Mengenal Karakter Gen Z Di Dunia Kerja

0
3615
Karakter Gen Z
Mengenal Karakter Gen Z Di Dunia Kerja

Mengenal Karakter Gen Z Di Dunia KerjaGen Z adalah panggilan umum untuk  generasi yang lahir pada tahun 1997 – 2012 dimana sekarang ini selain generasi milenial, gen Z ini juga mulai banyak mendominasi dunia kerja. Setiap periode generasi pastinya memiliki karakteristik sendiri, termasuk pada gen X, gen milenial sampai gen Z ini.

Dalam dunia kerja, Gen Z banyak terjun pada bidang teknologi kreatif. Bahkan pergeseran minat kerja pun berubah, jika di generasi sebelumnya banyak yang tertarik menjadi karyawan dan pegawai pemerintahan sekarang ini gen Z lebih menyukai menjadi pengusaha dan pada bidang teknologi.

Baca : Apa Itu Hybride Office dan Penerapanya?

Mengetahui karakter gen Z di dunia kerja akan membantu kita bekerja dengan gen Z sehingga adaptasi kerja juga bisa dilakukan dengan mudah.

Gen Z

Gen Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997-2012, Sebagian juga menilai gen Z lahir pada tahun 1995-2010.

Sekarang ini jumlah gen Z di indonesia memiliki jumlah terbesar setelah gen Z . Hal ini didapatkan dari data dari Databoks pada Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia.

Populasi gen Z di indonesia
Populasi gen Z di indonesia

Dari data di atas dapat dilihat bahwa gen Z dengan rentang kelahiran tahun 1997 sampai dengan 2012 mendominasi dibandingkan populasi generasi di atasnya. Databoks menjelaskan presentase 27.94% ini memiliki jumlah 74.93juta.

Rentang usia gen Z adalah 10 sampai dengan 25 tahun sekarang ini. Beberapa diantaranya masuk usia produktif dimana mereka juga sudah banyak masuk di dunia kerja.

Secara umum, kita semua tahu bahwa gen Z adalah geneasi yang paling maju dalam hal teknologi. Dimana Sebagian besar kehidupan keseharian gen Z melibatkan teknologi. Tidak heran jika gen Z ini memiliki referensi lingkup kerja pada bidang teknologi juga.

Pembentukan karakter gen Z tidak lepas dari perkembangan dan kemajuan industri, dengan banyaknya industri digital yang didukung internet dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari yang membuat gen Z lebih akrab dengan teknologi.

Kemajuan pada periode gen Z membuatnya memiliki karakter yang lebih unggul daripada generasi sebelumnya yaitu gen X dan gen milenial. Namun hal ini bukan berarti gen Z tidak memiliki kelemahannya sendiri.

Bagaimana karakter umum gen Z ?

George Beal dalam huffpost.com pernah menuliskan bahwa gen Z memiliki karakter utama seperti gen Z memiliki karakter yang kurang fokus, lebih menyukai berwirausaha, individual, dan memiliki pemikiran dan interaksi yang lebih global.

Namun generasi yang lahir pada tahun 90an dari tahun 1991 sampai dengan 1999 dianggap memiliki karakter yang abu-abu karena memiliki karakter kombinasi antara milenial dan gen Z .

Bagaimana Gen Z Di Dunia Kerja

Mengenali karakter pada generasi z atau gen Z menjadi satu hal yang perlu diperhatikan jika Anda banyak bekerja dengan gen Z misalnya Anda HRD atau team leader dengan anggota gen Z . Mengenali karakter ini akan membantu Anda lebih mudah dalam membangun kerja sama dan bagaimana menanggapi karakter gen Z sehingga pekerjaan berjalan dengan lancar.

gen Z dalam dunia kerja
Figure Gen Z dalam Dunia Kerja

1. Gen Z Lebih Individualis

Jika dibandingkan dengan generasi milenial, gen Z memiliki kecenderungan lebih individualis. Dimana mereka lebih menyukai bekerja mandiri daripada bekerja yang berinteraksi dengan banyak orang.

Sebanyak 45% gen Z lebih menyukai kerja di ruang mandiri daripada harus berkolaborasi dengan banyak orang. Hal ini terjadi karena gen Z cukup kreatif dan mencari inspirasi dari banyak platform. Untuk pekerjaan kreatif, karakter individualis gen Z ini malah akan memberi keuntungan.

Gen Z memiliki karakter untuk tidak bergantung kepada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Namun dalam dunia kerja dalam mengerjakan proyek bersama, gen Z tetap mengutamakan komunikasi dan koordinasi untuk kelancaran kerja.

