Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan

0
346
Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan
Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan

Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji KaryawanKenaikan gaji untuk karyawan adalah hal yang menyenangkan, namun tidak semua karyawan bisa dengan mudah mengalami kenaikan gaji lho. Ada beberapa faktor yang menentukan kenaikan gaji karyawan, baik dari kondisi perusahaan sampai dengan faktor kemampuan karyawan itu sendiri.

Untuk perusahaan, menaikkan gaji karyawan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Umumnya kenaikan gaji ini bisa dilakukan sebesar 1-5% dari gaji awal atau jumlah lainya. Nah memangnya apasih faktor yang menentukan kenaikan gaji karyawan ini? Apakah hanya dari kenaikan jabatan saja? Atau dari faktor yang lainya? mari kita bahas bersama.

 Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan
Gambar 1 Faktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan

Sebelum menuntut kenaikan gaji kepada perusahaan atau bos Anda, coba mari kita lihat beberapa faktor yang memengaruhi kenaikan gaji karyawan ini.

1. Kinerja Karyawan

Hal yang paling pokok dan yang paling mencolok dalam kenaikan gaji adalah dengan melihat kinerja karyawan.

Perusahaan pastinya akan mempertahankan karyawan yang memiliki kualitas terbaik. Salah satu cara untuk mempertahankan karyawan terbaik adalah dengan memberikan kenaikan gaji.

Hal ini  juga berlaku ketika karyawan naik jabatan, dimana ia bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat gaji lebih besar daripada sebelummya. Namun hal ini juga segaris lurus dengan beban kerja yang semakin bertambah.

Kinerja karyawan akan sangat memengaruhi faktor kenaikan gaji karyawan, itulah kenapa ada penilaian kinerja karyawan dan juga evaluasi. Sehingga karyaawan maupun perusahaan mengetahui bagaimana kualitas kerja karyawan tersebut.

Kualitas karyawan tidak hanya dilihat dari attitudenya saja, melainkan dari keaktifannya di tempat kerja, kontribusi dan juga disiplin kerjanya.

Penilaian karyawan untuk pekerja sales juga berbeda dengan pekerja lainya. Sales memiliki target tertentu sehingga ia akan mendapatkan gaji yang lebih besar bersamaan perolehan target yang berhasil didapatkan.

Bagaimana dengan kualitas kerja Anda?

2. Masa Kerja

Masa kerja, selain pekerja yang berkualitas, perusahaan juga bisa memberikan tambahan gaji kepada karyawan yang berjasa dalam masa rintisan perusahaan maupun karyawan. Masa kerja yang sudah lama memberikan banyak pengalaman kepada karyawan sehingga dipertimbangkan untuk dinaikkan jabatannya. Dari sinilah karyawan dengan masa kerja lama memiliki peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji.

3. Kemampuan Perusahaan

Hal utama selanjutnya yang memengaruhi kenaikan gaji karyawan adalah kemampuan perusahaan dalam menggaji karyawannya. Umumnya ini dirasakan perusahaan swasta dimana kondisi bisnis sangat memengaruhi kesejahteraan karyawan.

Karyawan bisa saja mendapatkan kenaikan gaji seiring perkembangan bisnis perusahaan yang semakin bagus. Untuk kemudian sebagai imbalanya perusahaan memberikan kenaikan gaji untuk semua karyawan atas kerja kerasnya meningkatkan performa perusahaan.

4. Upah Minimum

Faktor eksternal dari perusahaan dalam menaikkan gaji karyawan adalah ketentuan dari pemerintah. Upah minimum daerah ini sudah ditentukan oleh pemerintah sehingga bisa digunakan sebagai dasar dalam pengupahan karyawan.

Itulah beberapa faktor yang menentukan kenaikan gaji karyawan di perusahaan. Kembali lagi kenaikan gaji tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan karena ada banyak hal yang memengaruhi. Baik dari dalam maupun dari eksternal perusahaan.

Komponen Gaji Karyawan

Ketika kita membicarakan kenaikan gaji karyawan, sebenarnya komponen yang mana sih yang naik nominalnya? Sebab kita semua tahu bahwa komponen gaji beberapa jenis. Nah berikut komponennya

1. Gaji Pokok

Gaji pokok adalah upah tetap yang didapatkan karyawan atas pekerjaanya. Gaji pokok ini didasarkan pada UMR dan juga posisi karyawan. Gaji pokok ini juga merupakan hasil kesepakatan antara karyawan dan perusahan. Diberikan setiap bulannya atau waktu tertentu yang telah disepakati.

Baca Artikel : Slip Gaji Karyawan, Apa Komponen yang Harus Dimuat?

2. Tunjangan Tetap

Selanjutnya komponen gaji terdiri atas tunjangan untuk karyawan, tunjangan terdiri dari tunjangan karyawan tetap dan tidak tetap.

Tunjangan merupakan tambahan gaji yang didapatkan karyawan, umumnya diberikan bersamaan dengan gaji pokok. Tunjangan tetap ini selain didasarkan kepada kemampuan perusahaan juga didasarkan pada jenis pekerjaan karyawan.

Posisi yang memiliki tanggungjawab lebih tinggi memiliki tunjangan lebih besar untuk mempermudah dan menunjang kelancaraan pekerjaannya.

3. Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang didapatkan karyawan secara tidak tetap, tidak satu waktu dengan penggajian bulanan karyawan. Umumnya diberikan ketika perusahaan sedang dalam laba tinggi sehingga dinilai sebagai bonus. Tunjangan ini juga dipengaruhi oleh kehadiran maupun performa karyawan dalam bekerja.

4. Upah Lembur

Upah lembur karyawan merupakan gaji tambahan yang didapatkan karyawan setelah menjalani kerja overtime atau kerja lembur. Pengupahan lembur ini juga diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. Upah lembur diberikan secara kumulatif perbulan atau diberikan langsung setiap akhir waktu lembur.

5. Potongan

Komponen gaji selanjutnya adalah potongan gaji yang didasarkan pada banyak hal, misalnya potongan asuransi Kesehatan, potongan keterlambatan, potongan hutang dan lain sebagainya. Potongan ini terhitung otomatis di waktu gajian datang.

Mudahkan Pengelolaan Gaji Karyawan Di Payroll Kantor Kita

Pengelolaan Gaji Karyawan Di Payroll Kantor Kita
Pengelolaan Gaji Karyawan Di Payroll Kantor Kita

Kelola penggajian dengan banyak komponen, gaji pokok sampai dengan kenaikan gaji bisa didapatkan dengan mudah menggunakan aplikasi Kantor Kita.

Sistem HRIS perusahaan yang memberikan banyak fitur untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola SDMnya. Hadir aplikasi absensi dengan fitur administrasi lengkap, payroll, dan juga plugin yang mendukung.

Baca Artikel : Mengenal Metode Penggajian Payroll

Anda bisa menggunakan sistem HRIS ini dengan free demo selama 15 hari terlebih dahulu, untuk kemudian berlangganan Kantor Kita. Harga layanan mulai dari periode bulanan untuk lebih hematnya bisa menggunakan periode tahunan.

Daftar Kantor Kita segera untuk mendapatkan kemudahannya!

Jadi kita semua tahu ya ada beberapa faktor yang menentukan kenaikan gaji karyawan, dari kinerja yang bagus sampai dengan upah standar di daerah tersebut. Faktor inilah yang membuat perusahaan menaikkan gaji karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here