Mengenal Metode Penggajian Payroll

0
65

Mengenal Metode Penggajian Payroll – Di awal bulan adalah waktu menggembirakan untuk karyawan karena disini mereka akan menerima uang gaji mereka setelah satu bulan bekerja, masalah gaji ini untuk karyawan adalah masalah yang menyenangkan, bagaimana dengan tim keuangan atau HRD yang mengurusi masalah gaji? Tentu ini adalah bagian yang tidak mudah dan memerlukan fokus yang tinggi.

Penggajian keuangan adalah satu hal yang rumit, karena memiliki variabel yang cukup banyak dan harus dilakukan secara teliti agar tidak ada masalah salah hitung atau nominal. Masalah gaji ini tidak cukup sampai disini karena distribusi gaji juga harus dipikirkan agar gaji bisa sampai di karyawan tepat waktu. Namun sekarang sudah ada aplikasi dan software payroll yang membantu Anda mengurus masalah gaji ini. Apa yang dimaksud payroll? Apakah kantor atau tempat kerja Anda sudah menggunakan sistem ini untuk menghitung gaji karyawan? Berikut ulasan payroll untuk Anda.

Payroll

Payroll adalah sistem pembayaran gaji dari managemen atau HRD untuk karyawannya. Payroll merupakan sistem pembayaran gaji masa kini yang cukup membantu managemen perusahaan mengurusi masalah gaji pekerja. Payroll hadir dengan software maupun aplikasi-aplikasi yang bisa diakses. Adanya payroll ini tentunya masalah penghitungan gaji karyawan menjadi lebih mudah.

Untuk perusahaan yang berkembang dan memiliki banyak karyawan, menghitung gaji dengan sistem payroll ini tentunya lebih mudah, karena dalam penghitungan gaji ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti,

  1. Tunjangan
  2. Bonus
  3. Uang BPJS/asuransi kesehatan
  4. Potongan izin absen
  5. Uang transport
  6. Pajak
  7. Uang makan

Atau banyak hal lagi. Jika hal tersebut dilakukan dengan manual dan jumlah karyawan  cukup banyak terbayang bagaimana sulitnya HRD menghitung gaji karyawan. Oleh karena itu software payroll membantu Anda mengatasi masalah ini. Jika biasanya penghitungan gaji membutuhkan waktu seminggu atau lebih, dengan payroll ini penghitungan gaji dilakukan dengan lebih singkat.

Manfaat Menggunakan Payroll Untuk Penghitungan Gaji

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan payroll adalah

  1. Laporan gaji lebih jelas

Untuk karyawan menerima gaji tidak hanya sekedar menerima gaji, untuk menghindari ketidaksesuaian kinerja dengan gaji yang diterima, HRD pastinya memberikan slip gaji untuk seluruh karyawannya. Laporan gaji lebih jelas untuk karyawan termasuk keterangan potongan maupun bonus yang diperoleh untuk bulan tersebut. Menggunakan payroll setiap karyawan akan mendapatkan slip gaji yang lengkap dan jelas.

Baca Artikel : Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

  1. Menghitung gaji lebih mudah

Berbeda dengan sistem konvensional yang harus mengerahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk menghitung gaji para karyawan, menggunakan sistem penggajian payroll HRD bisa dengan mudah  menghitung besaran gaji tiap karyawan. Hal ini karena gaji akan terpotong secara otomatis oleh sistem yang telah di atur untuk potongan BPJS, atau uang lainya. Tidak sampai sini saja, pemotongan otomatis juga bisa dilakukan untuk karyawan yang absen selama satu atau bebeapa hari tersebut. Pemotongan otomatis ini akan menghasilkan jumlah gaji yang diterima karyawan jadi penghitungan banyak karyawan jadi mudah, kan??

  1. Hemat waktu tenaga dan pikiran

Salah satu hal yang membuat payroll disukai adalah ia membuat proses penghitungan gaji lebih singkat dan mudah, dimana hal  ini menghemat waktu dan tenaga untuk berkutat dengan masalah gaji. Jika masalah gaji diselesaikan berhari-hari, dengan payroll ini gaji selesai dalam waktu satu hari saja.

  1. Data tersimpan dengan aman

Kelebihan selanjutnya menggunakan Payroll untuk sistem penggajian adalah HRD dan karyawan bisa menyimpan laporan gaji perbulannya dengan baik dan aman. Penyimpanan laporan gaji ini bisa digunakan untuk bukti jika ada masalah tertentu baik untuk HRD maupun karyawan. Slip gaji yang dibagikan secara digital memudahkan pendistribusian dan tentunya menghemat kertas.

Baca Juga Artikel : 5 Manfaat Aplikasi Slip Gaji Bagi Perusahaan

Apa Yang Memengaruhi Besaran Gaji Karyawan??

Membicarakan payroll tidak bisa lepas dari potongan gaji dan hal-hal yang memengaruhi pendapatan gaji karyawan, apa saja sih hal-hal yang memengaruhi?

  • Uang pokok

Uang pokok adalah gaji tetap yang diterima karyawan  setiap bulannya. Besaran uang pokok ini  berbeda-beda dari jenis pekerjaan, jabatan ataupun berdasarkan UMR daerah tersebut. Besaran gaji pokok ini juga tergantung dari perjanjian perusahaan dan karyawan.

  • Kehadiran

Semua perusahaan pasti menerapkan pemotongan gaji jika tidak hadir bekerja, besaran pemotongan sesuai dengan jumlah hari absennya. Namun jika Anda tidak masuk karena sakit ataupun keperluan mendesak lain dengan bukti maka tidak akan dilakukan pemotongan gaji. Nominal pemotongan gaji juga berbeda dari tiap perusahaan mulai dari Rp. 60.000 sampai Rp. 150.000 ke atas.

  • Potongan keterlambatan

Selain ada potongan karena izin, di perusahaan juga terdapat potongan jika Anda terlambat masuk kerja. Ada peraturan dan kesepakatan tersendiri masalah ini. Ini masuk dengan hukuman ketelambatan untuk mendisiplinkan karyawan.

  • Bonus

Ada juga uang bonus yang Anda dapatkan, karyawan yang memiliki uang bonus biasanya dengan profesi sales ataupun marketing. Bonus diberikan jika karyawan sudah menyelesaikan target yang diberikan.

Masalah gaji lebih mudah dengan Payroll, jika sudah dibantu payroll untuk penggajian, sekarang Anda juga harus memikirkan masalah absensi. Salah satu aplikasi absensi online adalah Kantor Kita, memudahkan Anda dan karyawan berabsen baik WFH ataupun WFO. Cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here