Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan

0
1374
Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan
Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan

Jenis-Jenis Tunjangan KaryawanDi dalam dunia kerja ada satu hak dimana karyawan mendapatkan tunjangan dari perusahaan. Baik dalam bidang Kesehatan, masa tua sampai dengan tunjangan sehari-hari. Yang dimaksud dengan tunjangan adalah tambahan pendapatan di luar gaji sebagai bantuan dari perusahaan, lembaga pemberi kerja.

Pemberian tunjangan ini kepada karyawan pastinya memiliki tujuan tertentu dimana tunjangan ini diberikan rutin atau juga diberikan pada waktu tertentu saja.

Nah di ulasan Kantor Kita hari ini, kita akan membahas menegani jenis jenis tunjangan karyawan. Mari kita ulas.

Tunjangan  

Seperti yang di tuliskan di atas, tunjangan adalah penghasilan di luar upah karyawan. Menurut KBBI tunjangan adalah uang (barang) yang digunakan untuk menunjang; tambahan pendapatan di luar gaji sebagai bantuan ; sokongan ; bantuan.

Menurut Hasibuan, tunjangan adalah bentuk hak yang didapatkan karyawan dalam perjanjian kerja. Dimana tunjangan ini diberikan sesuai dengan posisi dan jabatan kerja.

Baca Artikel Slip Gaji Karyawan, Apa Komponen yang Harus Dimuat?

Menurut Simamora, pembayaran dan jasa yang melengkapi gaji pokok dan dibayarkan oleh organisasi baik pembayaran keseluruhan atau sebagian.

Sedangkan menurut Abdurrahma Fathoni tunjangan adalah bagian dari kompensasi tunjangan dipandang sebagai sistem imbalan yaitu kompensasi langsung dan juga prestasi kerja.

Jadi pengertian tunjangan beberapa sumber di atas bisa diketahui tunjangan adalah tambahan pengasilan di luar penghasilan utama.

Pembagian Tunjangan Karyawan

Ada banyak jenis tunjangan, namun dari edaran Menteri tenaga kerja, tunjangan terbagi menjadi dua jenis. Beberapa diantaranya adalah

  1. Tunjangan tetap
  2. Tunjangan tidak tetap

Dimana tunjangan tetap adalah pemberian tambahan penghasilan yang teratur dimana ini adalah tunjangan yang teratur diberikan secara tetap kepada karyawan. Dan diberikan pada waktu yang sama.

Sedangkan tunjangan tidak tetap adalah bentuk pembayaran yang dibayarkan secara langsung maupun tidak langsung kepada pekerja. Dibayarkan secara tidak tetap untuk karyawan dalam satuan waktu yang tidak sama dengan upah pokok.

Gambar 1 jenis tunjangan
Gambar 1 Jenis Tunjangan

Jenis Jenis Tunjangan Karyawan

Secara mendetail, tunjangan karyawan terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Tidak hanya tunjangan tetap tidak tetap namun dibagi lagi lebih spesifik. Beberapa jenis tunjangan karyawan adalah

jenis tunjangan karyawan
Gambar 2 Jenis Tunjangan Karyawan

1. Tunjangan Makan

Tunjangan makan adalah salah satu fasilitas yang diberikan pemberi kerja kepada karyawannya. Umumnya tunjangan makan ini diberikan sekaligus dengan gaji sehingga masuk dalam tunjangan tetap. Atau jika pemberian tunjangan makan diberikan sesuai kehadiran, masuk sebagai tunjangan tidak tetap. Umumnya tunjangan makan ini meng-cover makan siang karyawan. Bentuk tunjangan makan ini adalah berupa uang maupun makan siang.

2. Tunjangan Kesehatan

Ini merupakan tunjangan yang diberikan perusahaan untuk membantu karyawan mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik. Tunjangan Kesehatan ini juga bisa diberikan kepada anggota keluarga karyawan juga. Di Indonesia tunjangan Kesehatan ini diberikan dengan pemberian jaminan Kesehatan seperti BPJS Kesehatan maupun Jamsostek.

3. Tunjangan Transportasi

Tunjangan transportasi atau biasa dikenal dengan uang transport. Tunjangan ini diberikan kepada karyawan untuk mengganti uang transport yang dihabiskan karyawan untuk perjalanan kerja. Tujuan dari pemberian tunjangan transportasi ini adalah untuk membantu memberikan karyawan kemudahan. Tunjangan jenis ini diberikan dalam bentuk uang atau juga dalam bentuk kendaraan untuk karyawan.

4. Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan adalah salah satu tunjangan yang diberikan perusahaan untuk karyawan memiliki posisi atau jabatan tertentu. Dimana posisi ini memiliki resiko atau tanggung jawab lebih besar daripada posisi lainya, sehingga perusahaan perlu memberikan tunjangan jabatan ini. Misalnya nakes dengan posisi tertentu yang memiliki tanggung jawab besar dan resiko besar di masa pandemi, dan lain sebagai.

Baca Artikel BPJS: Tunjangan Kesehatan Yang Penting Untuk Karyawan

5. Tunjangan Keluarga

Tunjangan yang diberikan khusus untuk keluarga karyawan, tunjangan ini termasuk tunjangan anak dan istri. Misalnya tunjangan Pendidikan anak atau Kesehatan anak dan istri. Hal ini untuk menjaga kesejahteraan keluarga karyawan.

6. Tunjangan Hari Raya

Tunjangan hari raya masuk sebagai tunjangan tidak tetap karena diberikan pada waktu tertentu.

Umumnya tunjangan diberikan menjelang hari raya masing-masing agama karyawan. Dimana THR ini diberikan untuk memeringati hari raya agama karyawan. Pun masalah THR ini juga diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tahun 2016.

7. Tunjangan Pensiun

Tunjangan pensiun adalah tunjangan yang diberikan untuk menjamin hari tua karyawan. Ketika sudah memasuki usia pensiun atau usia tidak produktif, maka tunjangan pensiun ini bisa diberikan. Tunjangan ini juga membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan.

8. Tunjangan Lembur

Merupakan tunjangan yang diberikan karyawan sebagai ganti atas waktu lemburnya. Tunjangan lembur ini juga memiliki aturan tersendiri yang langsung diatur oleh pemerintah. Kita bisa mempelajari tentang tunjangan lembur ini dalam ulasan cara menghitung upah lembur karyawan terbaru berikut ini.

Itulah beberapa contoh tunjangan yang banyak diterapkan dalam perusahaan di Indonesia. Mulai dari tunjangan transportasi sampai dengan tunjangan kesehatan.

Kenapa Karyawan Perlu Diberikan Tunjangan?

Pemberian tunjangan kepada karyawan sangat diperlukan, hal ini berhubungan dengan performa kerja sampai dengan bentuk reward perusahaan kepada karyawan. Beberapa contoh alasan kenapa karyawan perlu diberikan tunjangan adalah karena

  • Mempertahankan performa kerja karyawan
  • Memberikan reward kepada karyawan
  • Sebagai imbalan atas waktu dan kinerjanya
  • Meningkat produktivitas karyawan

Ada banyak bentuk manfaat tunjangan yang diberikan perusahaan untuk karyawan  ini. Apalagi untuk Kesehatan dan tunjangan keluarga, hal ini menjadi satu hal yang berguna bagi karyawan. Dengan pemberikan tunjangan seperti ini karyawan bisa lebih productif.

Baca Artikel Dear HRD, Tinggalkan Cara Lama dengan Cara Modern dan Efisien

Hitung Tunjangan Karyawan Otomatis dengan Kantor Kita

Untuk HRD, menghitung gaji dan tunjangan karyawan adalah hal yang cukup rumit dan perlu dipersiapkan sebelum waktu gajian. Jika salah hitung, bisa menjadi masalah baru. Belum lagi harus cek satu persatu dengan kehadiran karyawan.

Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada software HRIS by Kantor Kita. Merupakan aplikasi absensi yang terintegrasi dengan payroll. Sehingga penghitungan gaji jadi lebih mudah dan cepat.

Termasuk dalam hal tunjangan atau potongan yang lainya. Bisa terhitung secara otomatis sehingga HRD tidak perlu menghitungnya secara manual lagi.

Anda bisa menggunakan aplikasi kantor by Kantor Kita. Coba free trial selama 15 hari dan nikmati setiap fitur dan kemudahan yang diberikan.

Kesimpulan

Tunjangan karyawan adalah tambahan yang diberikan kepada karyawan di luar gaji karyawan. Ada banyak sekali jenis tunjangan yang bisa didapatkan karyawan dari perusahaan. Hal ini menyangkut dengan kebijakan perusahaan.

Nah, HRD bisa menghitung tunjangan perusahaan dengan mudah menggunakan payroll aplikasi HR Kantor Kita. Payroll yang dapat hitung tunjangan secara otomatis beserta gajinya. Hasil bisa dilangsung terinput di slip gaji karyawan.

Baik, itulah artikel tentang jenis tunjangan karyawan hari ini, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here