6 Tips Menjalani Kuliah Dan Bekerja

0
243

6 Tips Menjalani Kuliah Dan BekerjaMemiliki kehidupan akademik yang bagus dan memiliki karir yang cemerlang adalah hal yang diinginkan semua orang. Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk manusia, kita hidup di tahun 2021 dimana akses pendidikan lebih terbuka dan mudah, untuk mendapatkannya pun sekarang jauh lebih mudah karena banyak akses yang membawa seseorang mendapatkan pendidikan yang layak. Namun beberapa orang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena harus memenuhi kebutuhan hidup sehingga mereka harus bekerja.

Seiring berjalannya waktu para pekerja banyak yang melanjutkan pendidikan lebih tinggi seperti masuk di perguruan tinggi, sehingga mereka bisa memiliki pekerjaan sekaligus mendapatkan pendidikan yang mereka inginkan. Bagaimana sih tips menjalankan pendidikan bersama dengan bekerja? Berikut ulasanya untuk kamu

Pilih Kelas Malam

Untuk kamu yang memiliki pekerjaan utama dan ingin kuliah, bisa banget memilih kelas karyawan yang dilakukan di malam hari atau kelas malam. Kelas malam ini membantu kamu banget untuk tetap bisa menjalankan aktifitas kerja sepanjang hari dan belajar di malam hari. Di kelas ini umumnya kamu akan bertemu dengan banyak mahasiswa yang juga memiliki kesibukan bekerja di pagi harinya, jadi bisa menyesuaikan.

Baca : Sudah Saatnya Memiliki Managemen Waktu yang Baik!

Apasih bedanya kuliah malam dengan kuliah reguler? Perbedaan hanya pada waktu perkualiahan saja, selebihnya tetap sama kok dengan kuliah reguler. Namun tidak semua perguruan tinggi membuka kelas malam atau karyawan untuk mahasiswanya, sehingga dalam hal ini kamu harus memilih perguruan tinggi yang ada kelas malamnya.

Pilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan perkuliahan adalah salah satu hal yang harus ditimbang dengan baik. Memilih jurusan yang tepat sangat objektif, pastikan memilih jurusan yang tepat versi kamu sendiri tidak atas dasar keinginan orang lain. Dalam pemilihan jurusan ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan, yaitu

  1. Menyesuaikan dengan jurusan yang tersedia di kelas karyawan
  2. Menyesuaikan dengan minat kamu
  3. Menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sedang kamu lakukan

Memilih kuliah bersama dengan bekerja pastinya kamu tidak ingin buang-buang waktu dan uang, bukan? Sehingga pilihkan satu jurusan yang kamu anggap berguna untuk kehidupanmu sekarang atau kelak. Memilih pekerjaan sesuai minat membantumu mengembangkan sesuatu yang kamu suka dengan cara mempelajarinya, sedangkan memilih jurusan berdasarkan jenis pekerjaan membantumu mendapatkan pengetahuan dan skill sehingga bisa berguna untuk mengembangkan pekerjaanmu.

Namun terkadang jurusan yang kamu inginkan tidak ada dalam kelas karyawan, maka pilihlah jurusan yang tersedia dan sekiranya bisa kamu ikuti dengan baik, mempelajari dari awal mlah bagus kok! Wawasan dan pengetahui bisa kamu dapatkan. Tinggal bagaimana nanti ilm tersebut di manfaatkan.

Yang terpenting adalah jangan sampai kamu kuliah hanya untuk mencari gelar saja tanpa tau maksud dari proses pembelajaran selama kuliah. Ilmu yang kamu manfaatkan pastinya juga akan memberimu kebaikan pula.

Ketahui Apa Yang Akan Kamu Hadapi

Memilih masuk kerja dan ikut kuliah, tentunya kamu tau apa resiko dan konsekuensi yang akan kamu dapatkan. Resiko pastinya sudah kamu hitung di awal, bukan? Dengan mengetahui resiko maupun kelebihan menjalankan kuliah sambil bekerja akan membantumu memahami situasi di esok hari jadi kamu tidak akan kaget jika realita kerja dan kuliah itu tidaklah mudah. Beberapa hal yang harus harus kamu hadapi dalam menjalani kuliah sambil bekerja adalah

  1. Harus fokus pada dua bidang
  2. Kemungkinan stress lebih tinggi
  3. Jam istirahat berkurang
  4. Tabungan berkurang untuk tugas
  5. Harus menjalankan secara adil

Menjalankan kuliah sambil bekerja itu tidaklah mudah, oleh karena itu kamu harus menyiapkannya dari awal. Yang pasti jangan sampai berhenti di tengah jalan maupun merasa terbebani dengan keputusan yang kamu ambil.

