Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?

0
264

Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?Pernah kah Anda melihat rekan kerja atau karyawan memiliki performa kerja yang buruk? Hal ini bisa dilihat dari kerja hariannya seperti target tidak terpenuhi atau sering terlambat dan jarang masuk kerja. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena selain merugikan kantor juga merugikan karyawan tersebut.

Melihat hal ini tentunya HRD atau owner tidak bisa diam saja, harus ada tindakan agar bisa membuat si pekerja memiliki kinerja lebih baik, bagaimana dengan menggantinya? Mengganti karyawan lagi harus melalui proses recruitment yang panjang dan memulai dari awal lagi. Jika masih bisa diperbaiki, maka coba perbaiki dahulu sebelum menggantinya. Performa buruk bisa terjadi pada semua karyawan, bisa jadi karyawan lama pun memiliki kemungkinan adanya penurunan kinerja sehingga hal ini harus di ulik agar bisa menghadapinya. Bagaimana sih cara menangani karyawan yang memiliki performa buruk di tempat kerja? Berikut ulasanya untuk Anda

Apa Sih Penyebabnya?

Membicarakan kinerja yang menurun pastinya harus mengetahui beberapa kemungkinannya.  Karyawan yang memiliki performa buruk pastinya memiliki sebab atau pencetus yang membuat hal tersebut terjadi. Ada banyak penyebab kenapa karyawan memiliki performa buruk yaitu pengaruh dari diri karyawan tersebut atau pengaruh dari luar karyawan. Kenali karyawan lebih jauh agar bisa melihat dan mengerti apa penyebab performa kerja mereka menurun. Berikut adalah beberapa yang bisa menyebabkan performa kerja karyawan menurun

  1. Penyebab dari dalam
Aplikasi Kantor Kita Membantu Memudahkan Anda Untuk Memanagement waktu

Penyebab ini terjadi dari lingkup pribadi si karyawan, misalnya

  1. Sakit sehingga menurunkan konsentrasi bekerja
  2. Masalah keluarga
  3. Kesibukan di luar pekerjaan utama
  4. Masalah yang berhubungan dengan orang lain seperti teman atau pasangan
  5. Tekanan

 

  1. Masalah dari luar

Masalah ini terjadi di luar kehidupan personal atau menyangkut dengan pekerjaan si karyawan sehingga membuatnya kurang nyaman di lingkungan kerja. Misalnya

  1. Tekanan target
  2. Komunikasi dengan atasan atau rekan kerja yang kurang berjalan
  3. Kurang memiliki kemampuan di pekerjaan
  4. Tidak nyaman dengan lingkungan atau budaya kerja di kantor

Sebagai pemimpin karyawan maupun HRD tentunya Anda harus peka dengan kinerja karyawan yang menurun, hasil dari laporan bulanan pastinya sudah bisa menjadi petunjuk performa karyawan di bulan tersebut.

Agar bisa melihat performa masing-masing karyawan dengan mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita, dimana aplikasi ini memberikan data secara lengkap performa karyaawan Anda dalam satu bulan atau periode yang bisa disesuaikan, mulai dari time checker ketika datang dan pulang kantor, catatan lembur maupun izin karyawan. Jadi memerhatikan karyawan jadi lebih mudah dan sistematis, online dan tidak perlu membuat laporan secara manual. Cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Segala masalah pastinya harus segera diselesaikan agar tidak berlarut-larut, termasuk masalah performa kerja karyawan yang menurun ini, apa saja kah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Simak ulasan berikut ini

  • Lakukan pendekatan pada karyawan

Agar bisa mengetahui penyebab kinerja yang terus menurun Anda pastinya harus melakukan pendekatan secara pribadi dulu, proses pendekatan adalah hal yang dibutuhkan untuk bisa mengenal karyawan lebih dalam. Pendekatan kepada karyawan ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih personal seperti pendekatan semacam ini.

  • Melakukan perbincangan

Anda bisa memulai pendekatan dengan melakukan perbincangan yang santai, seperti basa basi menggunakan topik apa saja yang sesuai dengan karyawan. Hal ini bisa membuat karyawan lebih terbuka, sehingga lebih mudah untuk Anda mengenali kepribadian karyawan ini. Dari perbincangan ini Anda bisa melihat pemikiran dan karakter si karyawan.

