Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?

0
2044
Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor
Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?

Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?Pernah kah Anda melihat rekan kerja atau karyawan memiliki performa kerja yang buruk? Hal ini bisa dilihat dari kinerjanya. Misalnya target tidak terpenuhi, sering terlambat dan jarang masuk kerja. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena selain merugikan perusahaan juga merugikan karyawan lain yang ikut berkoordinasi. 

Melihat hal ini tentunya harus ada tindakan agar bisa membuat karyawan memiliki kinerja lebih baik.. Performa buruk bisa terjadi pada semua karyawan, bisa jadi karyawan lama pun memiliki kemungkinan adanya penurunan kinerja sehingga hal ini harus di ulik agar bisa menghadapinya. 

Bagaimana sih cara menangani karyawan yang memiliki performa buruk di tempat kerja? Berikut ulasanya untuk Anda

Harga Software Absensi Karyawan : Rp 10.000/Bulan 

 

Apa Sih Penyebabnya?

Membicarakan kinerja yang menurun pastinya harus mengetahui beberapa kemungkinannya.  Karyawan yang memiliki performa buruk pastinya memiliki sebab yang membuat hal tersebut terjadi. 

Kenali karyawan lebih jauh agar bisa melihat dan mengerti apa penyebab performa kerja mereka menurun. Berikut adalah beberapa yang bisa menyebabkan performa kerja karyawan menurun:

Karyawan Memiliki Performa Buruk

1. Masalah internal 

Masalah internal adalah masalah yang terjadi pada diri karyawan yang penyebabnya berasal dari kehidupan pribadi diluar pekerjaan karyawan. Masalah internal ini dapat mengganggu kinerja karyawan di perusahaan karena mempengaruhi konsentrasi karyawan dalam bekerja. Beberapa masalah internal yang mungkin terjadi pada karyawan adalah sebagai berikut 

  1. Karyawan sakit 
  2. Masalah keluarga 
  3. Tekanan dari kepentingan non pekerjaan

2. Masalah pekerjaan 

Masalah performa karyawan juga sering terjadi karena masalah dari pekerjaan. Hal ini mungkin saja disebabkan dari masalah lingkungan kerja, tekanan kerja maupun masalah jeleknya komunikasi dengan rekan kerja dan atasan. 

Faktor-faktor tersebut yang akhirnya membawa karyawan mendapatkan tekanan dan juga menurunkan motivasi karyawan dalam bekerja. 

Beberapa contoh masalah pekerjaan yang membuat karyawan mengalami penurunan kinerja adalah sebagai berikut 

  1. Beban kerja berlebihan 
  2. Kurangnya pengakuan dan dukungan dari tim maupun atasan
  3. Kurangnya pelatihan dan pengembangan diri karyawan 
  4. Lingkungan kerja yang tidak sehat

Sebagai pemimpin karyawan maupun HRD tentunya Anda harus peka dengan kinerja karyawan yang menurun, hasil dari laporan bulanan pastinya sudah bisa menjadi petunjuk performa karyawan di bulan tersebut.

 

Ketahui Penyebabnya 

Segala masalah pastinya harus segera diselesaikan agar tidak berlarut-larut, termasuk masalah performa kerja karyawan yang menurun ini, hal Ini bisa diketahui dengan cara konsultasi dan pendalaman masalah.

Setelah melakukan evaluasi kerja kepada karyawan dan mengetahui alasan penurun kerja yang ia alami, Anda bisa memberikan motivasi dan penjelasan untuk si karyawan agar kinerja bisa lebih baik lagi atau berjalan baik seperti sebelumnya. Untuk masalah komunikasi ataupun urusan lingkungan kerja dalam timnya Anda bisa memberikan solusi seperti team building sehingga komunikasi dalam tim tersebut bisa berjalan. Sedangkan untuk masalah kemampuan Anda bisa merencanakan untuk memberikan karyawan pelatihan atau hal-hal yang bisa mengembangkan kemampuan karyawan.

