Mengenal Karyawan Berdasarkan Kepribadiannya

0
67

Mengenal Karyawan Berdasarkan KepribadiannyaDi dunia kerja mengenal karakter karyawan adalah hal yang penting, apalagi dunia kerja memiliki tipe lingkungan yang dinamis. Saat tes perekrutan karyawan pastinya HRD sudah mulai menganalisa bagaimana kepribadian calon karyawan tersebut hal ini digunakan untuk mengetahui apakah karakter cocok dengan lingkungan kantor dan posisi yang tepat untuknya. Ketika sudah masuk di dunia kerja, mengenal karakter digunakan untuk pergaulan dan komunikasi sehingga ketika berkoordinasi masalah pekerjaan bisa menggunakan cara komunikasi yang pas dan tepat. Berikut adalah ulasan jenis-jenis karakter karyawan dalam kantor

  • Optimis

Di lingkungan tempat tinggal pasti ada salah satu orang yang memiliki sifat paling optimis daripada yang lainya termasuk di dunia kerja. Karyawan yang memiliki sikap optimis biasanya memandang segala sesuatu dari hal baiknya dan memiliki harapan yang baik di masa depan. Si optimis ini memiliki positive vibes sehingga ia disukai rekan kerjanya.

Tidak sulit untuk si optimis hidup dalam lingkungan kantor karena ia menyukai pekerjaannya dan memiliki harapan yang baik dalam pekerjaanya untuk waktu ke depan. Dalam menerima pekerjaan pun ia akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan dan mencari solusi dengan bagus dari setiap masalah yang ada. Biasanya si optimis ini memiliki keinginan belajar yang tinggi, ulet dalam bekerja dan tipe yang teratur atau terorganisir dalam menjadwalkan hari-harinya.

  • Pekerja keras

Berbeda dengan si optimis yang melihat segala sesuatunya dari hal-hal yang baik dalam bekerja, si pekerja keras ini bekerja dengan cara yang efektif agar energi yang ia keluarkan memiliki hasil sama dengan usahanya atau lebih. Pekerja keras ini terfokus dengan pekerjaannya dan bagaimana ia menyelesaikan dengan efektif dan efisien.

Karyawan yang memiliki sifat pekerja keras tentu saja memiliki minat yang tinggi atas pekerjaanya, dalam hidup pun si pekerja keras ini memiliki rencana dan target yang harus dicapai sehingga ia selalu berusaha yang terbaik. Si pekerja keras hidup untuk masa depan dengan berusaha semaksimal mungkin untuk sekarang, si pekerja keras ini juga selalu berusaha menjadi yang terbaik loh baik untuk dirinya maupun untuk kantor tempatnya bekerja.

Tipe karyawan pekerja keras ini biasanya memiliki strategi dan rencana untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik.

Baca Artikel : Cara membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan 

  • Pasif

Jika sudah ada tipe karyawan yang optimis dan pekerja keras, pasti ada salah satu karyawan yang memiliki sikap yang pasif. Karyawan dengan sikap pasif ini cenderung lebih diam, tidak ingin belajar hal yang baru, tidak ingin membuat kemajuan, atau menyukai hal yang menurutnya aman.

Si pasif ini akan mengerjakan tugas yang dibeikan padanya namun tidak memiliki rasa ingin tahu dan antusias kerja yang tinggi. Kenali lebih dalam si pasif apakah ini adalah karakternya atau ada yang salah dengan dirinya saat masuk di kantor seperti merasa bidang yang ia kerjakan tidak cocok untuknya atau ia sudah bosan bekerja di bidang tersebut.

  • Egois

Masuk di dunia kerja pasti akan menemui karyawan dengan tipe seperti ini. Si egois memiliki kemampuan di bidang kerjanya, ia cukup percaya diri dengan kemampuannya, bahkan ia masuk dalam katergori pintar namun kemampuannya tersebut membuat ia self oriented atau egois. Ia merasa tidak memercayai orang lain untuk melakukan pekerjaan atau hasil pekerjaan orang lain tidak sebagus dirinya.

Tipe egois ini memiliki kemauan yang kuat, saking kuatnya tidak ada pendapat orang lain yang bisa mengalahkan kemauan si egois. Karakter ini bisa dilihat saat rapat kantor, ia akan bersikukuh dengan pendapatnya sehingga semua harus setuju dengan pendapatnya. Si egois juga bisa saja mementingkan kehidupan pribadi daripada agenda kantor.

