Prediksi Trend HR 2023, Ulasan Lengkap!

0
758
Prediksi Trend HR 2023, Ulasan Lengkap!

Prediksi Trend HR 2023, Ulasan Lengkap!Selain trend yang terus berkembang dalam dunia marketing dan desain, di bidang human resources ada banyak prediksi yang berkembang di tahun 2023. Bagian HR adalah bagian yang sangat perlu mengikuti perkembangan teknologi maupun trend yang ada. Sebab pekerjaan HR akan sangat berhubungan dengan rekrutmen karyawan yang berasal dari banyak generasi, pekerjaan yang perlu menggunakan software sampai dengan masalah peraturan karyawan.

Untuk itulah kenapa tim HR diminta untuk terus mengikuti perkembangan yang ada baik dari segi teknologi sampai dengan peraturan terbaru. Agar bisa melakukan pekerjaannya dengan mudah.  Mari kita bahas bersama ulasan tentang prediksi trend HR 2023 bersama.

 

Prediksi Trend HR 2023

Prediksi Trend HR 2023
Prediksi Trend HR 2023

Untuk bisa menjalankan pekerjaan lebih baik dan rencana setahun ke depan, HR perlu memperhatikan prediksi trend HR untuk kedepannya. Berikut adalah beberapa prediksi trend HR 2023 untuk Anda.

1. Mental Health Karyawan

Kesehatan mental atau mental health karyawan menjadi salah satu trend yang masih bertahan dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun kemarin banyak perusahaan dan karyawan yang harus survive di tengah badai pandemi yang menguras energi dan mental maka setelah pandemi lewat seperti sekarang, mental health menjadi isu yang perlu diperhatikan.

Anak muda zaman sekarang sudah sangat terbuka dengan isu kesehatan mental, dan tentunya membuat perusahaan berusaha membuat lingkungan-lingkungan kerja yang lebih friendly dan sehat.

Banyak generasi muda yang mempertimbangkan masuk ke perusahaan yang memperhatikan mental karyawan dengan baik. Hal ini dilihat dari kesejahteraan karyawan, jam kerja, fasilitas sampai dengan fasilitas kesehatan mental seperti layanan konsultasi psikologi dan budaya work life balance di perusahaan.

Budaya kerja seperti lembur, tekanan tinggi maupun target yang tidak masuk akal dan senioritas perlu dihindari. Dengan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan bahagia membuat karyawan menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Trend kerja di tahun yang akan datang adalah menciptakan lingkungan kerja yang cukup baik untuk karyawan bekerja. Lingkungan kerja yang dipenuhi beban sudah tidak relate dengan kebutuhan dunia kerja zaman sekarang.

2. Pertumbuhan dan Pengembangan Karir Menjadi Hal Penting

Memberikan karyawan banyak wawasan dengan menghadirkan pelatihan kerja dan adalah hal yang perlu diperhatikan tahun 2023 dan bahkan ke depannya. HR perlu menyadari bahwa karyawan memerlukan pengembangan karir, selain dalam bentuk adanya jenjang karir juga diperlukan pengembangan keilmuan untuk menunjang karirnya.

Pun sekarang banyak program digital seperti bootcamp, pelatihan online sampai dengan pembelajaran digital lainya yang dapat membantu karyawan meningkatkan keilmuan yang dimilikinya.

Pengembangan karir akan membuat tingkat kepuasan kerja karyawan meningkat. Sebab ia merasa ada kepedulian melakukan upgrading skill and knowledge dari perusahaan. Yang akhirnya membawa pada kenyamanan kerja dan loyalitas lebih baik selain itu juga didapatkan kesuksesan perusahaan dari karyawan yang memiliki pengembangan diri dengan baik.

Di tahun-tahun yang akan datang akan lebih baik jika HR lebih memperdulikan pengembangan diri karyawan untuk meningkatkan skill dan juga kepuasan kerja karyawan.

