Inilah 5 Alsan Kenapa Anda Harus Memilih Aplikasi Absensi Online

1
1920
Inilah 5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi Online
Inilah 5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Inilah 5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi OnlineKemajuan zaman yang semakin berkembang pesat membuat dunia teknologi juga semakin canggih dan membuat semua kebutuhan semakin mudah menggunakan sistem online.

Salah satu dampak dari kemajuan teknologi ini adalah hadirnya aplikasi absensi online untuk karyawan. Dimana sekarang aplikasi ini menjadi aplikasi unggulan di dunia kerja, bahkan hampir sama pentingnya dengan aplikasi perkantoran lainya.

Selain hanya bermanfaat untuk aplikasi absensi saja, banyak fitur di dalamnya yang memudahkan HRD dalam mengelola administrasi karyawan. Mulai dari pencatatan absensi, database karyawan sampai dengan pengelolaan payroll.

 

Alasan Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Ada banyak kelebihan absensi online, kelebihan ini membuat banyak orang memilih absensi online ini dibandingkan metode absensi lainya. Apa saja sih kelebihan dari aplikasi absensi online ini?

1. Dapat Mengolah Data Absen Menjadi Lebih Mudah

Mengelola data absensi adalah hal yang tidak semudah itu untuk HR. Pengelolaan absensi harus teliti sebab akan langsung berpengaruh terhadap gaji karyawan.

Sebab absensi karyawan sebagai dasar dalam pembuatan payroll karyawan setiap bulannya. Menggunakan aplikasi absensi online ini pencatatan absensi dilakukan secara otomatis.

Jika sebelumnya pencatatan masih dilakukan secara manual maka absensi online dilakukan secara otomatis ketika karyawan menginputkan data absen masuk, lembur maupun, absen pulang dan dinas.

Menggunakan aplikasi absensi karyawan Kantor Kita, HR dimudahkan dengan adanya dashboard admin yang dapat memantau absensi karyawan setiap harinya.

Juga laporan otomatis setiap bulannya. Di dashboard admin ini, karyawan yang terlambat masuk, alfa dan izin akan langsung terdeteksi.

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Tidak hanya itu saja, selain pencatatan absensi setiap harinya, aplikasi absen online juga otomatis memudahkan dalam pencatatan izin maupun cuti.

Pengajuan cuti dan izin ketika menggunakan aplikasi absensi online ini sudah berbasis ESS (Employee Self Service) sehingga karyawan bisa mengajukannya mandiri melalui aplikasi untuk kemudian akan di ACC oleh admin yaitu HR atau bagian yang mengurusnya.

dashboard admin aplikasi kantor kita

2. Laporan Sudah Tersedia

Alasan selanjutnya kenapa memerlukan aplikasi absensi online untuk mendapatkan laporan absensi karyawan dengan mudah dan otomatis. HR tidak perlu repot-repot lagi membuat laporan absensi manual setiap bulannya.

Laporan ini sudah terhubung dengan absensi karyawan setiap harinya, sehingga akan otomatis terakumulasi dalam laporan absensi.

Pun umumnya laporan absensi ini juga sangat memungkinkan untuk di download dalam bentuk Excell maupun PDF sehingga dokumen laporan bisa di lampirkan untuk kebutuhan administrasi.

laporan absensi karyawan

3. Meminimalkan Kecurangan

Adanya kecurangan pada absensi biasanya dilakukan oleh para karyawan yang sering melakukan keterlambatan saat berangkat kerja, membolos pada saat jam kerja, hanya titip absen kepada karyawan lain dan masih banyak pelanggaran yang dilakukan para karyawan.

Kecurangan yang dilakukan oleh karyawan tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan oleh pihak perusahaan, hal inilah yang akan mempengaruhi performa kerja karyawan. Oleh karena itu, hadirnya aplikasi absensi online ini bisa meminimalisir terjadinya kecurangan tersebut.

Sebagai aplikasi absensi online, Kantor Kita memiliki beberapa fitur yang berguna untuk memberi keamanan absensi untuk karyawan. Dan tentu saja mengurangi kecurangan

a. Face Recognition

Fitur face recognition adalah salah satu jenis fitur yang  cukup membantu HR dalam mengurangi kecurangan absensi. Face recognition ini yang membuat proses absensi dilakukan dengan hanya selfie saja.

Data wajah yang masuk akan otomatis masuk pula dalam dashboard admin (HR) sehingga untuk proses absensi tidak akan bisa dicurangi.

Pun ketika karyawan juga menggunakan masker atau penutup wajah lainya, tidak akan terdeteksi oleh aplikasi absensi.

b. Time Tracker

Selanjutnya adalah time tracker, dimana waktu absensi karyawan akan terdeteksi secara otomatis. Baik absensi masuk maupun absensi pulang. Hal ini menambah keakuratan absensi online karena karyawan tidak akan bisa mencurangi waktu absensi datang dan pulang.

Pun untuk kegiatan freelancer, absensi online ini juga bisa menghitung waktu kerja karyawan dengan akurat. Jadi penghitungan gaji freelancer berdasarkan jam tidak akan sulit atau kurang akurat.

c. GPS

Fungsi selanjutnya yang meningkatkan keamanan absensi online adalah GPS. Dimana GPS ini digunakan untuk mengurangi kecurangan dalam absensi, sehingga karyawan tidak akan bisa melakukan absensi pada daerah yang ditentukan.

Pun selain itu GPS dalam aplikasi absensi online juga berguna untuk mendeteksi lokasi absensi karyawan. Untuk kegiatan perjalanan dinas sampai sales lapangan, HR bisa mendeteksi lokasi yang seharusnya untuk karyawan.

Untuk kerja remote maupun karyawan yang bekerja secara jarak jauh sangat perlu dimonitoring menggunakan fitur ini.

4. Efisiensi Kerja

Lebih mudah bekerja menggunakan teknologi karena hasilnya lebih efisien. Baik dari waktu, energi sampai dengan cost yang dikeluarkan.

Teknologi absensi ini meringkas banyak pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien sehingga waktu dan tenaga bisa dialokasikan untuk pekerjaan yang lainya.

Menggunakan aplikasi absensi online memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan tidak menggunakan nya sama sekali. Daripada menggunakan cara konvensional yang kurang maksimal, akan lebih baik memilih hal yang efisien dan berkualitas seperti absensi online ini.

 

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Salah satu rekomendasi aplikasi absensi online Indonesia yang cukup terjangkau dan memiliki fitur yang  lengkap adalah KantorKita. Aplikasi absensi online untuk asisten HR ini bisa Anda gunakan secara free selama 14 hari dalam demo Kantor Kita.

aplikasi absensi online

Software HR Indonesia Kantor Kita juga menyediakan paket tahunan maupun bulanan untuk Anda. Belangganan paket tahunan lebih terjangkau, sedangkan paket bulanan semakin banyak pengguna yang didaftarkan akan semakin murah.

Cek selanjutnya dengan langsung Daftar Kantor Kita.

Previous articleAplikasi yang Memudahkan Pekerjaan [Anti Mainstream]
Next articlePengelolaan Administrasi Perkantoran

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here