 

Upaya peningkatan kinerja karyawan

Agar tidak terjadi penurunan kinerja terus menerus, pihak kantor atau tempat kerja juga harus memberikan motivasi yang membangkitkan kinerja karyawan sehingga karyawan akan terpacu bisa menjadi yang lebih baik atau mempertahankan kinerjanya. Beberapa hal bisa meningkatkan kinerja seluruh karyawan adalah

Meningkatkan kinerja karyawan

1. Berikan reward

Reward adalah salah satu hal yang membuat karyawan terpacu untuk mendapatkannya. Reward adalah bentuk penghargaan atas kinerja karyawan yang telah diberikan kepada perusahaan. Anda juga bisa menerapkan reward ini untuk perusahaan Anda. Reward bisa Anda terapkan dengan memberikan hadiah berupa barang, uang atau hadiah yang berguna lainya sehingga mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Anda bisa memberikan reward setiap tahunnya atau di waktu tertentu.

2. Penuhi hak karyawan

Sebelum menuntut karyawan memberikan yang terbaik untuk perusahaan, Anda harus melihat dulu apakah sudah memberikan hak-hak karyawan dengan baik? Apa mereka sudah terpenuhi semua fasilitas kerjanya? Jika perusahaan memberikan yang terbaik kepada karyawan maka karyawan pun akan memberikan yang terbaik pula untuk perusahaan karena mereka tidak memikirkan beban berupa hak-hak yang belum dipenuhi. Jadi pastikan karyawan sudah mendapatkan haknya dengan baik ya!

3. Punishment 

Terkadang, tidak semua orang akan lebih baik hanya dengan motivasi dan reward, masih banyak karyawan yang akan jera jika diberikan hukuman. Pembuatan aturan dan hukuman diperlukan untuk menjaga karyawan agar tetap berjalan di alurnya. Beberapa jenis hukuman yang umum di lingkungan kerja adalah

  1. Denda keterlambatan
  2. Pemotongan gaji karena alpha
  3. Teguran karena tidak sesuai target
  4. Pemberian surat peringatan

Tentunya hukuman adalah akibat jika tidak mematuhi aturan dengan baik, dan hal ini pastinya harus dipatuhi oleh semua orang yang ada di perusahaan tersebut. Selain hal di atas, hal yang membantu karyawan bekerja lebih baik adalah adanya jenjang karir jadi mereka selalu berusaha yang terbaik dalam bekerja. Mengatur SDM memang tidak mudah, namun Anda sebagai pemimpin atau HRD harus menanganinya dengan baik.

Baca juga : Sanksi Apa Sih yang Cocok untuk Karyawan Terlambat Masuk Kerja?

4.  Konseling secara berkala

Konseling secara berkala dapat membantu keluar dari masalah pekerjaan yang sedang dihadapi. Semakin cepat masalah diselesaikan akan semakin cepat pula karyawan bekerja dengan maksimal dan nyaman. 

Perusahaan bisa menunjuk HRD maupun ketua tim untuk membantu karyawan menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Baca : Mengenal Karyawan Berdasarkan Kepribadiannya 

 

Kesimpulan

Karyawan dengan performa buruk di kantor dapat berdampak negatif pada produktivitas dan budaya kerja. Penilaian kinerja yang konsisten dan pembinaan yang efektif dapat membantu meningkatkan hasil. Faktor seperti kurangnya motivasi, kurangnya keterampilan, atau masalah pribadi bisa menjadi penyebab performa buruk. 

Penting untuk memberikan pelatihan tambahan, dukungan emosional, dan pengakuan yang pantas untuk memotivasi karyawan. Upaya untuk mengatasi masalah performa buruk harus proaktif dan adil, untuk mendorong perbaikan dan menjaga hubungan kerja yang positif. Keselarasan antara tujuan individu dan organisasi juga penting dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Itulah penjelasan hari ini tentang Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor, semoga bermanfaat! Perbaiki sistem kerja di kantor Anda dengan software absensi online Kantor Kita. Software HR yang membantu perusahaan mencatat kebutuhan absensi secara otomatis dan efisien. Terhubung dengan sistem payroll sehingga urusan penggajian bisa lebih mudah. 

Aplikasi HRD

Gunakan fitur demo untuk mencoba software HRD Kantor Kita secara gratis selama 15 hari!

Previous articleBagaimana Cara Karyawan Mempelajari Budaya Kerja? [Tips Lengkap!]
Next articlePentingnya Melakukan Analisis Beban Kerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here