Rekomendasi Sarapan yang Membuatmu Kenyang Sampai Siang

0
43

Rekomendasi Sarapan yang Membuatmu Kenyang Sampai SiangSebelum berangkat kerja, sarapan adalah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Sarapan memberi energi yang dibutuhkan untuk bekerja dari pagi sampai sore, tentu saja sarapan memengaruhi tingkat produktifitas seseorang dalam menjalani hari. Namun banyak orang yang masih belum memerdulikan apa yang ia makan untuk sarapan, padahal jika memilih sarapan dengan baik, kinerja tubuh lebih optimal dan tentunya tidak mudah lapar sebelum makan siang datang. Ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa membantu kamu tetap berkonsentrasi sampai siang loh, dengan mengolah bahan makan ini pastinya kamu lebih siap menjalani dari pagi sampai istirahat siang datang. Di ulasan kali ini akan membahas bahan makanan untuk sarapan yang membuatmu kenyang sampai siang. Yuk kita simak bersama!

Telur

Bahan makanan yang membuatmu awet kenyang nomor satu adalah telur. Apa sih kandungan gizi yang ada dalam telur? Telur adalah bahan makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi. Tidak heran hal ini membuat telur menjadi salah satu super food, karena kandungan gizi seperti protein dan asam amino yang penting untuk tubuh manusia. Protein ini adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh setelah karbohidrat dan lemak.

Kandungan protein ini lah yang membuat telur menjadi makanan yang awet kenyang, tubuh akan mengolah karbohidrat dan lemak terlebih dahulu untuk sumber energi untuk tubuh sedangkan protein adalah yang paling akhir mengalami pembakaran, oleh karena itu protein menjadi cadangan makanan yang membuat kamu kuat menjalani hari.

Telur kampung adalah satu jenis telur yang dinilai memberikan manfaat lebih besar ke tubuh daripada telur ayam negeri, karena lemak sehat dan vitamin E yang dihasilkan oleh ayam kampung jauh lebih besar daripada ayam negeri. Metode peternakan ayam juga memengaruhi hasil telurnya, ayam kampung diternak dengan asupan makanan berupa pakan organik seperti sayuran sedangkan ayam negeri diternak dengan jenis pakan konsentrat.

Namun jangan galau dulu, kandungan nutrisi pada ayam ras negeri juga hampir sama kok dengan ayam kampung. Kandungan nutrisi bisa dilihat di kolom berikut

Nutrisi

Ayam kampung Ayam negeri

Protein

13 12.5
Kalori 150

150

Lemak 10

10

Karbohidrat 1.5

1

Sumber : hellosehat.com

Selain sebagai sumber energi untuk tubuh, protein juga membantu regenerasi sel, membentuk antibodi dan hormon. Gimana? Cukup sehat dan mengenyangkan, bukan? Terlur bisa menjadi salah satu menu sarapan kamu untuk menjalani hari. Bisa digoreng, direbus, sampai dimasak dengan bahan makanan lain.

Baca : Menu Sarapan Simple Ala- Ala pegawai kantor 

Ikan

Bahan makanan yang membuatmu awet kenyang selanjutnya adalah ikan, sudah taukan ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi terutama ikan laut. Ikan memang dikenal menjadi bahan makanan yang menyehatkan sejak dahulu. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan karena gizinya yang cukup tinggi adalah ikan tuna dan ikan salmon, selain memiliki protein yang bagus untuk tubuh kedua ikan tersebut memilii kandungan lemak sehat yang tinggi dan rendah kalori.

Membantu Memanagement waktu

Namun makan ikan tidak hanya kedua ikan tersebut kok! Masih banyak ikan dari perairan Indonesia yang umum dan memiliki harga yang terjangkau, pastinya gizinya juga tidak kalah. Beberapa jenis ikan yang mudah dijumpai dan memiliki gizi yang tinggi adalah

  1. Ikan tongkol
  2. Ikan teri
  3. Ikan patin
  4. Ikan kembung
  5. Ikan bandeng

Untuk sarapan ikan bisa diolah dengan berbagai jenis masakan seperti di pepes, digoreng atau di masak balado. Enak dan pastinya membuatmu awet kenyang. Nyammmm!

