Ini yang Harus Dipersiapkan untuk Wawancara Kerja

0
1268

Ini yang Harus Dipersiapkan untuk Wawancara Kerja – Interview kerja adalah hal yang dinginkan jobseekers, jika sudah ada panggilan interview kerja berarti HRD sudah tertarik dengan CV yang mereka kirimkan. Hal ini pertanda bagus dong ternyata ada pekerjaan yang tertarik dengan profilmu. Namun masuk di tahap interview bukan berarti kamu harus berbangga diri karena di proses interview inilah kamu diuji dan biasanya di proses ini yang memiliki pengaruh besar kamu diterima atau tidak di perusahaan tersebut walau ada tes-tes lainya. Oleh karena itu proses ini harus dilakukan dengan baik. Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan agar wawancara kerja berjalan lancar, yuk kita pelajari bersama apa saja yang harus di persiapkan dalam wawancara kerja dan gimana agar wawancara kerja berjalan lancar.

Persiapan Wawancara Kerja

Agar wawancara esok hari berjalan dengan baik pastinya harus dipersiapkan dengan matang pula, beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk wawancara kerja adalah

  1. Kuasai materi

Proses wawancara kerja adalah waktu dimana recruiter menggali informasi tentang kamu dan melihat seberapa luas pengetahan mu tentang bidang yang akan kamu ambil. Melihat hal ini tentunya kamu harus menyiapkan materi dong agar besok kamu tidak gugup dan mikir lama saat ditanya tentang dirimu dan kemampuanmu.

BACA ARTIKEL : Rekomendasi Aplikasi Penting untuk Perkantoran

Pertanyaan soal diri adalah pertanyaan yang banyak orang sepelekan karena banyak orang berpikiran pasti bisa dijawab dengan mudah namun sebenarnya pertanyaan soal diri jika tidak dipersiapkan dengan baik akan membuatmu kebingungan. Apalagi proses            wawancara kerja itu terkadang tricky dan menjebak karena recruiter tidak hanya melihat jawaban yang keluar namun sikap dan pemikiran kamu dalam menjawab. Pertanyaan tricky yang sering diajukan adalah

  1. Kelemahan dan kelebihan
  2. Rencana ke depannya
  3. Lingkungan kerja yang diinginkan
  4. Kenapa ingin bekerja di perusahaan tsb
  5. Kenapa keluar dari perusahaan yang lama
  6. Apa kemampuan yang mendukung kerjamu nantinya

Walaupun terlihat sederhana pertanyaan tersebut sangat menjebak, dimana kamu harus menyiapkan jawabannya dengan baik. Misalnya interview untuk seseorang yang sudah pernah bekerja yaitu pertanyaan

“kenapa keluar dari perusahaan yang lama dan pilih melamar di kantor ini?”

Nah trik dari jawaban ini adalah jangan sampai kamu menjawab dengan menjelekkan tempat kerja yang lama, hal ini akan mengurangi poin mu karena recruiter akan menganggap kamu bisa melakukan hal yang sama di perusahaan yang akan kamu lamar bahkan dari jawaban ini recruiter bisa menilai attitude dan gaya kerjamu loh. Maka persiapkan jawaban ini dengan baik dengan mengemukakan alasan kamu pindah untuk perkembangan karir atau alasan yang logis lainya.

Pertanyaan sederhana namun juga banyak orang yang kesulitan dalam menjawabnya adalah kelebihan dan kekurangan diri, pertanyaan ini jika tidak dipersiapkan dengan matang akan membuatmu terjebak oleh jawabanmu sendiri. Pertanyaan ini recruiter ingin melihat seberapa kamu mengenal dirimu sendiri. Dari kelebihan, apakah bisa mendukung kinerjamu kelak jika lolos dan dengan mengetahui kekuranganmu recruiter ingin tau apakah kamu bisa menghandlenya dengan baik. Trik untuk menjawab pertanyaan ini adalah sertakan bukti dan solusi untuk kelebihan dan kekuranganmu agar recruiter tau kamu tidak hanya berbicara tanpa dasar saja.

Pertanyaan selanjutnya yang harus kamu persiapkan menyangkut perusahaan dan posisi kerja adalah

                “apa yang kamu ketahui tentang kantor ini?”

                “apa yang kamu ketahui tentang posisi yang kamu lamar?”

Tidak semua recruiter akan menanyakan hal ini, namun persiapakan jawaban ini agar besok bisa menjawab dengan mantab, jika jawaban dari pertanyaan ini sudah tidak bisa maka poin    mu akan berkurang di mata recruiter.