  • Cuek

Si cuek, memiliki kemampuan dan hanya berfokus pada pekerjaanya saja. Si cuek memiliki pikiran, cukup kerja saja dan berfokus dengan pekerjaannya sampai tuntas. Masalah pekerjaan bisa beres di tangan si cuek, namun untuk pergaulan kantor, si cuek ini cenderung malas bersosial dan pasif. Padahal pergaulan dalam kantor juga cukup penting untuk membangun relasi.

Si cuek ini kurang tertarik mendengarkan hal-hal yang dirasa kurang penting untuknya seperti gosip sehingga ia lebih suka menyelesaikan pekerjaan dan melakukan hal yang berguna. Bagusnya dari si cuek ini adalah tetap menjadi diri sendiri dalam bergaul dan memiliki kualitas pergaulan yang berkualitas karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk dalam hidupnya.

  • Detail & teliti

Absensi Mudah dengan Kantor KitaDiantara karyawan di kantor pasti ada yang memiliki sifat yang detail dan teliti dalam memperhatikan sesuatu. Seseorang dengan sikap ini cenderung berhati-hati dalam bertindak, ia bahkan mendengarkan pendapat orang dengan baik. Si detail  ini bekerja dengan cermat dan teliti. Selain itu ia juga memperhatikan karakter rekan kerjanya dengan baik dan memperlakuan mereka berdasarkan yang ia lihat. Beberapa posisi yang pas untuk si detail ini adalah HRD maupun keuangan.

Di atas adalah jenis-jenis karakter karyawan yang ada di lingkungan pekerjaan, dengan melihat karakternya pastinya atasan atau rekan kerja bisa memperlakukan karyawan dengan benar sesuai karakternya. Berdasarkan ilmu psikologi yang umumnya digunakan karakter karyawan dibedakan menjadi 4 bagian yaitu Koleris si pemimin, Sanguinis si optimis, Plegmatis si apatis atau si cuek, dan melankolis si pemikir.

Karakter Calon Karyawan Yang Dicari Perusahaan

Jika sudah mengetahui beberapa karakter yang ada di perusahaan berikut adalah beberapa karakter yang dicari perusahaan. Karakter ini akan dilihat saat perekrutan karyawan. Apa aja sih karakter yang dicari perusahaan untuk karyawan baru??

  1. Antusiasme

Saat proses perekrutan pasti ada tahap wawancara dimana HRD atau tim recruiter akan melihat karakter seseorang salah satunya antusiasme dalam dunia kerja. Seseorang yang antusias pasti terlihar dari wajahnya sehingga tidak sulit untuk menilai antusiasme calon karyawan.

  1. Ingin belajar banyak hal

seseorang yang memiliki semangat untuk terus belajar adalah karyawan yang dicari         perusahaan karena dengan memiliki rasa penasaran pastinya ia akan mencoba banyak hal dan belajar hingga menjadi ahli. Seseorang yang memiliki rasa penasaran yang tinggi akan ilmu tidak cepat bosan dan akan berantusias dalam bekerja. Inovasi pun akan muncul dari seseorang yang selalu penasaran akan ilmu.

  1. Attitude

Seseorang yang memiliki attitude yang tinggi akan disukai daripada kemampuan akademis yang tinggi. Dari attitude yang baik seseorang bisa mengerti posisi dan mengontrol emosi dengan baik sehingga ia bisa dengan mudah beradabtasi dengan lingkungan maupun rekan kerja.

Mengenal karakter karyawan sangat penting untuk HRD ataupun ketua tim divisi agar kerja sama antar kantor dan pribadi bisa terjalin dengan baik. Selain mengenal karakter yang paling penting adalah menilai kinerja karyawan. Anda bisa melakuan penilaian kinerja karyawan menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita. Aplikasi absensi online yang realtime dan dilengkapi fitur GPS sehingga bisa tahu lokasi terkini karyawan saat bertugas di lapangan. Mudah bangeet, yuk pelajari selengkapnya di www.kantorkita.com

Untuk mencoba melalui android anda bisa download aplikasi kantor kita melalui playstore. Klik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here