Oatmeal

Nah kali ini adalah bahan makanan yang berbeda dari sebelumnya, oatmeal. Sarapan oatmeal di pagi hari sebelum menjalani aktifitas memberikanmu rasa kenyang yang lama. Apa sih bahan utama oatmeal? Oatmeal dibuat dari oat, yang masih memiliki hubungan dengan gandum. Oat ini di proses dalam bentuk bulir utuh yang masih mengandung kulit ari.  Apa yang membuat oatmeal ini memberi rasa kenyang yang lama? Kandungan serat, protein, lemak dan karbohidrat yang terkandung dalam oatmeal yang membuat bahan makanan ini membuat awet kenyang. Selain nutrisi tersebut dalam oatmeal juga mengandung banyak vitamin B yaitu B1,B2,B3,B5 dan B9.Manfaat dari serat yang terkandung di oatmeal membantu membersihkan kolesterol dengan cara menyerap kolesterol dalam tubuh dan menyehatkan pencernaan. Selain itu manfaat dari oatmeal yang lainya adalah membantu tubuh mengontrol kadar gula seperti penyerapannya. Oatmeal gampang ditemui dalam bentuk instan di swalayan. Sarapan menggunakan oatmeal bisa kamu padukan dengan susu dan berbagi macam buah yang kamu suka!

Apel

Bahan makanan yang membantu memberimu rasa kenyang yang lama adalah buah apel. Jika di atas adalah bahan menu untuk lauk dan sereal sekarang adalah jenis buah-buahan. Apel adalah buah yang dikenal untuk seseorang yang sedang diet karena memberi rasa awet kenyang. Dalam buah apel mengandung pektin yang membantu pencernaan berjalan lebih lambat. Pektin ini berbentuk gel dalam pencernaan sehingga ia bisa mengisi saluran mencernaan dengan pektin.

Pektin dalam buah apel memberikan beberapa manfaat yang lainya, seperti meminimalkan gangguan di saluran pencernaan seperti sembelit, karena pektin membantu melembutkan feses sehingga terhindar dari konstipati atau sembelit.

Dalam 100 gram buah apel mengandung gizi berupa

  1. Kalori,
  2. Serat, 20.6 gram
  3. Protein, 0.3 gram
  4. Karbohidrat, 14.9 gram
  5. Kalsium, 6 mg
  6. Fosfor, 10 mg
  7. Vitamin A, 90 mg
  8. Vitamin B1, 0.04 mg
  9. Vitamin B2, 0.03 mg
  10. Vitamin C, 5 mg

Dalam konsumsi apel sebaiknya tidak membuang kulit apelnya. Buah apel bisa dikonsumsi dengan cara di juice, di santap langsung atau di padukan dengan buah yang lainya.

Baca Artikel : 9 Cemilan Sehat Yang Cocok Untuk Mencegah Ngantuk Saat Bekerja

Alpukat

Nah pasti sudah sangat familiar, kan dengan  buah alpukat. Di Indonesia sendiri buah alpukat cukup  umum dijumpai. Teksturnya yang lembut dan rasa daging buah yang manis-tawar membuat buah ini banyak disukai. Buah alpukat adalah jenis buah yang memberimu rasa awet kenyang loh, pastinya enak dan bergizi. Buah ini cocok untuk di gunakan sebagai bahan sarapan di pagi hari. Di makan utuh, bersama oatmeal ataupun dikombinasikan dengan madu sudah cukup enak! Tidak heran alpukat juga di gunakan untuk bahan diet.

Apa saja kandungan yang ada dalam alpukat? Satu buah alpukat mengandung jenis-jenis nutrisi seperti di bawah ini

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Protein
  5. Karetonoid
  6. Vitamin
  7. Mineral

Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat inilah yang membuat alpukat menjadi salah satu makanan yang mengenyangkan dan awet. Beberapa fungsi dari alpukat adalah bagus untuk kesehatan jantung, buah untuk detoks, meningkatkan kinerja otak dan lain sebagainya. Gimana? Alpukat cukup bergizi dan lezat, kan? Yuk gunakan alpukat untuk sarapanmu!

Rekomendasi bahan makanan di atas dinilai bisa memberikan rasa awet kenyang ketika dikonsumsi, jadi kerja pagi sampai siang tetap punya konsentrasi yang bagus. Maksimalkan kinerja mu dengan sarapan bergizi dan aplikasi absensi online kantor kita, aplikasi absensi online yang membantu kamu mengurus absensi baik WFO maupun WFH! Yuk cek selengkapnya di www.kantorkita.com 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here