9 Cemilan Sehat Yang Cocok Untuk Mencegah Ngantuk Saat Bekerja

0
300

9 Cemilan Sehat Yang Cocok Untuk Mencegah Ngantuk Saat Bekerja – Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia kerja berarti memutuskan untuk menghabiskan waktu anda lebih banyak untuk bekerja sehingga anda memiliki waktu yang terbatas untuk diri anda sendiri. Maka jangan heran, untuk makan saja banyak para pekerja yang lebih memilih makanan yang cepat disajikan. Contohnya, ketika ada yang memilih mie instan sebagai sarapan sebelum berangkat kerja karena harus segera memulai kerja. Anda juga bisa jadi demikian untuk merasakan perut yang kenyang selama bekerja setidaknya sampai waktu istirahat tiba. Namun tahukah anda? Makanan instan memiliki kadar karbohidrat yang tinggi?

Aplikasi Kantor Kita
Aplikasi Absensi Pegawai Kantor Kita

Anda akan merasa ngantuk. Apalagi bagi anda yang bekerja kantoran yang mengerjakan tugas di depan laptop atau PC komputer dan duduk seharian. Asupan karbohidrat yang tinggi tidak sepenuhnya terserap dalam tubuh. Itulah sebabnya anda merasa ngantuk.  Ditambah lagi apabila anda suka minum minuman cepat saji seperti kopi instan yang bisa membuat energi anda jatuh. kopi instan memang bisa memberikan efek memompa energi. Namun hanya berlaku sementara. Setelah itu, energi anda akan terjatuh.

Oleh karena itu, anda sebaiknya memilih cemilan yang natural dan bernutrisi. Selain rasanya yang lebih segar, makanan ini juga akan membuat tubuh anda lebih berenergi lho!

Anda bisa memilih makanan yang mengandung banyak protein, nutrisi dan serat,  dan sedikit lemak serta sedikit karbohidrat. Kandungan makanan yang seperti ini dapat membuat anda kenyang dan menunda rasa lapar lebih lama.  Namun porsi yang disajikan juga harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut bukanlah hal yang mustahil. Meskipun bagi anda yang tidak memiliki waktu sekalipun. Anda juga tidak perlu keahlian khusus. Berikut makanan yang sehat, segar dan berenergi yang bisa anda sajikan saat bekerja :

  1. Apel
cemilan sehat ala kantor kita

Apel menjadi pilihan pertama yang tepat untuk anda yang suka lapar karena kandungan seratnya yang tinggi. Anda bisa langsung menikmati apel tanpa harus Memasaknya ataupun mengupasnya, atau celupkan potongan apel dengan selai yang sehat seperti selai kacang untuk sensasi rasa yang berbeda. Bukan hanya manis, namun juga ada perpaduan gurih dari selai kacang.

  1. Pisang

Pisang juga merupakan alternatif sumber energi yang bisa anda nikmati saat anda lapar. Daripada anda memilih makanan instan, pisang lebih bernutrisi dan berserat yang tentunya baik bagi gizi tubuh. Dalam sehari, anda cukup mengonsumsi 2 buah pisang untuk menghindari porsi berlebih.

  1. Stroberi

Stroberi bukan hanya mengandung  vitamin C yang baik untuk ketahanan tubuh, namun stroberi juga mengandung serat yang bisa membuat anda merasa kenyang. Memang rasanya cenderung asam namun berpadu dengan rasa manis. Namun anda bisa juga siasati dengan membuat jus stroberi atau mencampurkannya ke dalam  campuran bubur oatmeal dengan madu.

Baca : Rekomendasi Aplikasi Penting untuk Perkantoran

  1. Kurma

Tidak perlu bingung, anda juga bisa menjadikan kurma sebagai sarapan sehat. Kurma mengandung gula alami yang akan memberikan anda energi untuk bekerja. Selain itu, kurma juga bisa membuat anda kenyang lebih lama karena kandungan seratnya. Kurma juga praktis untuk dinikmati, anda bisa langsung memakannya. Tapi jika anda kurang suka dengan rasa alaminya, anda bisa mencelupkannya ke dalam selai kacang supaya rasa manis tersebut bisa diseimbangkan dengan rasa gurih dari selai kacang.

  1. Kacang Mete

Kacang Mete merupakan sumber protein nabati yang praktis. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam. Sebaiknya anda menghindari kacang mete yang diolah dengan cara digoreng. Anda dapat memilih kacang mete yang diolah dengan cara dipanggang yang lebih sehat.

  1. Biji-bijian

Nah, biji-bijian mengandung protein yang bisa membantu perkembangan otak, lho! Itulah mengapa biji-bijian juga disebut sebagai Brain Food yang cocok dinikmati sebagai snack saat bekerja. Ada beragam biji-bijian yang bisa anda coba, antara lain biji bunga matahari, labu, dan semangka. Anda juga bisa menambahkan beragam bumbu lain seperti kari, untuk sensasi rasa yang berbeda.

  1. Telur Rebus

Tentu saja anda sudah paham bahwa telur merupakan sumber protein yang tinggi. Namun anda perlu memilih telur rebus untuk sajian yang lebih sehat. Telur rebus memiliki perpaduan nutrisi yang seimbang antara protein dan lemak. Anda bisa menikmati telur rebus sebagai pilihan untuk mengganjal perut. Anda juga bisa mengombinasikan telur rebus dengan salad yang berisi sayur dan buah-buahan.

  1. Oatmeal / Havermout

Anda pasti jarang memilih bubur oatmeal sebagai cemilan di kantor. Bahkan bisa dikatakan tidak pernah. Alasannya tentu karena rasanya yang polos sehingga menjadi hal yang asing di lidah. Padahal oatmeal mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan jantung. Oatmeal juga mudah diolah, anda cukup menambahkan air panas pada oatmeal, kemudian akan menjadi bubur oatmeal. Tidak suka rasa yang hambar? Anda sangat bisa memadukan bahan lain pada oatmeal seperti yogurt, madu, buah-buah seperti stroberi, pisang, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Yogurt

Bukan hanya makanan, anda juga bisa menyajikan minuman sehat di meja kantor. Salah satunya adalah yogurt. Meskipun rasanya asam, yogurt merupakan minuman sehat yang kaya protein loh! Anda bisa menikmatinya langsung dengan membeli yogurt kemasan. Namun apabila anda memerlukan kombinasi rasa, anda bisa menambahkannya dengan buah-buahan. Atau anda juga bisa mem-blender yogurt dan buah-buahan menjadi menu smoothies.

Baca : 7 Manfaat Sarapan Untuk Kerja Yang Lebih Produktif 

Itu dia! Rekomendasi cemilan sehat nan nikmat yang bisa anda nikmati saat bekerja. Namun untuk kemudahan absensi kantor dan mengatur jam kerja, anda bisa gunakan aplikasi kantorkita dari www.kantorkita.co.id Dengan KantorKita anda bahkan bisa mengatur semuanya sambil menikmati cemilan tersebut di ruang kerja anda dengan lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here