Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?

0
3109
Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?
Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?

Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?Salah satu komponen di perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan adalah karyawan. Dimana karyawan adalah aset dan perlu dikembangkn kehadirannya agar bisa membantu perusahaan melakukan inovasi dan pengembangan diri.

Ilmu pengetahuan karyawan perlu dikembangkan agar terus bisa mengikuti ilmu pengetahuan yang berkembang. Apalagi di industri, dimana banyak kemajuan yang dilakukan khususnya periode 4.0 ini.

Nah untuk Anda HRD perusahaan, perlu memilikirkan tentang pengembangan karyawan agar bisa membantu mengembangkan perusahaan tersebut. Berikut adalah ulasan tentang pengembangan karyawan untuk Anda.

Pengembangan Karyawan di Perusahaan

Pengembangan karyawan merupakan satu agenda wajib perusahaan yang bukan hanya isapan jempol belaka. Pengembangan karyawan ini merupakan strategi yang perlu dilakukan untuk meng-upgrade skill dan pengetahuan karyawan.

Selain dari kepentingan tuntutan kerja yang harus update, pengembangan karyawan ini memberikan manfaat untuk perusahaan itu sendiri karena memiliki aset karyawan yang cemerlang dan terbaik.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pengembangan karyawan ini perlu satu tujuan atau target sehingga pengembangan bisa bermanfaat dan berada pada jalur yang tepat. Jangan sampai  sudah repot-repot memberikan skill development untuk karyawan namun tidak memberikan feed back yang baik untuk perusahaan.

Jadi akan lebih baik perusahaan mengerti skill/pengetahuan apa yang ia butuhkan sehingga bisa menetapkan pengembangan yang cocok untuk karyawannya.

Tujuan Pengembangan Karyawan

Di balik pelaksanaan pengembangan karyawan, ada tujuan utama kenapa pengembangan ini perlu dilakukan. Beberapa tujuan pengembangan karyawan adalah sebagai berikut

1. Kebutuhan akan Pengetahuan Baru Untuk Perusahaan

Seperti yang kita tahu, teknologi dan dunia industri terus mengalami kemajuan, hampir di semua bidang. Agar tetap bisa bertahan dan mengembangkan diri, perusahaan harus bisa adaptasi dengan ilmu baru.

Tanpa upgrading ilmu, perusahaan menjadi tertinggal dan tidak bisa bertahan diantaranya banyaknya competitor.

Baca Artikel : Fasilitas Apa Sih Yang Diberikan untuk Karyawan Baru?

Untuk inilah alasan kenapa pengembangan karyawan diperlukan, untuk membantu perusahaan mengembangkan diri dan bisa beradaptasi dengan kemajuan industri.

2. Kebutuhan Produktifitas Kerja

Tujuan dari pengembangan karyawan lainya adalah untuk meningkatkan produktifitas kerja di perusahaan untuk karyawan.

Dengan melakukan pengembangan skill dan pengetahuan, karyawan akan tahu bagaimana konsep yang sedang berkembang, bagaimana proses X seharusnya dilakukan dan juga tentang bersosial di tempat kerja.

Tidak melulu tentang produksi dan kerja saja melainkan juga tentang keamanan dalam bekerja sampai efisiensi proses kerja.

Dengan begini, pastinya perusahaan dimudahkan dengan memiliki karyawan yang pintar dan produktif. Sedangkan karyawan juga mendapatkan ilmu baru untuk dirinya.

Beberapa pengembangan karyawan di untuk menunjang produktifitas kerja adalah

  1. Pelatihan K3 (Keamanan dan kecelakaan kerja)
  2. Pelatihan yang mendukung pekerjaannya agar efisien
  3. Pelatihan tentang ilmu baru untuk mendukung proses kerja
  4. Pelatihan tentang ilmu penyimpanan dan perawatan benda
  5. Pelatihan untuk meningkatkan pelayanan

Dsb.

Itulah beberapa pelatihan yang mendukung pengembangan karyawan untuk kelancaran kerja atau produktifitas kerja. Dengan pelatihan ini kegiatan bekerja lebih baik dari sebelumnya.