Baca : Tips Mempekerjakan Generasi Millenial dalam Tempat Kerja

2. Bekerja dengan Teknologi

Salah satu kelebihan dari gen Z dibandingkan generasi sebelumnya adalah gen Z lebih melek dengan teknologi. Dalam dunia kerja pun mereka tetap perlu memanfaatkan teknologi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka.

Dibesarkan dengan teknologi, membuat gen Z lebih familiar dan kreatif dalam penggunaan teknologi.

Gen Z memotong bahkan mengahapus cara konvensional dan menggantinya dengan cara yang lebih efisien menggunakan teknologi yang ada.

Hal ini menutup kekurangan dari generasi sebelumnya yang masih awam atau tidak begitu paham teknologi.

Teknologi tidak hanya digunakan untuk efisiensi kerja saja melainkan juga digunakan untuk mencari solusi atas masalah mereka.

Gen Z dengan kreatif mencari informasi melalui sosial media seperti website, youtube dan lainya untuk mencari solusi atas masalah mereka sehingga penyelesaian kendala akan lebih cepat.

Dengan tipe bekerja menggunakan teknologi ini tidak heran jika gen Z juga memilih perusahaan yang didukung dengan teknologi. Misalnya dari penggunaan aplikasi absensi karyawan online sampai dengan masalah meeting kerja dan lain sebagainya.

3. Pragmatis Terhadap Karir

Banyak yang mengatakan bahwa gen Z memiliki karakter pragmatis dalam dunia kerja. Hal ini memiliki maksud bahwa gen Z tidak berfokus pada pekerjaan terikat dalam jangka panjang. Dimana gen Z lebih menginginkan gaji dan ambisi dalam bekerja.

Untuk hal ini mereka pastinya juga mengutamakan kualitas kerja yang dimiliki, sehingga pekerjaan lebih bermakna.

Segaris dengan hal ini, generasi Z memiliki presentase kesetiaan kerja yang cukup rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Dimana jika milenial melakukan pindah kerja setelah 1-2 tahun masa kerja maka gen Z ini bisa saja berpindah kerja pada periode 6-12 bulan saja.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa gen Z lebih menyukai bekerja dalam kerja freelance atau per proyek.

Selain itu jiwa pengusaha gen Z lebih tinggi daripada generasi di atasnya, sehingga memiliki kemauan untuk memiliki bisnis sendiri.

4. Hal yang Membuat Gen Z Termotivasi Kerja

Ada beberapa hal yang membuat gen Z termotivasi untuk bekerja, seperti yang kita tuliskan di atas hal utama yang mendominasi gen Z atas dunia kerja adalah gaji.

Ulasan dari Prnewswire menuliskan bahwa presentase kerja untuk milenial adalah

  1. Gaji 70%
  2. Motivasi 46%
  3. Kenyamanan kerja 39%

5. Gen Z Memilih Pekerjaan yang Bisa Membuatnya Berkembang

Seperti yang kita tuliskan di atas, gen Z memiliki waktu kerja yang lebih singkat daripada generasi milenial. Dimana mereka bisa langsung memilih pindah pekerjaan ke perusahaan yang memberikan peluang berkembang lebih tinggi.

Gen Z sangat memperhatikan perkembangan dan kemajuan karir jika tidak mendapatkan hal ini gen Z sangat berani untuk berpindah pekerjaan.

Itulah beberapa karakter utama gen Z dalam dunia kerja. Mereka cukup berbeda gen milenial apalagi dengan gen X atau baby bomber. Pengenalan karakter ini akan membantu Anda memahami gen Z dalam dunia kerja.

Baca : General Affair Di Perusahaan, Apasih Jobdesknya?

Kesimpulan

Setiap periode generasi memiliki karakter nya tersendiri. Karakter ini tercipta karena kondisi perkembangan lingkungan setiap periode. Untuk generasi z atau gen Z ini dikenal sebagai generasi yang cukup unik. Memiliki karakter yang kuat dengan kreatifitas, motivasi dan kemandirian.

Aplikasi absensi online | Kantor Kita
Aplikasi absensi online | Kantor Kita

Mengetahui karakter gen Z menjadi satu hal yang diperlukan untuk memahami mereka di dunia kerja, sehingga pekerjaan bisa lancar dan bisa menanggapi mereka dengan baik.

Itulah penjelasan hari ini tentang karakter gen Z di dunia kerja hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda!

Untuk Anda yang ingin bekerja mudah dengan teknologi menggunakan aplikasi hr, bisa banget cek Software Hr dari Kantor Kita.

Buat pekerjaan lebih mudah dan efisien dengan Kantor Kita!

Previous articleCounter Offer, Tindakan Mempertahankan Karyawan 
Next articleContoh Form Data Hadir Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here