Tips Liburan Lebaran Tanpa Gangguan untuk Karyawan

0
329
Tips Liburan Lebaran Tanpa Gangguan untuk Karyawan

Tips Liburan Lebaran Tanpa Gangguan untuk KaryawanHari raya idul fitri menjadi moment yang menyenangkan untuk umat muslim, bagaimana tidak disini semua umat muslim merayakan hari kemenangan. Libur kantor dan bisa berkumpul bersama dengan keluarga di rumah.

Momen ini menjadi momen mudik untuk para perantau dan tentunya perusahaan menetapkan hari libur untuk karyawannya.

Nah di tahun 2022 ini, cuti karyawan khusus lebaran akan jatuh pada tanggal berapa? Bagaimana juga hal yang perlu dipersiapkan oleh HRD maupun karyawan menyelesaikan urusan kantor sebelum cuti lebaran? Mari kita bahas bersama.

Penetapan Cuti Bersama Lebaran 2022

Ramadhan tahun 2022 ini ditetapkan pada tanggal 2 atau 3 april 2022 maka lebaran akan jatuh pada sekitar tanggal 2-3 Mei 2022. Nah biasanya akan ada cuti bersama lebaran untuk 1-3 hari agar semua orang bisa merayakan hari raya islam ini dengan baik.

Bagaimana dengan cuti bersama lebaran 2022?

Pemerintah sudah mengumumkan cuti bersama lebaran 2022 ini akan jatuh di tanggal 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Jadi libur dimulai pada tanggal 29 April 2022 dan aktif Kembali pada tanggal 9 Mei 2022. Jika di total libur lebaran tahun 2022 ini 13 hari termasuk weekendnya. Wah cukup panjang sekali yah!

Presiden Jokowi melalui siaran langsung dalam pengumuman cuti bersama ini menjelaskan bahwa waktu libur ini merupakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, sehingga untuk kita para pekerja bisa puas di rumah dan berkumpul dengan keluarga dengan nyaman karena waktu liburnya lumayan panjang.

Pun Jokowi juga menghimbau untuk melakukan vaksin booster dan juga tetap menjaga protocol.

Tips Liburan Lebaran Tanpa Gangguan untuk Karyawan

Nah setelah mendapatkan THR karyawan (link artikel thr karyawan) dan bersiap menjalankan mudik di cuti bersama lebaran 2022 dengan baik, pastikan urusan pekerjaan juga dikelola dengan baik sebelum lebaran dan hari libur lebaran tiba, jadi tidak akan mengganggu masa libur Anda.

Berikut adalah tips dari Kantor Kita agar lebaran bisa lancar tanpa beban. Mari kita simak.

1. Selesaikan Tanggung Jawab Pekerjaan Sebelum Lebaran

Nah inilah yang paling penting untuk para pekerja, yaitu menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan sebelum ditinggal liburan lebaran. Jangan sampai pekerjaan Anda terpending atau malah ditinggalkan sehingga setelah hari raya pekerjaan tetap menumpuk bahkan keteran.

Ada beberapa pekerjaan yang perlu dipersiapkan oleh beberapa bagian sebelum hari raya, misalnya sebagai berikut:

No Posisi Tugas Sebelum Hari Raya
1. HRD a.       Mengurus pembayaran pajak dan memastikan sudah clear sebelum lebaran

b.      Mengatur shift kerja karyawan (jika ada piket karyawan)

c.       Mengurus administrasi yang perlu diselesaikan

2. Tim penyiaran dan marketing a.       Menyiapkan konten hari raya (sosial media, email dll)

b.      Melakukan penjadwalan unggah konten

3. Staff Memastikan shift kerja selama libur lebaran

Untuk pekerjaan tertentu, memang ada shift selama libur lebaran berlangsung sedangkan yang lainya memang bisa ditinggal namun pekerjaan tetap harus jalan seperti tim penyiaran dan lain sebagainya.

Jangan sampai di waktu liburan Anda di telepon atau di tanya oleh rekan kerja mengenai tanggungjawab pekerjaan. Dimana ini akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman saat liburan lebaran.