Materi-materi soal diri dan pengetahuan soal perusahaan dan posisi yang dilamar harus dipersiapkan dengan baik agar kamu bisa menjawab dengan percaya diri, jika jawaban sudah mantab maka kamu pun nyaman sehingga memiliki nilai plus di mata recruiter. Kamu bisa mempelajari pertanyaan-pertanyaan seputar wawancara kerja di internet maupun di buku kemudian catat ataupun ketik jawabanmu di kertas agar lebih optimal.

  1. Persiapkan peralatan

Sekarang ini interview kerja banyak dilakukan secara online menggunakan aplikasi meeting online, gunakan hari sebelum interview kerja untuk menyiapkan peralatan interview seperti laptop, aplikasi meeting dan background. Pastikan laptopmu bisa berfungsi dengan baik dan sudah terinstal aplikasi meeting online, masalah background juga harus dipersiapkan dengan baik. Jika ruanganmu sudah memiliki latar belakang yang memadai tidak perlu mengurus backround tambahan namun jika ruangan mu belum memiliki background yang memadai gunakan kain yang ditempel di dinding sebagai background untuk interview. Perlatan ini harus disiapkan dengan baik sebelum wawancara kerja agar tidak panik saat menjelang wawancara. Absensi Mudah dengan Kantor Kita

  1. Persiapkan pakaian

Mempersiapkan pakaian harus dilakukan h-1 wawancara kerja, pakaian wawancara tidak harus kaku hitam dan putih. Perusahaan sekarang ini lebih luwes masalah pakaian, namun kamu juga harus menyiapkan pakaian yang formal namun tidak kaku. Misal kemeja putih dipadukan dengan celana coklat dan jilbab coklat, kemeja putih dengan cardigan biru dan lain sebagainya. Baju yang rapi dan bersih membuatmu lebih siap saat wawancara kerja jadi persiapkan dengan baik ya!

  1. Tidur yang cukup dan tepat waktu

Persiapan wawancara untuk tubuh adalah kamu harus mulai tidur tepat waktu agar besok bisa bangun pagi dan bersiap wawancara tanpa terburu-buru.

BACA JUGA : Mengenal Karyawan Berdasarkan Kepribadiannya 

Do and Don’t Saat Wawancara Kerja

Jika sudah menyiapkan materi dan lainya, sekarang yan harus kamu persiapkan adalah dirimu dan mentalmu, lakukan yang terbaik apapun hasilnya kamu sudah melakukan yang terbaik. Berikut adalah Do and Don’t agar membantumu melakukan wawancara kerja

Do:

  • Datang lebih awal

Hal yang harus kamu lakukan sebagai pelamar pekerjaaan adalah datang 15 atau 10 menit lebih awal sebelum wawancara dimulai. Dengan datang lebih awal kamu bisa melihat keadaan sekeliling dan beradaptasi, hal ini juga memberimu waktu jika harus mencari ruangan atau yang lainya jadi kamu tidak terburu-buru.

  • Bawa salinan CV

Saat wawancara kerja biasanya tim recruiter telah mencetak atau membawa CV kamu, namun tidak ada salahnya jika kamu membawa salinan CV jika nanti dibutuhkan.

  • Menjaga attitude

Diam-diam tim recruiter menilai kamu dari attittude mu selama proses wawancara, bersikap baiklah kepada siapapun, kepada security, karyawan yang bekerja, dan lain sebagainya.

Don’t:

  • Bersikap terlalu santai

Bersikap tenang sangat boleh dilakukan namun bersikap terlalu santai saat wawancara kerja jangan dilakukan karena hal ini akan memberikan kesan menyepelekan.

  • Menjawab tidak jujur dan mengada-ada

Recruiter bisa merasakan kamu menjawab bohong atau mengada-ada karena mereka juga melihat dari ekspresi dan sikap kamu dalam menjawab pertanyaan. Lebih baik jawab dengan jujur agar dan apa adanya.

  • Gaji

Masalah gaji memang masalah yang sangat sensitif untuk pelamar pekerjaan, jika ditanyakan soal gaji dan kamu menjawab terserah atau tidak tau hal ini akan memberikanmu kesan yang buruk di mata recruiter dari pertanyaan gaji ini mereka ingin tau seberapa besar pengetahuan mu di dunia kerja dan selling your self, jadi persiapkan pertanyaan ini dengan mencari tau besaran gaji di daerah tersebut atau UMRnya.

Di atas adalah beberapa hal mengenai interview kerja, hal yang membuka peluang paling besar dalam mencari kerja adalah kecocokan kemampuanmu dan posisi kerja yang kamu lamar. Semangat mengikuti wawancara kerja semoga lolos!

Bapak Ibu HRD Jangan lupa gunakan aplikasi absensi online Kantor Kita untuk memudahkan Anda dalam memantau kinerja karyawan, aplikasi absensi yang aman dan mudah untuk pekerjaan kantor WFH ataupun WFO!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here