Seperti yang kita tahu biaya yang dikeluarkan untuk melakukan rekrutmen kerja bukan hal yang murah. Untuk itu perlu diperhatikan bagaimana cara mempertahankan karyawan dan dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

3. Kerja Hybride

Kerja hybrid adalah pola kerja yang banyak dilakukan di tahun 2020-an sejak masa pandemi. Sebelum itu banyak orang yang menganggap bahwa kerja di kantor akan menghasilkan kerja yang produktif. Sedangkan setelah kerja remote diterapkan, diketahui bahwa kerja di rumah bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja..

Namun di tahun 2022 ini kerja hybrid menjadi trend perkantoran yang mulai banyak diadaptasi perusahaan untuk diterapkan. Bahkan banyak perusahaan yang sudah melaksanakan kerja jarak jauh ini sepenuhnya, pun dari karyawan banyak yang mencari perusahaan yang bisa bekerja secara remote dan bertahan dengan pola kerja seperti ini.

Namun memang tidak semua posisi bisa diterapkan kerja hybrid seperti ini. Untuk pekerjaan yang membutuhkan banyak koordinasi dan komunikasi intens tetap memerlukan tatap muka.

Baca : 5 Strategi Mengelola Karyawan Kerja Remote

4. Teknologi Untuk Membantu

Trend yang sudah ada dan akan terus berkembang adalah penggunaan teknologi untuk HR maupun karyawan. Teknologi untuk HR yang sekarang ini banyak digunakan adalah software HRIS maupun sistem HR untuk membantu tim HR dalam mengelola adminstrasi karyawan. Mulai dari pengelolaan absensi online, database, sampai dengan laporan absensi dan payroll.

Penggunaan sistem HR sudah banyak digunakan karena memberikan efisiensi yang cukup baik. HR tidak perlu bekerja dengan keras dan menghabiskan banyak energi namun bisa dengan mudah menggunakan teknologi HR ini.

Sekarang pun sudah ada banyak teknologi yang digunakan untuk membantu HR, jadi untuk kemudahan dan efisiensi akan lebih mudah dengan software HR ini.

5. Citra Perusahaan

Jika dulu citra brand lebih penting daripada citra perusahaan, sekarang memperhatikan citra perusahaan menjadi hal yang tidak kalah penting. Masyarakat tidak hanya memperhatikan bagaimana kualitas produk yang dikeluarkan melainkan juga bagaimana kesejahteraan karyawan di dalamnya.

Generasi saat ini akan sangat mudah menemukan informasi tentang perusahaan dan bagaimana model kerja di dalamnya. Tentunya hal ini yang akan diperhatikan dan dipertimbangkan untuk pemilihan dunia kerja yang akan datang.

Pun sekarang banyak dukungan dari sosial media yang bisa digunakan untuk mendukung membangun branding perusahaan.

6. Bekerja dengan Gen Z dan Millenial

Sekarang ini banyak gen Z dan milenial menjadi generasi yang paling diprioritaskan dalam dunia kerja. Pun kehandalan dalam hal teknologi dan kreatifitas juga banyak dimiliki oleh gen Z.

Namun generasi ini memiliki keunikan karakter dan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, yang akhirnya membuat HR perlu mempelajari dan memahami karakter gen Z dengan baik jika membutuhkan karyawan dari generasi Z.

Nah itulah beberapa prediksi trend HR 2023, diantaranya masih menjadi trend yang sudah ada dan bertahan sebagian menjadi trend yang baru. Mengikuti trend HR perlu dilakukan agar HR tetap update dengan kondisi sekarang.

 

Kesimpulan

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Setiap tahun memiliki prediksi trend tersendiri untuk berbagai bidang, terutama untuk bidang HR. sekarang ini trend terus berjalan karena kondisi yang juga terus berkembang dari waktu ke waktu. Nah itulah penjelasan tentang prediksi trend hr 2023, semoga bermanfaat!

Previous articleEvaluasi Akhir Tahun, Manfaat dan Fungsinya
Next articlePolitik Kantor : Penjelasan dan Cara Menghadapinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here