  • Mendengar dengan baik

Mengenali karyawan tidak hanya sebatas mengamati dari luar saja tanpa ada proses mendengarkan dari pihak si karyawan. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengenali karyawan lebih dalam. Berikan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk mengenali karyawan seperti pendapat atau pemikiran.

  • Cari tau penyebabnya

Setelah melakukan pendekatan Anda pastinya tau apa yang harus dilakukan setelahnya, yaitu mencari tau penyebab penurunan kinerjanya. Dengan mengerti apa penyebabnya Anda bisa memberikan perlakuan yang tepat kepada karyawan, tanpa mengetahui penyebab Anda hanya akan berprasangka saja. Lakukan hal ini dengan jujur dan mengatakan apa adanya, agar si karyawan juga bisa memahami Anda.

Baca Artikel : Mengenal Karakter Rekan Kerja di Kantor 

Anda bisa menggunakan beberapa bukti seperti laporan kerja bulanan dimana absensi dan pemenuhan target kurang sesuai sehingga karyawan bisa jujur dengan apa yang ia rasakan. Dengarkan penjelasan si karyawan dengan baik dan coba pahami situasi si karyawan agar bisa memberikan treat yang tepat.

Membantu Memanagement waktu

Setelah melakukan evaluasi kerja kepada karyawan dan mengtahui alasan penurun kerja yang ia alami, Anda bisa memberikan motivasi dan penjelasan untuk si karyawan agar kinerja bisa lebih baik lagi atau berjalan baik seperti sebelumnya. Untuk masalah komunikasi ataupun urusan lingkungan kerja dalam timnya Anda bisa memberikan solusi seperti team building sehingga komunikasi dalam tim tersebut bisa berjalan. Sedangkan untuk masalah kemampuan Anda bisa merencanakan untuk memberikan karyawan pelatihan atau hal-hal yang bisa mengembangkan kemampuan karyawan.

  • Upaya peningkatan kinerja karyawan

Agar tidak terjadi penurunan kinerja terus menerus, pihak kantor atau tempat kerja juga harus memberikan motivasi yang membangkitkan kinerja karyawan sehingga karyawan akan terpacu bisa menjadi yang lebih baik atau mempertahankan kinerjanya. Beberapa hal bisa meningkatkan kinerja seluruh karyawan adalah

  1. Berikan reward

Reward adalah salah satu hal yang membuat karyawan terpacu untuk mendapatkannya. Reward adalah bentuk penghargaan atas kinerja karyawan yang telah diberikan kepada perusahaan. Anda juga bisa menerapkan reward ini untuk perusahaan Anda. Reward bisa Anda terapkan dengan memberikan hadiah berupa barang, uang atau hadiah yang berguna lainya sehingga mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Anda bisa memberikan reward setiap tahunnya atau diwaktu tertentu.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

2. Penuhi hak karyawan

Sebelum menuntut karyawan memberikan yang terbaik untuk perusahaan, Anda harus melihat dulu apakah sudah memberikan hak-hak karyawan dengan baik? Apa mereka sudah terpenuhi semua fasilitas kerjanya? Jika perusahaan memberikan yang terbaik kepada karyawan maka karyawan pun akan memberikan yang terbaik pula untuk perusahaan karena mereka tidak memikirkan beban berupa hak-hak yang belum dipenuhi. Jadi pastikan karyawan sudah mendapatkan haknya dengan baik ya!

3. Hukuman

Terkadang, tidak semua orang akan lebih baik hanya dengan motivasi dan reward, masih banyak karyawan yang akan jera jika diberikan hukuman. Pembuatan aturan dan hukuman diperlukan untuk menjaga karyawan agar tetap berjalan di alurnya. Beberapa jenis hukuman yang umum di lingkungan kerja adalah

  1. Denda keterlambatan
  2. Pemotongan gaji karena alpha
  3. Terguran karena tidak sesuai target
  4. Pemberian surat peringatan

Tentunya hukuman adalah akibat jika tidak mematuhi aturan dengan baik, dan hal ini pastinya harus dipatuhi oleh semua orang yang ada di perusahaan tersebut. Selain hal di atas, hal yang membantu karyawan bekerja lebih baik adalah adanya jenjang karir jadi mereka selalu berusaha yang terbaik dalam bekerja. Mengatur SDM memang tidak mudah, namun Anda sebagai pemimpin atau HRD harus menanganinya dengan baik.

Baca : Mengenal Karyawan Berdasarkan Kepribadiannya 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here