sudah jelas tujuan dari pengecekan laporan keuangan, pastinya laporan keuangan juga bisa diberikan secara transparan. 

Rekomendasi Aplikasi : Aplikasi HRD dan Payroll 

 

Kesimpulan 

Laporan keuangan perusahaan adalah laporan yang dibutuhkan banyak pihak seperti investor, kreditur sampai dengan karyawan. Laporan keuangan ini menjadi hal yang sangat berguna untuk pihak tersebut untuk melihat kestabilan ekonomi dalam perusahaan. 

Karyawan membutuhkan laporan keuangan untuk mempertimbangkan bagaimana kondisi perusahaan untuk beberapa tahun yang akan datang. Itulah penjelasan tentang Karyawan Butuh Laporan Keuangan, semoga bermanfaat! 

Previous articleCuti Berkabung: Berapa Lama Waktunya?
Next articlePerkembangan Aplikasi dalam Dunia Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here