3. Kebutuhan Soft Skill Untuk Karyawan

Selain urusan pengembangan perusahaan dan produktifitas, pengembangan ini juga termasuk  untuk pengembangan diri berupa pengembangan softskill karyawan.

Pengembangan softskill membantu karyawan agar bisa mengelola dirinya diantara kehidupan perusahaan. Beberapa contoh pengembangan softskill ini adalah

  1. Kepemimpinan
  2. Stress managing
  3. Psikologi karyawan
  4. Karir

Jadi dengan seperti ini, karyawan tidak hanya pintar dalam bekerja sana, namun bisa memenuhi kebutuhan sosial dan karirnya di perusahaan.

Nah itulah beberapa tujuan dari pelakukan pengembangan karyawan di perusahaan. Selain bermanfaat untuk pekerjaan juga mendukung kehidupan atau pengembangan pribadi karyawan itu sendiri.

Jenis-jenis Pengembangan Diri Karyawan

Ada beberapa jenis program yang bisa masuk dalam program employee development. Beberapa jenis pengembangan karyawan adalah sebagai berikut

  1. Seminar
  2. Pelatihan
  3. Kuliah
  4. Job Exchange
  5. Job enrichment
  6. Magang

Dengan pengembangan ini, diharapkan karyawan bisa bekerja lebih baik dan membantu perusahaan untuk berkembang.

Alur Proses Pengembangan Karyawan

Untuk melakukan pengembangan diri karyawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebab pengembangan tidak hanya langsung dilakukan namun perlu persiapan hingga pengembangan diri bisa dilaksanakan.

Alur Pengembangan Diri Karyawan
Figure 1 Alur Pengembangan Diri Karyawan

Jadi sebelum hari H pengembangan karyawan dimulai, ada alur yang harus diperhatikan untuk pelaksanaan pengembangan diri karyawan.

Hasil pengembangan diri ini juga perlu diamati sampai masa penerapan ilmu. Setelah itu baru bisa dievaluasi apa saja yang kurang dan bagaimana seharusnya sehingga bisa digunakan untuk bahan perbaikan di masa yang akan datang.

Berkembang bersama Kantor Kita

Pengembangan dalam hal teknologi dan efisiensi sangat penting untuk karyawan, perusahaan perlu menggunakan tools-tools yang berguna untuk membantu memaksimalkan kerja di perusahaan. Apalagi sekarang ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan.

Baca Artikel : Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan

Salah satunya adalah dari Kantor Kita, aplikasi kantor yang membantu HRD mengelola sistem HRIS perusahaan. Mulai dari kegiatan pengelolaan karyawan sampai dengan administrasi kantor.

Kantor Kita memiliki banyak fitur yang membantu penyelesaian pekerjaan kantor, misalnya fitur utama pengelolaan absensi karyawan online yang didukung dengan fitur penunjang seperti berikut:

Fitur Absensi Kantor Kita
Figure 2 Fitur Absensi Kantor Kita

Dilengkapi dengan fitur tambahan seperti GPS membuat aplikasi bisa digunakan dengan mudah dan cepat di berbagai jenis kerja, baik WFH, WFO sampai dengan kerja remote.

Anda bisa mencoba aplikasi Kantor Kita dengan mencoba free trial dari Kantor Kita selama 15 hari, daftar free trial di Daftar Kantor Kita berikut ini.

Kesimpulan

Pengembangan karyawan berguna untuk perusahaan. Baik dalam hal produktifitas sampai dengan kegiatan self development untuk karyawan itu sendiri.

Salah satu pengembangan di perusahaan bisa menggunakan aplikasi absensi untuk perusahaan, pekerjaan bisa lebih mudah dan cepat terselesaikan.

Sekian ulasan hari ini, tentang pengembangan karyawan hari ini semoga 

Previous articleIde Kegiatan Ramadhan di Perusahaan
Next articlePeraturan Yang Perlu Diketahui HRD dalam Mengelola SDM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here