Pengeluaran Untuk Kuliah

Ketika bekerja kamu mendapatkan penghasilan setiap bulannya, dengan mengikuti kelas karyawan kamu harus mulai mengumpulkan uang setiap bulan untuk membayar uang semester ke kampus. Masalah keuangan kampus ini harusnya sudah diperhitungkan dari awal sebelum masuk kuliah agar bisa meng-estimasi bagaimana cara memenuhinya. Dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan juga harus memperhatikan biaya per semesternya. Jika dirasa tidak sesuai dengan kemampuanmu, kamu bisa memilih perguruan tinggi yang lebih sesuai.

Selain biaya per-semester, perkuliahan juga membutuhkan biaya lainya seperti tugas, biaya membeli alat kuliah, ataupun biaya untuk kegiatan perkuliahan seperti magang dan KKN. Dengan mengetahui hal ini lebih awal, kamu pasti akan menyiapkan dari awal untuk menabung.

Managemen Waktu

Aplikasi KantorKita Membantu Memanagement waktu

Nah hal yang sangat penting untuk kesuksesan kuliah dan kerja adalah dengan managemen waktu yang baik. Tanggung jawab yang berat harus di urus dengan baik agar keduanya tidak rancau. Tanpa managemen waktu, akan susah untuk menjalani kuliah dan kerja secara bersamaan. Managemen waktu yang baik, membantu kamu menjalankan pekerjaan lancar, dan kuliah pun juga tetap bisa jalan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam managemen waktu untuk pekerja sambil kuliah adalah

  1. Mengatur waktu mengerjakan tugas kuliah
  2. Mengatur waktu bekerja dan tugas kerja (jika ada)
  3. Mengatur waktu istirahat
  4. Mengatur waktu bersama teman

Mengatur waktu kerja dan kuliah bersamaan tidak melulu soal tugas dan kerja namun juga harus pandai-pandai mengatur waktu untuk istirahat dan bersosial. Istirahat adalah faktor penting agar bisa menjalani aktifitas, jadi jangan sampai di abaikan ya! Kemudian yang lainya adalah waktu untuk bersosial, kamu adalah manusia yang memerlukan interaksi dengan manusia lain, bersosial juga membantu kamu mengalihkan stress agar tidak melulu fokus pada pekerjaan dan kuliah.

Baca Artikel : Cara membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan

Yang terpenting dalam managemen waktu adalah hindari untuk menunda pekerjaan apapun itu, menunda tidak ada menyelesaikan malah akan semakin berlarut larut segera selesaikan satu persatu.

Ikuti Kelas Online

Kelas online adalah kelas yang ditawarkan dalam kelas karyawan, kamu bisa memilih opsi kelas online loh! Apakah kelas online juga efektif? Penyampaian dari dosen pastinya sama dengan penyampaian di ruang kelas namun yang sulit adalah menciptakan suasana belajar saat di rumah. Jadi jika kamu memutuskan untuk ikut kelas online ciptakan suasana belajar yang membuatmu fokus. Kelas online membantu kamu untuk mengurangi waktu yang terbuang untuk diperjalana. Jadi tenaga dan waktu bisa dihemat.

Namun sekarang ini, semenjak merebaknya kasus Covid 19 semua bidang dilakukan secara online, dengan begini kamu juga harus bisa mengikutinya dengan baik ya!

Bekerja sambil kuliah adalah dua tanggung jawab yang berat, jika kamu bisa melaluinya dengan baik pastinya bebanmu berkurang dan kamu menjadi seseorang yang lebih baik. Jika kuliah karyawan membantu kamu menghadapi masa depan, kamu juga bisa meringankan urusan kantor dengan aplikasi absensi online KANTOR KITA. Aplikasi yang banyak digunakan untuk karyawan kantor baik WFO maupun WFH. Aplikasi absensi online yang membantu HRD dalam memantau kinerja karyawan dengan mudah dan cepat, yuk cek selengkapnya hanya di www.kantorkita.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here