Bolehkah Karyawan Pinjam Uang ke Perusahaan?

0
6232
Bolehkah Karyawan Pinjam Uang ke Perusahaan?

Bolehkah Karyawan Pinjam Uang ke Perusahaan?Pinjaman adalah salah satu hal yang lumrah jika dilakukan di bank, koperasi atau di Lembaga keuangan lain. Namun bagaimana dengan pinjaman uang yang dilakukan di perusahaan tempat seseorang bekerja? bolehkah karyawan mengajukan pinjaman ke perusahaan?

Pinjaman karyawan adalah salah satu fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Hal ini berhubungan dengan peningkatan profuktifitas karyawan. Namun apakah semua perusahaan boleh melakukan hal ini?

Pinjaman Karyawan Di Perusahaan

Banyak perusahaan yang memberikan fasilitas pinjaman karyawan. Terutama untuk perusahaan swasta dimana umumnya memiliki program khusus pinjaman karyawan.

Memang tidak semua perusahaan memiliki program pinjaman karyawan ini, tidak ada juga peraturan resmi dari pemerintah yang mengatur tentang pinjaman karyawan ini. Sehingga tidak heran jika beberapa perusahaan mengadakan dan meniadakan program ini.

pinjaman karyawan
Gambar 1 Pinjaman Karyawan

Bolehkah Karyawan Pinjam Uang Ke Perusahaan?

Aturan pinjaman karyawan ini diatur dalam perjanjian Bersama antara perusahaan dan karyawan. Oleh karena itu pinjaman karyawan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainya berbeda-beda. Di dalam perjanjian bersama tersebut akan mengatur aturan dan sop pengajuan pinjaman karyawan.

Sekedar informasi saja, Kantor Kita sudah pernah mengulas aturan pinjaman karyawan di perusahaan yang mengulas aturan yang perlu diperhatikan untuk memberikan pinjaman kepada karyawan. Beberapa aturan untuk pinjaman karyawan misalnya

  1. Nominal minimal dan maksimal pinjaman
  2. Cara pembayaran
  3. Sanksi dan aturan yang berlaku
  4. Bagian yang mengurus pinjaman uang

Jadi karyawan bisa mengajukan pinjaman uang ke perusahaan jika perusahaan tersebut memiliki program pinjaman karyawan. Pun jika ada program ini, semua peraturan pengajuan dan pembayaran sudah jelas sehingga akan lebih aman dan praktis.

Namun umumnya perusahaan akan memiliki minimal waktu kerja karyawan. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, karyawan boleh melakukan pinjaman uang ke perusahaan.

Kenapa Perusahaan Memiliki Program Pinjaman Karyawan?

Membuka program ini untuk karyawan, pasti perusahaan memiliki tujuan tersendiri. Beberapa alasan yang membuat perusahaan membuka program pinjaman karyawan ini adalah

1. Membantu Perekonomian Karyawan

Tidak semua karyawan memiliki kondisi perekonomian yang baik, ada karyawan yang memiliki banyak tanggungan keluarga, kebutuhan mendadak atau juga kebutuhan Kesehatan karyawan. Jika karyawan hidup kurang layak atau hidup di bawah tekanan pasti akan memengaruhi performa kerja.

Untuk itu perusahaan sebagai pihak pemberi kerja bisa membantu karyawannya mengurangi kesulitan dengan memberikan program pinjaman karyawan.

2. Mendukung Kinerja Karyawan

Taukah Anda bahwa perusahaan bisa membantu memaksimalkan kerja karyawan. Hal ini dengan pemberian pinjaman. Misalnya dengan uang pinjaman karyawan bisa terdukung untuk membeli kendaraan pribadi untuk bekerja, atau membantu Pendidikan karyawan dan lain sebagainya.

Jika pinjaman bisa bermanfaat untuk karyawan maka karyawan pun juga akan memiliki produktiftitas lebih baik.

Memberikan pinjaman karyawan adalah hal yang sudah lumrah untuk perusahaan. Jadi jangan heran jika ada rekan kerja melakuakan pengajuan pinjaman kepada perusahaan tempatnya bekerja. Anda juga bisa melakukannya selama perusahaan open dengan hal ini.

Manfaat Pinjaman Karyawan Untuk Perusahaan

Pinjaman karyawan selain memberikan manfaat untuk karyawan yang bersangkutan, juga memberikan manfaat untuk perusahaan tersebut. Memangnya apasih yang manfaatnya?

1. Membangun Loyalitas Perusahaan

Pinjaman diberikan untuk membantu karyawan dari kesulitan perekonomiannya. Sehingga dengan begitu karyawan bisa memberikan rasa terimakasih dengan loyal terhadap perusahaan.

