Contoh  Surat Peringatan Karyawan

0
10853
Contoh Surat Peringatan Karyawan
Contoh Surat Peringatan Karyawan

Contoh  Surat Peringatan KaryawanSurat peringatan karyawan adalah salah satu jenis surat yang dikeluarkan HRD yang berhubungan dengan kedisiplinan kerja karyawan. Surat peringatan ini dikeluarkan jika karyawan sudah dalam kondisi tertentu yang dianggap mengganggu performa kerja dan produktivitas karyawan maupun tim.

Untuk Anda yang bekerja sebagai HR maupun owner dan mendapati karyawan melakukan pelanggaran karyawan yang perlu ditindaklanjuti maka menggunakan surat teguran karyawan ini menjadi salah satu langkah yang bisa digunakan.

Mari kita bahas ulasan tentang surat teguran karyawan dan kegunaannya di perusahaan bersama.

 

Surat Peringatan Karyawan

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai surat peringatan karyawan yang bisa di baca dalam surat peringatan karyawan juga diatur undang-undang lho!

Surat peringatan adalah surat yang diberikan HRD atau owner maupun penanggung jawab karyawan untuk tujuan mengingatkan karyawan tersebut atas tindakan yang telah dilakukannya. Jika surat peringatan banyak dikenal diberikan kepada karyawan yang kurang disiplin seperti absensi karyawan  alpa maupun keterlambatan, surat peringatan juga diberikan untuk tindakan pelanggaran, misalnya seperti merusak barang, kekerasan dan lain sebagainya.

Menulis surat peringatan karyawan juga tidak sembarangan menulis, ada struktur surat resmi yang perlu dilengkapi juga penggunaan bahasa yang rapi.

Kantor Kita membuatnya untuk Anda!

 

Komponen Surat Peringatan Karyawan

Surat peringatan yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan perlu memiliki struktur yang baik. Jadi sebelum Anda membuat komponen surat peringatan karyawan, ketahui terlebih dahulu komponen surat peringatan karyawannya.

Komponen Surat Peringatan Karyawan
Komponen Surat Peringatan Karyawan

Keterangan :

  1. Logo perusahaan
  2. Kop surat
  3. Judul surat
  4. Isi surat
  5. Tanda pembuat surat

Jadi sebuah isi surat peringatan tidak hanya diisi sembarangan, namun lebih rapi dan terstruktur jika memiliki komponen surat lengkap seperti di atas.

 

Contoh Surat Peringatan Karyawan

Berikut adalah contoh surat peringatan karyawan. Semoga bisa berguna untuk Anda yang ingin memberikan teguran kepada karyawan.

1. Contoh Surat Peringatan Karyawan Tidak Hadir Tanpa Izin

Contoh Surat Teguran Karyawan
Contoh Surat Teguran Karyawan

2. Contoh Surat Peringatan Karyawan Melanggar SOP Kerja

Melanggar SOP kerja karyawan dan terjadi secara terus menerus juga perlu diberikan surat peringatan. Dimana pelanggaran sop ini akan mempengaruhi hasil kinerja juga citra perusahaan.

PT KANTOR MERDEKA SEJAHTERA

Jalan Kenanga, No 156 c, Subang, Jawa Barat

Jawa Barat, Indonesia

Telepon : 05693254 | Email : [email protected]

 

Surat Peringatan

Nomor             : SP/002/2022/11/LKP-0A

Surat peringatan ini ditujukan kepada :

Nama              : Multiyani Rachmat

Posisi             : Customer Service 

Surat peringatan ini keluarkan oleh HRD PT Kantor Merdeka Sejahtera yang berkaitan dengan pelanggaran disiplin kerja yang dilakukan saudara Multiyani. Pelanggaran tidak disiplin ini adalah pelanggaran SOP Pelayanan Customer.

  1. Membalas pesan customer dengan kalimat tidak pantas
  2. Memberikan pelayanan tidak ramah kepada customer

Surat peringatan ini didukung dengan beberapa bukti tertulis dan juga aduan customer ke email perusahaan.

Pelanggaran SOP pelayanan customer  yang terjadi lebih dari 3x akan dikenai sanksi berupa SP 1 karena mempengaruhi citra perusahaan dan kenyamanan customer.

Surat peringatan pertama (SP I) ini diharapkan bisa memberikan efek jera dan sebagai sanksi atas perilaku tidak disiplin selama bekerja. Diharapkan saudara bisa mengikuti tata tertib yang sudah disepakati dan menerima SP I ini dengan baik.

 

  Subang, 1 November 2022

Diterbitkan oleh          

        

Maria Eka Jiwa           

HRD PT Kantor Merdeka Sejahtera

Contoh Surat Peringatan Karyawan

3. Contoh Surat Peringatan Melanggar SOP

Contoh Surat Peringatan Melanggar SOP
Contoh Surat Peringatan Melanggar SOP

Itulah beberapa contoh surat peringatan untuk karyawan dalam beberapa kasus. Contoh surat peringatan ini semoga bisa digunakan dengan baik untuk Anda.

 

Kesimpulan

Surat peringatan adalah salah satu surat yang bisa dikeluarkan HRD maupun owner untuk karyawan yang terus melakukan kesalahan atau pelanggaran dengan sengaja. Surat peringatan menjadi pengingat untuk karyawan juga diharapkan memberikan efek jera sehingga tidak akan diulangi lagi.

Selain surat peringatan, HRD juga perlu mengurus penggajian karyawan sampai dengan slip gaji. Untuk membantu HRD melakukan tugasnya, sekarang sudah sistem HRIS Karyawan yaitu Kantor Kita.

Aplikasi Perkantoran
Kantor Kita Aplikasi Perkantoran Terbaik

Aplikasi absensi yang lengkap dengan fitur untuk HR. Cek fitur lengkap dengan menggunakan free trial selama 15 hari. Jika ingin lanjut dengan privat meeting bisa mengagendakan privat zoom meeting dengan tim kami.

Sekian informasi hari ini tentang contoh surat teguran karyawan, semoga bermanfaat!

Previous articleEfektifitas dan Manfaat Aplikasi Absensi Online Untuk Perkantoran
Next articleInilah Cara Sukses Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here