2. Dapatkan Kejelasan Shift Piket Jika Ada

Tips selanjutnya adalah memastikan shift masuk pada waktu libur lebaran. Sebab pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan seperti

  1. Tenaga Kesehatan
  2. Layanan CS
  3. Keamanan dan keselamatan

Harus tetap masuk dan menjalankan shift sesuai bagiannya. Nah sebelum libur tiba, pastikan ke manager jadwal shift sudah ada, jadi bisa di agendakan waktu liburan lebaran Anda. Mau pergi kemana saja sudah bisa direncakan tidak takut tiba-tiba ada kewajiban shift kerja.

Baca: Ide Kegiatan Ramadhan di Perusahaan

3. Beri Informasi Kepada Client atau Mitra Tentang Jadwal Libur Perusahaan

Memberitahu client atau mitra terkait jadwal libur perusahaan Anda juga penting dilakukan apalagi untuk perusahaan yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Sehingga jadwal operasi bisa jelas.

Hal ini berlaku untuk yang bekerja di bidang Kesehatan, makanan, toko maupun pelayanan umum lainya.

Jangan membuat client maupun mitra menunggu lama kehadiran Anda, untuk itu berikan kejelasan waktunya. Baik itu memberikan pengumuman melalui Whatsapp, Email maupun pemberitahuan media cetak dan grup.

Misalnya :

Jika sudah jelas memberikan pengumuman seperti ini, cukup memudahkan pelanggan dan klien Anda, bukan?

4. Pastikan Peralatan Kantor Sebelum Ditinggalkan

Urusan peralatan kantor bukan hanya urusan tukang kebun dan penjaga kantor saja lho. Melainkan tanggung jawab masing-masing karyawan, apalagi yang berhubungan dengan barang untuk kerja, seperti komputer, laptop, handphone, kamera, kendaraan kantor dan peralatan lainya.

Pastikan sebelum ditinggal libur lebaran, barang kantor terutama yang elektronik ini sudah dalam kondisi mati atau diputuskan alirannya dari listrik sehingga aman dan tidak akan kepikiran saat libur lebaran tiba. Pun juga dengan kondisi loker penyimpanan dan meja, pastikan semua file penting aman dan dalam kondisi terkunci.

Jadi pastikan barang elektronik di meja Anda sudah aman dan siap untuk ditinggal mudik beberapa hari.

5. Buat Note Untuk Agenda ke Depannya

Biasanya karyawan akan lupa atau bingung dengan apa yang harus ia kerjakan setelah libur panjang, nah hindari hal ini terjadi dengan membuat note pekerjaan apa saja yang kurang dan perlu dikerjakan segera. Jadi habis liburan tidak ada rasa malas ataupun bingung karena pekerjaan. Buat pekerjaan Anda lebih lancar dan mudah.

Nah itulah beberapa tips liburan lancar sebelum lebaran dari Kantor Kita, jadikan momen libur lebaran ini menjadi waktu luang untuk keluarga, sahabat dan orang terdekat sehingga tidak akan perlu khawatir dengan gangguan pekerjaan.

Kelola Absensi dan Cuti Lebaran Dengan Kantor Kita

Untuk Anda HRD tidak perlu risau mengatur shift maupun memanajemen absensi dan cuti lebaran ini, karena sudah ada Kantor Kita. Aplikasi absensi karyawan online yang membantu perusahaan mengurus masalah manajemen absensi karyawan dengan mudah dan cepat. Jadi ditinggal liburan lebaran pun tidak akan masalah.

Aplikasi absensi online | Kantor Kita
Aplikasi absensi online | Kantor Kita

Aplikasi absensi online siap membantu Anda di liburan lebaran ini dengan:

  1. Absensi online dengan gps untuk pekerja WFH, WFO dan remote
  2. Absensi shift kerja karyawan
  3. Pengajuan izin dan cuti online
  4. Laporan absensi karyawan

Sehingga dengan fitur ini, manajemen absensi bisa lebih mudah dan cepat. Semua bisa dipantau dari jauh, jadi lebih fleksibel dan efisien.

Sekian ulasan hari ini tentang tips Liburan Lebaran Tanpa Gangguan untuk Karyawan, lebih mudah urus manajemen kantor bersama Kantor Kita!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here