Karyawan akan berpikir ulang untuk melakukan resign di perusahaan tersebut. Bisa jadi perusahaan lainya tidak akan memberikan fasilitas yang sama.

2. Meningkatkan Produktifitas Kerja

Hal ini dipengaruhi dari ketentraman kerja karyawan di perusahaan tersebut. Jika masalah kesulitan ekonomi bisa teratasi maka karyawan bisa lebih produktif dan bekerja lebih tenang. Sedangkan jika masih ada masalah ekonomi yang lainya tentunya produktifias kerja akan menurun.

Ada banyak manfaat yang dirasakan karyawan dan perusahaan dengan adanya pinjaman karyawan ini. Disisi memberikan kemudahan untuk karyawan juga memberikan hal yang positif untuk perusahaan.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Ke Perusahaan?

Untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan, ada beberapa model pengajuan yang bisa dilakukan karyawan kepada perusahaan. Beberapa diantaranya adalah

1. Pengajuan dengan Formulir

Salah satu cara untuk megajukan pinjaman karyawan adalah dengan melakukan pengajuan secara langsung. Dimana ini adalah proses yang sudah banyak dilakukan di perusahaan.

Jadi karyawan langsung berhadapan dengan HRD atau penanggung jawab peminjaman uang di perusahaan dan nantinya perlu pengisian form selanjutnya menunggu pinjaman di setujui atau tidak beserta pencairanya.

alur pengajuan pinjaman
Gambar 2 ALur Pengajuan Pinjaman

2. Pengajuan Online

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online kepada karyawan. Pengajuan pinjaman online ini bisa menggunakan berbagai media, misalnya aplikasi karyawan sampai dengan website app yang digunakan di perusahaan tersebut.

Pengajuan pinjaman online ini merupakan cara yang banyak digunakan semenjak pandemi karena banyak perusahaan yang menerapkan WFH. Sehingga dengan adanya pinjaman online, proses lebih mudah dan tersistem.

pengajuan pinjaman online
Gambar 3 Alur Pengajuan Pinjaman Online

Sekarang ini untuk mengajukan pinjaman karyawan bisa menggunakan berbagai media dan bisa dilakukan secara online. Sudah ada banyak perusahaan yang menerapkan hal ini untuk meningkatkan program paperless dengan basic digital. Walau begitu pengajuan ofline juga bisa dilakukan. Kembali kepada peraturan masing-masing pegawai.

Kelola Pinjaman Karyawan dengan Aplikasi HRIS Kantor Kita

Sekarang ini Kelola pinjaman karyawan bisa dilakukan dengan online menggunakan software HRIS, misalnya dari Kantor Kita. Aplikasi kantor yang memiliki fitur lengkap untuk membantu HR mengelola urusan karyawan dengan mudah.

Salah satunya adalah fitur pengajuan pinjaman karyawan secara online. Hanya dari aplikasi pengajuan pinjaman ini bisa diketahui dan diproses dengan baik. Tanpa perlu bertatap muka dan tanpa perlu pengajuan dari platform lainya.

Mudahkan mengurus administrasi karyawan dengan software HRIS Kantor Kita. Untuk mencoba aplikasi ini secara gratis Anda bisa menggunakan Kantor Kita free demo 15 hari.

fitur pengajuan pinjaman dari Kantor Kita
Gambar  4 Fitur Pengajuan Pinjaman dari Kantor Kita

Pengajuan pinjaman karyawan mudah hanya dari perangkat mobile. Bisa diakses semua karyawan. Dan tentu saja bisa segera bisa di proses dengan baik.

Coba aplikasi untuk absen Kantor Kita sekarang dan nikmati kemudahannya!

Kesimpulan

Pinjaman karyawan adalah satu hal yang berguna untuk karyawan. Ia bisa memberikan karyawan kemudahan dan meningkatkan produktifitas kerja karyawan. Banyak perusahaan yang sudah memiliki program ini untuk karyawannya. Sehingga membantu karyawan jika memiliki kesulitan ekonomi.

Kelola pinjaman karyawan dengan efisien secara online menggunakan aplikasi hr Kantor Kita. Membantu karyawan melakukan pinjaman dengan mudah tanpa perlu bertatap muka namun bisa menyelesaikan urusan pinjaman dengan baik.

Percayakan urusan Kelola karyawan dengan Kantor Kita. Mengurus absensi karyawan sampai dengan pengajuan pinjaman dengan baik. Coba Sekarang dan nikmati fitur lengkapnya di Kantor Kita!

Sekian, artikel dengan judul Bolehkah Karyawan Pinjam Uang ke Perusahaan? hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleJenis-Jenis Tunjangan Karyawan
Next articleSales Canvasser : Definisi, Tugas, dan Fungsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here